Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Google?

cara mendapatkan uang dari Google

Semakin tingginya pengguna internet di Indonesia yang didukung dengan banjirnya produk-produk smartphone dan berbagai gawai lainnya, akhirnya membuat hampir semua orang kini makin mengenal Google. Yap, mesin pencari paling populer di internet ini memang menjadi jawaban akan segala persoalan secara cepat. Rasa-rasanya sekarang jika mau mencari informasi, tinggal bermodalkan Google maka bisa terselesaikan dengan cepat.

Bahkan dalam perkembangannya, Google kini bukan cuma sekadar mesin pencairan informasi di internet. Melalui Google, Anda bahkan bisa memperoleh pundi-pundi Dolar AS (USD) yang tidak sedikit. Lhoh, memangnya bisa? Tentu saja bisa asalkan Anda cukup memahami bagaimana sih cara memperoleh uang dari Google secara tepat. Karena perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini memiliki beberapa pilihan bagi siapapun yang ingin menambah pundi-pundi tabungannya.

Baca juga: Apa itu Usaha Dropship dan Bagaimana Cara Menjalankannya?

Inilah 7 Cara Mendapatkan Uang dari Google Secara Tepat!

Google AdSense

Cara Mendapatkan Uang dari Google
Google Adsense

Secara mudahnya, Google AdSense adalah layanan pemasangan iklan dari Google. Di mana iklan akan dipasang pada space di website atau blog pribadi Anda. Penawar tertinggi lah yang berhak untuk memasangkan iklan di space tersebut dan semuanya bakal dikelola oleh Google.

Semakin banyak orang yang mengklik iklan di space itu, maka Anda bakal memperoleh bayaran dari Google. Demi menarik perhatian pengguna internet, Google mendesain iklan dengan cukup variatif mulai dari berbentuk teks, gambar, hingga video.

Tak perlu khawatir kalau mendadak blog atau website pribadi Anda terpasang iklan yang aneh, karena Google bakal menyesuaikan dengan audiens dan niche website itu sendiri. Kendati tak bisa memilih iklan apa yang bakal tampil, pemilik website diberi kebebasan untuk mengedit format dan desain iklan.

Untuk bisa memperoleh uang dari Google AdSense ini, Anda hanya tinggal melakukan pendaftaran di website Google AdSense. Pihak Google bakal melakukan review terhadap blog atau website tersebut dan jika memenuhi persyaratan, dalam waktu seminggu saja Anda bakal bisa memperoleh kabar baik.

Kendati jumlah bayaran disesuaikan dengan jumlah klik iklan yang terpasang, Google AdSense juga memilih beberapa kekurangan yang harus jadi bahan pertimbangan. Pertama adalah Anda harus memiliki trafik kunjungan blog atau website yang besar supaya bisa memperoleh penghasilan signifikan.

Sehingga Anda bisa sewaktu-waktu kehilangan pendapatan saat iklan mendadak lenyap. Google pun berhak melakukan penalti jika Anda tak sengaja mengklik iklan yang terpasang.

Google Ads

Cara Mendapatkan Uang dari Google
Jaring Trafik dari google ads

Ingin memperoleh eksposur lebih untuk bisnis yang tengah digeluti? Maka opsi Google Ads akan cukup menguntungkan. Jika Google AdSense bekerja pada website atau blog yang sudah memiliki trafik tinggi sehingga bisa dipasangkan iklan, Google Ads bekerja untuk website atau blog yang masih terhitung baru. Nanti website baru ini akan bisa tampil di daftar pencarian teratas pada Google sehingga bakal memperoleh reputasi cukup bagus secara online.

Bukan hanya lewat opsi hasil pencarian, Google Ads juga bakal memasang bisnis Anda melalui selipan klip di Youtube dan medium lainnya. Menerapkan sistem PPC (Pay Per Click), artinya Anda hanya membayar Google Ads sesuai dengan jumlah orang yang mengklik iklan bisnis Anda.

Wah kalau begitu artinya ini kita bayar ke Google bukannya memperoleh pendapatan dari Google, dong? Tunggu dulu. Bayangkan jika bisnis Anda ada di posisi teratas pada mesin pencarian dan sering muncul pada iklan, maka artinya bakal banyak orang yang berkunjung dan akhirnya membeli produk yang ditawarkan. Menguntungkan, bukan?

Baca juga: Apa itu Startup dan Bagaimana Perkembangannya di Indonesia?

Meskipun terdengar sebagai promosi yang sangat efektif terhadap bisnis, diperlukan pertimbangan panjang jika Anda hendak menggunakan Google Ads. Salah satunya adalah Anda harus mengeluarkan modal terlebih dulu sebelum akhirnya mendapatkan eksposure yang akhirnya berdampak ke kelangsungan dan omzet bisnis.

Trafik Organik Google

Cara mendapatkan uang dari google adsense

Inilah cara memperoleh penghasilan lewat Google tanpa harus mengeluarkan modal terlebih dulu menggunakan Google Ads. Lantaran tak memakai bantuan Google, maka artinya Anda harus meningkatkan trafik organik dari website atau blog secara alami. Bagaimana caranya? Dengan memahami betul kaidah SEO (Search Engine Optimization). Kendati tak memakai jalur instan seperti Google Ads, menggunakan teknik SEO untuk meningkatkan trafik organik, justru bisa enam kali lebih efektif daripada yang berbayar.

Tentunya untuk mempelajari teknik SEO yang tepat jelas dibutuhkan waktu panjang. Anda harus bisa membuat konten (baik teks atau video) yang menarik, menggunakan kata kunci yang tepat dan digunakan banyak orang hingga memasang media pendukung.

Namun jika Anda sudah menguasai betul teknik SEO dan bisa dengan mudah mendulang trafik organik, Anda bisa memanfaatkan kemampuan itu dengan membuat sebanyak mungkin niche website lalu dipasangkan Google AdSense dan kemudian memperoleh penghasilan dari Google.

Bahkan ke depannya, website-website tersebut bisa Anda jual secara online saat sudah bosan. Tak berhenti di situ, kini banyak agensi periklanan membutuhkan SEO specialist sehingga Anda bisa menawarkan kemampuan untuk memperoleh gaji tetap.

Google My Business

Google my business

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Google kini bukan hanya sekadar tempat memperoleh informasi. Bagi para pebisnis online, Google bisa menjadi sebuah lahan untuk mengenalkan usaha sekaligus memperoleh konsumen. Memahami bahwa pengguna internet bergantung kepada Google untuk mencari restoran, toko bunga, bengkel dan aneka bisnis lainnya, Google akhirnya mengenalkan fitur Google My Business atau Google Bisnisku.

Melalui Google My Business, Anda bisa membuat profil pada bisnis yang dikelola mulai dari nama bisnis, jadwal operasional, daftar produk barang atau jasa yang ditawarkan (bisa di-update), foto, website/blog/media sosial resmi hingga review dari konsumen sebelumnya.

Tentu saja keberadaan profil ini akan sangat membantu dalam meningkatkan omzet bisnis sehingga secara tidak langsung, Google membantu kelangsungan bisnis Anda. Tak berhenti di situ, Google My Business juga menyediakan tampilan website sederhana demi meningkatkan eksposure dan reputasi sehingga bisnis yang dikelola makin terlihat profesional.

Nantinya setiap kali pengguna internet misalkan saja sedang mencari restoran terdekat, bisnis kuliner yang Anda kelola bisa langsung muncul di halam pencarian dalam tampilan snippet yang menarik.

Namun meskipun cukup mudah digunakan dan diatur tampilannya, Anda harus cukup rajin memantau halaman Google My Business. Karena jika Anda tidak responsif, review dari pelanggan bisa memburuk. Untuk itulah bagi pengelola bisnis UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) harus mempelajari betul fitur ini.

Google Play Store

Google play store

Termasuk orang yang memiliki kemampuan coding mumpuni sehingga bisa memprogram aplikasi? Maka Anda bisa menjualnya lewat Google Play Store. Fakta bahwa pengguna Android saat ini sangat luar biasa melimpah baik di Indonesia dan secara global, adalah pangsa pasar empuk untuk aplikasi-aplikasi di Play Store. Hanya saja untuk bisa memperoleh penghasilan lewat berjualan aplikasi di Google, Anda harus memastikan kalau aplikasi tersebut memang layak, berkualitas, fitur lengkap dan menarik perhatian pengguna.

Baca juga: 7 Bisnis yang Diuntungkan Saat Nilai Tukar Rupiah Melemah

Merasa kesulitan membuat aplikasi berbayar, Anda bisa juga menawarkan in-app purchases. Tak seperti cara pertama karena aplikasi yang ditawarkan gratis, penghasilan yang bakal Anda peroleh bisa didapatkan melalui fitur-fitur dan elemen yang ditambahkan di dalam aplikasi. Misalkan saja Anda mengembangkan aplikasi gaming, maka bisa menambahkan opsi membeli gem atau pakaian hingga senjata untuk karakter yang bisa dibeli dengan metode pembayaran online.

