Cara Membuat /Mendaftar Akun PayPal, Permudah Transaksi Dalam Luar Negeri

Jika Anda ingin melakukan bisnis online atau pekerjaan freelance lintas negara, pastinya perlu media yang bisa menjangkau transaksi secara global. Dulu, hal ini mungkin terasa sangat sulit dan rumit.

Tapi karena kemajuan teknologi saat ini, semuanya jadi sangat memungkinkan dan bisa berjalan lebih cepat termasuk dalam hal transaksi penerimaan ataupun transfer uang ke seluruh dunia. Salah satunya dengan memiliki akun PayPal yang mungkin juga cukup sering Anda dengar.

Banyak orang merekomendasikan PayPal supaya transaksi luar negeri Anda bisa berjalan dengan lancar. Apakah tidak bisa jika transaksi antar negara melalui bank biasa?

Tentu saja bisa, namun caranya cukup rumit dan juga ada biaya yang bisa di bilang mahal. Ada juga pembayaran kartu kredit, namun sayangnya tidak semua orang memiliki kartu kredit dan pembuatan kartu kredit juga tidak mudah.

Tapi seperti rekening lainnya, PayPal juga punya ketentuan yang harus di patuhi oleh para penggunanya agar transaksi secara global bisa di lakukan. Untuk itu kita akan membahas mengenai PayPal dengan lengkap, mulai dari apa itu PayPal, fitur-fiturnya, hingga cara membuat akun PayPay step by step.

Mengenal Apa Itu PayPal

Mengenal Apa Itu PayPal

PayPal merupakan rekening online dari perusahaan asal Amerika yang bisa di gunakan untuk melakukan transaksi internasional. Saat ini PayPal dimiliki oleh eBay Inc, salah satu perusahaan fintech. Dengan sistem onlinenya ini PayPal pastinya memiliki tujuan untuk menggantikan metode transaksi antar negara yang konvensional (masih menggunakan kertas) misalnya seperti cek dan wesel pos.

PayPal memiliki beragam fitur menarik yang bisa di kategorikan dalam fitur untuk penggunaan personal dan bisnis diantaranya :

Pembayaran Belanja Online

Salah satu fitur PayPay untuk kebutuhan personal yang Anda bisa menikmati fitur adalah pembayaran belanja online. Dengan menggunakan PayPal Anda bisa berbelanja di jutaan toko online yang ada di dunia.

Gratis Biaya Kirim Saldo Ke Sesama Pengguna PayPal

Anda juga tidak akan dikenai biaya pembayaran ketika Anda mengirim saldo ke teman atau keluarga yang menggunakan PayPal.

Punya Fitur Proteksi Untuk Pembeli

Jika barang yang Anda beli tidak sesuai dengan deskripsi produk atau kesepakatan dengan penjual, Anda yang menggunakan metode pembayaran PayPal bisa mengajukan pengembalian barang. Jadi Anda tidak perlu khatir lagi saat ingin melakukan belanja online luar negeri dan dalam negeri.

Fitur Penggantian Ongkos Retur Barang

Selain bisa melakukan retur/ pengembalian barang sesuai dengan ketentuan toko tempat Anda membeli barang, PayPal bahkan punya fitur penggantian ongkos retur barang.

Ya, benar sesuai nama fiturnya, Anda bisa mengembalikan barang tanpa terbebani ongkir pengembalian karena akan ditanggung PayPal. Namun fitur ini tidak bisa di gunakan untuk produk-produk berikut :

  • Barangnya tidak berwujud
  • Sudah lewat dari periode retur barang ataupun barang yang diretur tidak sesuai ketentuan pengembalian dari penjual
  • Barangnya belum dilunasi
  • Ongkir pengembalian tidak berlaku jika penjual membayar ongkir, baik itu melewati pos reguler, kurir, atau metode pengiriman lainnya

Menerima Pembayaran Online

Lewat PayPal, Anda bisa menerima pembayaran dari klien atau pelanggan Anda di seluruh dunia. Jadi ini akan sangat membantu bagi Anda yang berniat mengembangkan bisnis di pasar global ataupun mencari pekerjaan freelance di luar negeri. Penerimaan pembayaran bisa di lakukan baik melalui website, marketplace barang atau freelance, atau nantinya bisa langsung ditransfer ke rekening.

Bisa Mengirimkan Faktur Online

Selain itu Anda bisa mengirimkan faktur pembayaran online dengan tampilan profesional kepada klien atau customer secara gratis melalui email.

Anda tinggal membuat faktur sesuai dengan rincian transaksi dengan pelanggan/klien. Lalu selanjutnya Anda bisa menerima pembayaran melalui rekening bank, kartu debit, atau kartu kredit.

Bisa Menyimpan Saldo

Jika seandainya Anda tidak sedang membutuhkan penarikan ke rekening bank utama, maka saldo dari hasil kerja/ bisnis yang di bayarkan dari klien internasional bisa di simpan di PayPal dengan mata uang asing.

Siapa tahu Anda pun perlu untuk mengirimkan saldo ke akun PayPal yang lain atau berbelanja online menggunakan metode PayPal.

Cara Membuat Akun PayPal

Cara Membuat Akun PayPal

Fitur-fitur diatas tentunya bisa Anda nikmati jika Anda sudah terdaftar sebagai pengguna PayPay. Nah, bagaimana cara membuat akun PayPay? Apakah sulit? Sebaiknya kita simak saja tutorial di bawah ini!

1. Buka Situs Resmi PayPal

Untuk mendaftarkan akun, Anda bisa masuk melalui situs PayPal yakni www.paypal.com. Biasanya jika server terdeteksi berasal dari Indonesia, maka tampilan website akan berubah secara otomatis menggunakan bahasa indonesia.

Jika Anda masuk melalui situs, klik tombol “Daftar” yang ada di pojok kanan atas website. Sebenarnya, selain registrasi di websitenya Anda juga bisa mendaftar akun PayPal dengan mendownload aplikasi melalui apps store/ google playstore.

2. Pilih Jenis Rekening dan Masukan E-mail

Sistem akan mengarahkan Anda untuk memilih jenis rekening. Ada 2 pilihan rekning, yakni Rekening Pribadi dan juga Rekening Bisnis.

Jika Anda ingin menggunakan rekening PayPal untuk belanja online maka bisa memilih Rekening Pribadi, namun jika Anda ingin menggunakannya untuk transaksi bisnis/freelance bisa memilih Rekening Bisnis.

Selanjutnya, isilah pertanyaan yang di ajukan lalu klik “Berikutnya”. Lalu Anda perlu memasukan alamat e-mail yang nantinya akan Anda gunakan untuk log in ke akun PayPal Anda nantinya. Jika sudah, tekan “Lanjutkan”.

3. Isi Data-data Pribadi yang Diminta dan Konfirmasikan E-mail

Setelah memasukan e-mail, Anda perlu mengisi data-data nomor hp, nama, dan juga kata sandi atau password. Untuk pengisian nama, pastikan Anda mengisi data nama sesuai dengan nama KTP agar akun bisa lebih mudah di pulihakan jika terjadi masalah nantinya.

Paypal akan mengirimkan 6 digit kode unik ke nomor hp Anda. Kemudian, Anda juga perlu memasukan data alamat lengkap. Nah, sekarang akun PayPal Anda secara umum sudah jadi.

Tapi Anda perlu mengkonfirmasikan email yang Anda daftarkan untuk akun PayPal Anda. Caranya, log in ke akun PayPal dengan mengklik “log in” dan masukan password. Lalu klik Konfirmasi email yang ada di halaman dashboard, secara otomatis email konfirmasi akan dikirimkan oleh PayPal.

4. Verifikasi Akun PayPal

PayPal akan meminta Anda menghubungkan akun PayPal dengan nomor rekening bank Anda ataupun kartu kredit. Verifikasi ini sangat penting.

Karena dengan akun PayPal yang verified, kita bisa di terima oleh banyak merchant skala global dan tidak mudah terkena limit/ banned. Selain itu kita juga bisa lebih meyakinkan klien ataupun csutomer yang hendak bertransaksi.

Dulu orang-orang banyak membuat VCC (Virtual Credit Card) untuk mendaftyar PayPal, karena tidak semua orang mempunyai credit card, tapi sekarang rasanya sudah tidak perlu lagi. Hal ini karena saat ini PayPal sudah menyediakan 2 pilihan verifikasi akun.

Pertama verifikasi yang caranya menghubungkan akun PayPal kita dengan rekening bank, atau yang kedua menghubungkan dengan kartu (kredit/debit).

5. Menghubungkan Akun PayPal dengan Nomor Rekening atau Kartu (Kredit/debit)

Jika Anda menghubungkan akun PayPal dengan maka Anda akan mendapat pemberitahuan bahwa Anda hanya bisa menghubungkan dengan rekening bank yang menggunakan mata uang Rupiah saja.

Berapa informasi yang harus Anda isi untuk menghubungkan akun PayPal dengan rekening seperti : Nama Bank, Kode Bank, No rekening dan juga Nama (harus sama dengan KTP dan nama yang di daftarkan di PayPal).

Dalam waktu 1-3 hari kerja Anda akan mendapatkan kode verfikasi sebanyak 4 digit angka lewat mutasi rekening. Masukan kode tersebut ke halaman verifikasi, maka akun PayPal Anda sudah terhubung dengan nomor rekening.

Nah jika Anda memilih menghubungkan akun PayPal dengan kartu kredit atau debit, maka kartu kartu debit yang bisa digunakan hanyalah kartu debit yang memiliki logo Mastercard, Visa, American express, Unionpay, dan Discover. Selain itu tidak bisa.

Jika sudah memasukan data-data tentang kartu debit/resit, maka 1-3 hari kemudian nda akan mendapatkan kode verfikasi lewat mutasi rekening. Masukan kode tersebut pada halaman konfirmasikan kartu speerti halnya verifikasi dengan nomor rekening.

6. Rekening PayPal Siap Digunakan

Jika Anda sudah melakukan melakukan langkah-langkah di atas dan semua data sesuai maka PayPal akan mengkonfirmasikan aku PayPal Anda. Kini Anda bisa mengghunakan akun PayPal sesuai dengan tujuan transaksi Anda.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Apakah Membuat Akun PayPal Gratis?

Ya. Membuat akun PayPal tidak dipungut biaya sepeserpun. Anda bisa membuatnya dengan mudah secara online.

Apakah Ada Biaya-biaya yang di Berlakukan oleh PayPal?

Anda tidak akan dikenai biaya setiap kali melakukan pembayaran menggunakan metode PayPal. Namun jika Anda menerima pembayaran maka Anda baru akan di kenai biaya transaksi dengan PayPay.

Tapi jika Anda melkukan transaksi internasional baik itu memntransfer atau menerima maka PayPal akan mengenakan fee transaksi. Kecuali menggunakan fitur kirim kepada teman atau keluarga.

Biaya penarikan (withdraw) ke rekening Indonesia adalah sebagai berikut :

  • Lebih dari $100 atau sekitar Rp1.500.000 (Gratis)
  • Kurang dari $100 atau sekitar Rp1.500.000 (Admin fee : Rp16.000)

Apa Penyebab Rekening PayPal Mengalami Pembatasan atau Bahkan di Banned?

Biasanya akun PayPay bisadi batasi atau di banned karena beberapa hal, seperti :

  1. Unusual Login Activity (tidak log in pada perangkat yang sama sperti biasanya)
  2. Unusual Selling Activity (jika ada aktifitas transaksi yang mencurigakan)
  3. Unusual Money Recently You Receive (jika ada penarikan saldo yang mnecurikan dari akun PayPal Anda)
  4. Unusual Credit Card Linked (jika ada indikasi bahwa credit card yang Anda masukan di akun PayPal tidak valid)
  5. Unusual Bank Account Linked (jika ada indikasi bahwa nomor rekening bank yang Anda masukan di akun PayPal tidak valid)

Jika terjadi hal-hal di atas, maka pihak PayPal biasanya meminta Anda memverifikasi data-data penting seperti Photo ID, Proof Of Address, dll (tergantung kasus yang di alami)

Penutup

Nah itulah cara membuat akun PayPal dan juga beberapa penjelasan lainnya mengenai PayPal. Semoga membantu Anda yang ingin mengembangkan bisnis dan karir dalam skala internasional menggunakan media transaksi online. Jika masih ada pertanyaan terkait ketentuan PayPal, Anda bisa mengunjungi situs resminya dan masuk ke menu “Pusat Bantuan”, di situ ada lebih banyak penjelasan mengenai hal-hal yang sering kali di tanyakan pengguna.

Tinggalkan komentar