Cara Menghindari Investasi Bodong yang Bikin Anda Rugi

Memahami cara menghindari investasi bodong sangat penting agar Anda tidak terjebak oleh penipuan ini. Karena hingga saat ini, masih banyak orang yang terjebak oleh investasi bodong.

Memiliki kesadaran untuk berinvestasi memang sangat bagus. Karena investasi berguna untuk menjaga nilai harta tidak tergerus oleh inflasi. Selain itu inflasi juga berguna untuk mencapai tujuan finansial di masa depan.

Sayangnya banyak oknum yang memanfaatkan kesadaran mengenai pentingnya investasi ini dengan membuat investasi ilegal atau bodong. Sehingga bukannya mendapatkan keuntungan, para investor justru kehilangan uang mereka.

Pemerintah juga terus meningkatkan upaya dalam memberantas investasi bodong tersebut. Namun tentu saja membekali diri sendiri dengan pemahaman mengenai cara untuk menghindarinya merupakan hal yang sangat penting.

Memahami Beragam Jenis Investasi Bodong

Cara Menghindari Investasi Bodong yang Bikin Anda Rugi/Unsplash

Untuk bisa menghindari investasi bodong, tentunya Anda perlu memahami terlebih dahulu realitasnya. Karena hingga hari ini, masih banyak orang yang masih tidak tahu bentuk dari investasi bodong.

Setidaknya ada tiga jenis atau bentuk investasi bodong yang kerap terjadi di Indonesia. Berikut ini adalah ketiga jenis investasi palsu yang justru membawa kerugian kepada para nasabahnya.

  • Arisan Bodong

Jenis pertama yang sering ditemui adalah arisan bodong. Dalam bentuk ini, setiap orang diminta untuk mengumpulkan uang di setiap bulannya. Lalu akan diundi untuk menentukan orang yang mendapatkan arisan.

Arisan bodong ini bisa dijumpai dalam beragam bentuk. Mulai dari arisan uang, arisan emas, arisan mobil dan beragam arisan lainnya. Investasi bodong ini biasanya menjadikan ibu-ibu sebagai sasaran korbannya.

  • Koperasi Bodong

Bentuk kedua dari investasi bodong adalah koperasi palsu. Koperasi palsu ini akan menarik masyarakat agar mau menyimpan uang di koperasi. Lalu setelah itu uang tersebut akan dibawa kabur.

  • Investasi Online Tidak Berizin

Perkembangan teknologi membuat investasi bodong semakin mudah dalam melakukan aksinya. Oleh karena itu memahami cara menghindari investasi bodong sangatlah penting. Karena saat ini investasi bodong bisa ditemui secara online.

Melakukan investasi secara online memang menjadi lebih mudah dan cepat. Namun justru tingkat kejahatannya juga menjadi lebih tinggi karena Anda tidak pernah bertemu secara langsung dengan pihak yang menawarkan investasi.

Oleh karena itu Anda harus memeriksa apakah investasi online sudah mengantongi izin dari badan terkait seperti OJK. Jangan sampai Anda mempercayakan uang kepada investasi yang belum mendapatkan izin.

Beragam Cara untuk Menghindari Investasi Bodong

Beragam Cara untuk Menghindari Investasi Bodong/Unsplash

Investasi bodong pada dasarnya adalah investasi ilegal yang digunakan untuk melakukan penipuan. Melalui investasi bodong, seorang oknum akan menghimpun banyak uang dari para nasabah yang pada akhirnya akan dilarikan.

Oleh karena itu Anda harus mampu menghindarinya agar uang Anda tidak dibawa lari oleh oknum tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara yang perlu dilakukan untuk terhindar dari investasi ilegal tersebut.

  • Memiliki Literasi Keuangan yang Baik

Keinginan untuk melakukan investasi memang merupakan hal yang sangat baik. Namun sayangnya keinginan ini tidak diiringi dengan literasi keuangan yang baik. Sehingga akhirnya banyak orang yang tertipu oleh investasi bodong.

Masih banyak orang yang memilih berinvestasi hanya karena mendengar perkataan orang jika investasi bisa menambah kekayaan. Orang-orang seperti ini tidak benar-benar memiliki pemahaman mendalam mengenai investasi.

Padahal memiliki pemahaman tentang investasi dan dunia keuangan lainnya merupakan modal dasar untuk menghindari investasi bodong. Tanpa pemahaman ini, akan sulit bagi seseorang untuk mengidentifikasi investasi yang legal dan tidak.

