Jago Nulis? Ini Cara Mendapat Uang Dari Menulis Di Internet !

Kebebasan berpendapat dan perkembangan teknologi yang sangat pesat akhir-akhir ini membuat banyak orang berani mengembangkan passionnya dalam dunia menulis. Kini menulis bukan lagi hanya di lakukan sebagai hobby, tapi juga profesi yang bisa menjadi sumber rezeki dan peluang bisnis. Karena ternyata kemampuan menulis sangat di butuhkan di berbagai sektor industri.

Banyak sekali yang ingin memulainya tapi masih bingung apa saja peluang bisnis yang tersedia untuk orang-orang yang punya modal kemampuan menulis. Sebab pemikiran bahwa kemampuan menulis tidak punya potensi ekonomi yang menjanjikan, rasanya sudah tidak berlaku lagi saat ini.

Namun karena pandangan profesi dari kemampuan menulis bisa di bilang masih “baru” khususnya bagi masyakarat kita, sehingga sebagian juga ada yang masih ragu. Padahal sebenarnya kemampuan menulis juga bisa di salurkan dengan menggunakan frame bisnis tanpa harus kehilangan idealisme kita masing-masing dalam menulis. Hanya saja butuh proses untuk mengukur kira-kira mana saja jalur bisnis yang pas untuk diri kita masing-masing.

Nah, kalau begitu apa saja peluang bisnis bermodalkan kemampuan menulis?

1. Blogger

Sumber gambar : unsplash.com/ Markus Winkler

Peluang bisnis dari kemampuan menulis yang pertama adalah menjadi blogger. Anda bisa menulis tema-tema yang lebih Anda kuasai dan minati. Biasanya platform seperti WordPress banyak di gunakan oleh para blogger. ada WordPress yang berbayar dan ada juga yang gratis. Masing-masing ada kelebihan dan kelemahannya.

Lalu dari mana sumber penghasilan bisnis menjadi blogger?

Pertama Anda bisa memonetisasi blog lewat Adsense, endorsement, link promosi, afiliasi, infolinks maupun penghasilan dari produk dan jasa yang di tawarkan. Lebih detailnya Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini!

Google Adsense

Google Adsense adalah layanan iklan yang dimiliki oleh Google. Nantinya pengiklan akan membayar kepada Google untuk menerbitkan iklan mereka. Nah, iklan dengan bayaran tertinggi nantinya akan di tampilkan di blog Anda. Lalu Anda akan mendapatkan bayaran dari setiap pengunjung blog yang mengklik iklan yang di tampilkan dari blog Anda.

Endorsement

Selain Google Adsense, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari endorsement. Anda pasti pernah mengunjungi blog-blog yang merieview, atau unboxing suatu produk. Nah biasanya ini adalah endorsement atau promosi yang di lakukan atas dasar kerjasama dengan penjual/perusahaan.

Bentuk kerjasamanya tergantung kesepakatan apakah mendapatkan produk gratis atau pembayaran dengan uang tunai misalnya. Oleh karena itu, kita perlu membangun blog yang berkualitas supaya semakin banyak pengunjung blog, semakin banyak pula perusahaan yang ingin bekerjasama dengan kita.

Link Promosi

Link promosi itu mirip dengan endorsement, namun bentuknya berupa artikel yang berhubungan dengan produk, jasa ataupun blog lainnya. Tentunya karena ini link promosi arahnya untuk mempromosikan suatu dengan mencantumkan link, kalau endorsement belum tentu di sertai link promosi.

Infolinks

Seperti halnya link promosi dan google adsense, Infolinks ini adalah jaringan iklan berupa text. Jadi Anda akan di bayar setiap kali pengunjung mengklik link iklan di blog Anda.

Penghasilan Dari Produk atau Jasa yang Kita Tawarkan

Blog juga bisa menjadi sarana untuk mempromosikan produk atau jasa dari bisnis Anda. Dengan kata lain, penghasilan dari blog bisa Anda dapatkan melalui penjualan produk atau jasa. Anda bisa membuat suatu artikel yang mengulas tentang produk atau jasa yang sedang Anda jalankan lalu memberikan alamat atau link pembelian supaya target pasar lebih mudah menjangkau bisnis Anda. Cara ini sudah terbukti mampu menghasilkan penjualan.

