10 Cara Menabung Unik, Dijamin Bikin Bahagia dan Rajin Menabung

Di era yang semakin canggih seperti sekarang cara menabung yang unik semakin mudah ditemukan. Hal ini sangat bermanfaat mengingat tabungan merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan dalam mengatur keuangan.

Ada banyak cara yang bisa dilakuan mulai dari yang biasa hingga yang di luar kebiasaan. Mulai dari nominal kecil hingga yang cukup besar.

Sebelum memulai menyimpan uang untuk digunakan kemudian hari ini, kamu perlu membuat rencana terlebih dahulu.

Setiap rencana pasti dimulai dengan masalah. Agar kegiatan menabung menjadi semakin mudah dan konsisten kamu perlu menentukan masalah apa yang ingin diselesaikan dengan menabung. Misal untuk membeli rumah, membayar utang, beli mobil, menyekolahkan anak di luar negri dan sejenisnya.

10 Cara menabung yang unik
10 Cara menabung yang unik

Jika kamu tidak memiliki masalah atau tujuan-tujuan seperti di atas, bukan berarti kamu tidak perlu menabung. Dalam ilmu mengelola keuangan ada banyak pos-pos yang perlu kamu persiapkan untuk mendapatkan kebebasan finansial.

Contohnya seperti dana darurat, dana pension dan berbagai macam dana lainnya.

Jika ingin mengumpulkan uang dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan, perlu strategi jitu agar dana yang dicari terkumpul. Cara biasa mungkin sudah tidak bekerja dan susah sekali dilakukan, maka dari itu berikut 10 cara Menabung Unik yang bisa kamu lakukan:

1. Menabung Pecahan 20.000 rupiah

Cara menabung yang unik pertama adalah tabung uang pecahan 20.000 rupiah setiap menemukannya. Uang pecahan ini bisa dibilang jarang ditemukan tapi nominalnya cukup besar.

Maka dari itu, ketika menemukan uang dengan pecahan ini kamu tidak akan sayang untuk menyisihkannya. Apalagi untuk mamah-mamah muda yang biasa belanja di pasar.

Cara menabung seperti ini juga dipopulerkan Ippho Santosa yang merupakan salah satu motivator. Bayangkan jika sehari kamu bisa menabung sebesar 20.000 rupiah.

Maka selama 30 hari kamu telah mengumpulkan uang sebanyak 600.000 rupiah. Tidak perlu khawatir memberatkan karena pecahan ini sulit ditemukan sehingga tidak memberatkan. Tapi harus komitmen jika menemukannya harus langsung ditabung.

Walaupun dalam satu hari ada 2 atau 3 lembar uang 20.000an, kamu harus tetap konsisten. Memang sih hal ini tidak akan mudah. Tapi jika sudah dijalankan tidak akan terasa.

2. Mengumpulkan Uang Koin

Mengumpulkan Uang Koin
Mengumpulkan Uang Koin

Jika kamu adalah tipe orang yang senang berbelanja di super market atau mini market, uang koin seperti menjadi rutinitas. Hal ini terjadi karena harga setiap barang yang ada di sana biasanya tidak genap.

Cara menabung yang unik berikutnya adalah mengumpulkan uang koin tadi di satu tempat yang sama.

Apalagi jika kamu adalah tipe yang malas membawa uang koin karena berisik dan berat. Nominal yang kecil membuat uang jenis ini dianggap tidak berharga. Tapi siapa sangka, uang koin yang kamu simpan akan semakin menggunung jika kamu menyimpannya dengan benar.

Pepatah sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit sepertinya akan sangat cocok dengan tips mengumpulkan uang yang satu ini. Setelah mengumpulkannya, kamu bisa bisa menukar di bank atau minimarket tempat kamu sering belanja tadi. Karena biasanya mereka memerlukan uang koin untuk pengembalian.

3. Cara Menabung yang Unik Seperti Orang Korea

Cara menabung yang unik seperti orang Korea
Cara menabung yang unik seperti orang Korea

Sudah tahukah kamu cara orang-orang Korea menyisihkan uang? Mereka membuat kantong khusus pada kalender, namanya kalender saku.

Jadi pada setiap tanggalnya kamu bisa menyimpan “jatah” uang harian. Nominal yang boleh dikeluarkan maksimal hari itu adalah sebanyak uang yang ada di kantong. Jika di kantong masih ada uang yang tersisa, maka uang itulah yang akan ditabung dan diletakkan pada tempat khusus. Uang yang sudah ditabung ini tidak boleh diambil lagi ya.

Untuk kamu yang pemasukannya bulanan cara menabung yang unik ini bisa diakali dengan membagi jatah bulananmu ke harian terlebih dahulu.

4. Menabung Sesuai Tanggal

Cara menabung yang unik sesuai tanggal
Cara menabung yang unik sesuai tanggal

Cara menabung yang unik ini sebenarnya sudah banyak yang menggunakannya karena dianggap ampuh.

Menabung sesuai tanggal ini caranya adalah menyisihkan uang dengan nominal besar di tanggal kecil hingga uang kecil di tanggal besar.

Contohnya, kamu memulai tanggal 1 dengan menabung 50 ribu rupiah. Pada tanggal selanjutnya kamu kurangi sebanyak seribu, sehingga pada tanggal 2 kamu menabung 49 ribu rupiah. Hingga nanti pada tanggal 31 kamu menabung 20 ribu rupiah.

Cara ini menjadi ampuh karena semakin tua tanggalnya, semakin ringan nominal yang harus disisihkan.

Bayangkan saja jika kamu melakukan hal tersebut, maka dalam satu bulan kamu sudah bisa mengumpulkan uang sebesar Rp.1.131.000,-

Baca juga, Gaji di Bawah Rp2 Juta? Inilah Rahasia Menabung yang Ampuh!

5. Masukkan Uang ke Dalam Tempat yang Transparan

Masukkan Uang ke Dalam Tempat yang Transparan
Masukkan Uang ke Dalam Tempat yang Transparan

Mengumpulkan uang yang disisihkan ke dalam tempat yang transparan menjadi salah satu hal yang bisa memotivasi Sebagian orang. Cara ini menjadi salah satu yang unik karena biasanya orang menyimpan uangnya di tempat yang tidak terlihat agar tidak mudah digunakan.

Tapi bagi sebagian orang, melihat uang yang telah terkumpul adalah sebuah prestasi. Jika nominalnya sedikit maka mereka akan semangat untuk mengumpulkannya menjadi banyak. Jika jumlahnya sudah banyak, mereka semakin termotivasi untuk mengumpulkan lebih banyak lagi.

Kamu bisa mencobanya di rumah, siapa tahu cara menabung yang unik ini cocok dengan kepribadianmu.

6. Lomba Nabung

Jika kamu adalah orang yang termotivasi dengan kompetisi, maka cara menabung yang unik satu ini adalah pilihannya. Kamu bisa menjadikan nabung sebagai ajang kompetisi dengan kakak, adik, orangtua, pasangan dan orang-orang dekat lainnya.

Dengan berkompetisi kamu akan selalu tertantang. Bisa jadi orang yang menjadi rivalmu selalu mengingatkan untuk terus menabung.

Jika sendirian saja terlalu berat karena tidak ada yang mengontorl, mengevaluasi dan memotivasi maka ajak saja sahabatmu. Tidak hanya bisa berdua, jika kamu memiliki 4 orang teman maka kalian bisa lomba menabung beramai-ramai.

Tetapkan kurun waktu menabung atau tujuan menabung yang ingin kalian capai. Siapa yang tujuannya tercapai lebih dulu, dialah yang menang dan mendapat hadiah.

Tidak hanya bermanfaat, car aini juga menyenangkan untuk dilakukan.

7. Menabung Sebagai Hukuman

Cara ini sebenarnya harus dihindari karena kita pasti berharap untuk tidak pernah melakukan kesalahan sehingga proses menabung akan terhambat. Tapi untuk sebagian orang car aini berhasil.

Selain berhasil untuk mengumpulkan uang, cara ini juga membantu seseorang meninggalkan kebiasaan buruknya.

Contoh: Saya akan menabung 100 ribu rupiah setiap kali bangun kesiangan. Mungkin pada awalnya kamu akan bangun pagi karena sayang dengan uang 100 ribu rupiah. Tapi jika hal ini sudah sering kamu lakukan, maka kebiasaan baik bangun pagi bisa kamu bentuk sembari menabung sedikit demi sedikit.

Jika kebiasaan bangun pagimu sudah terbentuk, kamu bisa mengganti hukuman menabung dengan kebiasaan buruk lainnya. Misal saya akan menabung jika tidak berolahraga, atau saya akan menabung jika berbohong, saya akan menabung jika tidak membuat pr, dan masih banyak pilihan lainnya sesuai dengan masalah yang ingin kamu selesaikan.

8. Cara Menabung yang Unik dengan Memberi Reward

Cara menabung yang unik dengan memberi reward
Cara menabung yang unik dengan memberi reward

Satu lagi cara menabung yang unik untuk anak millemial. Jika sangat sulit menabung, maka ketika dilakukan kamu berhak mendapatkan hadiah atau reward. Hadiahnya tidak hanya terbatas dari sesuatu yang bisa dibeli saja. Sesuatu yang menyenangkan lainnya yang bisa memotivasi kamu juga bisa digunakan.

Contoh: Jika saya menabung maka saya boleh tidur siang. Jika saya menabung maka boleh untuk nonton drakor. Jika menabung maka hari minggu nanti saya tidak perlu mandi, dan berbagai reward yang memotivasi lainnya.

Cara ini cukup ampuh untuk sebagian orang dan menjalankannya pun akan dengan senang hati.

9. Menabungkan Uang Kertas Terkecil yang Ada di Dompet

Menabung uang kertas terkecil yang ada di dompet merupakan salah satu yang termudah. Biasanya kita tidak akan sayang dengan nominal uang yang kecil. Jika hal ini setiap hari kamu lakukan, maka secara tidak sadar kamu akan melatih kebiasaan menabung. Meski di dompetmu setiap hari ada uang seribu setidaknya pada akhir bulan kamu akan memiliki tabungan sebesar 30 ribu rupiah.

Untung-untung jika nominal uang kecil yang ada di dompetmu selalu lebih dari 10 ribu rupiah. Di akhir bulan kamu akan mengumpulkan uang sebanyak 300 ribu rupiah.

Yuk baca tips lainya, 10 Tips Menabung Bagi Karyawan yang Bergaji Kecil

Cara menabung yang unik ini juga bisa kamu terapkan kepada anak-anak. Untuk mereka yang masih TK dan SD, uang sebesar 300 ribu rupiah terasa sangat besar. Ini akan memupuk kebiasaan mereka dalam menabung. Dan jika sudah merasakan manfaatnya, mereka akan dengan senang hati melakukannya di kemudian hari.

10. Cara Menabung yang Unik dengan Logam Mulia

Menabung logam mulia
Menabung logam mulia

Cara menabung yang unik terakhir yaitu dengan membeli logam mulia. Yang paling umum dan mudah di jangkau adalah emas. Jika menabung uang masih sulit karena mudah diambil, dengan menabung emas kamu bisa lebih tenang karena butuh proses menjual hingga bisa mendapatkan uang kas.

Meskipun butuh proses menjual terlebih dahulu agar bisa menjadi uang kembali, jual beli emas ini cenderung mudah. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan untung karena harga emas naik setiap harinya. Kamu bisa membeli emas saat harganya sedang rendah dan menjualnya ketika harga jual tinggi.

Sekarang jual beli emas semakin mudah. Tidak hanya emas sebagai perhiasan, tapi emas batanganpun semakin mudah didapatkan. Kamu tinggal beli ke kantor antam atau ke pegadaian. Bisa juga membeli dengan cara dicicil lewat aplikasi bahkan market place.

Jika dulu untuk menabung emas butuh uang yang banyak, sekarang dengan hanya 20 ribu rupiah kamu sudah bisa menyicil emas batangan.

Baca yuk, 11 Cara Menabung Terbaik Bagi Anda yang Terbiasa Boros.

Hal ini dijamin membuatmu semakin termotivasi untuk menabung semakin banyak untuk masa depan yang lebih baik.

Penutup

Ada banyak cara menyimpan dan menyisihkan uang yang dapat kita lakukan. Caranya ini hanya proses yang bisa dilakukan agar uang terkumpul. Yang paling penting dalam prosesnya adalah tujuan. Jika kamu benar-benar berniat membeli, membayar atau menjamin sesuatu maka menabung akan terasa mudah.

Mungkin sekarang kita belum merasakan manfaat dari menabung. Tapi suatu hari nanti kita pasti sadar bahwa menabung merupakan salah satu hal yang berguna dan butuh untuk Kesehatan finansial. Dengan memiliki tabungan, hidup kita juga merasa lebih nyaman karena memiliki pegangan.

Maka dari itu, semoga kamu yang masih belum bisa konsisten menabung dimudahkan dengan cara menabung yang unik ini.

Tinggalkan komentar