Cara Menjadi Orang Sukses dalam 10 Langkah Sederhana

Bagaimana Cara Menjadi Orang Sukses sebenarnya? Setiap orang pasti ingin menjadi sukses menurut standarnya masing-masing, Namun apapun kesuksesan yang ingin diraih pada kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan. Untuk mencapai sesuatu perlu perjuangan dan juga pengorbanan sehingga bisa mencapai kesuksesan tersebut.

Perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan setiap orang pun berbeda serta beragam. Ada yang mengikuti training atau seminar, membaca buku, berguru pada sang ahli, dan juga bermacam-macam usaha lain yang bisa mereka lakukan.

Kesuksesan memang tidak mudah diraihnya, tetapi jangan pula dijadikan alasan untuk tetap ‘’jalan di tempat’’ atau bermalas-malasan tidak melakukan kegiatan apapun.

Tetapi kabar baiknya, saat ini Anda bisa meraih kesuksesan dengan 10 langkah sederhana. Ya, berawal dari langkah sederhana ini bisa menjadi modal awal untuk bisa mencapai kesuksesan yang diimpikan.

Penasaran dengan ke 10 langkah sederhana tersebut? Yuk, simak bersama ulasannya di bawah ini !

1. Buat Rencana atau Impian Anda

Cara menjadi orang sukses

Tentunya kesuksesan tersebut lahir dari rasa keinginan untuk mencapai tujuan atau impian. Nah, bila tidak ada rencana atau impian tentunya buat apa Anda sukses?

Maka dari itu, sebelum Anda bermimpi menjadi orang sukses buat dulu sebuah rencana atau impian yang ingin diraih.

Misalnya, Anda ingin sukses menjadi seorang penulis, maka dari itu tetpakan rencana kedepan ingin menulis tentang apa ? berapa lama ingin menulis ? sudah adakah penerbit yang Anda bidik?

Serta rencana lain yang perlu Anda tuliskan untuk bisa meraih kesuksesan tanpa harus keluar jalur.

Ya, terkadang rencana atau impian ini akan menjadi petunjuk dalam hidup yang bisa mengantarkan Anda pada kesuksesan. Dan yang paling penting, Anda memiliki langkah-langkah yang jelas untuk bisa mencapai kesuksesan.

Setelah menuliskannya, alangkah lebih untuk menempelkan rencana-rencana tersebut di dinding kamar Anda. Fungsinya ketika dalam kondisi malas, semangat Anda dalam meraih kesuksesan akan bangkit kembali.

2. Tetapkan Target untuk Mencapai Kesuksesan

Setelah menulis dan menempelkannya di tempat yang strategis tentu saja kesuksesan tersebut belum bisa diraih oleh Anda.

Rencana dan impian tersebut jelas akan tetap menjadi tulisan yang tidak berarti bila Anda tidak memiliki target untuk bisa mencapainya.

Maka dari itu, tetapkan target nyata dari impian yang ditulis untuk mencapai kesuksesan. Jika Anda masih bingung untuk bisa menetapkan targetnya, maka gunakanlah metode SMART yang diambil dari berbagai sumber yang ada.

Adapun SMART yang dimaksud adalah sebagai berikut;

  • Spesific (Spesifik) Menetapkan sepesifikasi dari impian yang akan diraih. Contohnya, bila Anda ingin menulis buku tetapkan judul, tema, dan target pembaca.
  • Measurable (Bisa Diukur) Maksudnya adalah tentang berapa jumlah kata yang akan Anda tulis. Jika dalam dunia bisnis, berapa banyak produk yang akan Anda jual ? 5.000 pcs atau lebih dari itu ? Tentukanlah.
  • Achievable (Bisa Dicapai), contohnya Anda memiliki target bisa menghasilkan naskah dalam waktu 3 bulan, maka untuk mencapainya harus memiliki target menulis, entah itu 10.000 kata dalam sebulan atau kurang dari itu.
  • Begitu pun dengan penjualan produk, tetapkan berapa banyak produk yang akan dijual, entah itu 200 produk sehari atau lebih.
  • Relevant (Relevan) sebaiknya harus relevan dengan passion Anda atau profesi yang sudah Anda jalani. Misalnya relevan dengan profesi Anda sebagai penulis, blogger, dan lain sebagainya. Jika memang belum, mau tidak mau harus menjalani terlebih dahulu profesi tersebut.
  • Time-Bound (Memiliki Tenggang Waktu), tetapkan real waktu untuk bisa mewujudkan impian tersebut. Sebaiknya tetapkan waktu lengkap dengan tanggal, bulan, dan juga tahunnya.

3. Segera Action dari yang Telah Direncanakan

Langkah berikutnya adalah ‘’action’’ ketika Anda sudah mulai menulis dan menetapkan rencana yang ingin dicapai. Semua impian Anda akan benar sia-sia bila tidak segera mewujdukannya dalam ‘’action’’ yang nyata.

Bersemangat dan bersegera mewujudkan impian memanglah bagus. Tetapi ketika ingin segera ‘’action’’ pun harus memiliki perencanaan yang matang dalam me-list hal apa sajakah yang akan dilakukan untuk mewujudkan langkah-langkah tersebut.

Misalnya, Anda ingin menerbitkan buku dalam waktu 3 bulan. Karena itu, Anda perlu membuat daftar kegiatan yang bisa dilakukan dalam waktu satu hari di setiap harinya sampai menuju target akhir dengan mengatur list seperti berikut ini;

  • Riset tema buku 2 jam
  • Memvalidasi bahan 2 jam
  • Diskusi dengan teman atau orang yang dipercaya terkait buku yang akan diluncurkan 2 jam
  • Menulis bab pertama 1500 kata 4 jam

Jadikan kegiatan di atas sebagai prioritas utama dalam waktu 3 bulan kedepan. Dengan begitu, Anda tidak akan terganggu dengan hal-hal lain yang terkadang bisa mempengaruhi tindakan Anda untuk mengerjakan hal tersebut.

Ada baiknya untuk bisa memulai hal tersebut dari beban terkecil atau waktu yang singkat. Dengan begitu akan terasa ringan dan bisa menghindari rasa malas.

4. Evaluasi

Langkah Berikutnya adalah mengevaluasi dari apa yang telah Anda rencanakan dan lakukan.

Dengan adanya evaluasi ini, Anda bisa mengukur sejauh mana kesuksesan tersebut telah dicapai. Tidak hanya itu, Anda pun bisa mengevaluasi apakah rencana dan action yang dilakukan telah berada di jalur yang seharusnya?

Jika iya, maka lanjutkan tahapan-tahapan tersebut hingga bisa mencapai goal impian yang diinginkan.

Jika belum, maka Anda bisa mengubah actionnya menjadi lebih baik ataupun meningkatkan durasi waktu pengerjaannya.

Kaji ulang ini bisa dilakukan secara harian, mingguan, bulanan, atau tiga bulanan. Dari pilihan tersebut, saya merekomendasikan Anda untuk melakukan kaji ulang mingguan.

Agar impian bisa tercapai sesuai yang diharapkan, maka lakukan evaluasi setiap minggunya.

Anda bisa membandingkan pencapaian minggu lalu dan minggu berikutnya. Coba lihat pencapaian tersebut! Apakah ada peningkatan atau sebaliknya ?

Dalam evaluasi ini, hasil akhirnya bisa menerapkan sistem rewards dan juga punishment dengan tujuan menjadi penyemangat untuk lebih baik dari sebelumnya.

Jika masih ragu untuk bisa mengevaluasinya, Anda bisa meminta tolong orang lain yang dapat dipercaya untuk bisa melakukan hal tersebut.

Biasanya pandangan dari orang lain akan berbeda, tetapi sedikit banyaknya evaluasi darinya akan membantu menemukan kekurangan dan mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh Anda.

5. Memotivasi Diri Sendiri

Ketika melangkah menuju kesuksesan pasti akan melalui jalan yang berliku. Terkadang jalan yang sulit dilewati membuat diri harus menyerah dan berhenti untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Saat kondisi seperti itu, yang harus dilakukan adalah memotivasi diri sendiri yang dimulai dengan meyakini bahwa Anda bisa mencapai kesuksesan tersebut.

Tanamkan dalam pikiran , bahwa Anda bisa sukses seperti orang lain bahkan melebihi orang tersebut.

Dengan sikap yakin dan menanamkan dalam alam bawah sadar Anda, biasanya akan lebih menjiwai apa yang telah direncanakan. Dahsyatnya ketika ada rintangan yang menghalangi, Anda tidak akan mudah menyerah.

Bersikap memotivasi diri sendiri bahwa Anda bisa sukses melebihi orang lain, maka Anda sudah berjalan satu langkah lebih maju untuk siap meraih kesuksesan.

6. Displin dan Tanggung Jawab

Selain kerja keras dan penuh perencanaan, kesuksesan tidak akan pernah diraih bila Anda tidak memiliki sikap displin dan tanggung jawab.

Tentunya displin dalam hal mengerjakan setiap target-target impian yang akan dicapai. Serta bertanggung jawab untuk bisa menyelesaikan target-target tersebut hingga tuntas dan berhasil meraihnya.

Terbayang bukan, bila target impian yang akan diraih sudah sempurna, namun terhambat oleh diri kita sendiri yang tidak memiliki sikap displin dan bertanggung jawab?

Maka dari itu, segeralah untuk bisa bersikap displin dan bertanggung jawab terhadap apa yang Anda ingin capai. Hal ini terdengar sederhana namun memiliki efek yang besar untuk perubahan hidup Anda.

7. Membangun Networking yang Baik

Langkah berikutnya untuk bisa menjadi orang sukses membangun networking atau relasi dengan banyak orang. Perlu diketahui bersama bahwasannya orang-orang sukses disekelilingnya memiliki relasi yang baik dan sesuai dengan apa yang dijalaninya.

Contohnya, jika Anda ingin menjadi penulis bangunlah relasi dengan sesama penulis, pecinta buku, bahkan dari pihak penerbit buku untuk bisa menambah wawasan Anda tentang dunia tersebut.

Begitu pula jika Anda senang berbisnis, maka jalin relasi dengan sesama pebisnis. Bila perlu jadikan mereka mentor Anda untuk bisa ditiru dan dimodifikasi bagaiman mereka bisa meraih kesuksesan.

Membangun networking ini ternyata bisa dengan mudah untuk mencapai kesuksesan daripada harus berjuang seorang diri.

Dengan adanya networking yang baik pun bisa membuat Anda semangat terutama ketika rasa malas menerpa diri.

8. Kerja Cerdas

Kerja keras memang akan mengantarkan Anda pada kesuksesan. Namun, perlu diingat kerja keras pun ada batasnya entah itu karena kesehatan, terbatasnya waktu, dan lain sebagainya.

Baca juga :

Oleh Karena itu, selain kerja keras harus dilakukan pula kerja cerdas. Tujuannya dengan menggabungkan kerja keras dan cerdas bisa memberikan kesuksesan yang lebih efektif dan juga cepat.

Sebagai contoh untuk bisa kerja cerdas, misalkan selama ini Anda bisa menjual produk sebanyak 1.000 pcs, targetnya berikutnya adalah 3.000 pcs maka untuk bisa mencapai target tersebut bisa dengan merekrut reseller yang membantu penjualan Anda di bulan berikutnya.

9. Upgrade Diri

Cara berikutnya untuk bisa menjadi orang sukses adalah dengan mengupgrade diri. Upgrade diri dalam hal ini adalah jangan pernah berhenti untuk belajar apalagi yang berhubungan dengan impian Anda.

Belajar disini pun tidak harus formal tetapi bisa belajar kapan dan dimana saja. Dengan banyak belajar bisa meningkatkan kualitas diri serta wawasan baru.

Dengan begitu, boleh jadi hal tersebut bisa mengantarkan Anda kepada kesuksesan.

10. Tidak Boros

Hasil dari kesuksesan memang seyogyanya perlu untuk dinikmati. Namun cara untuk bisa menikmati hasil pun sebaiknya tidak berlebihan alias tidak boleh boros.

Anda harus bisa memilih dan memilah kebutuhan dan juga keinginan semu. Jangan lupa juga sisihkan untuk menabung dan lebih baik uang tersebut bisa Anda sedekahkan kepada yang lebih membutuhkan.

Karena dengan begitu akan lebih bermanfaat dan mendapat keberkahan.

Penutup

Setiap orang bisa mencapai kesuksesan namun tidak banyak orang yang sanggup untuk menjalani proses dari kesuksesan tersebut.

Jika hari ini Anda masih bingung, bagaimana cara mencapai kesuksesan, maka lakukanlah ke 10 langkah di atas.

Semoga ke 10 langkah sederhana tersebut bisa menjadi pemicu untuk mengantarkan Anda kepada kesuksesan yang sesungguhnya.

Bagikan ;