Selain kedua cara itu, Google Play Store juga masih menyediakan tiga cara lain dalam meraup penghasilan yakni in-app advertising, subscription dan sponsorship. Untuk in-app advertising, penghasilan diperoleh setiap kali pengguna menonton iklan atau berbagi banner iklan setiap menjalankan aplikasi.

Sementara untuk subscription, pendapatannya dari pengguna yang berlangganan aplikasi Anda dalam waktu tertentu. Terakhir untuk cara sponsorship, Anda bekerjasama dengan pihak ketiga dalam membuat aplikasi. Jika aplikasi sudah digunakan secara global, sudah pasti penghasilannya bakal fantastis. Namun jika Anda baru memulainya, butuh waktu dan modal untuk promosi.

Google Maps

Google Map

Termasuk seseorang yang hobi travelling? Maka Google Maps akan memberikan peluang penghasilan untuk Anda. Meskipun mungkin tak seperti cara-cara lainnya, tetap saja insentif yang diberikan oleh Google bakal cukup menguntungkan. Melalui fitur Maps, Google membuka kesempatan bagi siapapun untuk berkontribusi mengembangkan platform geo-location. Artinya, Anda bisa mengisi konten pada peta digital yang dibuat oleh Google.

Beberapa konten yang bisa dilakukan seperti melakukan review terhadap sebuah lokasi, menilai sebuah lokasi, menambahkan foto di lokasi tertentu, mengubah informasi hingga menjawab pertanyaan dari pengguna internet lainnya.

Semakin banyak kontribusi yang dilakukan, Anda akan memperoleh sejumlah poin yang nantinya bisa ditukarkan untuk insentif atau reward khusus dari Google.

Contohnya seperti voucher hotel. diskon untuk tiket alat transportasi, bonus kapasitas Google Drive hingga mencoba fitur-fitur terbaru dari Google. Kendati bukan dalam bentuk uang, berbagai insentif ini jelas sangat menggiurkan bagi mereka para traveller sejati.

Youtube

Dapat Uang dari Youtube

Dan inilah cara memperoleh uang dari Youtube yang kini begitu digandrungi generasi muda. Yap, menjadi seorang content creator di Youtube atau Youtuber memang bisa meraup penghasilan fantastis.

Nama-nama seperti Atta Halilintar, Bayu Skak hingga Ria Ricis bahkan disebut-sebut bisa meraup puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulan hanya dari Youtube, platform berbagi video yang kini sudah dimiliki oleh Google tersebut. Bagaimana caranya untuk bisa menjadi Youtuber sukses? Tentu saja dengan membuat konten menarik.

Baca juga: Inilah 5 Cara Mendapatkan Uang dari Youtube, Lengkap dan Ampuh!

Konten yang menarik jelas akan membuat banyak orang tertarik nonton. Di saat viewer dan subcriber channel Youtube Anda sudah memenuhi syarat dari Google, maka di saat itulah Anda bisa mengajukan Youtube AdSense.

Sama seperti Google AdSense, semakin tinggi viewers sebuah channel, maka iklan yang terpasang juga makin banyak sehingga artinya, penghasilan melimpah. Tak cuma memperoleh uang dari Youtube saja, Anda pun bisa bekerjasama dengan berbagai brand dan mendapat penghasilan tambahan.

Hanya saja untuk menjadi seorang Youtuber tidaklah semudah yang terlihat. Anda harus memiliki ide-ide cemerlang setiap saat demi menjaring penonton. Bukan hanya ide, kualitas video haruslah benar-benar bagus yang artinya Anda wajib memiliki kamera untuk merekam dan proses editing optimal. Belum lagi persaingan di kalangan Youtuber kini semakin ketat dan Youtube selalu memperbarui aturan monetisasi, membuat Anda harus bisa menjadi content creator yang pantang menyerah.

Baca : 10 + Cara mendapatkan uang dari Internet

Wah, ternyata ada banyak sekali ya cara memperoleh uang dari Google! Tentu saja berbagai cara di atas ini bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan dan kemauan. Dengan begitu, Anda bisa tahu di bidang manakah Anda memiliki daya tarik terbesar, sehingga bisa menjalankan kegiatan dengan maksimal dan pastinya memperoleh penghasilan optimal. Jadi, kapan Anda mau mulai memperoleh penghasilan dari Google?

Bagaimana mendapat uang dari Google ?

1. Google Adsense
2. Google Ads
3. Google My Business
4. Google Map
5. Trafik organik Google

Scroll to Top