  • Mengetahui Ciri-Ciri Investasi Bodong

Hal selanjutnya agar Anda bisa terhindar dari investasi yang menipu ini adalah memahami ciri-cirinya. Sebab dengan memahami ciri-ciri tersebut, Anda bisa menjadi acuan Anda untuk menilai sebuah investasi.

Karena sebenarnya ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih instrumen investasi. Sehingga jangan sampai Anda hanya menilai sebuah investasi dari return yang dijanjikannya saja.

  • Memiliki Kewaspadaan & Ketelitian

Janji return investasi yang tinggi terkadang membuat seseorang menurunkan kewaspadaannya. Padahal justru ketika mendapat sebuah investasi dengan janji return yang terlampau tinggi, Anda perlu berhati-hati.

Kewaspadaan dan ketelitian sangat penting dalam menentukan produk investasi. Jangan sampai niat Anda untuk mengumpulkan dana demi tujuan finansial berantakan hanya karena kurangnya waspada dan tidak teliti.

  • Mampu Mengontrol Diri

Banyak orang yang terjebak oleh investasi bodong karena serakah dan ingin mendapatkan untung besar dalam waktu singkat. Oleh karena itu agar Anda bisa menghindari investasi bodong, Anda wajib mengontrol diri.

Perlu dipahami bahwa investasi bukanlah jalan pintas untuk mendapatkan kekayaan. Investasi adalah salah satu cara untuk mempertahankan nilai harta agar tidak berkurang akibat adanya inflasi.

Selain itu investasi adalah metode mengumpulkan dana demi mencapai tujuan finansial di masa mendatang. Hal ini perlu Anda sadari sejak awal agar tidak tertipu dengan janji palsu dari investasi bodong.

Memahami Ciri-Ciri Investasi Bodong

Memahami Ciri-Ciri Investasi Bodong/Unsplash

Seperti kami sebutkan sebelumnya bahwa salah satu cara untuk menghindari investasi bodong adalah dengan memahami ciri-cirinya. Berikut ini adalah beberapa tanda produk investasi ilegal atau berpotensi menipu.

  • Janji Return yang Tidak Masuk Akal

Ciri-ciri pertama dari investasi bodong adalah memiliki janji return yang tidak masuk akal. Bahkan return yang dijanjikan bisa mencapai puluhan hingga ratusan persen dalam waktu singkat.

Perlu diketahui bahwa rata-rata return saham per tahun berdasarkan IHSG adalah sekitar 12-14%. Sehingga Anda perlu menaruh curiga jika mendapat tawaran investasi dengan tingkat return di atas nilai tersebut.

Selain itu, perlu Anda pahami bahwa semakin tinggi return yang ditawarkan, risikonya juga akan semakin tinggi. Sehingga tidak mungkin produk investasi bisa menjamin return besar tanpa adanya risiko.

  • Tidak Memiliki Izin dari Pihak Berwenang

Perlu Anda pahami bahwa kegiatan menghimpun dana masyarakat untuk melakukan investasi memerlukan izin. Sehingga Anda bisa menghindari investasi bodong dengan memerikan izin yang dimiliki sebuah produk investasi.

Jangan pernah Anda menaruh uang pada investasi yang tidak memiliki izin dari OJK dan badan keuangan lainnya. Karena itu artinya investasi tersebut belum memiliki legalitas hukum.

  • Skema Investasi Tidak Jelas

Ketika Anda berinvestasi, Anda perlu memahami bagaimana uang tersebut akan digunakan sehingga bisa mendapatkan keuntungan. Contoh seperti reksa dana atau saham yang memiliki skema jelas dan transparan dalam kenaikan harga.

Anda perlu berhati-hati jika ditawarkan produk investasi yang tidak memiliki kejelasan skema. Biasanya skema yang digunakan untuk investasi bodong adalah skema money game dan skema ponzi.

Dalam kedua skema ini, Anda akan mendapatkan keuntungan jika berhasil mendapatkan investor baru. Keuntungan yang Anda dapatkan berasal dari uang yang disetorkan oleh investor baru tersebut.

Selanjutnya investor baru tersebut harus mencari investor baru lainnya untuk mendapatkan keuntungan. Jika tidak berhasil mendapatkan investor baru, maka artinya tidak ada lagi keuntungan yang didapatkan.

  • Produk Investasi Tidak Jelas

Untuk bisa menghindari investasi bodong, Anda perlu memahami produk investasi tersebut sejelas mungkin. Apakah investasi tersebut dilakukan pada produk keuangan seperti saham atau obligasi atau produk fisik seperti tanah.

Dengan memahami produk tersebut, Anda bisa memahami dan menghitung apakah return yang ditawarkan realistis. Namun jika sejak awal produk investasi tidak jelas, maka Anda wajib curiga.

Tips Melakukan Investasi Secara Aman

Tips Melakukan Investasi Secara Aman/Unplash

Dengan menggunakan tips di atas, maka Anda bisa terhindar dari investasi ilegal yang merugikan. Namun Anda tetap perlu melakukan investasi secara aman agar tujuan finansial di masa depan tercapai.

Oleh karena itu kami akan memberikan beberapa tips aman dalam berinvestasi sebagai pelengkap cara menghindari investasi bodong. Pastikan Anda melakukan beberapa hal berikut ini agar bisa berinvestasi secara aman.

  • Pahami Profil Risiko Anda

Perlu diketahui bahwa profil risiko setiap orang dalam berinvestasi berbeda. Setidaknya ada tiga jenis profil risiko, yaitu konservatif, moderat dan agresif. Dengan memahami profil risiko, Anda bisa menentukan jenis investasi yang tepat.

Orang yang memiliki profil risiko konservatif adalah orang yang tidak terlalu tahan terhadap risiko. Jika Anda memiliki profil risiko ini, maka instrumen dengan risiko rendah seperti reksa dana pasar uang adalah pilihan yang tepat.

Namun jika Anda memiliki profil risiko moderat, maka Anda bisa memilih instrumen investasi seperti reksa dana campuran. Karena orang dengan profil risiko ini lebih tahan terhadap risiko.

Sementara jika Anda memiliki profil risiko agresif, maka reksa dana saham dan saham merupakan pilihan instrumen yang tepat. Karena orang-orang dengan tipe agresif tidak terlalu masalah dengan risiko.

  • Miliki Perencanaan Keuangan yang Jelas

Dalam berinvestasi sebaiknya Anda memiliki perencanaan keuangan yang jelas. Selain bermanfaat untuk menghindari investasi bodong, perencanaan keuangan akan menentukan jenis dan strategi dalam melakukan investasi.

Beberapa perencanaan keuangan yang biasanya dimiliki banyak orang seperti dana menikah, dana pendidikan anak, dana pensiun dan lain-lain. Dengan membuat perencanaan keuangan, Anda tidak akan asal dalam berinvestasi.

  • Lakukan Diversifikasi

Diversifikasi berarti Anda tidak menaruh seluruh uang Anda hanya pada satu instrumen investasi. Karena perilaku menaruh seluruh uang dalam satu instrumen investasi memiliki risiko yang besar.

Ketika instrumen tersebut mengalami penurunan harga, maka nilai kekayaan Anda akan mengalami penurunan secara drastis. Oleh karena itu sebaiknya Anda menaruh uang di berbagai instrumen investasi.

Sehingga ketika satu instrumen mengalami penurunan harga, nilai uang Anda tetap terjaga karena kenaikan nilai instrumen lainnya. Strategi ini juga digunakan oleh investor terkenal seperti Warren Buffet.

  • Pilih Instrumen Investasi Terpercaya

Anda harus memilih instrumen investasi terpercaya agar bisa menghindari investasi bodong. Apalagi saat ini sudah tersedia banyak cara yang memudahkan Anda melakukan investasi secara legal.

Anda bisa menggunakan aplikasi untuk melakukan investasi saham ataupun reksa dana secara online. Bahkan instrumen investasi seperti emas juga bisa Anda beli melalui aplikasi-aplikasi tersebut.

Untuk melihat investasi terpercaya juga sangatlah mudah. Anda bisa mengakses informasi terkait legalitas produk investasi yang ditawarkan dengan langsung menghubungi OJK melalui nomor telepon 157 atau WA ke 081157157157.

Semua orang yang melakukan investasi pasti berharap bisa mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Namun Anda perlu waspada jika mendapat tawaran investasi dengan nilai return tidak masuk akal.

Sebab hal ini merupakan salah satu ciri investasi bodong atau penipuan. Selain melihat tingkat realistis dari return yang dijanjikan, Anda juga perlu mengecek legalitas produk investasi tersebut.

Jangan sampai tujuan finansial Anda di masa mendatang kandas hanya karena keliru dalam memilih produk investasi. Pastikan Anda bisa menghindari investasi bodong menggunakan cara yang telah kami berikan di atas.

Tinggalkan komentar