Inilah 5 Cara Mendapatkan Uang dari Youtube, Lengkap dan Ampuh!

Jika dulu profesi favorit adalah menjadi dokter, karyawan perusahaan hingga Aparatur Sipil Negara (ASN), perkembangan teknologi saat ini menjadikan banyak anak muda tertarik pada profesi Youtuber. Yap, profesi yang mengandalkan platform Youtube ini semakin menarik perhatian karena mampu membuat seseorang memperoleh penghasilan fantastis.

Ada banyak nama-nama Youtuber yang memiliki penghasilan super fantastis setiap bulannya. Salah satu Youtuber terkaya di dunia adalah Felix Kjellberg atau yang lebih dikenal lewat channel-nya, PewDiePie. Gamer asal Swedia ini tercatat sebagai Youtuber dengan jumlah pengikut terbesar yakni menembus 100 juta orang di dunia! Berapa penghasilan PewDiePie? Mencapai USD12,5 juta (sekitar Rp175 miliar).

PewDiePie
PewDiePie

Jika PewDiePie ada di kelas global, untuk Youtuber lokal ternyata status terkaya itu dipegang oleh Atta Halilintar. Pemuda berusia 24 tahun itu sudah memiliki subscriber lebih dari 18 juta orang. Konon kabarnya, Atta mampu meraup minimal Rp 600 juta per bulan lewat video yang dia unggah di channel Youtube pribadinya. Tentu penghasilan ini terbilang luar biasa, mengingat bahkan mereka yang bekerja di perusahaan atau instansi pemerintah belum tentu memperolehnya dalam satu tahun kerja.

Fakta-fakta penghasilan luar biasa sebagai Youtuber inilah yang akhirnya membuat banyak orang ingin mencoba peruntungan sebagai content creator di platform berbagi video gratis itu. Dengan lebih dari 1,2 miliar pengguna di seluruh dunia, Youtube memang memiliki pasar yang sangat luas dan menggiurkan. Namun, saat ini untuk memperoleh uang dari Youtube tidaklah semudah yang dibayangkan. Ada beberapa cara yang harus coba Anda terapkan jika memang ingin sukses sebagai Youtuber.

Baca juga: Panduan KUR BRI Terbaru 2019 (Bunga dan Syaratnya)

Cara-Cara Ampuh Memperoleh Penghasilan Fantastis dari Youtube

1. Daftar Google AdSense

Ini adalah cara pertama dan paling banyak dilakukan Youtuber di seluruh dunia untuk memperoleh penghasilan. Selayaknya saluran TV yang mendapatkan uang dari jasa pemasangan iklan, begitu pulalah konsep Google AdSense di Youtube. Untuk bisa memperoleh penghasilan, Anda haruslah membuat channel Youtube pribadi. Bukan cuma sekadar bikin, Anda wajib melengkapi channel dengan memasang foto profil, banner dan deskripsi.

Contoh laporan Google AdSense
Contoh laporan Google AdSense

Jika channel sudah lengkap, Anda tinggal mendaftar akun Google AdSense dan melakukan monetisasi konten. Melalui layanan Youtube Partner Program (YPP), para content creator bisa mendapatkan uang lewat AdSense. Hanya saja per 16 Januari 2018, Youtube memiliki syarat khusus bagi para Youtuber jika ingin memperoleh penghasilan lewat AdSense. Berikut syarat-syaratnya:

  • Channel haruslah memiliki minimal waktu tonton (watch time) berjumlah 4.000 jam dan 1.000 subscriber dalam kurun waktu 12 bulan terakhir
  • Konten-konten video yang dibuat wajib ramah pengiklan. Di mana jika video memuat konten sugestif seksual (telanjang dan humor seksual), kekerasan, penggunaan bahasa yang vulgar dan kotor, promosi obat terlarang dan subyek atau peristiwa sensitif, akan ditolah pengiklan
  • Konten yang Anda buat haruslah menggunakan video dan audio sendiri atau gratis yang disediakan Youtube, supaya tidak tersandung masalah hak cipta di kemudian hari.

Kalau channel yang Anda buat sudah memenuhi syarat di atas, maka proses peninjauan Google AdSense tentu bakal disetujui dan Anda bisa langsung memperoleh penghasilan. Anda bisa mengecek total pendapatan (dalam USD) melalui pengaturan channel. Memang awalnya tidaklah besar, tapi semakin rutin Anda mengunggah video, pendapat yang diperoleh pun makin tinggi. Intinya, semakin disukai video Anda dan memiliki jumlah viewers membludak, jelas ikan yang dipasang oleh AdSense bakal beragam dan bernilai besar.

Baca juga: 10 Pinjaman Modal Usaha Terbaik 2019 (Bunga dan Syaratnya)

2. Optimasi Konten Video

Merekam konten video

Salah satu penyebab sebuah video tidak memiliki jumlah penonton sesuai harapan adalah kurangnya optimasi konten. Selayaknya artikel yang masuk di posisi teratas dalam halaman pencarian Google, video Youtube juga wajib memenuhi beberapa hal supaya masuk daftar trending dan banyak ditonton. Inilah beberapa langkah optimasi konten video di Youtube yang bisa Anda lakukan:

  • Membuat dan menayangkan video yang merupakan konten orisinal Anda sendiri
  • Membuat judul dan memasang foto thumbnail yang menarik perhatian calon penonton. Misalkan saja Anda mau membuat resep es kopi, alih-alih menulis ‘Resep Es Kopi Susu Enak’, ganti saja dengan ‘Inilah Resep Es Kopi Viral, Ala Cafe-Cafe Hits Jakarta’
  • Terapkan teknik SEO dalam konten video yang diunggah termasuk dalam judul, deskripsi hingga meta tag
  • Melakukan Call to Action kepada penonton seperti mengajak mereka untuk membagikan video Anda hingga tidak lupa memberikan komentar dan subscribe
  • Promosikan video di media sosial (Instagram, Facebook, Twitter) atau blog Anda

3. Menguasai Algoritma Youtube

Memahami algoritma Youtube

Jika ingin maksimal sebagai Youtuber, tak ada salahnya kalau Anda mencoba memahami algoritma yang ditetapkan Youtube. Anda harus mulai mempelajari High Retention Video alias rata-rata video yang ditonton. Contohnya saat Anda mengunggah video berdurasi 10 menit, tapi ternyata rata-rata cuma ditonton 5 menit, sehingga artinya retensi Anda adalah 5 menit. Makin tinggi retensi, tentu peluang masuk trending di Youtube makin besar.

Selain retensi, algoritma ranking di Youtube juga dipengaruhi jumlah komentar. Video yang menduduki peringkat atas cenderung punya banyak komentar. Hal berikutnya juga jumlah like dan subscribe dari penonton yang baru saja menonton video, di mana Youtube mengartikan konten Anda berkualitas. Terakhir, algoritma Youtube juga dipengaruhi share video, CTR (Click Through Rate) dan durasi video. Di mana makin panjang video, berpeluang ada di posisi pencarian teratas. Namun tetap, kualitas konten yang disajikan memberi pengaruh besar.

4. Affiliate Marketing dan Endorse

Affiliate Marketing di Youtube

Cara berikutnya untuk memperoleh penghasilan di Youtube adalah lewat konsep Affiliate Marketing. Secara mudahnya, Anda memberikan tautan pembelian produk dari marketplace tertentu yang sudah terhubung ke akun. Setiap konsumen yang membeli produk itu dengan tautan dari Anda, maka akan menambah penghasilan. Beruntung, ada banyak e-commerce yang memberikan layanan afiliasi seperti Lazada, Blibli sampai Shopee.

Tautan ini bisa Anda tulis dalam deskripsi supaya penonton lebih tertarik. Beberapa konten video seperti review dan unboxing HP, laptop atau gawai lain berpeluang menggunakan metode afiliasi ini. Serupa dengan afiliasi, konsep endorse juga bisa digunakan. Di mana untuk endorse, Anda harus menjalin kerjasama dengan sponsor dan kemudian mengenalkan dan menawarkan produk sponsor itu ke penonton lewat video.

5. Berjualan Merchandise

Atta Halilintar dengan AHHA
Atta Halilintar dengan AHHA

Inilah cara terakhir yang bisa Anda terapkan untuk memperoleh penghasilan lewat Youtube. Yap, jika memang Anda telah memiliki subscriber banyak dan penonton setia, jangan ragu untuk menjual merchandise atau produk bisnis Anda sendiri. Hal ini diterapkan juga oleh Atta Halilintar yang berjualan hoodie, kaos hingga topi lewat brand AHHA yang sudah pasti menambah penghasilannya.

Baca juga: 8 Tanda yang Membuktikan Kalau Anda adalah Seorang Pengusaha Sukses

Jangan ragu juga untuk menawarkan produk bisnis seperti berjualan snack, item kuliner hingga sepatu atau tas handmade. Lakukan interaksi dengan setiap penonton karena bagaimanapun, mereka dalah pangsa pasar Anda. Semakin aktif dan ramah seorang Youtuber, tentu bisa dengan mudah menggaet penonton baru. Perlahan tapi pasti, Anda bisa menjadi seorang Youtuber yang sukses dan memperoleh penghasilan fantastis setiap bulannya. Semoga sukses!

Bagaimana proses mendapat uang dari youtube ?

1. Daftar Google Adsense
2. Optimasi konten video
3. Pelajari algoritma youtube
4. Mulai membuka endorse
5. Mulai berjualan produk

Scroll to Top