Cara Top Up OVO di BCA Mobile dan ATM BCA

OVO adalah salah satu dompet digital yang banyak digunakan. Mulai dari bayar pulsa, listrik, hingga transfer ke sesama pengguna OVO maupun antar bank bisa di lakukan lewat sentuhan jari saja. Asalkan smartphone terhubung dengan internet dan saldo OVO mencukupi, transaksi bisa di lakukan dimana saja dan kapan saja.

Cara top up OVO pun tergolong mudah dan cepat, Anda yang baru menggunakan e-walletpun bisa melakukannya sendiri.

Karena untuk menggunakan e-wallet, tentunya kita perlu melakukan top up atau isi ulang. Ada beberapa cara untuk melakukan top up OVO, diantaranya dengan menggunakan mobile banking ataupun via transfer ATM.

Nah, untuk Anda nasabah BCA yang belum pernah melakukan top up OVO mungkin masih bingung tentang caranya. Tenang saja, kali ini kita akan membahas bagaimana cara top up di m-banking BCA dan juga ATM BCA step by step.

Cara Top Up OVO Lewat BCA Mobile (M-Banking)

Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk melakukan top up OVO melalui m-banking BCA.

1. Buka Aplikasi Mobile BCA dan Log in

Buka Aplikasi Mobile BCA dan Log in

Jika Anda sudah mendaftarkan sebagai salah satu nasabah Bank BCA dan memiliki akses m-bankingnya, langkah pertama untuk top up OVO adalah log in k aplikasi dengan mengklik m-BCA. Anda akan di minta kode akses yang sudah Anda buat sebelumnya. Klik login.

2. Klik Menu “m-Transfer”

Klik Menu m-Transfer

Tunggu sampai lampu indikator di pojok kanan atas berwarna hijau, lalu klik menu “m-Transfer” pada tampilan aplikasi dilayar. Setelah itu pilihlah menu “BCA Virtual Account”.

3. Masukan Nomor Virtual Account OVO

Lampu indikator biasa berubah warna menjadi biru atau merah. Tunggulah sampai berwarna hijau kembali untuk melanjutkan transaksi. Lalu masukan nomor virtual account OVO dengan format 39358 lalu ditambah dengan nomor hp yang Anda daftarkan di aplikasi OVO. Contohnya 39358081226859889.

Anda bisa menyimpan nomor virtual account OVO Anda untuk di gunakan di kemudian hari dengan menekan icon bulan di bawah kolom Input No Virtual Account.

Dengan menchecklistnya nomor VA OVO Anda akan tersimpan dalam sistem sehingga Anda tidak perlu mengetik ulang nantinya. Tapi hanya perlu mengkllik “Daftar Transfer” saja maka nomor VA OVO Anda sudah muncul.

4. Tap “Send” dan Konfirmasi Nomor VA OVO

Tap Send dan Konfirmasi Nomor VA OVO

Seperti biasanya, pastikan lampu indikator berwarna hijau terlebih dahulu. Karena jika terlalu lama berada dalam aplikasi, lampu akan berubah menjadi biru dan sistem akan menanyakan apakah Anda akan melanjutkan transaksi atau tidak. Jika sudah hijau, tekan tombol “Send” yang ada di pojok kanan atas.

Anda akan di bawa menuju halaman konfirmasi nomor VA OVO. Di layar akan muncul nomor VA beserta inisial nama lengkap pengguna OVO, biaya admin dan juga nomor rekening BCA Anda sebagai pengirim saldo.

Tekan “OK” jika sudah yakin benar,atau Anda bisa menekan “CANCEL” untuk mengubah rincian data nomor VA OVO yang Anda tuju.

5. Masukan Nominal Transfer dan Konfirmasi Jumlah Transfer

Masukan Nominal Transfer dan Konfirmasi Jumlah Transfer

Jika Anda menekan tombol “OK”, maka selanjutnya Anda harus memasukan nominal transfer untuk top up OVO yang Anda inginkan. Misalnya Rp. 50.000, lalu klik “OK.

Anda akan masuk pada halaman konfirmasi lagi. Tapi kali ini data yang di tampilkan bukan hanya nomor VA OVO dan inisial nama lengkap pemilik akun OVO tujuan, ataupun biaya admin dan nomor rekening BCA Anda tapi juga jumlah transfer yang telah Anda tentukan. Jika sudah yakin klik “OK”.

6. Masukan PIN m-BCA

Langkah terakhir, Anda harus melewati sistem keamanan m-banking BCA yakni memasukan kode PIN m-BCA. Kode PIN ini berbeda dengan kode akses yang sebelumnya Anda masukan pada awal login. Jika kode PIN yang di masukan sudah benar, maka saldo OVO dari rekening BCA Anda akan segera terkirim ke akun OVO tujuan. Sekarang, coba cek saldo OVO tujuan yang telah Anda isi yang seharusnya sudah bertambah Rp. 50.000.

7. Logout Aplikasi m-BCA

Setelah memastikan saldo terkirim ke akun OVO tujuan, Anda bisa logout aplikasi. Logout setelah aplikasi m-banking digunakan juga penting untuk kemanan Anda dalam menggunakan layanan mobile perbankan. Untuk logout, tekan menu “home” dan tap icon panah di sebelah lampu indikator berwarna hijau. Setelah itu tekan tombol “Logout”.

Cara Top Up OVO Lewat ATM BCA

Cara Top Up OVO ATM BCA

Selain menggunakan mobile BCA, Anda juga bisa melakukan top up lewat ATM BCA. Mungkin saja suatu hari nanti m-BCA Anda sedang terjadi gangguan namun di sisi lain Anda perlu mengisi saldo OVO. Atau bagi Anda yang belum meregistrasi m-BCA Anda dan terbiasa menggunakan ATM saja bisa mengikuti langkah-langkah untuk top up OVO di bawah ini!

1. Temukan Gerai ATM BCA Terdekat

Anda bisa menemukan gerai ATM dengan cara mengetik “ATM BCA terdekat” di google. Nantinya akan muncul daftar ATM BCA yang paling dekat dengan lokasi Anda dan lebih mudah Anda jangkau. ATM BCA terdiri dari beberapa jenis, diantaranya ada ATM biasa maupun ATM setor tunai. Anda bisa menggunakan ATM BCA apa saja untuk melakukan top up OVO.

2. Masukan Kartu ATM BCA ke Dalam Mesin ATM

Jika sudah menemukan ATM BCA terdekat, selanjutnya masukan kartu ATM BCA Anda ke dalam mesin ATM. Perhatikan posisi kartu ATM saat hendak di masukan ke dalam mesin. Pastikan untuk memasukan kartu ATM BCA dengan posisi chip logam dan panah terlebih dahulu. Karena jika salah posisinya, maka mesin tidak dapat membaca kartu ATM Anda.

3. Masukan PIN ATM BCA

Selanjutnya, ketika kartu ATM BCA sudah di masukan dan positif terbaca oleh mesin ATM masukan kode PIN ATM BCA Anda. Kode PIN ini bersifat rahasia jadi pastikan tidak ada pihak lain yang mengetahuinya kecuali Anda sendiri. Hati-hati saat memasukan kode PIN, karena jika salah beberapa kali maka kartu ATM BCA Anda akan terblokir dan Anda harus mengurus pembukaan blokirnya ke cs.

4. Pilih “Transaksi Lainnya” dan Pilih “Ke Rek BCA Virtual Account”

Jika PIN sudah benar, Anda akan terlihat beragam menu dilayar mesin ATM. Seperti TransferPilihlah menu “Transaksi lainnya” dan klik “Ke Rek BCA Virtual Account” karena Anda hendak melakukan top up saldo OVO.

5. Ketik Nomor Virtual Account OVO

Masukan nomor virtual account OVO dengan di awali 39358 + nomor hp Anda/ tujuan yang terdaftar di OVO. Misalnya nomor hp Anda yang terdaftar di OVO adalah 081226859889, maka ketiklah 39358081226859889. Selanjutnya pilih “Benar”. Jika nomor virtual account yang Anda masukan sudah benar, maka biasanya Anda akan masuk ke halaman nominal transfer.

Baca juga : Bagaimana Cara Transfer Saldo OVO ke DANA dan ke GoPay

6. Isi Jumlah Transfer

Isilah nominal transfer yang Anda inginkan untuk top up saldo OVO Anda. Misalnya saja Rp. 50.000, lalu klik “Benar” pada layar mesin ATM. Pastikan saldo di rekening BCA Anda cukup ya, jangan lupa asumsikan bahwa ada biaya admin yang akan di potong dari saldo rekening Anda sebagai pengirim saldo OVO.

7. Konfirmasi Transfer

Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi transaksi top up OVO yang Anda lakukan. Anda bisa memeriksa kembali data-data mengenai informasi penerima, jumlah top up beserta biaya adminnya. Apakah semuanya sudah sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika sudah yakin tekan “Ya” pada layar mesin ATM.

8. Transaksi Selesai, Ambil Kembali Kartu ATM BCA dari Mesin

Tunggulah beberapa saat selagi sistem sedang memproses transaski yang Anda lakukan. Coba cek, saldo OVO Anda kini sudah bertambah sesuai dengan nominal transfer yang Anda tentukan sebelumnya.

Jika Anda ingin mengakhiri transaksi, jangan lupa ambil kembali kartu ATM Anda di mesin ATM dengan cara menekan tombol “CANCEL” yang ada di mesin ATM. Kemudian struk transaksi top up OVO Anda akan keluar dari mesin ATM.

Jika mengalami kendala saat mengeluarkan kartu dari mesin ATM, seperti kartu tertelan mesin usahakan untuk tidak meminta bantuan orang lain yang sedang berada di luar gerai ATM.

Baca juga : Cara Transfer Saldo GoPay ke ShopeePay Mudah dan Pasti Sampai

Untuk nda bisa menghubungi pihak call center BCA untuk menginformasikan bahwa kartu Anda tertelan mesin ATM dan memblokir sementara kartu ATM BCA Anda.

Hal Penting yang Harus Anda Tahu Sebelum Melakukan Top Up

Biaya Admin

Dulu, top up OVO tidak di benbankan biaya apapun alias gratis. Kini sama seperti top e-wallet lain pada umumnya, untuk mengisi saldo OVO lewat m-banking BCA juga di kenakan biaya. Perlu And aketahui, biaya admin top up di masing-masing platform bisa berbeda, bisa berkisar Rp. 1000 sampai Rp. 2000. Namun biaya admin top up di m-banking BCA tergolong murah yakni sebesar Rp. 1000 saja/ transaksi.

Minimal Nominal Top Up

Untuk melakukan top up saldo OVO, ada minimal nominal top up nya. Jika Anda top up lewat m-BCA ataupun ATM BCA Anda bisa mengisi saldo OVO dengan minimal Rp. 20.000. Jadi sekalipun saldo Anda kurang Rp. 5000 ketika hendak bertransaksi melalui OVO, Anda tetap saja harus mengisi ulang saldo OVO minimal Rp. 20.000.

Sebagai informasi saja, ada juga yang memberlakukan kelipatan pada sistem top up OVO di platformnya. Misalnya saja dari Rp. 20.000, Rp. 50.000. Rp. 100.000 dan seterusnya. Tapi di m-BCA dan ATM BCA, kita bebas menentukan jumlah top up asalkan minimal Rp. 20.000.

Melihat Rekam Jejak Transaksi OVO

Jika Anda sedang bertransaksi dengan pihak lain dan lupa me-screenshot bukti transfer, Anda juga bisa melihat transaksi ini lewat menu m-info yang ada di home dan mengklik menu “Mutasi Rekening”. Lalu tentukan periode mutasi, yakni tanggal Anda mengirimkan saldo/ top up OVO. Klik tombl “Send”, masukan PIN m-BCA dan klik “OK”. Setelah itu, rekam jejak transaksi Anda akan di tampilkan.

Baca juga : Cara Transfer Saldo GoPay ke OVO

Penutup

Cukup mudah bukan melakukan top up OVO melalui mobile BCA maupun ATM BCA? Jika Anda lupa, Anda bisa melakukan top up sambil membaca langkah-langkah di atas sekali lagi. Pilihlah yang paling mudah bagi Anda.

Selain koneksi internet (jika ingin bertransaski menggunakan m-BCA), pastikan saldo di rekening BCA Anda cukup untuk nominal transfer beserta biaya adminnya agar transaksi bisa berjalan dengan lancar. Sekian tutorial cara top up OVO kali ini, semoga bermanfaat.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar