Cara, Syarat Membuka Tabungan dan Menabung Emas Pegadaian

Semenjak zaman dulu hingga saat ini, salah satu metode menabung yang paling banyak dipilih masyarakat dunia adalah emas. Yap, logam mulia dengan warna kuning berkilau ini memang sangat berharga dan sudah menjadi lambang kekayaan. Coba lihat bagaimana raja-raja di masa lampau, selalu mempunyai persediaan emas sebagai bukti kekuasannya.

Kini dengan peradaban masyarakat dunia yang makin modern, emas pun tetap masih menjadi pilihan terbaik untuk menyimpan kekayaan. Banyak orang memilih membeli dan menyimpan emas-emas batangan sebagai tabungan di hari tua nanti. Kenapa begitu? Karena memang tak bisa dipungkiri jika emas masih tetap jadi pilihan investasi terbaik.

Baca juga: Dibandingkan Emas, Inilah 8 Kelebihan Investasi ReksaDana!

Mau dunia menghadapi perang global sekalipun, harga emas tidak akan mengalami penurunan yang signifikan. Bahkan dalam satu sekade terakhir ketika dunia dihadapkan pada berbagai masalah perekonomian, harga emas justru melambung yang membuat makin banyak orang ingin berinvestasi emas.

Beruntung dengan perkembangan teknologi, untuk melakukan investasi emas tidaklah harus melulu membeli perhiasan di toko emas atau emas batangan dalam jumlah besar. Saat ini banyak lembaga keuangan yang menawarkan produk tabungan emas dengan modal kecil. Salah satunya adalah Pegadaian. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memberikan pelayanan sektor keuangan ini memang menawarkan tabungan emas yang menguntungkan masyarakat Indonesia.

Keunggulan Tabungan Emas di Pegadaian

keunggulan tabungan emas Pegadaian

Kalau dulu menyebut nama Pegadaian, mungkin yang terlintas di dalam benak Anda adalah sebuah lembaga keuangan di mana masyarakat bisa mempedoleh uang tunai setelah menggadaikan harta benda, termasuk emas. Namun dalam perkembangannya, Pegadaian berubah dari sebuah tempat gadai menjadi tempat penyimpanan uang juga seperti layaknya tabungan bank.

Hanya saja berbeda dengan bank, tabungan yang ditawarkan BUMN dengan total aset Rp48,7 triliun (per 2017) ini adalah logam mulia emas. Seperti layaknya menabung uang, produk tabungan emas ini memungkinkan nasabah menabung sejumlah uang yang kemudian akan dikonversikan oleh Pegadaian ke harga jual emas realtime.

Nah, supaya Anda makin yakin, berikut ini adalah beberapa keunggulan memilih tabungan emas di Pegadaian:

1. Jaminan Keamanan Investasi

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, tabungan emas di Pegadaian memiliki bentuk emas batangan yang dimiliki oleh pemilik rekening berdasarkan perjanjian jual beli dan penitipan emas. Sehingga dengan kata lain, tabungan emas Pegadaian sendiri adalah sebuah layanan pembelian sekaligus penjualan emas yang dilengkapi dengan fasilitas penitipan.

Anda sebagai investor jelas tak perlu khawatir ketika memilih untuk menabung sekaligus berinvestasi emas di Pegadaian, karena merupakan lembaga resmi negara dan memiliki kredibilitas baik. Seperti yang diketahui, ada banyak sekali kasus penipuan investasi emas yang memang menawarkan harga kelewat murah dan ternyata perusahaannya tidak kredibel. Pegadaian menjamin keamanan seluruh emas-emas yang dimiliki nasabah supaya tidak ada kecemasan.

Bukan hanya keamanan seluruh data tabungan dan proses transaksi, emas-emas yang ditawarkan Pegadaian pun terbukti keasliannya melalui sertifikat resmi dari PT ANTAM (Aneka Tambang). Sekadar informasi, ANTAM adalah perusahaan pertambah\ngan yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah Indonesia.

2. Pelayanan Tabungan Emas Lengkap

Bukan cuma sekadar menabung saja, tabungan emas dari Pegadaian ini juga dilengkapi berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan nasabah seperti pencairan tabungan atau jual emas hingga gadai emas. Kedua fasilitas keuangan ini jelas dibutuhkan konsumen apalagi jika terjadi musibah sewaktu-waktu sehingga butuh dana tunai dalam waktu cepat. Untuk melakukan kedua transaksi ini, Anda bahkan bisa melakukannya secara online.

Baca juga: 4 Logam Mulia yang Paling Menguntungkan Sebagai Investasi, Tertarik?

Dalam layanan gadai emas, Pegadaian pun menjamin proses pencairan uang tunai berlangsung cepat. Bahkan untuk tingkat bunga, Pegadaian menawarkan dalam nominal yang terjangkau yakni 0,75% sebulan dengan beberapa pilihan tenor. Bukan cuma itu saja, tabungan emas juga memiliki layanan khusus saat pemilik rekening meninggal dunia. Di mana rekening tabungan emas bisa ditutup berdasarkan permintaan ahli waris dan saldo akan diberikan seluruhnya kepada ahli waris.

3. Modal Tabungan Emas Terjangkau

Emas memang identik sebagai logam mulia yang paling mahal. Mereka yang mau beli perhiasan emas tentu harus menyediakan uang ratusan ribu hingga jutaan Rupiah. Hal inilah yang kadang membuat beberapa orang pikir panjang dan menunda keinginan beli emas karena belum mempunyai dana.

Namun hal ini tak akan terjadi saat Anda memilih menabung emas di Pegadaian. Kenapa begitu? Karena lembaga pembiayaan yang berdiri di Sukabumi pada 1 April 1901 ini memberikan kemudahan setoran awal yang bisa dimulai bahkan dari nominal di bawah Rp100 ribu!

Nasabah bahkan bisa membeli emas dengan kelipatan 0,01 gram yang nantinya akan langsung tercatat ke dalam mutasi rekening nasabah. Berapa harganya? Sudah pasti berubah-ubah sesuai dengan harga emas terbaru. Misalkan saja Anda ingin menabung emas pada hari Sabtu (15/02) hari ini, harga beli emas di kisaran Rp689 ribu dan Anda menyetorkan Rp100 ribu, maka yang bakal tercatat ke dalam rekening adalah emas kurang lebih sebesar 0,14 gram.

4. Bisa Diakses Online

Nah, inilah keuntungan yang paling bikin tabungan emas di Pegadaian sangat menarik yakni adanya fasilitas pelayanan online. Pegadaian seolah tak ingin ketinggalan bank-bank konvensional yang sudah memberikan fitur internet atau mobile banking, dengan merilis aplikasi Pegadaian online bernama Pegadaian Digital.

Seperti layaknya aplikasi, Anda bisa mengunduh Pegadaian Digital di Play Store (Android) dan kemudian dipasangkan ke smartphone. Lewat Pegadaian Digital, nasabah bisa sewaktu-waktu mengecek mutasi rekening tabungan emas. Tak cuma sekadar cek saldo, Pegadaian Digital juga memungkinkan nasabah membuka tabungan emas, melakukan transasi emas lain seperti jual-beli hingga gadai.

Tentu saja keberadaan aplikasi Pegadaian Digital ini sangatlah membantu nasabah yang begitu sibuk dan tidak sempat mendatangi kantor Pegadaian terdekat. Bahkan beberapa layanan bisnis Pegadaian menawarkan biaya yang lebih rendah saat diakses melalui Pegadaian Digital, daripada ketika harus pergi ke kantor Pegadaian terdekat.

Syarat Buka Tabungan Emas Pegadaian

syarat tabungan emas Pegadaian

Lantaran merupakan produk tabungan, tentu saja Pegadaian memiliki sejumlah syarat yang harus dipenuhi calon nasabah jika mau membuka tabungan emas. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya yang harus Anda siapkan supaya proses menabung emas bisa dilakukan dengan cepat:

  1. Jika Anda membuka rekening tabungan emas di kantor Pegadaian terdekat, persiapkan identitas diri (KTP/SIM/Paspor) serta berkas fotokopinya yang masih berlaku
  2. Biaya pembukaan rekening tabungan emas di outlet Pegadaian adalah Rp10.000 dengan biaya penitipan emas Rp30.000 per tahun. Sementara untuk pembukaan rekening di aplikasi Pegadaian Digital bebas biaya pembukaan dan fasilitas penitipan emas untuk tahun pertama. Nasabah hanya diwajibkan beli saldo emas awal minimal Rp50.000.
  3. Jika membuka rekening di Pegadaian Syariah Digital, akan dikenai biaya penitipan emas Rp30.000/tahun dan minimal saldo emas awal Rp70.000. Terakhir jika Anda membuka rekening di Agen Pegadaian, akan ada biaya pembukaan rekening Rp10.000, penitipan emas Rp30.000 per tahun, saldo emas awal Rp57.500 dan biaya transaksi Rp2.500
  4. Minimal saldo di rekening tabungan emas Pegadaian adalah 0,1 gram emas, sementara nasabah bisa membeli emas dengan kelipatan 0,01 gram di mana harganya disesuaikan dengan pergerakan harga emas secara realtime
  5. Kendati Anda sudah menyetorkan sejumlah uang ke tabungan emas, Anda belum bisa menerima bentuk fisik logam mulia tersebut. Lantas bagaimana? Nasabah harus mencetak dan membayar biaya cetak emas entah lembaran emas atau batangan emas. Pilihan keping emas yang bisa dicetak adalah 1, 2, 5, 10, 25, 50 dan 100 gram
  6. Minimal pembelian emas adalah Rp50.000 dan maksimal Rp10 juta per hari. Nasabah bisa mengisi rekening tabungan emas melalui aplikasi Pegadaian Digital
  7. Saldo tabungan emas bisa dicairkan menjadi uang tunai dengan cara menjual kembali (buyback) saldo titipan emas di dalam rekening. Anda juga bisa mentransfer saldo tabungan emas dengan minimal transaksi satu gram, tanpa biaya transfer

Kalau seluruh syarat sudah dipenuhi, maka Anda bisa langsung melakukan proses menabung emas dan memperoleh berbagai manfaat pelayanan yang ditawarkan Pegadaian.

Baca juga: Inilah Keunggulan dan Kelemahan Trading Emas Online di Pasar Forex

Tata Cara Buka Tabungan Emas di Pegadaian

Memahami bahwa gaya hidup saat ini serba digital, Pegadaian pun menyediakan layanan pembukaan tabungan emas secara online lewat aplikasi Pegadaian Digital. Anda memang masih bisa buka rekening di outlet Pegadaian, Pegadaian Syariah atau Agen Pegadaian. Hanya saja lewat Pegadaian Digital, bisa bebas biaya pembukaan rekening sekaligus mudah diakses dari rumah atau di sela-sela kesibukan kerja.

Berikut tata caranya yang bisa Anda coba terapkan lewat aplikasi Pegadaian Digital:

1. Mengisi Data Pribadi

Tahapan isi data buka tabungan emas di Pegadaian
©Duwitmu

Hal pertama yang harus dilakukan supaya bisa buka tabungan emas Pegadaian secara online adalah pastikan ponsel Anda sudah terpasang aplikasi Pegadaian Digital. Siapkan dulu kartu identitas karena tahapan pertama dalam proses pembukaan rekening di aplikasi adalah calon nasabah disuruh menulis sejumlah data-data pribadi.

Beberapa data itu seperti nama lengkap, nomor KTP, tempat tanggal lahir, nomor HP, nama Ibu kandung dan alamat lengkap. Kemudian calon nasabah diminta mengunggah KTP asli baik difoto langsung atau scan KTP. Tahapan awal ini sama juga akan Anda lakukan ketika membuka rekening tabungan emas langsung di unit Pegadaian, Pegadaian Syariah atau Agen Pegadaian. Bedanya, dokumen pribadi yang diminta biasanya dalam bentuk fotokopi.

2. Pilih Unit Pegadaian Terdekat

Unit Pegadaian

Setelah proses pengisian data selesai, nasabah diharuskan memilih unit Pegadaian terdekat untuk penyelesaian proses tabungan emas. Kenapa harus repot-repot tetap ke Pegadaian? Sebagai bukti kalau nasabah bersangkutan memang nyata dan ada secara fisik. Prosedur ini sendiri dinamakan proses KYC (Know Your Customer) dengan batas waktu maksimal enam bulan sejak daftar rekening tabungan emas di Pegadaian Digital.

Tenang saja, saat ini Pegadaian ada hampir di seluruh pelosok Indonesia sehingga Anda bisa memilih unit yang paling dekat dari domisili, supaya tidak merepotkan. Bagaimana jika calon nasabah tidak melakukan tahapan ini? Pegadaian akan membekukan rekening tabungan emas hingga 18 bulan sejak tanggal pembukaan rekening.

3. Bayar Biaya Buka Tabungan

Informasi biaya pembukaan rekening tabungan emas Pegadaian
©Duwitmu

Setelah memilih unit Pegadaian terdekat, akan ditampilkan rincian biaya pembukaan rekening tabungan emas. Lantaran proses pendaftarannya secara online, maka Anda tak perlu bayar biaya pembukaan rekening dan hanya tinggal melakukan setoran minimal Rp50 ribu sebagai saldo emas awal. Tak perlu repot, pembayaran ini bisa ditransfer ke rekening akun virtual Pegadaian.

Jika proses transaksi berhasil, akan ada konfirmasi dari Pegadaian Digital kalau pengajuan pembukaan rekening tabungan emas berhasil. Dalam pemberitahuan itu, disertakan juga informasi saldo rekening, nomor rekening, tanggal pembukaan rekening dan lokasi pengambilan buku tabungan.

4. Ambil Buku Tabungan di Pegadaian

buku tabungan emas Pegadaian

Untuk tahapan terakhir, Anda haruslah datang ke unit Pegadaian terdekat yang sudah dipilih, agar memperoleh buku rekening sekaligus verifikasi nasabah NYC. Pegadaian memberikan waktu maksimal 12 bulan sejak rekening aktif, agar nasabah mengambil buku tabungan emas. Supaya bisa melakukan penjualan atau gadai emas, nasabah diharuskan melakukan pendaftaran rekening bank kepada petugas Pegadaian.

Nanti petugas akan melakukan verifikasi OTP dengan mengirimkan SMS ke nomor HP nasabah. Jika kode OTP yang disebutkan nasabah cocok, maka rekening tabungan emas sudah aktif dan bisa melakukan berbagai transaksi keuangan. Bagaimana? Tidak sulit, bukan? Namun jika dirasa terlalu ribet dan sama saja harus keluar rumah, Anda bisa pilih buka rekening tabungan emas di unit Pegadaian langsung.

Fitur Jual, Beli dan Gadai Emas di Pegadaian

Lantaran merupakan tabungan emas, seluruh transaksi jelas melibatkan logam mulia ini. Pegadaian sendiri menyediakan fitur penjualan, pembelian sekaligus gadai terhadap pemilik rekening tabungan emas. Untuk bisa menikmati ketiga fitur ini, nasabah bisa mengaksesnya langsung melalui Pegadaian Digital.

Pembelian Emas

Bertujuan untuk memudahkan nasabah, aplikasi Pegadaian Digital bisa digunakan untuk transaksi pembelian dan penualan emas. Batas minimal pembelian emas adalah Rp50 ribu dan maksimal Rp10 juta per hari. Asalkan rekening tabungan emas sudah aktif, Anda bisa melakukan transaksi ini langsung. Nasabah pun tak perlu cari tahu lagi soal harga karena dalam Pegadaian Digital sudah ada informasi harga jual dan harga beli (buyback) emas.

Jika Anda ingin beli emas, langsung saja pilih menu BELI EMAS dan kemudian tentukan sumber dana top-up baik dari rekening pribadi atau rekening lainnya. Masukkan nominal pembelian emas dalam Rupiah yang kemudian akan dikonversikan secara langsung ke harga beli emas dan besaran gram-nya.

Setelah mengisi pembelian emas, nasabah akan memperoleh konfirmasi besaran uang yang harus dibayar sekaligus tata cara pembayarannya. Anda diharuskan mentransfer sejumlah uang ke rekening Virtual Account (VA) Pegadaian yang bekerjasama dengan beberapa bank besar seperti BNI, BRI, BCA, Mandiri dan Permata. Akan ada biaya administrasi transfer ke rekening VA yakni Rp2.500 per transaksi.

Pastikan Anda melakukan pembayaran dari pembelian emas ini sesuai dengan nominal serta tidak melebihi batas waktu dari Pegadaian. Jika terlewat, Anda harus mengulangi lagi proses pembelian emas dari awal. Kalau transfer ke rekening VA telah berhasil, Pegadaian Digital akan memberikan konfirmasi dan Anda bisa langsung melihat saldo emas yang dimiliki di rekening tabungan lewa aplikasi juga.

Baca juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula Saat Mau Investasi Emas

Penjualan atau Pencairan Saldo Tabungan Emas

Selain transaksi pembelian, Anda juga bisa melakukan penjualan emas di aplikasi Pegadaian Digital. Fitur ini sangatlah membantu bagi nasabah yang mendadak butuh uang tunai dan harus menjual sekaligus mencairkan saldo tabungan emas mereka. Untuk melakukan transaksi ini, Anda tinggal memilih menu JUAL EMAS di aplikasi dan kemudian menentukan nomor rekening bank tujuan sebagai hasil penjualan emas.

Tak perlu repot-repot harus datang ke Pegadaian dan mengambil emas lalu menjualnya di toko emas, proses jual emas di aplikasi Pegadaian Digital ini bahkan bisa dicairkan langsung ke rekening bank pribadi. Pastikan Anda mengetahui harga jual kembali dari emas agar bisa memperhitungkan apakah bakal untung atau malah merugi.

Gadai Emas

cara gadai emas di Pegadaian

Membutuhkan uang tunai dalam waktu cepat tapi tak ingin kehilangan emas? Tenang saja, Pegadaian menyediakan layanan gadai emas. Bahkan yang lebih menguntungkan, Pegadaian memberikan bunga yang relatif kecil untuk proses gadai. Caranya pun mudah yakni Anda tinggal buka aplikasi Pegadaian Digital lalu pilih menu GADAI. Tuliskan nomor rekening tabungan emas Anda lalu jumlah gram emas yang mau digadaikan, berapa lama waktu gadai dan terakhir rekening penerima dana hasil gadai emas.

Jangan lupa Anda sudah melakukan pengecekan terhadap saldo rekening karena saldo tabungan emas di Pegadaian Digital akan langsung ter-update. Di mana saldo tabungan emas ini dihitung berdasarkan harga emas saat nasabah mengecek saldo.

Untuk proses gadai emas, ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan seperti nasabah hanya bisa menggadaikan sejumlah maksimal 95% dari total emas yang dimiliki pada tabungan. Saldo rekening pun masih harus minimal 0,1 gram. Nantinya bentuk fisik emas Anda akan dipegang oleh pihak Pegadaian.

Ada empat pilihan tenor gadai emas yang ditawarkan Pegadaian yakni 30, 60, 90 dan 120 hari. Jika Anda melakukan gadai emas melalui aplikasi Pegadaian Digital, bunga yang ditetapkan adalah 0,75%. Sementara jika Anda menggadaikan emas lewat unit Pegadaian, bunga yang dipatok adalah 1,20%.

Tanya Jawab;

Apa Keunggulan Tabungan Emas di Pegadaian?

1. Jaminan Keamanan Investasi
2. Pelayanan Tabungan Emas Lengkap
3. Modal Tabungan Emas Terjangkau
4. Bisa Diakses Online

Bagaiman Tata Cara Buka Tabungan Emas di Pegadaian?

1. Mengisi Data Pribadi
2. Pilih Unit Pegadaian Terdekat
3. Bayar Biaya Buka Tabungan
4. Ambil Buku Tabungan di Pegadaian

Link Daftar disini

Fitur Jual, Beli dan Gadai Emas di Pegadaian?

1. Pembelian Emas
2. Penjualan atau Pencairan Saldo Tabungan Emas
3. Gadai Emas

Kesimpulan

Lantaran menyediakan aplikasi yang mempermudah pembukaan sekaligus transaksi, tabungan emas bisa menjadi salah satu produk yang layak dipertimbangkan dari Pegadaian. Anda yang ingin melakukan investasi emas dengan modal kecil, bisa menggunakan layanan tabungan emas Pegadaian ini.

Baca artikel menarik lainnya tentang bank dengan produk KTA ( Kredit Tanpa Agunan ) Terbaik disini.

Apalagi dengan adanya informasi harga emas yang selalu update, menjadikan tabungan emas Pegadaian sebagai salah satu layanan perbankan terbaik untuk generasi muda. Jadi tunggu apalagi? Yuk menabung emas sekarang juga!

Loading...

Tinggalkan komentar