Cara Mendapat AdSense Google Untuk Penghasilan Tambahan

Jika Anda menginginkan penghasilan tambahan, maka Anda perlu memahami cara mendapat AdSense google. Karena dengan cara ini Anda bisa memiliki penghasilan tambahan dengan cukup mudah.

Di zaman modern seperti sekarang, ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan tambahan. Terlebih dengan hadirnya internet, mendapatkan penghasilan tambahan bisa dilakukan dari rumah.

Iklan

Google AdSense adalah salah satu media yang sering dimanfaatkan untuk melakukannya. Bahkan beberapa orang menjadikan Google AdSense sebagai sumber pendapatan utamanya. Karena memang pendapatan dari Google AdSense bisa sangat besar.

Tidak perlu khawatir bila Anda belum memahami cara memanfaatkan Google AdSense. Karena dalam artikel ini kami akan menunjukkan langkah-langkahnya secara lengkap untuk Anda.

Memahami Apa itu Google AdSense

Cara Mendapat AdSense Google Untuk Penghasilan Tambahan Anak Millenial

Sebelum mulai belajar cara mendapat AdSense Google, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu sebenarnya apa itu Google AdSense. Dengan begitu akan memudahkan Anda untuk belajar cara menggunakannya.

Google AdSense sebenarnya adalah sebuah layanan iklan dari Google. Dengan Google AdSense, Anda bisa menjadi partner dari Google untuk menyediakan space iklan bagi penyedia iklan.

Oleh karena itu Anda membutuhkan media yang nantinya akan digunakan untuk menampilkan iklan. Anda bisa menggunakan blog, website atau channel YouTube untuk mendapatkan penghasilan dari Google AdSense.

Nantinya Google akan memberikan bayaran kepada Anda untuk setiap klik atau tayangan iklan di media Anda. Namun tidak semua website atau channel YouTube bisa dimonetisasi menggunakan Google AdSense.

Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh para pemilik website atau channel YouTube untuk bisa mendapatkan penghasilan dari Google AdSense. Salah satunya adalah memiliki akun AdSense.

Cara Membuat dan Mengaktifkan Akun AdSense

Cara Membuat dan Mengaktifkan Akun AdSense

Memiliki akun AdSense adalah sebuah kewajiban dalam cara mendapat AdSense Google. Karena melalui akun AdSense Anda bisa melakukan pengaturan akun, menentukan cara penarikan saldo dan sebagainya.

Namun tidak semua orang memahami cara membuat akun Google AdSense. Oleh karena itu di sini akan kami beri tahu caranya. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat dan mengaktivasi akun Google AdSense.

  1. Kunjungi situs Google AdSense di https://www.google.com/adsense/start/
  2. Klik pada tombol “Start
  3. Selanjutnya alamat website serta email Anda
  4. Anda juga bisa memilih apakah Anda ingin mendapatkan bantuan seputar AdSense melalui email
  5. Setelah itu klik “Save And Continue
  6. Anda akan dilanjutkan ke halaman verifikasi. Pastikan semua informasi yang telah diisi benar.
  7. Lalu klik “Buat Akun”
  8. Setelah itu akan tampil halaman info pembayaran
  9. Isi seluruh informasi yang diminta dengan benar. Karena jika salah, Anda tidak akan bisa mencairkan saldo AdSense Anda
  10. Klik “Submit” jika seluruh informasi yang diminta sudah selesai Anda masukan
  11. Selanjutnya Anda akan diminta untuk menyalin kode HTML ke website Anda
  12. Setelah memasukan kode HMTL, centang box “I’ve pasted the code into my site
  13. Klik tombol “selesai”.

Proses pembuatan dan aktivasi akun AdSense Anda telah selesai. Sekarang Anda hanya perlu menunggu hingga Google menerima permintaan aktivasi Anda. Biasanya proses ini akan memakan waktu hingga 3 hari.

Namun dalam beberapa kasus, proses aktivasi bisa memakan waktu lebih dari 3 hari. Jika pengajuan Anda ditolak, Google akan memberikan email beserta alasan penolakan tersebut.

Cara Memasukkan Kode HTML Verifikasi ke Website

Cara Memasukkan Kode HTML Verifikasi ke Website

Seperti bisa Anda lihat bahwa sebenarnya membuat dan aktivasi akun AdSense sebagai syarat dalam cara mendapat AdSense Google sebenarnya mudah. Namun ada satu langkah yang kebanyakan orang tidak tahu caranya.

Yaitu adalah cara memasukkan kode HTML ke dalam website. Karena memang ada banyak cara untuk memasukan kode HTML ini ke dalam website. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan.

  1. Memasukan Kode HTML ke WordPress dengan Menggunakan Plugin
    1. Download dan pasang plugin “Insert Headers and Footers” dalam website berbasis WordPress Anda
    1. Aktifkan plug in dan pergi ke bagian settings
    1. Klik pada tombol “Insert Headers and Footer”
    1. Masukkan kode HTML verifikasi yang telah Anda salin ke dalam kotak dengan label “Scripts in Header”
    1. Klik “save”
    1. Kode HTML sudah selesai disalin dan tersimpan dalam website Anda.
  2. Memasukan Kode HTML ke WordPress dengan Cara Manual
    1. Klik pada tab Appearance di dashboard
    1. Klik Editor
    1. Cari header.php lalu masukkan kode yang telah disalin setelah kode </head>
    1. Klik “save”
    1. Selesai

Menampilkan Iklan Dalam Website

Setelah proses verifikasi Anda disetujui oleh Google, maka Anda bisa beralih ke cara mendapat AdSense Google selanjutnya. Sekarang Anda perlu membuat iklan dan memasukkannya ke dalam website.

  • Membuat Unit Iklan

Untuk membuat unit iklan, Anda harus masuk ke dalam dashboard akun AdSense. Selanjutnya klik pada tab “My Ads”. Dalam tab ini Anda akan melihat beberapa opsi untuk mengatur iklan.

Iklan

Pilih “Ad units” pada bagian menu “content”. Selanjutnya akan ditampilkan daftar unit iklan yang telah Anda buat sebelumnya. Untuk menambahkan unit iklan baru Anda bisa memilih “+ New ad unit”.

Akan ada beberapa pilihan dalam membuat unit iklan baru. Anda bisa memilih tipe, ukuran dan gaya teks iklan sesuai dengan keinginan. Fitur ini merupakan salah satu kelebihan dari Google AdSense.

Membuat tampilan iklan yang tidak mengganggu adalah salah satu kunci dalam cara mendapat AdSense Google. Karena tampilan iklan memiliki pengaruh besar pada pengalaman pengunjung website Anda.

Untuk ukuran iklan, Anda bisa memilih ukuran responsive, leaderboard, large mobile banner, large skyscraper atau large rectangle.  Silahkan pilih ukuran iklan sesuai keinginan Anda.

Sementara untuk tipe iklan terdapat empat tipe yang bisa dipilih. Anda bisa memilih satu dari tipe text and display ads, matched content, in-feed ads atau in-article ads.

Selanjutnya Anda tinggal mengatur gaya teks iklan yang akan tampil pada website Anda. Google menyediakan beberapa pilihan gaya untuk Anda pilih. Selain itu Anda juga bisa mengatur warnanya sesuai keinginan.

Setelah mengatur unit iklan sesuai keinginan, selanjutnya klik “Save and Get Code”. Anda akan mendapatkan baris kode yang nantinya bisa disalin untuk dimasukkan ke dalam website Anda.

  • Memasukkan Kode Iklan AdSense ke Dalam WordPress

Sama seperti kode HTML verifikasi, cara mendapat AdSense Google ini juga mengharuskan Anda memasukkan kode ke dalam website. Jika Anda menggunakan WordPress, ada dua cara yang bisa Anda gunakan.

Cara pertama adalah dengan menggunakan plugin. Ada dua plugin yang biasanya dipakai untuk memasukkan kode iklan. Plugin tersebut adalah Easy Google AdSense dan Ad Injection.

Sebenarnya dengan Easy Google AdSense Anda tidak perlu repot memasukkan kode iklan. Anda hanya perlu menambahkan Google AdSense Publisher ID pada bagian pengaturan agar Google menampilkan iklan di website Anda.

Plugin selanjutnya adalah Ad Injection. Plugin ini dapat digunakan untuk memasukkan beragam macam iklan termasuk dari Google AdSense ke dalam WordPress. Anda juga bisa mengatur posisi iklan dengan menggunakannya.

Cara kedua adalah dengan memasukan kode iklan secara manual. Cara untuk melakukannya hampir sama dengan cara memasukkan kode HTML verifikasi ke dalam website secara manual.

Pergi ke dashboard WordPress kemudian pilih menu “Appearance”. Selanjutnya klik pada bagian “Widgets”. Lalu tambahkan widget text di posisi yang Anda inginkan untuk menampilkan iklan.

Tips Agar Website Anda Lolos Verifikasi Google AdSense

Tips Agar Website Anda Lolos Verifikasi Google AdSense

Cara mendapat AdSense Google mengharuskan Anda untuk mendaftarkan website dan menunggu verifikasi dari pihak Google. Jika Google menolak pengajuan verifikasi Anda, maka monetisasi tidak bisa dilakukan.

Agar website Anda tidak ditolak ketika didaftarkan ke Google AdSense, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Simak beberapa tips berikut agar website Anda lolos proses verifikasi Google AdSense.

  • Perhatikan Konten

Google tidak akan menerima sebuah website yang berisi konten curian. Perlu Anda pahami bahwa Google mampu mendeteksi kesamaan konten di antara beberapa website. Sehingga pastikan website Anda memiliki konten original.

Selain itu, Google juga menyukai website dengan konten-konten yang berkualitas. Sehingga meski Anda memiliki ratusan konten original namun tidak berkualitas, akan tetap kesulitan untuk mendaftar Google AdSense.

Selain itu, Google juga tidak akan menerima website dengan konten yang melanggar aturan atau ilegal. Sehingga pastikan Anda tidak membuat konten pornografi, tutorial hacking, konten bajakan atau hal ilegal lainnya.

  • Jumlah Pengunjung

Cara mendapat AdSense Google pada dasarnya adalah dengan menjadikan website atau YouTube Anda sebagai tempat untuk beriklan. Sehingga Google pasti menyukai website yang memiliki banyak pengunjung tiap harinya.

Sehingga Anda harus membuat website Anda selalu didatangi banyak pengunjung. Ada banyak cara untuk melakukan hal ini termasuk dengan memiliki konten menarik, unik dan bermanfaat.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan tampilan dari website Anda. Karena tampilan website sangat berpengaruh pada pengalaman pengunjung website Anda. Semakin mudah dan jelas tampilan akan meningkatkan pengalaman mereka.

Cara Mendapat AdSense Google Melalui Channel YouTube

Cara Mendapat AdSense Google Melalui Channel YouTube

Untuk bisa memonetisasi channel YouTube Anda sebenarnya tidak jauh beda dengan sebuah website. Anda perlu menghubungkan akun YouTube dengan akun Google AdSense untuk bisa melakukannya.

Namun ada beberapa ketentuan khusus sebuah channel bisa dimonetisasi. Karena ketika Anda baru membuat channel YouTube, proses monetisasi tidak akan bisa dilakukan. Salah satu syaratnya adalah jumlah subscriber.

Untuk bisa mendapatkan uang dari channel YouTube, setidaknya Anda harus memiliki 1000 subscriber. Selain itu, Anda juga harus memiliki 4000 jam watch hours dalam 12 bulan terakhir.

Oleh karena itu Anda harus membangun channel YouTube Anda terlebih dahulu untuk mendapatkan subscriber dan watch hour tersebut. Silahkan buat konten-konten menarik dan bermanfaat yang disukai banyak orang.

Setelah persyaratan tersebut terpenuhi, Anda bisa memulai cara mendapat AdSense Google melalui video-video yang diunggah. Namun pastikan video-video Anda tidak menyalahi peraturan yang dimiliki Google.

Karena seperti konten pada website, Google tidak menyukai video yang berisi hal-hal ilegal. Jika video Anda berisi hal yang menyalahi aturan Google, maka video tersebut tidak bisa dimonetisasi.

Dengan menggunakan internet, banyak orang yang bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Google AdSense untuk menambah penghasilan melalui website atau channel Youtube.

Bacajuga, Tips dan Cara – cara Monetisasi Youtube, Blog, Instagram

Maka sekarang adalah giliran Anda untuk memiliki penghasilan tambahan melalui internet. Karena saat ini Anda telah memahami cara mendapat AdSense Google serta langkah-langkah untuk melakukannya.

Anggraini Munanda Effani: Hai, saya Anggraini Munanda Effani penulis di Folder Bisnis

This website uses cookies.