Inilah Cara Mengetahui ATM BRI Terdekat Dari Lokasi Saya

Pernah tidak Anda sedang butuh uang tunai mendesak, lalu bertanya-tanya bagaimana sih cara mengetahui ATM BRI terdekat dari lokasi kita?

Tentu rasanya sangat frustasi, jika akhirnya tak menemukan cara yang diharapkan, bukan? Karena bagaimanapun, kebutuhan akan uang tunai yang begitu urgent, mengharuskan solusi yang cepat, singkat dan ampuh.

Bertanya kepada orang-orang di sekitar kita memang adalah salah satu solusi terbaik. Hanya saja kadang beberapa orang cukup canggung untuk memulai pembicaraan dengan orang asing, dan akhirnya mencari dengan kemampuan sendiri soal ATM terdekat.

Jika kita sedang berada di tempat yang cukup familiar, menemukan ATM terdekat bukanlah hal sulit. Namun menjadi masalah kalau Anda sedang di kota yang asing, bisa-bisa hanya karena mau mencari ATM malah nyasar. Sudah pasti makin runyam, kan? Untuk itulah sudah seharusnya kita tahu bagaimana cara mengetahui ATM BRI terdekat secara lebih efektif dan efisien.

Baca juga: 7 Tabungan Pendidikan Berjangka Terbaik Untuk Anak

Bank Aset Terbesar, Mesin ATM BRI Beragam

Apakah bank dengan aset terbesar di Indonesia? Sudah pasti jawabannya adalah BRI. Bank milik pemerintah yang pada 16 Desember nanti genap berusia 125 tahun itu hingga kini sudah mempunyai aset mencapai Rp1.416,8 triliun. Bahkan sampai akhir 2019, ada Rp907,4 triliun kredit disalurkan oleh BRI.

Kepercayaan masyarakat kepada kinerja BRI memang menjadikan bank BUMN ini sulit untuk dikalahkan. Akan sangat mudah menemukan nasabah BRI entah kota besar atau pedesaan, sehingga jumlah mesin ATM mereka tersebar di seluruh pelosok negeri. Tercatat sampai September 2019, sudah ada 20.846 mesin ATM milik BRI.

Dari jumlah itu, BRI akhirnya menyabet gelar sebagai instansi perbankan dengan jumlah mesin ATM terbanyak di Indonesia. Nah, sebelum Anda tahu bagaimana sih cara mengetahui ATM BRI terdekat, ada baiknya tahu jenis-jenis mesin ATM BRI yang tersedia di Tanah Air:

1. Mesin ATM BRI Biasa

Inilah jenis mesin ATM BRI yang paling sering Anda jumpai. Dengan jumlah lebih dari 20 ribu di Indonesia, mesin-mesin ATM BRI ini tersebar di berbagai lokasi entah pom bensin, mini market, kampus, perkantoran hingga di unit kerja terdekat.

Seperti namanya, mesin ATM BRI biasa ini dapat digunakan untuk penarikan uang tunai dengan pecahan Rp50 ribu atau Rp100 ribu. Anda juga bisa melakukan pengecekan saldo, transfer dana hingga kebutuhan pembayaran lainnya di mesin ATM BRI biasa ini.

2. Mesin ATM BRI CRM

tampilan mesin ATM BRI CRM
tampilan mesin ATM BRI CRM

Jenis mesin ATM berikutnya yang ditawarkan BRI adalah CRM (Cash Recycling Machines). Lewat mesin ATM CRM ini, Anda bisa melakukan penyetoran uang tunai tanpa perlu datang ke cabang bank.

Meskipun begitu, ATM CRM juga dapat digunakan untuk tarik tunai dengan kelipatan sama seperti mesin ATM biasa yakni Rp50 ribu atau Rp100 ribu.

Di Indonesia, instansi perbankan dengan jumlah mesin ATM jenis CRM terbanyak dipegang oleh BCA sejumlah 6.888 unit (per November 2019), seperti dilansir Cashcashpro.

Untuk BRI, jumlah mesin ATM CRM mereka sampai September 2019 tercatat sebanyak 3.209 unit yang biasanya berada di kantor cabang bank BRI tertentu.

3. Mesin ATM Link Himbara

tampilan mesin ATM Link
tampilan mesin ATM Link

Sebagai BUMN sekaligus bank milik pemerintah, BRI masuk ke dalam kelompok Himbara (Himpunan Bank-Bank Milik Negara) bersama Mandiri, BNI dan BTN.

Keempat bank Himbara ini rupanya bersinergi untuk menciptakan jaringan mesin ATM yang bisa digunakan oleh nasabah-nasabah mereka.

Bernama mesin ATM Link, pada dasarnya ini hanyalah mesin ATM BRI biasa yang memperoleh logo tambahan Link dan fitur tambahan.

Dimana kalau Anda adalah nasabah BRI, Mandiri, BNI atau BTN, bisa melakukan tarik tunai, cek saldo dan kebutuhan perbankan lain lewat mesin ATM Link tanpa dipungut biaya tambahan alias gratis!

Tak heran kalau Anda tak menemukan ATM BRI terdekat, mesin ATM Link bisa dipertimbangkan.

Baca juga: 20 Pinjaman Online Tanpa Jaminan Berizin OJK Tahun 2020

Inilah 3 Cara Mengetahui ATM BRI Terdekat Dari Lokasi Kita

Nah, setelah mengetahui kalau mesin-mesin ATM BRI itu cukup beragam, maka tentu Anda tak perlu ribet lagi dan bisa memilih sesuai kebutuhan.

Masih merasa kesulitan dalam menemukan mesin ATM tapi sedang butuh uang tunai secepatnya? Berikut ini tiga cara mengetahui ATM BRI terdekat dari tempat kita berada yang bisa Anda coba:

1. Menggunakan Google Maps/Pencarian di Browser

Perkembangan teknologi pelacakan lokasi akurat dengan teknologi GPS adalah salah satu cara termudah untuk menemukan lokasi ATM BRI terdekat.

Anda bisa menggunakan teknologi GPS ini baik di smartphone atau saat sedang menggunakan gawai lain seperti perangkat komputer (PC atau laptop), dengan memanfaatkan fitur Google Maps.

  • Jika memakai perangkat komputer, Anda tinggal membuka halaman browser atau peramban entah Mozilla Firefox/Google Chrome
  • Pastikan Anda sudah memberikan izin untuk pelacakan GPS pada perangkat komputer
izinkan akses lokasi GPS saat buka Google Maps di PC/laptop
izinkan akses lokasi GPS saat buka Google Maps di PC/laptop
  • Pada halaman browser, langsung tulis maps.google.com dan pilih tombol TAMPILKAN LOKASI ANDA lalu ALLOW LOCATION ACCESS supaya Google Maps menampilkan informasi lokasi realtime pengguna
tampilan mesin ATM BRI terdekat di Google Maps (komputer)
tampilan mesin ATM BRI terdekat di Google Maps (komputer)
  • Pada kolom sebelah kiri tulis ATM BRI TERDEKAT dan hanya dalam beberapa detik saja Google Maps akan langsung memetakan lokasi mesin ATM BRI yang paling dekat dengan lokasi
info salah satu mesin ATM BRI terdekat dan pilih rute
info salah satu mesin ATM BRI terdekat dan pilih rute
  • Anda bisa memilih salah satu mesin ATM dan memilih tombol RUTE untuk diarahkan ke mesin ATM tersebut

Sementara bagi pengguna Google Maps di smartphone, sebetulnya tata caranya tidak terlalu jauh berbeda seperti di perangkat komputer. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan Anda sudah menyalakan fitur GPS pada smartphone terlebih dulu, baru kemudian buka aplikasi Google Maps
  • Jika Google Maps sudah menampilkan lokasi Anda secara akurat, maka langsung tulis saja ATM BRI TERDEKAT di kolom paling atas pada aplikasi yang bertulisan SEARCH HERE
petunjuk cari mesin ATM BRI di Google Maps ponsel (1)
petunjuk cari mesin ATM BRI di Google Maps ponsel (1)
  • Asalkan koneksi internet pada smartphone Anda berkualitas, Google Maps akan memberikan pemetaan mesin ATM BRI terdekat dalam hitungan detik. Anda bisa melihat sematan-sematan merah yang mendakan mesin ATM BRI di sekitar lokasi kita berada. Tak hanya sematan berwarna merah, Google Maps juga menampilkan label mesin ATM BRI terdekat termasuk tombol RUTE jika pengguna ingin diarahkan menuju ke sana
petunjuk cari mesin ATM BRI di Google Maps ponsel (2)
petunjuk cari mesin ATM BRI di Google Maps ponsel (2)
  • Anda juga bisa meminta tambahan informasi dari daftar mesin ATM BRI terdekat yang ditampilkan Google Maps seperti penyaringan untuk mesin ATM yang buka 24 jam atau mesin ATM yang sudah pernah didatangi

Baik pengguna smartphone atau perangkat komputer, juga bisa melakukan langkah-langkah di atas lewat akses langsung browser.

Dimana pada kolom pencarian situs saat halaman browser dibuka, Anda bisa langsung menuliskan ATM BRI TERDEKAT DENGAN LOKASI SAYA. Secara singkat, mesin pencari akan menampilkan daftar mesin ATM lengkap dengan tombol arahan rute seperti saat memakai Google Maps.

Baca juga: 5 Tabungan Pendidikan Anak Terbaik 2020

2. Menggunakan OK Google

Khusus untuk pengguna smartphone, cara mengetahui ATM BRI terdekat juga bisa digunakan lewat aplikasi Google Assistant.

Bahkan bisa dibilang kalau fitur ini lebih mudah daripada Google Maps karena Anda tak perlu menulis, melainkan cukup memerintah melalui suara saja. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan lokasi GPS pada smartphone atau gawai mobile Anda sudah aktif
  • Pastikan juga Anda sudah melakukan sinkronisasi pada layanan Google Assistant, sehingga jika Anda mengucapkan perintah OK Google, maka sistem Android pada gawai langsung berjalan dan siap melaksanakan perintah
  • Ucapkan ATM BRI Terdekat pada ponsel dan biarkan Google Assistant bekerja. Jika koneksi internet Anda cukup baik dan performa gawai memuaskan, perintah ini akan dikerjakan sistem dalam hitungan detik saja
tampilan Google Assistant di ponsel
tampilan Google Assistant di ponsel
  • Sama seperti saat menggunakan Google Maps, Google Assistant akan memperlihatkan daftar mesin ATM BRI yang dekat dengan Anda lengkap dengan rute yang dimau. Anda bisa memilih salah satu dalam daftar, sesuaikan dengan yang paling dekat lokasi. Google Assistant akan mengarahkan Anda ke lokasi yang dipilih

3. Menggunakan Aplikasi BRImo

Sekadar informasi, BRImo adalah sebuah aplikasi digital banking yang diluncurkan BRI sebagai platform yang akan memudahkan seluruh nasabah mereka untuk bertransaksi secara digital.

Agar bisa menggunakan aplikasi BRImo, Anda bisa mengunduhnya di Play Store lalu kemudian dipasang pada smartphone. Untuk memiliki akun BRImo, lakukan proses pendaftaran di kantor cabang BRI terdekat.

Barulah setelah Anda mempunyai akun BRImo yang sudah terintegrasi dengan rekening bank BRI, Anda bisa memakai aplikasi BRImo ini.

Di dalam BRImo, Anda bisa melakukan transfer dana tunai, pengecekan saldo, mutasi rekening hingga kebutuhan pembayaran lain termasuk cara mengetahui ATM BRI terdekat, Bagaimana langkah-langkahnya? Berikut yang bisa Anda terapkan:

Baca juga: KKB BRI, Kredit Kendaraan dengan Bunga Kompetitif

  • Pastikan GPS pada ponsel Anda sudah aktif terlebih dulu
  • Masuk ke dalam aplikasi BRImo menggunakan username dan password yang sudah dibuat
  • Jika sudah masuk dan ada di halaman utama, pilih tab LAINNYA yang terletak di ujung kanan bawah tampilan aplikasi
tampilan aplikasi BRImo (1)
tampilan aplikasi BRImo (1)
  • Anda bisa memilih menu LOKASI ATM dan dalam hitungan detik, BRImo akan menampilkan daftar mesin ATM terdekat
  • Dibandingkan lewat Google Maps, Google Assistant atau penelusuran mesin pencarian, aplikasi BRImo memperlihatkan informasi mesin ATM terdekat dengan lebih akurat. Bahkan informasi mesin di minimarket sampai perkantoran juga ditunjukkan secara gamblang pada aplikasi. Anda tinggal memilih salah satu di antaranya dan langsung meluncur ke lokasi sesuai alamat
tampilan aplikasi BRImo (2)
tampilan aplikasi BRImo (2)
  • Jika dalam prosesnya aplikasi BRImo tak mampu mendeteksi secara otomatis, maka Anda bisa menuliskan lokasi tempat tinggal saat ini pada kolom KETIK LOKASI ATM

Kesimpulan

Bagaimana? Tidak sulit bukan dalam mempelajari cara mengetahui ATM BRI terdekat? Nah, Anda bisa memilih salah satu dari ketiga cara di atas supaya bisa segera melakukan penarikan tunai. Ingat, pastikan Anda menemukan mesin ATM BRI sesuai kebutuhan entah mesin ATM biasa, CRM atau Link Himbara. Dengan informasi tersebut, maka Anda akan lebih menghemat tenaga dan waktu karena tak perlu repot dan bisa dilakukan di mana saja. Semoga berhasil!

Bagikan ;

Tinggalkan komentar