Ampuh, Inilah 10 Cara Membuat Promosi Menarik di Instagram!

Sejak pertama kali dirilis pada Oktober 2010, Instagram memang langsung mencuri perhatian. Media sosial yang diciptakan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger ini menawarkan keseruan saling berbagi gambar antar penggunanya. Tak butuh waktu lama, Instagram pun langsung menjadi media sosial favorit terutama di kalangan generasi muda.

Dari laporan We Are Social dan Hootsuite pada Juli 2019, total pengguna media sosial di bumi menembus angka 3,5 miliar manusia dengan 849,3 juta di antaranya berasal dari Instagram. Jumlah yang sangat besar itulah akhirnya membuat Instagram mengalami perubahan dan lebih dari sekadar media sosial.

Jika dulu Instagram hanyalah platform berbagi momen sehari-hari, Instagram kini justru menjadi sebuah wadah bisnis menjanjikan. Mulai dari pemilik toko online pemula hingga brand-brand raksasa, memilih media sosial yang sudah diakuisisi Facebook itu sebagai tempat berjualan.

Baca juga: 7 Tips Sukses Menjaga Loyalitas Pelanggan Agar Bisnis Melejit

Mau menggunakan konsep hard selling atau soft selling, para pemilik bisnis pun leluasa menawarkan produk barang atau jasa mereka. Untuk berjualan di Instagram Anda bisa memposting konten, mengunggah IGs (Instagram Stories) hingga berkomentar di postingan orang lain. Pangsa pasar yang sangat luas adalah alasan utama kenapa berjualan di Instagram masih sangat menjanjikan.

Hanya saja karena pasar yang sangat luas, persaingan bisnis online di Instagram tentu sangat ketat. Jika Anda ingin produk yang ditawarkan menarik perhatian pengguna Instagram dan meraup omzet besar, tentu harus memiliki strategi promosi yang menarik. Penasaran? Intip ulasannya berikut ini!

10 Cara Membuat Promosi Menarik di Instagram

1. Pikat Konsumen Lewat Bio Instagram

Contoh Bio Profil Instagram
Contoh Bio Profil Instagram

Sebelum melakukan serangkaian promosi produk lewat akun Instagram, hal paling mendasar yang harus Anda lakukan adalah dengan melengkapi Bio Profil. Meskipun tampak sederhana, kolom Bio yang tertulis sangat jelas dan informatif justru bisa jadi pertimbangan calon konsumen.

Misalkan saja Anda berjualan baju-baju impor dari Thailand, bisa dituliskan pada Bio Profil seperti ini, ‘Kami distributor produk baju impor dari Bangkok – Thailand, khusus perempuan. Produk berkualitas harga sangat terjangkau. Free ongkir Jabodetabek dan reseller welcome‘. Dengan penjelasan yang begitu informatif, konsumen pun akan menilai kalau bisnis Anda begitu profesional.

Tak hanya memberikan penjelasan mendetail, pada kolom Bio Profil di akun Instagram bisa disertakan link aktif yang terhubung langsung ke layanan WhatsApp, LINE atau Telegram. Dengan begitu calon konsumen bisa langsung berkomunikasi dan melakukan pembelian produk.

2. Posting Gambar/Foto Berkualitas

contoh feed Instagram dengan konten menarik
contoh feed Instagram dengan konten menarik

Seperti yang sudah diketahui, identitas Instagram adalah media sosial berbagai moment baik dalam bentuk foto, gambar atau video. Karena itulah, pastikan konten yang Anda posting harus mempunyai gambar dan foto yang berkualitas. Gambar yang jernih dan menarik tentu akan memperkuat identitas brand dan memikat banyak konsumen.

Tak perlu jadi fotografer profesional untuk bisa menghasilkan foto yang menarik, tapi Anda bisa memanfaatkan aplikasi foto/video editing, sehingga mampu memperoleh hasil terbaik. Misalkan saja foto Anda tampak lebih gelap, coba bikin lebih cerah hingga menggunakan pilihan filter yang menjadikan foto/gambar/video itu jauh lebih Instagrammable.

Jika perlu manfaatkan fitur multiple photos dari Instagram untuk memberikan potret produk dari berbagai arah. Agar makin meyakinkan, jangan pernah menggunakan foto/gambar/video dari akun lain sehingga pastikan konten itu benar-benar asli milik Anda. Dengan pilihan visual yang menarik, konsumen pun akan terpikat dengan cara promosi Anda.

Baca juga: Usaha Toko Kelontong : 7+ Tips Sukses Memulai Bagi Pemula

3. Jelaskan Produk Barang/Jasa yang Dijual

contoh detail produk Instagram
contoh detail produk Instagram

Cara promosi berikutnya yang dijamin mampu menarik perhatian calon konsumen adalah lewat penjelasan produk. Yap, dalam setiap postingan itu beri penjelasan mengenai konten yang dikenalkan. Misalkan saja Anda berjualan sambal dalam kemasan, bikin penjelasan yang informatif mengenai komposisinya, kandungan gizi pada cabe hingga harga.

Dengan penjelasan produk yang sangat jelas, postingan di akun Instagram bisa menjadi katalog untuk calon konsumen sebelum melakukan order. Biasanya penulisan deskripsi produk ini disesuaikan dengan target pasar dan Anda harus memahaminya. Hal tak mungkin jika Anda berjualan aksesoris perempuan muda, menggunakan kata sapaan ‘bro’ atau ‘ibu-ibu’, kan?

4. Aktif dan Ramah Balas Komentar

Bisnis yang mampu berjalan dalam waktu lama adalah bisnis yang senantiasa memberikan pelayanan maksimal. Dalam promosi online lewat Instagram, pelayanan ini bisa Anda berikan melalui perilaku terhadap konsumen. Yap, pastikan Anda sebagai pengelola akun haruslah selalu aktif dan ramah membalas komentar serta pertanyaan calon konsumen.

Memang tidak semua konsumen berpikiran sama, tapi seorang pelaku bisnis haruslah menghormati calon pembeli mereka. Usahakan untuk tidak melakukan spam komentar di postingan orang lain, karena cara promosi seperti itu justru dianggap menganggu oleh konsumen. Alih-alih terpikat, aksi spam komentar promosi ini bisa membuat bisnis Anda dianggap buruk.

5. Gaet Influencer/Selebgram

contoh endorse produk ke Selebgram
contoh endorse produk ke Selebgram

Cara promosi berikutnya yang dijamin mampu menaikkan omzet adalah dengan mencoba menggaet influencer atau selebgram populer. Dengan promosi lewat selebgram yang memiliki pengikut ratusan ribu orang, artinya produk Anda bakal dikenal oleh pangsa pasar yang jauh lebih luas.

Hanya saja patut diketahui, Anda harus membayar sejumlah tarif untuk meminta kerjasama selebgram dalam mengenalkan produk bisnis. Memang semakin populer selebgram dan makin besar jumlah pengikutnya, tarif yang dipatok jelas makin mahal. Para selebritis sekelas Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Gisel, Luna Maya hingga Ayu Ting Ting jelas mematok tarif promosi yang bisa saja menyentuh jutaan atau belasan juta Rupiah.

Untuk itulah bagi Anda pengelola bisnis online kecil-kecilan, ada baiknya mempertimbangkan selebgram lokal yang harganya jauh lebih bersahabat. Selebgram lokal dengan pengikut puluhan ribu orang bahkan dianggap sangat efektif karena mempunyai exposure dan engagement memuaskan. Supaya produk bisa langsung mengarah ke target pasar, pastikan influencer itu memang sesuai dengan bisnis Anda. Tak mungkin Anda menggunakan jasa influencer berhijab untuk mempromosikan produk minuman alkohol, bukan?

6. Rutin Posting

posting ke Instagram
posting ke Instagram

Hal berikutnya yang harus dilakukan supaya aksi promosi maksimal adalah dengan memiliki jadwal posting yang rutin. Yap, online shop berkualitas jelas akan selalu mengunggah konten dalam waktu berkala. Misalkan saja dalam sehari ada 1-2 kali unggahan di feed dan 3-5 kali di fitur IGs. Pastikan dalam setiap unggahan atau IGs, menyertakan link aktif entah ke platform e-commerce atau website resmi bisnis Anda.

Postingan yang rutin akan membuat bisnis Anda dipandang profesional dan kredibel, karena mempunyai akun yang aktif. Akun aktif adalah kunci utama kesuksesan bisnis di internet. Dengan unggahan yang rutin, konsumen tentu bisa tahu mengenai produk-produk terbaru dan makin terpikat. Akun yang rutin posting juga pastinya membuat jumlah pengikut terus bertambah.

7. Pakai Hashtag dengan Tepat

contoh statistik hashtag Instagram
contoh statistik hashtag Instagram

Seperti yang sudah disebutkan, dengan pangsa pasar Instagram yang terbuka sangat luas, persaingan bisnis di media sosial ini memang begitu ketat. Konsumen tentu tak mungkin menghapal jutaan toko online satu-persatu. Lantas apa yang mereka lakukan ketika membutuhkan sebuah produk dan mencari penjualnya? Menggunakan fungsi pencarian lewat hashtag.

Untuk itulah pastikan jika dalam penulisan detail produk, selalu tulis hashtag pendukungnya. Contoh Anda berjualan busana khusus Muslimah, maka bisa menyertakan hashtag, #hijabmodern #hijabhist #bajumuslimah #bajuislami dan lain-lain.

Nantinya setiap konten yang mempunyai hashtag akan bisa ditemukan oleh seluruh pengguna Instagram baik di luar atau dalam negeri. Jangan terlalu gunakan hashtag yang berlebihan, karena justru bisa membuat calon konsumen enggan membaca postingan produk Anda.

8. Menawarkan Diskon

Cara promosi berikutnya yang sangat ampuh adalah dengan menawarkan diskon. Yap, mau menjalankan bisnis apapun, diskon adalah solusi terbaik dalam menggaet calon konsumen. Tentunya dalam bisnis online yang berjualan di Instagram, pemberian diskon dan syaratnya bisa dirumuskan dengan lebih inovatif.

Misalkan saja saat hari Natal dan Tahun Baru, Anda memberikan diskon hingga 60% untuk para karyawan kantoran yang tetap bekerja saat libur panjang. Begitu pula dengan konsep BUY 1 GET 1 FREE, yang bisa coba dilakukan untuk para konsumen baru. Hanya saja patut diingat, pemberian promosi harus sudah sesuai dengan kemampuan bisnis yang Anda kelola.

Baca juga: 21 Tips Sukses Usaha Laundry Kiloan dengan Modal Kecil

9. Pakai Akun Bisnis Instagram

Kembali ke fakta bahwa makin banyak saja aksi berjualan online di Instagram, akhirnya membuat media sosial asal Amerika ini mengenalkan akun bisnis. Seperti namanya, akun bisnis memiliki fitur yang bisa mengoptimalkan urusan bisnis dan pemasaran. Sehingga jika Anda ingin terlihat lebih profesional dalam hal promosi bisnis, mempertimbangkan memiliki akun bisnis Instagram adalah keharusan.

Dengan menggunakan akun bisnis, Anda bisa melakukan kerjasama dengan Instagram dalam hal pemasangan iklan. Kendati memang ada tarif khusus, jasa iklan Instagram ini bisa menjangkau pasar yang jauh lebih luas dan sesuai dengan tujuan produk bisnis. Anda pun bisa melihat perkembangan promosi bisnis lewat fitur Insight. Dalam Insight, pemilik bisnis bisa melihat statistik jumlah pengikut, kiriman, jumlah tayangan video, jumlah kunjungan ke website, jangkauan profil hingga total klik surel atau telepon.

Bahkan yang cukup menyenangkan, akun bisnis memungkinkan Anda mengetahui waktu yang tepat dalam mengunggah konten sekaligus analisis target pasar. Tentunya dengan menggunakan akun khusus bisnis ini, cara promosi di Instagram bakal jauh lebih menarik, efektif dan pastinya kredibel.

10. Bagikan Proses Produksi

proses produksi di pabrik
proses produksi di pabrik

Terakhir, cara promosi menarik di Instagram adalah dengan membagikan proses produksi. Contohnya saja Anda menjalankan bisnis konveksi kaos, unggah seluruh proses pembuatan kaos mulai dari pemilihan bahan, pemotongan hingga penjahitan bahan kain sampai desain dan pengemasan. Dengan membagikan proses produksi ini, calon konsumen tentu akan semakin yakin kalau bisnis memang dikelola profesional.

Usahakan proses produksi ini diunggah dalam bentuk konten visual yang menarik agar makin mempunyai nilai jual tinggi. Jika memang bisnis Anda dikelola profesional dan memiliki SOP (Standar Operasional Produksi) yang bertanggung jawab, tentu tak akan merasa enggan dalam membagikan proses produksi, bukan? Untuk itulah coba pikat calon konsumen dengan cara ini sekarang juga.

Jika Anda menerapkan cara promosi di atas, maka bukan tak mungkin kalau bisnis Anda akan makin dikenal di Instagram. Pahamilah bahwa pastinya ada akun baru yang masuk di Instagram setiap menit, sehingga Anda harus menjadikannya sebagai peluang promosi. Daripada sibuk memasang banner atau membagikan brosur, promosi dan pemasaran melalui online di Instagram bisa jauh lebih efektif dan pastinya efisien untuk bisnis Anda.

Bagikan ;

SEKURITAS

INFO

  • 15% Instant Bonus

  • Min Deposit: $5

  • Regulasi Terjamin

5/5
  • Bonus 100% per deposit

  • $1 Deposit Awal

  • Trading Saham dan Forex

5/5
  • 50% Bonus deposit

  • $ 50 Deposit Awal

  • Trading Forex, CFD

  • Komoditas dan indeks Saham

5/5

Tinggalkan komentar