Cara Menggunakan Instagram Reels untuk Bisnis agar Lebih Berkembang

Tahukah Anda bahwa Anda bisa menggunakan Instagram Reels untuk bisnis? Bahkan Anda bisa membuat bisnis yang sedang dirintis semakin berkembang menggunakan fitur yang satu ini.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa sosial media bisa digunakan sebagai media untuk mengembangkan bisnis. Dengan sosial media, Anda bisa lebih dekat dengan calon customer sehingga berkemungkinan meningkatkan penjualan.

Instagram merupakan salah satu sosial media yang banyak digunakan oleh pebisnis. Sebab ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan di Instagram seperti salah satunya adalah Instagram Reels.

Kehadiran fitur Instagram Reels sangat erat kaitannya dengan popularitas TikTok. Sebab format konten di Instagram Reels sangat mirip dengan TikTok. Terlepas dari hal tersebut, fitur ini bisa dimanfaatkan untuk bisnis.

Mengenal Instagram Reels Secara Lebih Detail

Cara Menggunakan Instagram Reels untuk Bisnis agar Lebih Berkembang/Unsplash

Sebelum kami membahas mengenai bagaimana cara memanfaatkan fitur Instagram Reels untuk bisnis, kami akan menjelaskan fitur tersebut terlebih dahulu. Sehingga Anda bisa memahami cara menggunakan Instagram Reels dengan lebih jelas.

Instagram Reels merupakan salah satu dari sekian banyak fitur di Instagram Reels. Berikut ini adalah beberapa penjelasan yang perlu Anda pahami terkait fitur Instagram Reels ini.

  • Memiliki Format Video Pendek

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa kehadiran Instagram Reels sangat erat dengan popularitas TikTok. Hal ini bisa dilihat dari kemiripan jenis format konten yang digunakan oleh keduanya.

Sama seperti TikTok, Instagram Reels menggunakan format konten video pendek. Dalam Instagram Reels Anda bisa membuat konten dengan pilihan durasi 15, 30 dan juga 60 detik.

  • Tampilan Konten Bukan Berdasarkan Following

Aspek yang juga membuat Instagram Reels mirip dengan TikTok adalah Anda tidak hanya akan melihat konten dari following. Hal ini juga yang membuat Anda bisa menggunakan Instagram Reels untuk bisnis.

Anda akan ditampilkan konten-konten Reels dari akun yang tidak difollow. Oleh karena itu konten Reels Anda juga berkemungkinan besar ditampilkan pada orang yang tidak follow akun Anda.

  • Tersedia Beragam Fitur untuk Membuat Konten

Di dalam Instagram Reels telah tersedia beragam fitur yang membantu Anda untuk membuat konten menarik. Dengan begitu Anda tetap bisa membuat konten walau tidak memiliki aplikasi edit video.

Anda bisa menambahkan foto atau video dari smartphone sebagai konten reels. Selain itu Anda juga bisa merekamnya secara langsung. Silahkan gunakan fitur-fitur yang telah disediakan agar konten semakin menarik.

Memanfaatkan Instagram Reels untuk Bisnis

Memanfaatkan Instagram Reels untuk Bisnis/Unsplash

Seiring berjalannya waktu, Instagram memang memberikan banyak fitur bagi akun bisnis. Hal ini seperti pengaturan akun yang bisa diubah menjadi akun profesional hingga hadirnya fitur shop.

Kehadiran Instagram Reels tentu juga bisa Anda manfaatkan untuk pengembangan bisnis. Berikut ini adalah hal yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan fitur Instagram Reels untuk mengembangkan bisnis.

  • Menjangkau Calon Pelanggan Baru

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa konten di Instagram Reels tidak hanya akan ditampilkan pada para follower. Orang-orang yang tidak melakukan follow juga bisa mendapatkan konten Reels Anda.

Dengan begitu akan semakin memudahkan Anda dalam mencari follower-follower baru. Sebab orang yang belum follow namun menyukai konten Reels Anda akan bisa mengunjungi profil dan melakukan follow.

Sehingga Anda akan semakin mudah dalam mencari calon pelanggan baru. Cukup buat konten Instagram Reels yang menarik lalu biarkan konten tersebut tersebar ke banyak orang.

  • Launching Produk Baru

Pemanfaatan Instagram Reels untuk bisnis yang selanjutnya adalah ketika melakukan launching produk baru. Sebab dengan format video yang mencapai satu menit sangat cocok untuk melakukannya.

Dengan durasi satu menit, Anda akan memiliki banyak ruang untuk mengulas produk baru tersebut. Sehingga penyampaian value dari produk baru Anda tidak akan terkesan terburu-buru.

Baca juga, Apa Produk Paling Laku di Market?

Hal ini membuat daya tarik produk baru dari bisnis Anda tersebut semakin besar. Sehingga akan semakin banyak orang yang tertarik dan mau membeli produk baru tersebut.

  • Melakukan Branding

Branding adalah hal yang sangat penting bagi sebuah bisnis. Dengan melakukan branding, Anda bisa mendapatkan pelanggan yang setia. Video berdurasi satu menit sangat cocok sebagai media melakukan branding.

Dengan menggunakan Instagram Reels, Anda bisa membuat video satu menit dalam satu kesatuan. Berbeda jika Anda membuatnya di dalam story yang hanya memilki durasi maksimal 15 detik.

Jika Anda ingin membuat video satu menit di story, Anda harus memisahnya menjadi beberapa kartu story. Hal ini akan mengurangi pengalaman pelanggan sehingga menurunkan efektivitasnya.

  • Melakukan Endorsement

Salah satu fungsi Instagram Reels untuk bisnis selanjutnya adalah melakukan endorsement untuk meningkatkan engagement. Anda bisa melakukan endorsement dengan artis atau selebgram agar semakin banyak orang yang mengenal produk Anda.

Sebelum adanya Reels, endorsement hanya dilakukan melalui Instagram Story ataupun Post. Namun penggunaan Reels ini akan semakin meningkatkan engagement karena durasi lebih panjang dibanding Story.

Bentuk promosi yang dilakukan di Instagram Reels juga akan lebih bervariasi dibanding Story. Sebab content creator jadi memiliki lebih banyak ruang untuk menunjukkan kelebihan dari produk Anda.

Tips Membuat Konten Instagram untuk Bisnis

Tips Membuat Konten Instagram untuk Bisnis/Unsplash

Secara umum Anda sudah memahami bagaimana cara memanfaatkan Instagram Reels sebagai upaya pengembangan bisnis. Namun disadari juga bahwa membuat konten yang menarik untuk melakukan semua hal tersebut bukanlah hal mudah.

Oleh karena itu kami memiliki beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat konten Instagram Reels. Silahkan manfaatkan tips dari kami berikut agar konten Reels Anda semakin menarik.

  • Buat Customer Persona

Sebelum Anda membuat konten, sebaiknya Anda membuat costumer persona terlebih dahulu. Sebab hal ini akan sangat membantu dalam proses pembuatan konten yang akan Anda masukkan ke dalam Reels.

Bagi Anda yang belum tahu, customer persona adalah gambaran yang merepresentasikan calon pelanggan Anda. Nantinya konten yang dibuat harus menyesuaikan costumer persona yang telah Anda buat tersebut.

Sehingga Anda tidak akan kebingungan ketika membuat konten. Karena Anda bisa membayangkan bahwa konten tersebut ditujukan pada suatu persona tertentu. Sehingga konten akan optimal dalam mendatangkan pelanggan.

  • Tentukan Tujuan Konten

Perlu dipahami bahwa konten Instagram Reels untuk bisnis bisa ditujukan untuk banyak hal. Oleh karena itu Anda perlu menentukan terlebih dahulu tujuan dari konten yang akan dibuat.

Contoh tujuan tersebut meliputi peningkatan engagement, pengenalan produk, pengenalan perusahaan dan sebagainya. Tentunya setiap tujuan tersebut memerlukan konten yang berbeda. Sehingga dengan memahami tujuan konten akan mempermudah Anda ketika membuatnya.

Sebagai contoh konten yang memiliki tujuan meningkatkan engagement tidak perlu memasukkan unsur promosi. Sementara jika tujuan konten adalah berjualan, maka aspek promosi harus diperhatikan dengan baik.

  • Buat Konten yang Relevan dengan Produk Anda

Ketika Anda membuat konten Instagram Reels untuk bisnis, pastikan konten tersebut relevan dengan produk Anda. Artinya bahwa konten tersebut memang sesuai dengan produk yang Anda tawarkan.

Sebagai contoh jika bisnis Anda bergerak di bidang kuliner, maka buatlah konten yang berkaitan tentang kuliner tersebut. Hal ini akan membuat calon pelanggan lebih mudah memahami akun dan konten Anda.

Jangan sampai Anda membuat konten yang terlalu jauh relevansinya dengan produk atau bisnis Anda. Karena pada akhirnya Anda akan kesulitan ketika hendak melakukan penjualan produk.

