Cara Mendapat Satu Milyar Pertama di Umur 20 Tahun Ala Timothy Ronald

Semua orang pasti ingin tahu cara mendapat satu milyar. Karena mendapatkan uang hingga nilai milyaran masih merupakan mimpi bagi sebagian orang. Namun hal berbeda bagi seorang Timothy Ronald.

Timothy telah membuktikan bahwa seorang anak muda yang baru memasuki usia 20 tahun mampu mendapatkan uang hingga satu milyar. Mungkin Anda menganggap bahwa hal ini adalah mustahil.

Sebab memang ada banyak orang yang telah bekerja siang-malam selama bertahun-tahun namun masih kesulitan mendapatkan uang sebesar itu. Namun tahan dulu anggapan Anda sebelum mengetahui kisah Timothy.

Dalam video yang diunggah di kanal YouTube Raditya Dika, Timothy membagikan pengalamannya dalam mendapatkan uang satu milyar di umur 20 tahun. Berikut adalah kisah yang dibagikan Timothy dalam video tersebut.

Memulai Bisnis Sejak Usia SMA sebagai Cara Mendapat Satu Milyar

Cara Mendapat Satu Milyar Pertama Di Umur 20 Tahun Ala Timothy Ronald
Cara Mendapat Satu Milyar Pertama di Umur 20 Tahun Ala Timothy Ronald/Tangkapan layar youtube raditya dika

Masa SMA adalah masa yang menyenangkan bagi setiap orang. Banyak orang menganggap masa ini adalah masa puncak untuk bersenang-senang. Namun pandangan yang berbeda di miliki oleh Timothy.

Di masa inijustru menjadi pemicu cara mendapat satu milyar yang dilakukan oleh Timothy. Ia mengatakan bahwa dirinya sudah mulai berbisnis dan tertarik pada saham di masa ini.

Untuk berbisnis, Timothy meminjam modal sebesar dua juta rupiah dari orang tuanya. Dengan uang tersebut ia gunakan untuk mengimpor barang dari China dan Filipina lalu dijual kembali di Indonesia.

Baca yuk, Tips Investasi Ala Raditya Dika Sampai Bisa Pensiun Dini

Saat itu ia memanfaatkan platform marketplace seperti Tokopedia untuk membantu penjualan. Keuntungan ia dapatkan dari selisih antara harga beli dan harga jual. Terlebih dengan membeli grosir membuat keuntungannya semakin besar.

Dari bisnis yang dilakukan tersebut, Timothy mampu menghasilkan uang hingga 10 – 12 juta per bulan. Nilai yang sangat besar untuk bisa didapatkan oleh seorang anak SMA.

Di samping ketertarikannya pada bisnis, Timothy juga mengungkapkan bahwa ia tertarik dengan saham sejak umur 16 tahun. Ketertarikan inilah yang kelak menjadi cara mendapat satu milyar di usia 20 tahun.

Mendapat 100 juta pertama di umur 18 tahun

Mendapat 100 Juta Pertama Di Umur 18 Tahun
Mendapat 100 juta pertama di umur 18 tahun/Tangkapan layar youtube raditya dika

Setelah menekuni bisnis dengan jual beli barang di marketplace, Timothy mulai terpikir ide bisnis lain. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk mulai membangun bisnis digital agensi.

Bagi Anda yang belum tahu, digital agensi adalah sebuah penyedia layanan jasa untuk melakukan pemasaran dan branding dalam dunia digital. Bisnis ini dibangun oleh Timothy karena pengalamannya di bisnis sebelumnya.

Karena pada bisnis sebelumnya Timothy tertuntut untuk melakukan pemasaran dan branding terhadap tokonya di marketplace. Sehingga ia terbiasa dengan copywriting, periklanan dan ilmu untuk mendapatkan pelanggan lainnya.

Dengan bekal ilmu tersebut, Timothy memahami cara-cara berjualan dan mendapatkan pelanggan. Sehingga ia membangun bisnis digital yang bisa membantu usaha lain untuk berjualan dan mendapat keuntungan.

Bisnis inilah yang menjadi salah satu langkah Timothy dalam cara mendapat satu milyar di umur 20 tahun. Karena dari bisnis tersebut, Timothy mampu mendapatkan seratus juta di umur 18 tahun.

Membuka Kesempatan Untuk Diri Sendiri

Namun kesempatan mendapatkan seratus juta tersebut bukan datang dengan tiba-tiba dan sendirinya. Timothy sendirilah yang membuka jalan bagi dirinya untuk bisa mendapatkan uang hingga sebanyak itu.

Ia mengatakan pada Radit bahwa jalan mendapatkan banyak pelanggan untuk bisnis digital agensinya bermula dari awal bangku kuliah. Ketika itu ia sedang menghadiri sebuah seminar yang dihadiri sebuah start up.

Saat CEO start up tersebut sedang presentasi, Timothy berpikir bahwa ia bisa membuat media sosial start up tersebut menjadi lebih baik. Sehingga pada sesi tanya jawab ia pun menyampaikan hal tersebut.

Setelah menyampaikan pikirannya, Timothy diajak untuk magang di start up tersebut. Sehingga ia memegang dan mengurus seluruh media sosial start up tersebut bahkan dipercaya untuk mengajar.

Sebab start up ini bergerak pada bidang pengelolaan grafis yang banyak membantu UMKM. Hal ini membuat banyak pelaku UMKM mencari Timothy dan meminta jasa untuk mengelola media sosial mereka.

Untuk jasa tersebut, Timothy memasang harga sekitar 3,5 juta per bulan untuk satu UMKM. Sementara jumlah UMKM yang menggunakan jasanya berkisar antara 7 – 11 klien.

Baca juga, 15 Tips Mengatur Keuangan Ala Raditya Dika yang Harus Dibiasakan

Dari sana dapat dilihat bagaimana Timothy memberikan jalan untuk dirinya sendiri dalam cara mendapat satu milyar. Ia tidak bergantung pada keberuntungan ataupun uluran tangan orang lain.

Melipat gandakan Seratus Juta Menjadi Satu Milyar Melalui Saham

Melipat Gandakan Seratus Juta Menjadi Satu Milyar Melalui Saham
Melipat gandakan Seratus Juta Menjadi Satu Milyar Melalui Saham/Tangkapan layar youtube raditya dika

Seperti dikatakan sebelumnya bahwa Timothy sebenarnya telah tertarik pada saham sejak umur 16 tahun. Bahkan pada waktu itu Timothy sampai menggunakan rekening saham atau SID milik orang tuanya.

Namun ketika berbisnis import dan berjualan di marketplace, ia belum terlalu banyak menaruh uang pada saham. Barulah ketika menjalankan bisnis digital agensi Timothy mulai menaruh semua uang di saham.

Karena pada saat itulah Timothy benar-benar sadar dan terbuka bahwa saham mampu melipatgandakan uang yang dimilikinya. Sehingga ia memutuskan untuk berbisnis agar mendapatkan uang yang akan diinvestasikan pada saham.

Investasi pada saham inilah yang menjadi salah satu faktor utama dalam cara mendapat satu milyar di usia 20 tahun. Karena hasil investasi saham menjadi salah satu sumber penghasilan utama Timothy.

Tetap Survive di Tengah Pandemi

Bisnis digital agensi milik Timothy berjalan mulai dari ia kuliah hingga akhirnya terjadi pandemi Covid-19. Sebab ketika memasuki masa pandemi banyak klien bisnis agensi tersebut yang hilang.

Namun hal ini tidak menyurutkan semangat Timothy dan membuatnya menyerah. Bahkan kejadian ini menjadi faktor penting dalam cara mendapat satu milyar bagi Timothy di umur 20 tahun.

Karena setelah melihat banyak klien menghilang, Timothy segera memikirkan cara untuk mendapatkan pendapatan baru. Berbekal dari inspirasi yang didapatnya, Timothy memutuskan untuk memulai akun TikTok yang membicarakan keuangan dan saham.

Terlebih ia melihat bahwa selama ini TikTok belum banyak dimanfaatkan untuk hal penting dan serius. Hingga akhirnya Timothy Ronald berhasil menjadi salah satu influencer TikTok finance pertama dan terbesar.

Selain itu ia juga menjalankan kanal YouTube yang membicarakan keuangan dan saham. Hal ini semakin menambah sumber pemasukan yang dimiliki oleh Timothy selain dari saham dan TikTok.

Dengan pendapatan dari hasil investasi saham, ditambah dengan endorse pada kanal TikTok atau YouTube dan juga AdSense YouTube itulah cara mendapat satu milyar di usia 20 tahun ala Timothy Ronald.

Tidak Kenal Henti Dalam Belajar di Dunia Saham

Tidak Kenal Henti Dalam Belajar Di Dunia Saham
Tidak Kenal Henti Dalam Belajar di Dunia Saham/Tangkapan layar youtube raditya dika

Timothy menyatakan kepada Radit bahwa basis ilmu saham yang dimilikinya adalah value investing. Sebab dia benar-benar menyukai Benjamin Graham beserta metode analisisnya. Namun hal ini telah berubah.

Sebab bagi Timothy, dalam dunia saham tidak cukup hanya belajar lalu berhenti. Dunia saham mengharuskan kita untuk terus belajar dan belajar. Hingga akhirnya Timothy mulai mengubah gaya investasi saham miliknya.

Saat ini gaya investasi Timothy lebih berfokus pada mencari perusahaan yang memiliki inovasi disruptif. Namun hal ini jauh lebih susah bila dibandingkan dengan gaya value investing.

Baca yuk, Mau Sukses? Yuk Belajar Bisnis Usia Muda Ala Valencia Tanoesoedibjo

Hal ini juga disepakati oleh Raditya Dika. Sebab pada gaya investasi ini, investor membeli masa depan. Sehingga proses analisis dan pengambilan keputusannya harus lebih matang dan mendalam.

Prinsip Hidup Milik Timothy Ronald

Selain cara mendapat satu milyar di atas, ada hal-hal lain yang membuat Timothy bisa mengumpulkan yang sebanyak itu. Hal itu adalah prinsip hidup yang dimiliki oleh Timothy.

Dalam video Radit, Timothy menyampaikan beberapa prinsip hidup yang dimilikinya. Berikut adalah rangkuman prinsip hidup Timothy yang patut untuk Anda contoh untuk mendapatkan uang hingga satu milyar.

  • Tidak Membeli Barang Sebelum Memiliki Uang 10 Kali Lipat Dari Harga Barang

Memiliki banyak uang tidak membuat Timothy langsung menghamburkannya untuk membeli banyak barang. Dalam prinsip hidup Timothy, ia hanya akan membeli suatu barang ketika memiliki uang 10 kali lipatnya.

Sehingga jika ia ingin membeli barang seharga lima puluh juta, ia harus memiliki uang sebesar lima ratus juta. Hal ini lah yang membuat uang Timothy dapat terus berkembang.

  • Anti hutang

Dengan prinsip sebelumnya, Timothy juga menyatakan bahwa ia juga anti hutang. Ia tidak ingin membeli barang ketika ia tidak memiliki uang untuk bisa membeli barang tersebut secara langsung lunas.

  • Tau Apa yang Dibeli / Tidak Spekulasi

Dalam berinvestasi saham, Timothy tidak melakukannya secara asal-asalan. Timothy benar-benar memahami pasar dan saham yang hendak ia beli. Sehingga ia benar-benar yakin ketika hendak membeli suatu saham tertentu.

Memiliki Misi Mencetak Sepuluh Juta Investor Baru

Mencetak 10 Juta Investir Baru | Folder Bisnis
Memiliki Misi Mencetak Sepuluh Juta Investor Baru/Tangkapan layar youtube raditya dika

Memahami cara mendapat satu milyar tidak membuat Timothy lupa akan sekitar dan fokus pada diri sendiri. Oleh karena itu ia memiliki keinginan untuk mencetak banyak investor baru di Indonesia.

Bahkan ia bercita-cita untuk mencetak hingga sepuluh juta investor baru. Hal ini karena Timothy melihat bahwa jumlah investor di Indonesia sangatlah rendah. Sangat jauh bila dibandingkan dengan negara maju.

Timothy mengambil contoh negara singapura yang 30% penduduknya menjadi investor. Bila dibandingkan dengan Indonesia, jumlah tersebut sangat jauh. Hal ini juga sesuai dengan perbedaan kemajuan antara Indonesia dan Singapura.

Bahkan jumlah penduduk Indonesia yang membuka rekening investasi di bawah 2%. Sehingga volume investasi di indonesia sangat rendah. Dengan semakin banyaknya investor, diharapkan Indonesia dapat berkembang lebih pesat.

Untuk mewujudkan keinginannya tersebut, Timothy membangun sebuah start up bernama ternakuang. Start up ini akan membantu seseorang untuk belajar dan memahami tentang seluk beluk investasi saham.

Mendapatkan uang sebanyak satu milyar memang tidak bisa dibilang mudah. Bahkan hal ini masih dianggap sebatas mimpi oleh sebagian orang. Padahal Timothy Ronald telah menunjukkan caranya untuk kita.

Bahkan hanya dalam waktu beberapa tahun saja, Timothy bisa mendapatkan uang satu milyar pertamanya. Ada banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah Timothy tersebut.

Baca, Intip 8 Kunci Sukses Bill Gates Dalam Membangun Bisnis

Pertama adalah untuk para anak muda, kesadaran mengenai dunia keuangan seperti bisnis dan saham harus mulai ditumbuhkan. Karena Timothy telah menunjukkan bagaimana seorang anak belasan tahun bisa mendapatkan seratus juta.

Hingga akhirnya pada usia 20 tahun Timothy mampu mendapatkan satu milyar. Namun bukan berarti untuk Anda yang berusia 20 tahun ke atas sudah terlambat untuk memulai.

Karena yang terpenting adalah usaha serta kegigihan kita untuk mendapatkannya. Seperti Timothy yang tidak menyerah ketika ditinggalkan banyak klien saat memasuki awal-awal masa pandemi Covid-19.

Justru ia mengubahnya menjadi kesempatan untuk mendapatkan sumber pendapatan baru. Dari sanalah akhirya cara mendapat satu milyar di usia 20 tahun bisa dipahami dan dilakukan oleh Timothy Ronald.

Yuk Bagikan

Tinggalkan komentar