Cara Pengajuan KTA Bank Mandiri, Tabel, Angsuran Terbaru 2021

© The Jakarta Post

Tercatat sebagai bank dengan total aset, pinjaman dan deposit terbesar di Indonesia, posisi Mandiri memang tidak tergantikan. Banyak sekali produk keuangan yang jadi pilihan masyarakan Indonesia termasuk KTA (Kredit Tanpa Agunan). Kemudahan cara pengajuan KTA bank Mandiri semakin membuat institusi perbankan milik negara ini diakui kualitasnya.

KTA adalah bagian dari KSM (Kredit Serbaguna Mandiri), sebagai pinjaman tanpa jaminan yang diberikan Mandiri kepada nasabah dengan pekerjaan dan penghasilan tetap. Sehingga bagi Anda yang tercatat sebagai pegawai perusahaan swasta, BUMN, BUMD, ASN/TNI/Polri tentu bakal sangat terbantu.

Iklan

Apalagi mengingat tahun 2021 saat ini masih berjalan dua bulan dan kondisi perekonomian yang belum cukup baik, tentu ada banyak sekali pertimbangan masyarakat untuk mengajukan pinjaman demi kebutuhan hidup. Untuk itulah bagi Anda yang menghadapi nasib demikian, mempelajari cara pengajuan KTA bank Mandiri bisa dilakukan.

Baca juga: 20 Tabungan Berjangka Terbaik Demi Masa Depan Anda

Jenis-Jenis KTA yang Ditawarkan Mandiri

Sebelum mengetahui seperti apa sih cara pengajuan KTA bank Mandiri, ada baiknya Anda tahu juga sekilas mengenai jenis-jenis KTA yang mereka tawarkan. Ada tiga macam yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan yakni:

  1. KTA Mandiri Reguler: Terbuka untuk umum asalkan tercatat sebagai pegawai dan berpenghasilan tetap di perusahaan negara atau swasta
  2. KTA Mandiri Payroll: Untuk para pekerja yang penghasilannya disalurkan lewat rekening Mandiri, tapi perusahaan belum memperoleh plafon Mitrakarya
  3. KTA Mandiri Mitrakarya: Untuk para pekerja yang penghasilannya disalurkan lewat bank Mandiri dan perusahaannya mendapat plafon Kredit Mitrakarya dari Mandiri

Keunggulan KTA bank Mandiri 2021

© Tagar

Dengan beberapa jenis yang sudah diulas di atas, tentunya ada alasan tersendiri kenapa KTA dari Mandiri ini memang layak dipilih. Semua tak lepas dari berbagai keunggulan yang ditawarkan seperti berikut:

  • Plafon yang ditawarkan sangat menguntungkan yakni mulai Rp5 juta hingga Rp200 juta. Bahkan pada beberapa produk KTA ditawarkan limit kredit hingga Rp1 miliar, asalkan sesuai aturan yang ditetapkan Mandiri
  • Aturan suku bunga yang rendah dan kompetitif baik KTA Mandiri Reguler (2,5%), KTA Mandiri Payroll (1,75%) dan KTA Mandiri Mitrakarya (1,55%)
  • Tenor alias jangka waktu pinjaman cukup lama yakni mulai 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun hingga 15 tahun (dengan kondisi tertentu)
  • Angsuran yang ditetapkan cukup ringan dan terjangkau
  • Khusus untuk KTA Mandiri Payroll, memperoleh bunga flat dan lebih rendah
  • Adanya fasilitas take over dari pinjaman di bank lain hingga penambahan plafon KTA

Demi meningkatkan penyaluran produk KTA, Mandiri juga sering mengadakan sejumlah promo. Khusus di tahun 2021 ini, selain cara pengajuan KTA bank Mandiri yang cukup mudah, ditetapkan pula promo bunga lebih rendah terutama untuk pegawai payroll yang penghasilannya disalurkan lewat Mandiri.

Tata Cara Pengajuan KTA Bank Mandiri

© Media Indonesia

Nah, jika sudah tahu jenis-jenis dan sejumlah keuntungan maka hal berikutnya yang jadi fokus pembahasan adalah mengenai cara pengajuan KTA bank Mandiri. Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Penuhi Syarat yang Diminta Mandiri

Sebagai produk pinjaman, Mandiri tentunya memiliki sejumlah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi calon debitur. Tenang saja, syaratnya tidaklah cukup menyusahkan termasuk dengan kelengkapan dokumen yang diminta. Apa saja? Berikut yang bisa Anda persiapkan:

  • Calon debitur haruslah WNI (Warga Negara Indonesia) dan tinggal di Indonesia, yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP baik asli atau fotokopi
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun saat jangka waktu KTA berakhir
  • Berstatus sebagai pegawai tetap dengan masa kerja minimal satu tahun
  • Punya penghasilan tetap minimal Rp3 juta per bulan (untuk nasabah non payroll
    Iklan
    Mandiri). Sementara jika nasabah payroll Mandiri, penghasilan minimal Rp2,5 juta per bulan (Jabodetabek) dan Rp2 juta (luar Jabodetabek)
  • Nasabah harus punya rekening tabungan atau giro atas nama pribadi
  • Calon debitur wajib memiliki kartu kredit (CC) dengan minimal keanggotaan setahun dan minimal limit Rp5 juta
  • Untuk pengajuan KTA di atas Rp50 juta, Anda wajib menyertakan NPWP
  • Khusus ASN (Aparatur Sipil Negara), TNI/Polri harus menyertakan SK pengangkatan pegawai yang dikeluarkan instansi bersangkutan
  • Jika Anda mengajukan KTA Mandiri Reguler dan bukanlah pegawai payroll, maka harus menyertakan slip gaji asli atau surat keterangan penghasilan dari perusahaan
  • Rekam jejak keuangan cukup baik termasuk dengan status pinjaman di bank atau layanan keuangan lainnya

Baca juga: 5 Bank Digital Terbaik di Indonesia, Review Mana yang Terbaik?

Ada baiknya Anda melengkapi dulu syarat dan dokumen yang diminta sebelum mengajukan KTA di bank Mandiri. Kenapa begitu? Supaya proses pengajuan lebih cepat dan terhindar dari kemungkinan penolakan.

Biasanya bakal diminta sejumlah dokumen tambahan seperti informasi BPJS Ketenagakerjaan dan KK (Kartu Keluarga).

2. Mengisi Formulir KTA Mandiri

Jika sejumlah syarat sudah dipenuhi, maka Anda bisa langsung datang ke kantor cabang Mandiri terdekat. Pilihlah salah satu jenis KTA yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Nantinya MKS (Mikro Kredit Sales) akan memberikan formulir pengajuan KTA dan meminta sejumlah syarat serta dokumen yang dibutuhkan.

3. Tahapan Verifikasi Data

Dan inilah tahapan dalam tata cara pengajuan KTA bank Mandiri yang paling penting dan bikin calon debitur cemas. Yap, Mandiri akan melakukan verifikasi data dan status keuangan calon debitur dengan cukup teliti.

Proses ini memang cukup panjang karena sales akan menyerahkan formulir aplikasi dan dokumen syarat kepada kepala cabang serta cluster manager.

Kemudian data-data calon debitur itu akan melewati tahap BDS-ILS (Branch Delivery System – Integrated Loan System) yang akan menentukan apakah pengajuan KTA itu diterima atau tidak.

BDS-ILS sendiri merupakan sistem akuntansi berbasis komputer yang berfungsi melakukan checking status keuangan calon debitur.

Jika proses checking dinyatakan lolos, datanya akan disetorkan dalam Loan Organization System ke pihak regional untuk verifikasi data pekerjaan dan penghasilan. Tahapan ini sendiri biasanya membutuhkan waktu 7-14 hari kerja.

4. Mandiri Menghubungi Calon Debitur

Setelah verifikasi dan checking dilakukan, Mandiri akan memberikan informasi kepada calon debitur apakah pengajuan KTA mereka diterima atau tidak.

Agar bisa memperoleh informasi yang benar, pastikan Anda dihubungi oleh pihak resmi Mandiri. Atau juga bisa mengecek status pengajuan KTA di Call Bank Mandiri yakni 140000.

5. Pencairan Dana Pengajuan KTA

Kalau aplikasi KTA Anda lolos, maka tahapan dalam cara pengajuan KTA bank Mandiri sudahlah selesai dan tinggal menunggu uang cair saja. Biasanya sebelum itu, pihak Mandiri akan meminta calon debitur datang untuk menandatangani kontrak kredit dan berita acara serah terima. Jangan lupa untuk mengecek lagi plafon, tenor dan besaran cicilan bulanan yang diterima.

Jika semuanya sudah beres, Anda tinggal menanti dana KTA akan dicairkan ke rekening tabungan atau giro Mandiri yang dimiliki. Ada sejumlah biaya yang ditetapkan seperti biaya materai Rp6.000, biaya pelunasan dipercepat sebesar 5% dari sisa pokok pinjaman dan biaya provisi sebesar 3% (pinjaman di bawah Rp50 juta) dan 3,5% (pinjaman lebih dari Rp50 juta).

Selain biaya-biaya di atas, nasabah KTA Mandiri juga dibebaskan dari biaya administrasi, biaya keterlambatan pembayaran dan biaya asuransi.

Baca juga: Terkumpul dalam 1 Tahun! Ini 10 Cara Nabung Dana Nikah Paling Efektif

Tabel Angsuran KTA Mandiri 2021

Iklan

Di luar perubahan suku bunga, ada ketiga segmen calon debitur pada produk KTA, yang merupakan bagian dari KSM ini. Ketiga segmen itu adalah nasabah dengan status pekerjaan ASN/TNI/Polri, nasabah dengan status pekerjaan sebagai pegawai BUMN terpilih dan nasabah dengan status pekerjaan sebagai pegawai swasta bergaji payroll Mandiri.

Sebagai gambaran, berikut adalah simulasi angsuran KTA Mandiri tahun 2021:

Tabel Angsuran KTA Mandiri
Tabel Angsuran KTA Mandiri

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, terbukti bahwa sebetulnya cara pengajuan KTA bank Mandiri tidaklah sulit. Asalkan Anda memilih betul jenis produk yang dibutuhkan, melengkapi syarat-syarat dan dokumen yang diminta, maka pengajuan KTA bakal lancar. Pertimbangkan pula besar kemampuan cicilan sehingga plafon dan tenor yang disetujui sesuai dengan kebutuhan finansial.

Baca juga: 10 Kredit Pinjaman UMKM Online Program Pemerintah dan Bunganya

Arai Amelya: Pecinta seni yang harus menikahi jurnalistik dan penulisan

This website uses cookies.