  • Jangan Fokus Berjualan

Meski tujuan akhir Anda adalah meningkatkan penjualan produk, bukan berarti Anda harus selalu berjualan. Justru hal ini akan kontraproduktif karena membuat banyak orang meninggalkan akun Anda.

Konten Instagram Reels untuk bisnis tetap harus memperhatikan aspek keinginan penonton. Perlu dipahami bahwa kebanyakan orang membuat sosial media seperti Instagram untuk mencari hal bermanfaat seperti hiburan dan edukasi.

Sehingga jika Anda hanya melakukan penjualan, orang-orang cenderung meninggalkan akun Anda. Pada akhirnya pihak Instagram akan menilai konten Anda tidak berkualitas karena ditinggalkan banyak orang.

Jika hal terebut terjadi, maka Instagram tidak akan menampilkan konten Anda ke banyak orang. Sehingga meski telah membuat banyak konten, Anda tidak akan mendapatkan banyak views.

  • Pahami Keinginan Calon Pembeli Anda

Ketika membuat konten Instagram Reels untuk bisnis, Anda perlu memperhatikan keinginan atau kebutuhan calon pelanggan. Hal ini seharusnya akan mudah dilakukan jika Anda telah membuat costumer persona.

Sebab Anda perlu menyesuaikan relevansi produk dengan keinginan calon pelanggan. Karena meski Anda membuat konten seputar produk, namun jika tidak sesuai keinginan pasti tidak akan menarik perhatian banyak orang.

Jika konten tersebut sesuai keinginan calon pembeli, maka mereka akan dengan senang hati melakukan pembelian. Bahkan pembeli seperti ini biasanya akan melakukan pembelian berulang dan menjadi loyal costumer.

Beberapa Contoh Konten IG Reels untuk Bisnis

Dengan menggunakan tips di atas, maka Anda bisa membuat konten yang optimal untuk mengembangkan bisnis melalui Instagram Reels. Namun mungkin Anda masih bingung dengan jenis konten yang harus dibuat.

Oleh karena itu kami juga akan memberikan beberapa contoh ide konten yang bisa Anda pakai. Silahkan gunakan beberapa ide berikut sebagai inspirasi dalam pembuatan konten di akun Anda.

  • Konten Edukasi
Konten Edukasi/Unsplash

Jenis konten pertama yang bisa Anda buat di Instagram Reels adalah konten edukasi. Inti dari konten ini adalah memberikan informasi yang berguna terkait suatu hal tertentu.

Anda bisa memberikan edukasi seputar jenis bisnis yang dijalankan. Contohnya Anda bisa memberikan informasi seputar nilai gizi jagung jika Anda menjual sereal berbahan dasar jagung.

Konten edukasi cenderung disukai karena mampu memberikan manfaat bagi penonton. Sehingga penonton akan mau melihat konten Anda hingga habis. Bahkan Anda bisa melakukan penjualan di akhir konten edukasi.

  • Konten Proses

Jenis konten Instagram Reels untuk bisnis selanjutnya adalah konten proses. Artinya Anda membuat konten terkait proses yang menjadi bisnis Anda. Tentunya proses ini bergantung pada jenis bisnis milik Anda.

Sebagai contoh jika Anda memiliki bisnis berjualan kue, Anda bisa membuat konten cara pembuatan kue. Selain menjadi hiburan, konten ini juga bisa menunjukkan kelebihan bisnis Anda dari segi proses.

  • Konten Tutorial

Anda juga bisa membuat konten dengan jenis tutorial untuk meningkatkan engagement. Sebab konten tutorial ini cukup disukai banyak orang karena memiliki tingkat kebermanfaatan yang tinggi.

Tentunya tutorial yang diberikan menyesuaikan jenis bisnis Anda. Contoh jika Anda memiliki bisnis fashion, maka tutorial memadukan produk Anda untuk berbagai keperluan adalah konten yang bisa dibuat.

Kehadiran internet memang telah membawa dunia bisnis ke tahap yang selanjutnya. Saat ini Anda harus bisa memanfaatkan beragam sosial media agar bisa mengembangkan bisnis dengan lebih mudah.

Baca yuk, 10 Tips Jualan Laris di Instagram

Sosial media seperti Instagram telah terbukti mampu mengembangkan sebuah bisnis menjadi lebih besar. Terlebih saat ini Anda bisa memanfaatkan fitur Instagram Reels untuk bisnis agar semakin berkembang.

Tinggalkan komentar