Cara Mengambil Uang di ATM BRI yang Aman

Sebelum Bank menjadi tempat penyimpanan uang yang biasa dipilih, dulu masyarakat kita mungkin menggunakan cara-cara konvensional untuk mengamankan tabungannya. Misalnya seperti menyimpannya di celengan, di bawah bantal, ataupun di lemari baju.

Tapi kini kebanyakan masyarakat sudah tidak lagi menggunakan cara-cara itu, dan beralih pada penyimpanan yang lebih aman yakni dengan menyimpan uang di Bank dan mengambil uang di ATM.

Nah, BRI adalah salah satu Bank yang ada di Indonesia dan pastinya menyediakan fasilitas ATM. BRI juga merupakan Bank BUMN terbesar yang memiliki jutaan nasabah aktif, mungkin Anda termasuk salah satunya. Sehingga ada kalanya kita butuh mengambil sejumlah uang tunai dari ATM BRI untuk berbagai keperluan.

Namun mengambil uang di ATM tidak selamanya aman loh! Maraknya aksi kejahatan saat ini kita tentu harus berhati-hati, apalagi jika uang yang kita ambil dari ATM jumlahnya cukup besar, karena bisa menjadi sasaran empuk para penjahat.

Sudah banyak kasus pembobolan dan juga perampokan di ATM yang terjadi, bahkan di siang bolong. Biasanya korban juga tidak sadar kalau dirinya sedang di rampok atau malah hal ini terjadi karena kelalaian kita sendiri.

Semoga hal tersebut tidak terjadi pada kita ya. Maka dari itu bagi Anda nasabah BRI, bisa menyimak artikel ini sampai selesai, karena kami akan berbagi tips bagaimana cara mengambil uang di ATM BRI yang aman!

Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Sebelum membahas tips mengambil yang di ATM BRI dengan aman, jika Anda belum tahu cara menarik uang di ATM BRI bisa menyimak langkah-langkah umum di bawah ini. Sebagai informasi tambahan, sebagai nasabah Bank BRI Anda bisa melakukan penarikan uang di ATM BRI maupun ATM Bersama.

  • Cari lokasi ATM terdekat dengan lokasi Anda. Anda bisa menggunakan browser untuk menemukannya dengan mengetikan kata kunci “ATM BRI terdekat”
  • Jika sudah sampai di gerai, masukan kartu ATM dengan posisi yang benar, dimana logo BRI berada di atas
  • Pilih bahasa yang akan di gunakan untuk bertransaksi
  • Layar akan menunjukan beberap tips aman bertransaksi, pilih “Lanjutkan”
  • Masukan beberapa digit PIN ATM dengan mengetiknya di keyboard mesin ATM (hati-hati jika salah memasukan PIN sebanyak 3x, maka kartu akan di blokir)
  • Pilih nominal angka penarikan uang yang di tampilkan mesin ATM. Jika jumlah yang Anda inginkan tidak ada dalam daftar, Anda bisa menekan tombol keyboard untuk menentukan nominalnya sendiri
  • Pilih “Benar” jika nominal sudah sesuai, tunggu beberapa saat uang Anda akan keluar dari mesin
  • Pilih cetak resi ataukah tidak
  • Selanjutnya mesin ATM akan menampilkan pertanyaan “Apakah Anda ingin melanjutkan transaksi?” Klik “Tidak” Jika sudah selesai dan tidak akan melakukan transaksi apapun lagi
  • Secara otomatis kartu ATM akan keluar, ambil kembali kartu ATM BRI Anda.

Tips Mengambil Uang yang Aman di ATM BRI

1. Sebaiknya Pilih ATM BRI yang Tidak Terlalu Sepi

Banyak kejahatan yang terjadi di ATM BRI yang sepi. Ada baiknya Anda pertimbangkan kondisi sekitar ketika hendak mengambil uang di ATM.

Pilihlah ATM yang tidak terlalu sepi, apalagi jika Anda hendak mengambil uang di malam hari. Jika terpaksa mengambil di ATM yang sepi mungkin Anda perlu meminta orang terdekat untuk menemani.

2. Jika Sudah Masuk ke Dalam Gerai Perhatikan Kondisi ATM

Berdasarkan kasus yang ada, modus kejahatan di ATM bisa bermacam-macam. Beberapa di antaranya ada yang menyisipkan sebuah alat pada lubang kartu ATM yang tujuannya adalah untuk mengcopy data Anda dan melakukan duplikasi kartu.

Nantinya data tersebut digunakan untuk membobol uang dari rekening Anda. Jadi sebelum bertransaksi di mesin ATM BRI, perhatikan dulu kondisi gerai. Apakah sekiranya ada yang mencurigakan?

Salah satu ciri-ciri jika lubang kartu ATM di pasang dengan alat perekam data adalah adanya alat seperti perekat yang di tempelkan pada mulut lubang kartu ATM. Nah jika Anda menemukan hal seperti ini, Anda wajib curiga dan berhati-hati. Bisa-bisa Anda menjadi korban pembobolan mesin ATM.

Yuk baca juga, Daftar Terbaru Limit Tarik Tunai ATM Mandiri, BCA, BRI dan BNI.

Pada beberapa kasus, ada juga yang menggunakan modus kamera tersembunyi yang di pasang di dalam penutup keyboard. Sebelum menekan nomor PIN, coba Anda raba permukaan dan keseluruhan penutup keyboard ATM untuk memastikan tidak ada kamera tersembunyi yang terpasang.

3. Tutuplah Keyboard Saat Memasukan PIN

Di gerai ATM biasanya kita mengaanti untuk mendapat giliran bertransaksi. Momen ini juga ternyata bisa di jadikan peluang bagi penjahat. Anda harus berhati-hati pada orang yang berada di belakang Anda. Pastikan bahwa PIN ATM Anda tidak terlihat oleh siapanpun yang berada dekat gerai.

Tutuplah Keyboard Saat Memasukan PIN
Tutuplah Keyboard Saat Memasukan PIN

Jika sudah memastikan bahwa tidak ada kamera tersembunyi di bawah penutup keyboard, Anda bisa menutupi bagian keyboard yang terlihat dengan tangan Anda yang lainnya saat memasukan PIN ATM. Dengan begitu kerahasiaan nomor PIN bisa tetap terjaga dan Anda bisa mengambil uang di ATM dengan aman.

4. Jangan Memberi Tahu Nomor PIN ATM Kepada Siapapun

Nomor PIN adalah bersifat rahasia. Jadi jangan sampai Anda memberi tahu nomor PIN ATM Anda kepada orang lain, apalagi kepada orang yang tidak begitu Anda kenal saat bertemu di gerai ATM BRI. Anda harus menolak jika ada orang yang menawarkan bantuannya dan meminta Anda menyebutkan nomor PIN ATM.

Jika Anda kesulitas saat memasukan nomor PIN, Anda bisa keluar dulu dari gerai dan menghubungi cs Bank BRI. Ceritakan kendala yang Anda alami dan cari tahu masalah apa yang terjadi. Karena terkadang mesin ATM BRI juga bisa mengalami error. Jika yang terjadi demikian, maka teknisi BRI biasanya akan datang untuk memperbaiki mesin.

5. Biasakan Untuk Mengubah Nomor PIN ATM Secara Berkala

Kita mungkin sudah pernah mendengar tentang anjuran untuk mengubah nomor PIN secara berkala. Hal ini memang cukup penting mengingat terkadang kita mungkin perlu memberikan nomor PIN ATM kepada orang terdekat seperti keluarga untuk sebuah keperluan.

Biasakan Untuk Mengubah Nomor PIN Secara Berkala
Biasakan Untuk Mengubah Nomor PIN ATM Secara Berkala

Walaupun seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, bahwa nomor PIN itu bersifat rahasia yang artinya idealnya hanya Anda yang saja yang mengetahuinya namun tetap saja pada kondisi tertentu kita mungkin perlu memberikannya kepada orang terdekat.

Nah, sebenarnya hal ini bisa menjadi celah kejahatan. Mungkin bukan orang terdekat kita yang di berikan PIN ATM tersebut yang melakukannya namun bahaya terjadi jika informasi nomor PIN ini sampai kepada orang lain.

Bisa saja kita atau orang terdekat kita menuliskannya di selembar kertas dan lupa menyimpannya atau ada orang lainn yang mendengarnya ketika Anda memberi tahukan tentang nomor PIN Anda. Kita tidak bisa benar-benar memastikannya bukan?

Maka dari itu, inilah mengapa kebiasaan untuk mengubah nomor PIN secara berkala juga cukup penting. Anda bisa melakukannya setiap 2-3 bulan sekali.

6. Jangan Mudah Percaya Pada Orang yang Berada di Gerai Jika Menawarkan Apapun

Pada beberapa kasus kejahatan di ATM, ada orang-orang yang mencoba menawarkan bantuan ketika pemilik kartu kesulitan memasukan PIN atau tidak tahu cara menggunakan ATM.

Jadi pastikan Anda ingat betul berapa nomor PIN ATM Anda sebelum masuk ke gerai ATM. Nah jika kasusnya Anda belum terbiasa atau tidak tahu cara mengambil yang di ATM, Anda bisa membaca tutorial singkatnya di atas atau jika terpaksa mengajak orang lain untuk mengajari Anda pilihlah orang terdekat yang Anda percayai. Setelah bisa menggunakannya, ubah kembali PIN ATM sehingga hanya Anda yang tahu.

Ada lagi yang modusnya dengan menawarkan makanan atau minuman yang mengandung obat bius. Biasanya ini terjadi pada ATM yang sepi. Maka dari itu jangan mudah percaya pada orang yang menawarkan apapun saat di berada di gerai. Jika di tawari makanan/minuman, tolaklah dengan sopan.

7. Gunakan Fasilitas Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM BRI

Saat ini BRI sudah menyediakan fasilitas tarik tunai tanpa kartu ATM. Hal ini bisa Anda lakukan jika sudah memiliki akun mobile banking BRI (BRImo. Tarik tunai tanpa kartu ATM juga bisa dimanfaatkan untuk menghindari beberapa modus kejahatan di ATM seperti yang telah di sebutkan di atas, seperti perekam data di lubang kartu ATM ataupun kamera tersebunyi yang merekam nomor PIN ATM.

mengambil uang di atm Gunakan Fasilitas Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM BRI
Gunakan Fasilitas Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM BRI

Karena hanya menggunakan kode unik sekali pakai dan tidak perlu memasukan PIN ATM. Tentunya dengan tetap menjaga kerahasiaan password BRImo dan kode transaksi ya!

Untuk Anda yang ingin menggunakan fitur tarik tunai tanpa kartu ATM BRI bisa mengikuti kangkah-langkah berikut ini.

  • Login ke akun BRImo dengan user id dan password Anda atau fingerprint 
  • Pilih menu “Tarik tunai” dan pilih rekening sumber dana
  • Tentukan berapa nominal uang yang akan Anda ambil
  • Masukan password BRImo, kemudian klik “Lanjut”
  • Nantinya Anda akan menerima kode unik yang digunakan untuk melakukan transaksi tarik tunai di ATM BRI
  • Selanjutnya cari ATM BRI terdekat untuk tarik tunai tanpa kaertu dari saldo BRImo Anda
  • Kilik tombol yang ada di sebelah kiri bawah di ATM BRI
  • Pilih menu “Tarik tunai” dan masukkan kode unik yang Anda dapatkan dari aplikasi BRImo sebelumnya
  • Masukan nomor handphone yang telah terdaftar di aplikasi BRImo
  • Tunggu beberapa saat, uang tunai Anda akan segera keluar dari mesin ATM

8. Jika Terjadi Kendala Pada Mesin ATM Hubungi Satpam atau CS Bank BRI

Terkadang kita tidak bisa menghindari hal-hal di luar dugaan seperti kartu ATM tertelan mesin, kartu ATM terblokir karena salah memasukan nomor PIN sebanyak 3x ataupun mesin ATM tidak bisa mengeluarkan uang. Jika hal tersebut terjadi, alih-alih meminta bantuan kepada orang yang mengantri di belakang Anda, lebih baik Anda menghubungi satpam ataupun custoer service Bank BRI.

Jika kasusnya mesin ATM tertelan, Anda bisa memberitahukan kepada orang-orang yang mengantri tentang hal tersebut. Karena sebaiknya Anda tidak meninggalkan dulu gerai sebelum adanya petunjuk dari petugas. Anda bisa menghubung CS dan memblokir sementara kartu ATM, jika proses selesai Anda bisa keluar dari gerai meskipun kartu ATM masih tersangkut di mesin.

Baca juga artikel kami, Inilah Cara Mengetahui ATM BRI Terdekat Dari Lokasi Saya.

Begitupun dengan kendala lain yang terjadi, Anda bisa menghubungi cs terlebih dahulu untuk meminta penjelasan tentang masalah yang terjadi.

Penutup

Dengan memperhatikan beberapa tips mengambil yang di atm BRI diatas semoga kita bisa menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Terutama kejahatan seperti perampokan yang berkedok menolong, hipnotis dll. Jika Anda merasa ada hal-hal yang mencurigakan Anda bisa melaporkannya ke pihak bank terdekat ataupun call center Bank BRI di nomor 14017 / 1500017.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar