Cara Terbaik Mendapatkan Kepercayaan Calon Pembeli

kepercayaan calon pembeli

Hal utama berhasilnya sebuah bisnis adalah adanya kepercayaan yang timbul dari konsumen pada produk atau jasa yang Anda jual.

Kepercayaan konsumen ini sangatlah penting, apalagi ketika mereka merasakan manfaatnya. Ketika hal tersebut sudah terjadi, tugas Anda tentunya lebih ringan karena konsumen ini akan sukarela merekomendasikan produk atau jasa yang Anda jual.

Jika hal tersebut sudah terjadi, langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah meningkatkan kualitas dari produk atau jasa yang Anda jual.

Tentunya, Anda sangat ingin bukan memiliki konsumen yang percaya pada produk atau jasa yang Anda jual?

Oleh karena itu, untuk mewujudkan hal tersebut Anda perlu mengetahui cara terbaik mendapatkan kepercayaan calon pembeli. Lalu, bagaimana cara yang harus dilakukan tersebut? Berikut ulasannya!

Cara Terbaik Mendapatkan Kepercayaan Calon Pembeli

1. Memberikan Apresiasi Pada Konsumen

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kepercayaan calon pembeli adalah dengan memberikan apresiasi pada konsumen tersebut.

Contohnya adalah dengan membuat program diskon bagian pelanngan lama yang memang setia membeli produk Anda.

Baca juga : Kepuasan Pelanggan, 8 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Konsumen Anda

Memberikan diskon tersebut bisa dengan membagikan kartu diskon, kartu hadiah, atau program lainnya yang bermanfaat untuk konsumen.

Sistem untuk mendapatkan poin ini bisa diterapkan untuk konsumen Anda yang memang telah beberapa kali datang berkunjung ke toko kemudian berhasil mengumpulkan poin yang telah ditetapkan.

Maka dari poin tersebut, pelanggan Anda bisa mendapatkan diskon untuk pembelian berikutnya ataupun pembelian untuk beberapa bulan kedepan.

Selain sistem diskon, berikan pula perhatian ketika mereka berulang tahun atau merayakan hari raya.

Jika tidak, sesekali berikanlah merchandaise yang menjadi ikon tooko Anda seperti baju, paung, jam dinding, pulpen, dan lain sebagainya.

Walaupun harganya tidak seberapa, tapi cara tersebut merupakan cara efektif untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli.

Dengan menunjukkan apresiasi tersebut, pelanggan pun akan merasa dihargai dan akan selalu mengingat toko yang pernah dikunjunginya tersebut.

2. Membangun Komunikasi dengan Konsumen

Semua pasti sepakat, bahwa komunikasi adalah sesuatu yang penting untuk membangun hubungan dengan pelanggan.

Maka dari itu, sangat perlu untuk mencari tahu sesuatu yang menjadi kebutuhan serta keinginan dari pelanggan. Setelah itu, tunjukkan keseriusan Anda dengan bisa menawarkan solusi pada masalah atau keinginan yang mereka harapkan.

Jika toko atau bisnis Anda sudha memiliki team, ad abaiknya untuk menularkan hal tersebut pada karyawannya tentang bagaimana cara berkomunikasi yang efektif dengan para pelanggan.

Cara mendapatkan kepercayaan calon pembeli
Calon Pembeli

Selain bisa membangun komunikasi yang efektif, pastikan pula Anda bisa cepat tanggap pada kritik dan saran dari yang konsumen utarakan.

Dengan kepekaan ini, konsumen pun akan semakin percaya dan juga merasa dihargai keinginan serta kebutuhannya.

Maka dari itu, untuk bisa berkomunikasi dengan baik, perlu disimpan layanan call center atau media sosial untuk memudahkan mereka mengirimkan kritik dan sarannya.

3. Memproduksi Barang atau Jasa Melebihi Keinginan dari Konsumen

Setiap konsumen tentunya menginginkan barang yang berkualitas dan terbaik, melebihi apa yang diharapkannya.

Artinya, jika Anda ingin mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli buatlah para konsumen bahagia dengan meningkatkan kualitas produk dari bisnis yang dijalankan.

Jika Anda bisa membuat mereka bahagia, mereka pun akan menggunakan produk atas jasa secara continue atau berkelanjutan.

Adapun contoh yang bisa dilakukan untuk membuat pelanggan Anda senang adalah sebagai berikut; Mengantarkan Produk atau Jasa lebih cepat dari yang dijanjikan sebelumnya, Memberikan packaging produk yang baik , Memberikan diskon pada hari itu untuk customer terpilih , Memberikan menu selamat datang gratis untuk para pelanggan, dan lain sebagainya.

Cara-cara diluar ekspetasi tersebut, biasanya akan membuat konsumen senang dan mengingat produk tersebut.

Maka dari itu, tidak ada salahnya bersama team Anda membentuk tim khusus untuk melakukan inovasi tentang memberikan kejutan-kejutan menarik untuk para konsumen Anda.

4. Melakukan Komunikasi Dua Arah

Berkembangnya teknologi di dunia ini membuat komunikasi pun lebih mudah untuk dilakukan.

Karenanya setiap perusahaan yang menjual produk atau jasa, wajib untuk melakukan komunikasi dua arah.

Tujuannya untuk memudahkan konsumen dan Anda untuk berkomunikasi saling menjalin keakraban atau menerima keluh kesah mereka ketika memakai produk atau jasa Anda.

Untuk melakukan komunikasi dua arah tersebut bisa menggunakan media sosial atau website yang mumpuni.

Ada baiknya untuk bisa menetapkan staff khusus yang melayani konsumen di media sosial ini.

Sikap terbuka dan merespon cepat keluh kesah mereka, tentunya bisa membuat bisnis Anda unggul dibandingkan dengan competitor.

Metode ini akan sangat berguna terutama untuk bisa memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada produk atau jasa yang Anda jual.

5. Bersikap Jujur

Ada baiknya ketika menjual produk atau jasa selalu diiringi dengan sikap jujur. Dengan jujur ini berarti tidak ada produk atau jasa yang ditutupi. Anda mau mengakui kelebihan dan kelemahan produk yang dijual.

Dengan sikap jujur ini walau terlihat kekurangannya justru akan mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli. Mereka akan senantiasa mempertimbangkan kembali produk atau jasa yang dijual oleh Anda.

Boleh jadi, dari kejujuran ini bisa menghasilkan konsumen yang loyal.

6. Mengutamakan Pelanggan daripada Keuntungan

Cara berikutnya untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli adalah dengan mengutamakan pelanggan daripada keuntungan.

Artinya, Anda harus membangun kepercayaan jangan panjang pelanggan dengan cara-cara yang inovatif dan kreatif.

Boleh jadi, hal ini akan mengeluarkan biaya operasional yang besar, namun jika manfaatnya bisa mendapatkan pelanggan yang lebih baik, kenapa tidak untuk dilakukan?

7. Mempertahankan Konsistensi

Berusahalah untuk tetap menjaga konsitstensi Anda membangun brand atau bisnis yang akan dijual pada khalayak umum.

Kuncinya adalah jangan mudah menyerah bila brand atau produk yang dijual belum membuahkan hasil. Tetapkan lakukan evaluasi dan peningkatan dalam memproduksi baran atau jasa yang akan ditawarkan pada konsumen.

Sikap konsistensi ini sangat penting untuk dilakukan, karena bila Anda berubah-ubah membuat branding, justru akan membuat calon pembeli bingung dan menaruh kecurigaan pada produk atau jasa yang Anda jual.

8. Membuat Promo Secara Berkala

Seperti yang diketahui bersama, promo adalah sesuatu yang sangat menarik untuk pelanggan dan calon pelanggan.

Walaupun begitu, tetap lakukan waktu yang pas untuk bisa melakukan hal tersebut.

Contohnya, promo ini bisa Anda lakukan ketika soft atau grand opening produk atau jasa Anda. Atau memilih tanggal cantik untuk bisa menarik calon pembeli.

Ketika melakukan promo, bukan dari segi harga saja yang bisa menarik perhatian pembeli. Usahakan barang yang dijual pun memiliki kualitas terbaik yang memang layak untuk mereka beli.

Memberikan harga yang murah memang perlu, tetapi jangan sampai toko Anda dicap sebagai toko abal-abal yang menjual produk asal-asalan.

9. Memasang Produk yang Jelas

Jika Anda berjualan lewat sosial media, ada baiknya untuk bisa memasang produk dengan jelas. Ada baiknya produk tersebut diberikan keterangan sedetail mungkin agar calon pembeli percaya pada toko online yang Anda buat.

Namun perlu diingat, jika banyak toko online serupa dengan Anda, ada baiknya untuk meminta izin terlebih dahulu mengambil gambar yang akan dipasanga di akun Anda. Karena hal tesebut berkenaan dengan hak cipta yang telah dipatenkan seseorang.

10. Membuat Desain Web yang Profesional

Jika dirasa media sosial masih belum bisa menjaring calon pembeli yang cukup banyak, maka cara lain yang bisa Anda lakukan adalah membuat design web yang professional.

Hal ini biasanya menjadi nilai plus bagi seseorang yang berniat untuk membeli sesuatu di dunia maya.

Google sendiri sebenarnya sudah menyediakan platform gratis seperti blogspot.com. Hanya saja, hal tersebut seringkali menurunkan kredibilitas sebuah perusahaan karena dianggap tidak professional.

11. Menggunakan Jasa Review Produk

Langkah berikutnya untuk mendapatkan kepercayaan calon pembeli adalah dengan menggunakan jasa review produk.

Dengan menggunakan jasa review ini, para calon pembeli biasanya lebih tergugah untuk bisa membeli apa yang Anda jual.

Namun, untuk menggunakan jasa review ini harus bisa memilih dengan tepat dan tidak berlebihan dalam mereview produk atau barang.

12. Menampilkan Testimoni dari Pembeli

Jika sebelumnya Anda sudah pernah menjual produk tersebut dan ada feedback dari konsumen, ada baiknya untuk menampilkan testimoni tersebut.

Baca : 10 Cara Melakukan Pendekatan dengan Konsumen Potensial Anda

Hal ini juga merupakan salah satu cara untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli lain. Dengan testimoni pun, calon pembelli akan merasa aman karena memang toko Anda adalah benar nyata menjual produk tersebut.

13. Menampilkan Kontak Informasi yang Jelas dan Akurat

Cara berikutnya adalah menampilkan kontak informasi yang jelas dan akurat pada bio sosial media Anda. Hal ini sangta diperlukan mengingat untuk follow up calon pembeli bisa melalui whatasapp atau media komunikasi lainnya.

Penutup

Nah itulah di acara-cara terbaik yang bisa Anda lakukan untk mendapatkan kepercayaan calon pembeli. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda dan sukses menjalankan bisnis yang sedang Anda rintis.

Scroll to Top