Cara Tarik Tunai Saldo GoPay di ATM BCA, BNI, BRI

Walaupun kini era sudah serba digital tapi nyatanya kita tidak sepenuhnya benar-benar bisa 100% bertransaksi lewat metode pembayaran digital seperti halnya Gopay.

Terkadang kita juga memerlukan uang cash untuk membayar beberapa keperluan, bahkan bisa di bilang uang cash juga masih wajib kita simpan di dompet. Oleh karena itu, pengguna tidak jarang sesekali kita butuh untuk melakukan transaksi tarik tunaidari saldo Gopay yang sudah terlanjut di isi.

Tarik tunai saldo Gopay yang paling mudah dan cepat adalah lewat mesin ATM. Sebagai kelompok bank terbesar di Indonesia, nasabah bank BCA, BRI dan BRI pun pastinya banyak yang menggunakan e-wallet Gopay untuk transaksi sehari-hari. Nah bagi Anda nasabah bank BCA, BNI ataupun BRI Anda tentu bisa melakukan tarik tunai Gopay lewat ATMnya.

Jika Anda belum tahu caranya, tenang saja karena kali ini kita akan membahas langkah-langkah melakukan tarik tunai Gopay melalui ATM-ATM dari bank tersebut. Bagaimana langkah-langkah untuk melakukan tarik tunai Gopay? Yuk kita bahas satu persatu.

Tutorial Tarik Tunai Gopay di ATM BCA

Salah satu keunikan dan kemudahan yang di berikan Bank BCA untuk para nasabahnya adalah layanan tarik tunai tanpa kartu ATM yang bisa di lakukan seluruh mesin ATM BCA.

Hal ini tentunya sangat bermanfaat saat kita perlu menarik yuang tapi lupa membawa kartu ATM. Transaski tanpa kartu juga bisa kita gunakan untuk menarik saldo Gopay kita lewat ATM BCA. Berikut langkah selengkapnya!

1. Log in ke Akun Gopay di Aplikasi Gojek dan Pilih Menu “Explore”

Log in ke Akun Gopay di Aplikasi Gojek dan Pilih Menu "Explore"

Pertama-tama Anda perlu log in terlebih dahulu ke akun Gopay Anda lewat aplikasi Gojek. Masukan nomor telepon yang terdaftar di Gojek dan passwordnya. Jika Anda sudah berhasil masuk ke aplikasi, pilihlah menu “Explore” yang ada di home bagian atas.

2. Klik Menu “More” Lalu Pilih Menu “Cash OUT”

Klik Menu More Lalu Pilih Menu Cash OUT

Nantinya Anda akan masuk ke halaman GoPay feed. Coba klik menu “More” dengan icon garis tiga berwarna hijau pada bagian bawah. Disitu Anda akan menemukan banyak sekali fitur menarik dari GoPay. Namun untuk melakukan tarik tunai Gopay pilihlah menu “Cash out”.

3. Masukan Jumlah Saldo Gopay yang Ingin di Ambil

Masukan Jumlah Saldo Gopay yang Ingin di Ambil

Tulislah berapa saldo GoPay yang ingin Anda ambil di kolom “Amount”. Minimal penarikan saldonya bisa mulai dari Rp. 50.000. Anda bisa menentukan jumlah penarikan dengan memilih salah satu nominal pada kolom “Select amount”. Jika sudah, klik tombol “Continue”.

4. Konfirmasi Transaksi Tarik Tunai di Aplikasi Gojek

Konfirmasi Transaksi Tarik Tunai di Aplikasi Gojek

Nah, selanjutnya sistem akan meminta kofirmasi Anda mengenai transaksi yang hendak dilakukan dan juga metode pengambilan uangnya yang sudah tersetting otomatis lewat ATM BCA.

Pada halaman konfirmasi akan tertera jumlah uang yang akan di tarik beserta admin fee sebesar Rp. 5000 yang akan di potong dari saldo Gopay Anda. Dulu, tarik tunai lewat ATM BCA sempat gratis, namun sekarang sudah diberlakukan biaya admin. Jadi pastikan saldo Gopay Anda cukup untuk keseluruhan jumlahnya.

5. Masukan Kode PIN

Untuk melanjutkan transaksi, seperti biasanya Anda harus melewati sistem keamana GoPay yakni dengan memasukan kode PIN ataupun Fingerprint (fitur baru).

Selanjutnya Anda akan menerima 6 digit kode transaksi tarik tunai. Kode ini adalah kode yang akan Anda masukan ke mesin ATM untuk memproses permintaan tarik tunai saldo Gopay yang sebelumnya sudah di buat lewat aplikasi. Anda bisa menscreeshotnya agar bisa lebih mudah di gunakan setelah sampai di gerai ATM.

6. Cari Gerai ATM BCA Terdekat dan Pilih Menu “Transaksi Tanpa Kartu”

Kini Anda sudah punya 6 digit kode transaksi yang siap dicairkan lewat ATM BCA. Jika Anda sudah sampai di gerai mesin ATM BCA, pilihlah menu “Transaksi Tanpa Kartu” pada layar mesin ATM.

Karena seperti yang sudah di sampaikan sebelumnya, kita juga bisa memanfaatkan fitur tarik tunai tanpa kartu milik Bank BCA untuk tarik tunai GoPay.

7. Masukan Kode Virtual Account

Masukan kode 70008 lalu di ikuti nomor hp yang terdaftar di Gopay. Misalnya nomor hp Anda yang terdaftar di Gopay adalah 085644433222 maka masukan angka 70008085644433222 sebagai nomor virtual account Gopay Anda di ATM BCA. Setelah itu masukan 6 digit kode transaksi tarik tunai.

Tunggu beberapa saat, mesin sedang memproses transaksi Anda. Tidak butuh waktu lama biasanya uang Anda dari saldo Gopay sudah bisa di ambil dari mesin ATM BCA sesuai dengan jumlah yang Anda tentukan sebelumnya. Transaksi selesai, dan kode transaksi yang tadi digunakan sudah tidak berlaku lagi.

Tutorial Tarik Tunai Gopay di ATM BNI

Untuk Anda nasabah BNI juga bisa melakukan penarikan saldo GoPay lewat ATM BNI. Berdasarkan informasi terbaru, ternyata kini kita sudah bisa melakukan tarik tunai tanpa kartu lewat ATM BNI, tapi sayangnya tampaknya sistem Gopay belum mendukung. Jadi kita akan membahas cara tarik tunai di ATM BNI yang bisa Anda lakukan saat ini. Yuk simak penjelasan berikut!

1. Log in ke Akun Gopay Anda dan Pilih Menu “Pay”

Log in ke Akun Gopay di Aplikasi Gojek dan Pilih Menu "Explore"

Seperti biasanya, Anda perlu masuk ke akun Gopay. Agak berbeda dengan penarikan Tanpa Kartu di ATM BCA yang menggunakan menu explore di home, untuk penarikan saldo lewat ATM BNI Anda perlu memilih menu “Pay”.

2. Tap “To Bank Account” dan Pilih Bank BNI

Setelah itu Anda harus memilih bank dan nomor rekening tujuan. Jika nomor rekening BNI Anda belum pernah menjadi penerima saldo Gopay sebelumnya, maka Anda perlu menekan menu “To Bank Account” yang ada di bagian Pay and send. Lalu tekan “Instant transfer to a new account”. Anda bisa menuliskan BNI pada kolom “Enter bank name”, lalu pilih bank BNI.

3. Masukan Nomor Rekening BNI Anda

Masukan Nomor Rekening BNI Anda

Selanjutnya Anda perlu memasukan nomor rekening BNI di kolom “Account number”. Lalu tekan tombol “verify”. Jika nomor rekening BNI yang di masukan sudah benar, maka akan muncul nama lengkap pemilik akun bank BNI tujuan. Pastikan namanya sudah sesuai. Klik “Continue” pada aplikasi.

4. Masukan Jumlah Transfer di Aplikasi

Sebenarnya nominal transfer bisa lakukan dengan minimal Rp. 10.000, tapi karena kali ini transfer yang dilakukan bertujuan untuk penarikan tunai maka Anda jumlah transfernya bisa mulai dari Rp. 50.000, lalu tekan “Continue”.

Selain itu ingat, agar uang bisa di tarik jika Anda memilih jumlah transfer dengan kelipatan Rp. 50.000, gunakan ATM BNI yang memiliki uang pecahan Rp. 50.000.

Baca juga : Cara Top Up OVO di BCA Mobile dan ATM BCA

5. Konfirmasi Transfer Saldo ke BNI dan Masukan Kode PIN atau Fingerprint

Konfirmasi Transfer Saldo ke BNI dan Masukan Kode PIN atau Fingerprint

Anda akan masuk ke halaman konfirmasi. Detail transaksi akan di tampilkan, seperti jumlah saldo GoPay yang akan di transfer dan juga feenya sebesar Rp. 2.500. Anda hanya akan dikenai biaya admin transfer saja di Gopay saja. Lalu ketuk “Confirm” pada aplikasi.

Setelah saldo Gopay sampai di rekening BNI, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun (gratis) saat ingin tarik tunai selama menggunakan ATM BNI.

Kemudian masukan PIN/ fingerprint sebagai langkah terakhir mentransfer saldo. Jika PIN sudah benar, maka saldo Gopay akan langsung terkirim ke rekening BNI Anda.

Baca juga : Cara Transfer Saldo Gopay ke LinkAja

6. Masukan Kartu ATM BNI dan PIN Anda

Jika Anda sudah tiba di gerai ATM BNI, masukan kartu ATM BNI ke dalam mesin ATM. Lalu pilih bahasa dan masukan beberapa digit kode PINnya.

7. Tentukan Jumlah Saldo

Anda bisa menekan jumlah uang pada menu penarikan cepat atau tekan “Penarikan Jumlah Lain” jika jumlah saldo Gopay yang kirimkan sebelumnya tidak ada dalam list. Lalu pilih menu “Penarikan Tunai. Masukan jumlah uang yang ingin di ambil lalu tekan tombol yang sejajar dengan “Benar”

8. Pilih Sumber Dana dan Konfirmasi

Pilih “Dari Rekening Tabungan” sebagai sumber penarikan dana. Lalu tekan “Ya” atau “Tidak” untuk mencetak struk transaksi.

10. Transaksi Selesai, Keluarkan Kartu ATM BNI Dari Mesin ATM

Tunggu uang keluar dari mesin ATM. Jika transaksi sudah selesai, jangan lupa keluarkan kartu ATM BNI Anda dari mesin ATM dengan cara menekan tombol “Cancel” atau “Tidak” saat mensin meminta konfirmasi untuk melanjutkan transaksi.

Tutorial Tarik Tunai Gopay di ATM BRI

Sebenarnya, langkah untuk melakukan tarik tunai GoPay lewat ATM BRI tidak jauh berbeda dengan ATM BNI. Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut!

1. Log in ke Akun Gopay Anda dan Pilih Menu “Pay”

Log in ke Akun Gopay di Aplikasi Gojek dan Pilih Menu "Explore"

Log in ke aku GoPay Anda dan pilihlah menu “Pay” yang ada di aplikasi.

2. Tap “To Bank Account” dan Pilih Bank BRI

Klik menu “To Bank Account” dan pilih bank BRI.

3. Masukan Nomor Rekening BRI Anda

Masukan Nomor Rekening BRI Anda

Masukan nomor rekening BRI Anda ke sistem Gopay pada kolom “Account number”. Jika nomor rekening sudah benar maka nama lengkap pemilik rekening akan muncul di bagian bawah.

4. Konfirmasi Transaksi dan Masukan Kode PIN atau Fingerprint Aplikasi Gopay

Pada halaman konfirmasi pilih “Confirm” untuk melanjutkan transaksi. Selanjutnya masukan kode PIN atau finger Anda di Gopay.

5. Datanglah ke Gerai ATM BRI Terdekat dan Masukan Kartu ATM BRI Anda

Cari gerai ATM BRI terdekat lalu masukan kartu ATM BRI And adengan posisi yang tepat.

6. Pilih Bahasa dan Masukan kode PIN ATM BRI

Selanjutnya pilihlah bahasa yang akan digunakan untuk bertransaski dan masukan kode PIN ATM BRI Anda.

7. Tentukan Jumlah Saldo yang Ingin di Ambil

Anda bisa memilih jumlah uang pada menu penarikan cepat atau tekan “Transaksi lain” jika jumlah idak ada dalam list. Lalu pilih menu “Penarikan” > “Jumlah lain”. Masukan jumlah uang yang ingin di ambil dan tekan tombol “Benar”.Mesin akan menawarkan untuk mencetak struk ataukah tidak. Tunggu beberapa saat, uang keluar dari mesin ATM

8. Transaksi Selesai Tekan Tombol Cancel Pada Mesin ATM

Tekan tombol “CANCEL” pada keyboard mesin ATM, maka secara otomatis kartu ATM akan keluar.

Penutup

Selain tarik tunai tanpa kartu lewat ATM BCA, Anda juga bisa melakukan tarik tunai saldo Gopay dengan cara mentransfer saldo Gopay ke bank BCA terlebih dahulu seperti halnya yang kita lakukan jika menggunakan ATM BNI atau BRI. Dengan begitu biaya adminnya akan lebih murah karena berlaku biaya admin antar bank dari GoPay yakni sebesar Rp. 2500 saja. Tapi fitur tarik tunai tanpa kartu akan sangat bermanfaat jika Anda sedang lupa menyimpan atau membawa kartu ATM BCA.

Baca juga : Berapa Penghasilan Driver Gojek Saat Ini? Intip Ulasannya!

Nah itulah langkah-langkah untuk melakukan tarik tunai menggunakan ATM BCA, BNI dan juga BRI. Apakah sudah cukup jelas? Baca juga tutorial terbaru lainnya yang bermanfaat bagi Anda dalam menggunakan aplikasi keuangan digital.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar

XM Trading Forex dan Saham, Bonus 15 sampai 500$
Daftar sekarang