Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Penghasilan Tambahan

Sudahkah Anda mengetahui cara mendapatkan uang dari TikTok? Selain menjadi tempat mencari hiburan, ternyata sosial media yang satu ini juga bisa Anda jadikan sebagai sumber penghasilan tambahan.

Saat ini TikTok memang merupakan salah satu media sosial yang paling populer. Bahkan popularitas TikTok mampu menyaingi beberapa media sosial besar lain seperti Facebook dan Instagram.

Besarnya popularitas TikTok sangat disayangkan jika tidak Anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan. Terlebih TikTok sendiri memiliki fitur yang bisa Anda manfaatkan sebagai sumber penghasilan tambahan.

Namun sayangnya tidak banyak orang yang mengetahui bahwa TikTok bisa menghasilkan uang. Dalam artikel ini, kami akan menjabarkan beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memanfaatkan TikTok sebagai sumber penghasilan.

Potensi TikTok Sebagai Sumber Penghasilan Tambahan

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Penghasilan Tambahan/Unsplash

Sebelum membahas cara mendapatkan uang dari TikTok, sebelumnya kami akan memberikan penjabaran mengenai potensi media sosial satu ini. Dengan begitu Anda bisa membayangkan seberapa besar keuntungan yang akan didapatkan.

  • Pengguna TikTok Berasal dari Berbagai Kalangan

Sebenarnya pada awal munculnya, TikTok sempat diragukan oleh banyak netizen di Indonesia. TikTok dinilai sebagai media sosial yang tidak berbobot dan kalah jauh dibanding media sosial lain.

Namun seiring waktu, pengguna TikTok terus mengalami peningkatan. Hingga saat ini semua kalangan menjadikan TikTok sebagai salah satu media mencari hiburan favorit mereka. Sehingga penikmat TikTok menjadi lebih beragam.

Dengan begitu Anda dapat membuat konten untuk lebih banyak orang. Dengan menarik semakin banyak orang untuk menikmati konten Anda, maka kesempatan mendapatkan keuntungan juga akan semakin besar.

  • Algoritma TikTok Cenderung Lebih Mudah

Cara mendapatkan uang dari TikTok juga akan dipermudah karena algoritma TikTok cukup bersahabat. Anda tidak harus memiliki banyak follower agar konten Anda ditonton oleh banyak orang.

Sebab TikTok memiliki fitur yang bernama For Your Page. Di dalam FYP akan berisi konten dari berbagai kreator walau Anda tidak mengikutinya. Sehingga kemungkinan konten Anda viral akan semakin besar.

  • Beragam Jenis Konten dapat Viral

Karena pengguna TikTok terdiri dari beragam kalangan, Anda memiliki keleluasaan untuk memilih jenis konten yang akan dibuat. Sebab hampir semua jenis konten berkesempatan untuk ditonton banyak orang di TikTok.

Anda bisa menyesuaikan konten sesuai target penonton. Mulai dari konten komedi, edukasi, bermusik atau jenis konten lain yang Anda sukai. Sehingga kemungkinan Anda mendapatkan keuntungan melalui TikTok semakin besar.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok dengan Membuat Konten Bersponsor

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok dengan Membuat Konten Bersponsor/Unsplash

Popularitas TikTok tentu saja tidak lepas dari perhatian para pemilik brand. Tingginya pengguna media sosial yang satu ini menjadi pilihan bagi para pemilik brand untuk mempromosikan produk mereka.

Salah satu cara yang digunakan oleh brand adalah bekerja sama dengan konten kreator untuk memasukkan produk ke dalam konten. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi para konten kreator seperti Anda.

Meski begitu, mendapatkan kepercayaan brand bukanlah hal mudah. Sebab brand tidak akan memilih konten kreator secara sembarangan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan kepercayaan brand.

  • Tentukan Fokus Konten Anda

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, bahwa Anda dapat membuat beragam konten di dalam TikTok. Namun akan lebih baik jika Anda memfokuskan konten pada suatu niche tertentu.

Hal ini juga akan mempermudah Anda dalam cara mendapatkan uang dari TikTok. Sebab penonton konten Anda akan lebih cenderung memiliki preferensi yang sama. Hal ini akan membuat brand lebih tertarik.

  • Buat Personal Branding yang Dapat Dipercaya

Saat ini terdapat banyak jenis konten kreator yang berkarir di TikTok. Setiap konten kreator tentu berusaha membangun personal branding tertentu. Namun pastikan Anda tidak membangun personal branding yang keliru.

Akan lebih baik jika Anda membangun personal branding yang dapat dipercaya untuk menarik perhatian pemilik brand. Sehingga mereka tidak ragu untuk bekerja sama dengan Anda dalam mempromosikan produk mereka.

  • Kooperatif

Akun TikTok yang menjadi tempat untuk promosi memang milik Anda. Namun Anda juga tetap harus kooperatif dengan para pemilik brand ketika bekerja sama. Dengarkan dan diskusikan permintaan mereka.

Live Streaming Sebagai Salah Satu Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Tahukah Anda bahwa saat ini TikTok juga memiliki fitur live streaming? Bahkan fitur ini bisa dimanfaatkan oleh para konten kreator untuk mendapatkan penghasilan secara langsung.

Sehingga selain mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuat konten bersponsor, Anda juga bisa memanfaatkan fitur satu ini. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipahami mengenai live streaming di TikTok.

  • Sumber Penghasilan

Mungkin Anda bertanya dari mana Anda akan mendapatkan uang melalui fitur live streaming. Uang bisa Anda dapatkan melalui gift yang diberikan oleh para penikmat konten ketika Anda melakukan live streaming.

Gift tersebut berupa sticker yang diberikan sebagai apresiasi terhadap diri Anda. Sticker tersebut dapat Anda tukarkan dengan uang karena para pembeli juga harus membeli sticker tersebut menggunakan uang.

  • Syarat Melakukan Streaming

Ada syarat untuk bisa melakukan cara mendapatkan uang dari TikTok yang satu ini. Karena tidak semua akun memiliki fitur untuk melakukan live streaming.Sehingga Anda mungkin tidak akan menemukan fitur tersebut.

Untuk melakukan live streaming, setidaknya Anda harus memiliki minimal 1000 pengikut. Selain itu, Anda juga harus berusia minimal 16 tahun. Jika syarat tersebut terpenuhi, maka fitur live streaming akan tersedia.

  • Pengadaan Event

Dalam beberapa kesempatan, TikTok juga akan mengadakan event dengan menggunakan fitur live streaming. Tentu saja event tersebut akan memberikan hadiah yang menarik bagi para pemenangnya.

Sehingga Anda bisa memanfaatkan event yang diadakan tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Meski memang untuk bisa pemenang di dalam event membutuhkan usaha yang cukup besar.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok dengan Berjualan Online

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok dengan Berjualan Online/Unsplash

Anda juga dapat memanfaatkan TikTok untuk memasarkan produk Anda sendiri. Konsep cara ini pada dasarnya hampir sama dengan cara membuat konten bersponsor. Hanya saja Anda bukan mempromosikan produk orang lain.

Dengan memanfaatkan TikTok, Anda bisa melakukan pemasaran produk secara gratis. Karena bagi para pebisnis pasti memahami bahwa harga pemasaran suatu produk tidak bisa dibilang murah.

Memanfaatkan TikTok akan membantu Anda mendapatkan penjualan tanpa perlu mengeluarkan modal cukup besar. Metode ini cocok dilakukan oleh para pemilik brand besar maupun pelaku UMKM.

Meski begitu melakukan pemasaran di TikTok cukup tricky. Untuk bisa mengoptimalkan pemasaran produk Anda melalui TikTok, Anda bisa menggunakan beberapa tips dari kami berikut ini.

  • Jangan Hanya Promo

Cara mendapatkan uang dari TikTok yang satu ini tidak bisa Anda lakukan hanya dengan promosi semata. Sebab konten yang hanya berisi promosi akan cenderung dilewatkan begitu saja oleh kebanyakan orang.

  • Buatlah Konten Menghibur

Anda perlu menyadari bahwa kebanyakan orang membuka TikTok untuk mencari hiburan. Sehingga meski Anda bertujuan untuk memasarkan produk, Anda tetap harus membuat konten yang menghibur.

  • Pelajari Soft Selling

Di dalam dunia marketing, mengenal istilah hard selling dan soft selling. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu mempelajari lebih dalam tentang cara melakukan soft selling.

Secara singkat, soft selling adalah melakukan penjualan tanpa penawaran. Sehingga penikmat konten tidak akan sadar bahwa Anda sedang mempromosikan produk namun mereka tetap berkemungkinan membeli produk.

Cara Mendapatkan uang Dari TikTok Melalui Affiliate Marketing

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui TikTok adalah dengan affiliate marketing. Affiliate marketing adalah proses bisnis dengan menggunakan sistem afiliasi.

Dalam sistem ini, Anda akan mendapatkan komisi untuk setiap produk yang terjual melalui Anda. Anda dapat memanfaatkan TikTok sebagai sarana untuk membuat orang-orang membeli produk tersebut.

Meski terkesan mirip dengan membuat konten bersponsor, namun terdapat beberapa perbedaan dengan affiliate marketing. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pahami mengenai affiliate marketing melalui TikTok.

  • Lebih Mudah untuk Dilakukan

Berbeda dengan melakukan cara membuat konten berbayar, melakukan affiliate marketing cenderung lebih mudah. Sebab Anda tidak perlu menunggu brand menghubungi Anda untuk melakukan promosi sebuah produk.

Anda hanya perlu mendaftar pada sebuah platform untuk melakukan cara mendapatkan uang dari TikTok yang satu ini. Ada banyak platform yang menerima jasa affiliate marketing yang bisa Anda pilih.

  • Pendapatan Berdasarkan Komisi

Pendapatan melalui affiliate marketing tidaklah tetap. Karena Anda akan mendapatkan komisi tergantung seberapa banyak orang yang membeli produk melalui link Anda. Semakin banyak pembeli tentu membuat penghasilan semakin besar.

Oleh karena itu pendapatan dari affiliate marketing bisa sangat besar ataupun sangat kecil. Semuanya akan kembali pada kemampuan Anda untuk membuat para penikmat konten membeli produk.

  • Bersifat Pasif Income

Salah satu kelebihan dari cara ini adalah bersifat pasif income. Karena Anda hanya perlu memasang konten dan penghasilan bisa terus Anda dapatkan. Karena selama ada pembeli, Anda akan mendapatkan komisi.

Tips Membangun Akun TikTok untuk Mendapatkan Penghasilan

Tips Membangun Akun TikTok untuk Mendapatkan Penghasilan/Unsplash

Saat ini Anda telah memahami berbagai cara mendapatkan uang melalui dari TikTok. Namun perlu Anda pahami bahwa semua cara tersebut mengharuskan Anda memiliki akun TikTok yang besar.

Semakin besar akun Anda, maka akan semakin mudah mendapatkan uang. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun akun TikTok menjadi lebih besar.

  • Perhatikan Trend

TikTok adalah media sosial yang penuh dengan trend. Mulai dari konsep konten, lagu dan beragam hal lain di dalam TikTok dapat sangat dipengaruhi oleh trend.

Dengan memperhatikan trend yang berlangsung, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan akun Anda. Sebab dengan mengikuti trend, kemungkinan akun Anda dilihat oleh banyak orang akan semakin besar.

  • Kembangkan Akun Di Media Sosial Lain

Dalam mengembangkan akun TikTok, Anda tidak boleh melupakan media sosial lainnya. Sebab antar sosial media dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan lebih banyak followers di masing-masing sosial media.

Anda juga dapat mengarahkan followers Anda di TikTok ke platform lain seperti YouTube. Sehingga Anda akan bisa mendapatkan lebih banyak pendapatan seperti misalnya dari AdSense YouTube.

  • Penggunaan Lagu

Penggunaan lagu sangatlah penting dalam membuat konten di TikTok. Karena lagu merupakan salah satu cara konten Anda masuk FYP. Sehingga Anda harus benar-benar memperhatikan pemilihan lagu ketika membuat konten.

Saat ini Anda bisa menemukan banyak sosial media. Mulai dari Instagram, Twitter hingga yang saat ini sedang banyak digemari adalah TikTok. Selain menjadi media hiburan, Anda juga bisa memanfaatkan TikTok.

Baca yuk, Bagaimana cara jualan di instagram

Anda bisa mendapatkan uang jika menggunakan TikTok dengan benar. Dengan menggunakan berbagai cara mendapatkan uang dari TikTok yang telah kami bagikan di atas, Anda akan memiliki penghasilan tambahan.

Tinggalkan komentar