Jadi ternyata ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan melalui blog, tidak hanya mengandalkan Google Adsense. Tapi tentunya sebelum bisa memonetisasi blog, Anda perlu fokus untuk membangun konten yang menarik dan bermanfaat, blog berkualitas dan juga mendapatkan banyak pengunjung. Biasanya konten-konten dengan tema yang lebih spesifik lebih mudah beradaptasi dengan mesin pencari seperti Google.

2. Freelance Copywriter

Freelance Copywriter
Sumber gambar : unsplash.com/ Austin Distel

Yang namanya bisnis, berarti pasti punya produk yang di jual dan juga ada cara untuk menjualnya. Nah menjadi Freelance Copywriter artinya produk Anda adalah kemampuan menjual (apapun) dengan kata-kata. Ya betul, menjual dengan kata-kata.

Saat ini rasanya hampir semua industri menggunakan konten sebagai media marketingnya. Terutama untuk media sosial dan juga marketplace. Seorang Copywriter sangat di butuhkan industri karena tidak semua orang bisa menghasilkan kata-kata creative yang bisa mendorong pembelian.

Copywriter tidak di nilai dari seberapa panjang atau dalam tulisan yang di hasilkan, tapi lewat seberapa efektif tulisan yang dibuat untuk marketing campange perusahaan. Oleh karena itu, bagi Anda yang suka riset marketing dan juga creative dalam memadu padankan ide dan kata-kata, bisa membuka jasa bisnis Copywriter. Seorang Copywriter juga bisa masuk ke berbagai ranah industri, sehingga membuatnya punya peluang besar berkembang.

Anda bisa mempromosikan jasa Copywriter dengan membuat poster dan di sebarkan di group-group whatsapp, media social dan berbagai media lainnya.

3. Freelance Content Writer

Freelance Content Writer
Sumber gambar : unsplash.com/ Carlos Muza

Meskipun sama-sma writer namun fokus dan teknik kerja freelance Content writer berbeda dengan Copywriter. Jika Copywriter medianya dalah sales pages seperti media sosial dan marketplace, Content writer medianya adalah blog. Sehingga Content Writer juga perlu punya kemampuan untuk meriset kata kunci supaya bisa masuk dalam daftar halaman satu di mesin pencari.

Selain itu Copywriter bisa dinilai dari seberapa efektif tulisan yang di buat terhadap proses marketing perusahaan, Content Writer justru dinilai dari seberapa mampu ia menjawab rasa penasaran pembaca dan banyaknya pengunjung. Keduanya bisa di lihat dari data yang ada di dashboard penjualan (copywriter) dan dashboard Google Search Console (content writer).

Oleh karena itu, jika Anda lebih minat dengan tulisan yang mendalam Anda bisa memilih bisnis freelance Content Writer. Dari mana saja peluang bisnisnya?

Anda bisa membuka jasa Content Writer dengan menawarkan diri di situs-situs freelance, bekerjasama dengan perusahaan untuk mengisi halaman blognya, dll.

4. Freelance Script Writer

Freelance scriptwriter
Sumber gambar : unsplash.com/ Brooks Leibee

Suka membuat cerita melalui tulisan? Anda mungkin bisa memilih bisnis freelance Script Writer (penulis naskah). Saat ini bukan hanya proyek film besar dan acara televisi yang membutuhkan Script Writer. Sejak ada Youtube, banyak sekali Youtuber sukses, Video ataupun Movie Maker yang membutuhkan jasa penulis script (naskah). Belum lagi video game, iklan video dan komik.

Jadi biasanya scrip writer ini adalah pembuat konten tulisan yang akan di padukan dengan media visual. Mirip dengan penulis novel, para script writer menuliskan alur cerita, drama, dialog, menciptakan tokoh dll.

Biasanya freelance writer bisa bekerjasama atau mengirimkan naskah yang sudah di buat ke house production (rumah produksi). Soal penghasilan, hal ini tergantung track record kita sebagai Script writer (salah satu aspeknya adalah komitmen terhadap proyek yang di kerjakan), kualitas script, durasi dll.

5. Membuat E-Book atau Buku Cetak

peluang bisnis Membuat E-Book atau Buku Cetak
Sumber gambar : unsplash.com/ Aliis Sinasalu

Membuat e-book sekali, untungnya berkali-kali!

Inilah yang bisa di lakukan jika Anda membuat buku digital (e-book). Pada dasarnya e-book ini sama dengan pembuatan buku. Kita bisa mendapatkan penghasilan dari royalti yang di hasilkan dari penjualan e-book.

Banyak orang yang menerbitkan buku cetak, tapi masih ragu untuk membuat versi e-booknya. Nah mungkin beberapa hal ini bisa menjadi pertimbangan Anda.

Membuat e-book memiliki beberapa kelebihan diantaranya :

  • Jasa penerbitan e-book lebih murah di banding buku cetak
  • E-Book lebih tahan lama, tidak akan lapuk seperti buku kertas
  • Distribusi pembelian e-book lebih mudah, pembeli bisa langsung mendownloadnya
  • Dari segi harga lebih murah sehingga menjadi daya tarik tersendiri

Tidak seperti di Amerika, di Indonesia, awalnya penerbitan E-book memang kurang populer. Tapi seiring berkembangnya zaman dan teknologi, penerbit-penerbit besar seperti Gramedia, Mizan, dan penerbit Deepublish juga akhirnya membuka layanan penerbitan digital.

Selain itu, sebenarnya Anda juga bisa melakukan self publishing E-Book secara gratis. Namun tentunya Anda perlu mempelajari teknis hingga proses marketingnya secara mandiri.

6. Membuat Konten Di Berbagai Platform

peluang bisnis menulis Membuat Konten Di Berbagai Platform
Sumber gambar : unsplash.com/ Adem AY

Kemampuan menulis juga bisa di salurkan dengan berbisnis konten di berbagai platform terutama medsos seperti instagram. Ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak terlalu minat membuat blog tapi ingin bercerita atau membuat konten lewat media sosial dan visual.

Dalam bisnis ini, banyaknya followers organik menjadi salah satu kunci kesuksesan. Dari mana keuntungan yang bisa di dapatkan dari bisnis konten di instagram ini?

Lewat endorsement, promosi produk/ jasa kita sendiri, mengadakan talkshow, dan kerjasama lainnya. Oh ya, berjejaring dengan pembuat konten lain juga sangat peting agar media menjadi semakin dikenal orang.

Saat ini sudah banyak sekali akun instagram yang berisi konten-konten yang bukan hanya menarik tapi juga bermanfaat.

Ada banyak sekali tema yang bisa Anda pilih, mulai dari info-info di daerah Anda, konten psikologi, konten lawak dll. Jangan khawatir, walaupun tema ataupun genre konten kita sama. Yang terpenting dalam bisnis konten ini adalah sudut pandang atau gaya menulis Anda punya ciri khas.

Selai itu sebaiknya Anda memilih konten yang Anda minati dan dekat dengan kehidupan Anda. Dalam membangun bisnis konten di media sosial, di butuhkan juga interaksi antara Anda dan audiens.

Ini sangat penting agar audiens bukan hanya merasa related dengan konten-konten Anda tapi juga terhubung dengan admin/ pembuat konten. Ini yang membuat mereka betah mem-follow akun konten medsos kita.

7. Membuat Coaching Menulis

peluang bisnis Membuat Coaching Menulis
Sumber gambar : unsplash.com/ Chris Montgomery

Nah, untuk bisnis yang satu ini memang di butuhkan pengalaman dan juga track record yang cukup baik dalam dunia kepenulisan. Jika Anda suDah berkecimpung dalam dunia kepenulisan selama beberapa tahun dan memiliki berbagai pelajaran yang ingin di bagikan, Anda bisa membuat coaching menulis.

Sumber income yang bisa di dapatkan tentunya dari tiket pelatihan, undangan mentoring, dan kerjasama lainnya.

Saat ini ada banyak sekali pembukaan coaching menulis karena peminatnya juga ternyata sangat banyak. Untuk itu, Anda bisa mulai membangun self branding sebagai penulis dari sekarang. Kumpulkan portofolio sebanyak mungkin sehingga nantinya Anda bisa membuka pelatihan menulis.

Penutup

Nah itulah beberapa peluang bisnis untuk Anda yang memiliki kemampuan menulis. Apakah masih ada yang belum di sebutkan? Semoga Anda yang minat dalam dunia kepennulisan bisa mendapatkan inspirasi dan segera memulai bisnis menulis Anda sendiri.

Tinggalkan komentar