Cara Menentukan Nama Olshop yang Bagus di Instagram

Bagaimana sih cara menentukan nama olshop yang bagus? Mungkin Anda yang baru ingin memulai bisnis menggunakan media online terutama instagram ataupun website masih bingung ketika memilih nama olshop yang tepat.

Benar, memang kita tidak bisa sembarangan memilih, karena ini juga sedikit banyak akan mempengaruhi traffic dan engangement audiens instragram terhadap toko kita. Walaupun tampaknya memilih nama olshop seperti keputusan sepele tapi nyatanya tidak demikian.

Nama olshop bisa di ibaratkan seperti alamat dan juga gerbang masuk pelanggan ke toko kita. Jika nama olshop Anda tidak menarik dan memberi kesan seperti toko abal-abal bisa-bisa calon pelanggan lari ke toko sebelah, walaupun ternyata kualitas dan juga harga barang dari toko Anda lebih oke.

Atau bahkan nama olshop Anda di instagram tidak merepresentasikan identitas toko dan sulit di cari oleh target pasar. Tapi jika nama tokonya tepat maka Anda sudah mengantongi satu poin untuk menarik pelanggan datang ke toko Anda.

Contoh Nama Toko yang Bagus

Sebagai gambaran yang lebih kongkrit dalam menetukan nama olshop yang bagus coba perhatikan beberapa contoh nama brand yang bisa di golongkan sebagai nama-nama brand yang bagus dari sisi pemasaran. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama-nama brand berikut :

  • Zara
  • Rabbani
  • Wardah
  • Miniso
  • Adidas
  • Lazada
  • Tokopedia
  • Shopee
  • Pegi-pegi
  • Traveloka

Apakah Anda melihat suatu kesamaan mengapa nama-nama bran di atas mampu menempel di pikiran banyak orang? Sebab nama-nama brand tersebut bisa menjadi akrab di telinga banyak orang bukanlah suatu kebetulan.

Memang, proses branding itu pasti bukan hanya soal nama toko saja tapi branding yang sukses di awali dengan menentukan nama brand yang tepat.

Hal ini karena nama toko/brand mestilah di pakai dalam keseluruhan proses branding. Lantas bagaimanakah cara menentukan nama olshop yang tepat di instagram? Nah, kali ini kita akan membahasnya!

Oh iya, saya juga sudah membuat 10 tips jualan laris di instagram, anda bisa membacanya.

Tips Menentukan Nama Olshop yang Bagus

Anda bisa memperhatikan beberapa tips di bawah ini dalam mencari nama olshop terbaik untuk toko Anda!

1. Tentukan Value Toko Anda

cara menentukan nama olshop Tentukan Value Toko Anda
Tentukan Value Toko Anda

Sebelum mengeksplorasi nama-nama olshop yang dengan prinsip-prinsip branding, sebaiknya kita mengenali terlebih dahulu value dari toko kita sendiri. Sebab pengguna aktif instagram itu ada jutaan, sehingga kita tentu harus berpikir bagaimana caranya agar nama merek kita bisa lebih mudah di kenali.

Yang di maksudkan value di sini adalah nilai yang ingin kita jadikan identitas dari toko bisa dari sisi jenis barang, kualitas barang, layanan, harga ataupun hal lainnya. Apa yang ingin Anda tawarkan dari brand Anda?

Proses ini memang butuh waktu dan juga brain storming. Namun inilahlah keseruannya. Anda bisa menguji dan mengenali lebih dalam dari bisnis Anda sendiri. Sehingga nantinya Anda bisa lebih mudah dalam menentukan arah pemasaran maupun branding olshop.

Ketika sebuah bisnis memiliki karakter, inilah peluang yang bagus untuk mengembangkannya. Selain dengan hal tersebut bisnis lebih memiliki peluang untuk di sorot dan menjad perhatian calon pelanggan. Kenapa?

Ini karena nama olshop Anda sama dengan kata kunci seperti halnya alamat. Jika nama olshop mengandung value yang ingin di tawarkan maka hal ini memperbesar kemungkinan target audiens bisa menemukan toko Anda di antara jutaan akun instagram lainnya.

2. Pertimbangkan Tujuan Jangka Panjang

Selain memikirkan value yang hendak di tawarkan pertimbangkan juga tujuan jangka panjang dari bisnis Anda. Apalagi jika Anda punya rencana untuk mendiversifikasi produk pada olshop Anda di masa mendatang, maka jangan batasi nama brand dengan satu produk saja.

Lebih baik mencari nama-nama yang lebih umum namun tetap mewakili value dari toko namun tetap memberikan keleluasaan untuk perkembangan jenis produk di masa depan.

Dengan mempertimbangkan rencana masa depan bisnis dalam pemilihan nama toko, bisa menghindari citra yang rusak karena produk tidak konsisten nantinya. Akibatnya, mungkin saja follower Anda sudah banyak tapi tingkat unfollow menjadi meningkat karena brandnya di anggap membingungkan pelanggan.

3. Buat List Nama-nama Olshop yang Unik dan Original

Buat List Nama-nama Olshop yang Unik dan Original
Buat List Nama-nama Olshop

Di instragram, banyak sekali yang coba ikut-ikutan nama brand orang lain. Tapi sebaiknya Anda tidak memilih cara ini, apalagi jika brandnya sudah kuat.

Sebab, membuat brand yang mirip atau bahkan sama dengan brand-brand tersebut tidak akan meningkatkan brand awarness Anda. Yang ada malah membuat brand besar bertambah kuat dan brand Anda di anggap punya kualitas yang lebih rendah.

Apalagi beberapa brand sudah mendaftarkan hak cipta atas brandnya (copyright). Bisa-bisa kita terkena pasal pelanggaran hak cipta jika mengcopy nama brandnya.

Selain itu, nama toko yang unik bukan hanya bisa menarik atensi audiens tapi juga bisa meningkatkan rasa penasaran mereka. Jadi sebaiknya Anda memilih nama olshop yang unik dan juga original.

Baca artikel kami lainya, di Panduan Jadi Dropshipper Pakaian Sukses di Shopee Bagi Pemula.

Dalam menentukan nama olshop Anda perlu kreativitas. Anda bisa saja mencari inspirasi dari internet, film, trend penggunaan bahasa. Coba pikirkan kata-kata yang untuk dan berhubungan dengan value dan rencana jangka panjang brand Anda.

4. Buat Nama Olshop yang Mudah di Eja

Pengejaan nama toko juga tidak kalah penting dalam proses branding. Jika nama toko susah di baca, tentu saja audiens akan sulit mengenali brand Anda.

Jadi buatlah nama olshop yang mudah di eja. Anda bisa memperhatikan contoh nama-nama brand yang sudah di sebutkan si atas, adakah dari brand-brand tersebut yang sulit di baca? Semuanya mudah di baca bukan?

Anda tidak perlu hanya terpatok pada bahasa Indonesia saja, bisa saja menggunakan bahasa asing bahkan bahasa yang Anda ciptakan sendiri namun pada prinsipnya adalah tidak menyulitkan audiens dalam membacanya. Kemudahan mengeja ini juga akan menguntungkan dari segi marketing.

Orang lain akan mudah menyebutkan nama toko Anda ketika ingin merekomendasikan tanpa salah penyebutan. Selain itu, tentunya akan memudahkan dalam pencarian sehingga bisa mendatangkan pelanggan baru.

Ini akan jauh berbeda jika toko Anda sulit di eja atau menggunakan kombinasi kata yang rumit. Jika Anda ragu, Anda bisa mengujinya dengan meminta bantuan teman. Anda bisa memberitahukan nama toko yang telah Anda riset, lalu 30 menit kemudian mintalah teman Anda menyebutkan dan menuliskannya.

5. Pilih Nama Olshop yang Mudah di Ingat

cara menentukan nama olshop Pilih Nama Olshop yang Mudah di Ingat
Pilih Nama Olshop yang Mudah di Ingat

Selanjutnya, perhatikan juga apakah nama olshop Anda mudah di ingat ataukah tidak. Anda bisa mencari inspirasi kata-kata yang berhubungan dengan value brand, hal-hal yang menjadi trend, bahasa asing yang familiar atau unik. Kemudian Anda kombinasikan sehingga menjadi sebuah kata yang mudah di ingat.

Ada baiknya Anda juga memperhatikan jumlah suku kata. Cobalah untuk tidak menggunakan kata-kata yang terlalu panjang. Jika suku kata yang di gunakan terlalu panjang, apalagi kata-katanya agak asing di telinga maka orang-orang akan mudah lupa.

Pada studi kasus brand-brand besar. Biasanya mereka hanya menggunakan 2-4 suku kata saja. Misalnya saja Shopee, Traveloka, Pegi-pegi. Ada pun yang memakai suku kata lebih dari 4 namun nama brand yang di pilih konsisten dengan identitas brand yang di bangun dan termasuk kata yang maknanya familiar dengan target pasar. Contohnya, Kopi Kenangan, Kopi Janji Jiwa dll.

6. Pertimbangkan Penggunaan Personal Atau Brand Name

Apakah tidak boleh menggunakan nama personal untuk nama olshop di instagram? Jawabannya, tergantung.

Tergantung pada konsep dan arah bisnis Anda. Misalnya jika Anda lebih cenderung akan mengenalkan brand melalui akun olshop dengan konten seperti aktivitas atau sudut pandang Anda maka menggunakan personal name bisa menjadi pilihan. Ini akan membuat follower Anda lebih terhubung dengan brand karena mengikuti akun yang mereka kenal.

Namun jika konten-konten yang akan Anda bagikan tidak ada hubungannya dengan hal tersebut sebaiknya Anda menggunakan nama brand selain personal name atau lebih anonim. Dengan begini, Anda bisa menyasar target pasar yang memang tertarik dengan value yang di tawarkan oleh brand Anda.

7. Cek Nama Olshop Di Berbagai Platform Sosmed

Dalam membangun sebuah brand, Anda perlu konsisten juga dalam hal penggunaan nama toko Anda nantinya. Maka dari itu, jika sudah mulai menemukan ide untuk nama olshop Anda, jangan lupa cek nama olshop tersebut di berbagai platform.

Mungkin Anda sudah mengeceknya di instagram, dan brand Anda termasuk nama akun yang belum di gunakan. Namun bagaimana jika nama tersebut sudah di gunakan di media lainnya? Anda tentu harus menggunakan nama lain bukan?

Hal tentu tidak baik untuk brand Anda. Oleh karena itu, coba cek nama olshop pilihan Anda di twitter, facebook, youtube dan juga bahkan domain website. Selain itu perlu di ingat, bahwa maksimal penggunaan kata untuk username di setiap platform media bisa berbeda-beda.

8. Jika Nama Brand Di ganti Jangan Lupa Melakukan Pemberitahuan

Jika Nama Brand Di ganti Jangan Lupa Melakukan Pemberitahuan
Jika Nama Brand Di ganti Jangan Lupa Melakukan Pemberitahuan

Jika Anda terpaksa mengganti nama toko di Instagram, ada baiknya Anda mengkomunikasikannya secara masive kepada audiens. Ini akan mengurangi potensi kebingungan atau bahkan kekecewaan audiens terhadap brand Anda.

Perubahan memang mengandung konsekwensi, salah satu dampak buruknya adalah jika Anda tidak melakukan pemberitahuan, audiens akan bingung dan tidak merasa terhubung dengan nama akun baru bisnis Anda tersebut. Sehingga bukan tidak mungkin jika mereka akan melakukan unfollow.

Anda bisa melakukan pemberitahuan menggunakan fitur-fitur instagram yang saat ini menarik di lihat audiens. Misalnya saja dengan menggunakan IG Live, IG Tv ataupun Story yang selalu di update. Anda juga bisa melakukan interaksi dengan audiens, ini akan membuat Audiens tetap terhubung dengan brand Anda meskipun namanya berubah.

Oh iya, sebelum penutup, baca juga yuk, 10 Jenis Produk Paling Laku di Pasaran Saat Ini.

Penutup

Mungkin itu dulu tips dalam menentukan nama olshop yang bagus di Instragram. Proses branding memang tidak mudah, namun dengan memikirkan nama toko Anda dengan lebih serius, maka Anda sudah selangkah lebih baik agar toko Anda bisa lebih mudah di temukan oleh target pasar.

Selain itu, seperti yang kita tahu, media sosial instagram adalah salah satu medsos terbesar dan banyak di gunakan saat ini. Terutama di kalangan remaja hingga usia 50an. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika mempertimbangkan karakter maupun kebiasaan target pasar Anda dalam menentukan nama olshop. Nah, semoga Anda bisa segera menemukan nama olshop terbaik untuk brand Anda.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar