10 Cara Transfer Uang Dari ATM BRI ke BCA dan Biayanya

Sebagian orang mungkin masih bingung bagaimana caranya transfer uang dari ATM BRI ke BCA. Selain itu, biaya admin juga masih sering di tanyakan terutama untuk nasabah baru atau yang baru saja menggunakan fasilitas ATM BRI.

BRI merupakan salah satu perbankan terbesar milik BUMN. Jumlah aset dan nasabahnya pun sangat besar bahkan hingga ke pelosok desa. Karena bank ini menargetkan pasar UKM di Indonesia.

Tak heran jumlah nasabahnya semakin hari semakin bertambah dan muncul nasabah-nasabah baru, berikut kebutuhan mesin ATM yang tinggi untuk bertransaksi.

Seperti yang kita ketahui, saat ini teknologi perbankan berupa ATM sudah menjadi kebutuhan masyarakat hampir di setiap sudut daerah.

Mesin yang memungkinkan Anda melakukan transaksi perbankan tanpa antri di bank ini juga memiliki berbagai fasilitas lain. Salah satunya, selain bisa transfer uang ke sesama bank, kita juga bisa melakukan transfer uang ke bank lain.

Sebagai bank yang memiliki jumlah jaringan ATM paling banyak di Indonesia, tentunya selain mentransfer fasillitas yang sama bisa Anda dapatkan ketika Anda menjadi nasabah BRI dan memegang kartu ATM BRI.

Anda bisa melakukan transfer sejumlah uang ke rekening BCA untuk suatu keperluan dengan sangat mudah. Untuk itu, kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara transfer uang dari ATM BRI ke BCA lengkap dengan informasi biayanya.

Yuk kita perhatikan bagaimana langkah-langkahnya, jangan sampai terlewat ya!

Cara Transfer Uang dari ATM BRI ke BCA

1. Cari Lokasi ATM BRI Terdekat dengan Cara yang Paling Mudah Bagi Anda

cara transfer dari bri ke bca cari atm bri terdekat menggunakan google

Pertama-tama, coba cari lokasi gerai ATM BRI terdekat. Caranya, jika Anda menggunakan sudah aplikasi BRImo dengan memilih “lokasi ATM”.

Cara kedua, Anda bisa langsung mencarinya lewat browser seperti google atau google maps dengan kata kunci “ATM BRI terdekat” atau lokasi atm di kota Anda masing-masing lalu tekan enter.

Maka Anda akan menemukan beberapa pilihan gerai ATM BRI yang lokasinya paling dekat dengan lokasi Anda saat ini. Untuk menggunakan kedua cara ini pastikan smartphone Anda sudah singkron dengan GPS.

Untuk menemukan gerai ATM BRI tergolong tidak susah karena jumlahnya yang sangat banyak. Pada tahun 2017 saja jumlah mesin ATM BRI sudah mencapai 24.802 unit mesin ATM di seluruh Indonesia.

Jika lokasi Anda berada dengan perguruan tinggi, atau pom bensin, biasanya pasti tersedia ATM BRI.

2. Masukan kartu ATM BRI Anda, lalu Pilih Bahasa

cara transfer dari bri ke bca masukan kartu atm bri dan pilih bahasa

Selanjutnya, Anda bisa memasukan kartu ATM BRI dengan posisi chip bewarna gold berada di depan atau strip berwarna hitan berada di atas telunjuk tangan kann/kiri Anda.

Jika kartu ATM BRI sudah terbaca oleh mesin dengan baik, maka di layar mesin ATM akan muncul pilihan bahasa. Bahasa ini adalah bahasa yang akan digunakan mesin dalam transaksi ATM yang akan Anda lakukan.

Biasanya ada dua pilihan bahasa, yakni bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Pilihlah bahasa yang paling nyaman Anda gunakan, lalu pilih “Lanjutkan”

3. Masukan Kode PIN ATM BRI

cara transfer dari atm bri ke bca, masukan pin atm bri

Jika sudah memilih bahasa, mesin ATM akan meminta kode PIN ATM BRI Anda. Anda langsung bisa memasukannya melalui tombol-tombol mesin ATM.

Hati-hati saat memasukan kode PIN. Jangan sampai Anda salah sebanyak 3x karena kartu Anda akan terblokir secara otomatis.

Untuk melepaskan blokirnya Anda harus mendatangi service center Bank BRI terdekat.Biasanya PIN BRI beberjumlah 6 digit angka dan Anda sudah men-setting PIN ATM pertama saat registrasi di CS Bank BRI sebelumnya.

Saat memasukan PIN, pastikan tidak ada orang lain dalam mesin ATM selain Anda. Bahkan jika Anda masih bingung, tidak di sarankan untuk meminta bantuan orang asing untuk memasukan kode PIN.

Lebih baik Anda bersama orang terdekat yang paling dipercaya. Namun sebisa mungkin kode PIN tetap Anda rahasiakan dan tidak diketahui orang lain.

Jika perlu, periksa sudut-sudut tempat tombol mesin ATM berada, untuk memastikan tidak ada kamera tersembunyi atau hal-hal yang mencurigakan lainnya.

4. Pilih menu “Transfer” dan Pilih Menu ” Bank Lainnya”

Jika kode PIN berhasil di masukan dan Anda sudah bisa masuk dalam sistem, selanjutnya pilihlah menu “Transfer”. Nah, karena Anda akan mentransfer uang ke bank BCA (selain BRI) jadi pilihlah menu ” Bank lainnya” pada layar mesin ATM.

5. Masukan Kode Bank BCA Untuk Transfer dari ATM BRI ke BCA

Langkah berikutnya masih sangat berkaitan dengan step sebelumnya. Karena Anda akan melakukan transfer uang ke ATM bank lain yakni BCA, sehingga ketika Anda hendak mentransfer dari ATM BRI Anda butuh memasukan kode bank BCA yakni 014.

Setiap bank memiliki kode transfernya tersendiri untuk menerima transfer dari bank lain. Untuk mengetahui kode bank lainnya Anda bisa juga memanfaatkan mesin ATM BRI, karena semua kode bank ada di situ.

Baca juga : Daftar Kode Bank di Indonesia Lengkap untuk Transfer ATM ( Anjungan Tunai Mandiri)

6. Masukan Nomor Rekening BCA Tujuan

Masukan Nomor Rekening BCA Tujuan

Ketika kode bank sudah Anda masukan, maka selanjutnya masukan nomor rekening BCA tujuan Anda. Tidak ada format khusus, Anda bisa langsung memasukan kode bank BCA dilanjutkan dengan nomor rekening BCA yang di tuju.

Misalnya : kode bank BCA adalah 014 lalu nomor rekeningnya 2376598776 jadi Anda tinggal mengetik 0142376598776. Jika sudah lengkap, maka selanjutnya pilihlah menu “Benar”. Mudah bukan?

7. Masukan Jumah Uang yang Ingin Anda Transfer

cara transfer dari bri ke bca,masukan nominal uang yang ingin di transfer

Jika langkah-langkah 1-6 sudah benar, maka mesin ATM akan meminta Anda untuk memasukan jumlah uang ingin Anda transfer.

Pastikan Anda tidak salah menekan tombol dan jumlahnya. Kalau Anda yakin jumlahnya sudah benar, lalu pilih menu “Benar”. Pada layar mesin ATM BRI akan muncul nomor referensi, tapi Anda bisa mengosongkannya dan kemudian tekan kembali “Benar”.

8. Konfirmasi Identitas Penerima dan Nominal Uang yang Akan Dikirimkan

Selanjutnya, Anda perlu mengkonfirmasikan kembali mengenai identitas penerima seperti nama penerima dan juga juga nominal uang yang akan di kirimkan yang akan muncul pada layar mesin ATM.

Ini lah kesempatan terakhir Anda sebelum uang benar-benar terkirim ke rekening penerima. Jadi pastikan semuanya sudah benar, jika Anda sudah yakin lalu klik menu “Benar”.

Baca juga : Cara Mendaftar Menjadi Rekan Usaha GO-PAY

Pada layar mesin ATM, akan muncul pilihan rekening, yakni “Rekening giro”, dan “Rekening tabungan”. Jika Anda hanya memiliki rekening tabungan atau ingin mengirim uang ke rekening BCA yang bersumber dari rekening tabungan BRI Anda, maka pilihlah menu “Rekening Tabungan”

9. Tunggu Proses Transaksi Untuk Mendapatkan Struk Buktinya

cara tunggu proses transaski dan cetak struk

Mesin ATM berbeda dengan pengiriman uang konvensional yang dulu membutuhkan waktu berhari-hari. Kini Anda hanya tinggal menunggu proses transaksi ATM BRI ke ATM BCA yang telah Anda lakukan dlaam beberapa detik saja.

Bukti transaksi transfer akan Anda dapatkan dari mesin ATM BRI.

10. Akhiri Transaksi dan Mengeluarkan Kartu ATM dari Mesin ATM

cara akhiri transaksi dan keluarkan kartu atm

Anda berhasil mengirimkan sejumlah uang dari ATM BRI ke BCA. Jika tidak ada transaksi apapun lagi yang ingin Anda lakukan Anda bisa mengakhiri transaksi dan mengeluarkan kartu ATM BRI Anda dari mesin.

Mesin ATM BRI akan memunculkan pernyataan “Transaksi Selesai, Perlu Transaksi yang Lain?”, maka pilih menu “Tidak”, dan secara otomatis kartu ATM BRI Anda akan keluar dari mesin.

Biaya Transfer dari BRI ke BCA

Perlu Anda ketahui bahwa pada umumnya, bank memberlakukan tarif administrasi untuk setiap transfer antar rekening. Hal ini juga berlaku jika Anda men-transfer sejumlah uang dari ATM BRI Anda ke BCA.

Beda halnya dengan transfer ke sesama BRI yang tidakdikenalkan tarif apapun (gratis), transfer dari ATM BRI ke BCA sudah pasti dikenakan biaya transfer.

Jadi jangan heran jika nantinya saldo Anda akan berkurang lebih Rp. 6500 dari jumlah transfer yang Anda lakukan sebenarnya.

Namun tenang saja, biaya yang di kenakan untuk transfer dari BRI ke BCA tidak mahal, hanya sebesar Rp.6.500/ transaksi. Biasanya biaya transfer ini juga di cantumkan dalam struk/bukti transfer.

Berapa Minimum Transfer dari BRI ke BCA

Selain biaya transfer, kita juga perlu memperhatikan jumlah minimum transfer dari ATM BRI ke BCA. Dengan ATM BRI, Ana bisa mentransfer dengan jumlah di bawah Rp. 50.000.

Hal ini cukup menguntungkan ketika Anda masih perlu men-transfer sisa total belanja online atau keperluan lainnya yang jumlahnya di bawah Rp.50.000. Anda tidak perlu mengeluarkan budget lebih yang terlalu besar bukan?

Untuk jumlah minimal secara pastinya, Anda baru bisa men-transfer uang uang jika nominalnya minimal Rp. 10.000. Artinya, Anda tidak akan bisa mentransfer uang ke BCA jika jumlahnya kurang dari Rp. 10.000.

Sehingga walaupun Anda harus mentransfer sisa belanja online Anda sebesar Rp. 5000 ke rekening BCA misalnya, Anda tetap saja harus mengirimkan minimal Rp.10.000.

Baca juga : Cara Bayar Indihome Lewat ATM, Indomaret dan Alfamart

Tapi ini tidak terlalu menjadi masalah besar bukan, mengingat bank lain memiliki minimum transfer yang lebih besar yakni Rp. 50.000.

Berapa Minimum Saldo Tertahan di Rekening BRI

Hal yang tidak kalah pentingnya lagi untuk Anda perhatikan sebelum melakukan transfer dari ATM BRI ke BCA adalah mengenai minimum saldo yang harus ada dalam rekening BRI Anda setelah mengirimkan uang.

Setiap bank memang memberlakukan jumlah minimum yang berbeda namun pada rekening BRI, minimal sisa saldo Anda setelah men-transfer ke BCA adalah Rp. 100.000.

Jadi misalnya Anda ingin men-transfer uang Rp. 100.000 ke rekening BCA, maka setidaknya Anda memiliki Rp.265.000 dalam rekening BRI Anda agar bisa melakukan transfer dengan lancar.

Baca juga : Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI dengan Mudah

Anda tidak akan bisa mengirimkan uang ke rekening BCA atau rekening lainnya jika sisa saldo BRI Anda Rp. 105.000. Sehingga pastikan jumlah saldo selain cukup untuk transaksi pribadi Anda, biaya transfer ke rekening BCA dan juga jumlah minimum tertahan di rekening BRI.

Penutup

Sekian penjelasan mengenai bagaimana cara transfer uang dari atm BRI ke BCA. Di atas juga sudah di jelaskan berapa biaya administrasinya serta minimal jumlah uang yang bisa Anda transfer. Anda mungkin perlu mengecek jumlah saldo sebelum melakukan transfer dari ATM BRI Ke ATM BCA, untuk memastikan saldo Anda mencukup untuk bertransaksi. Semoga setelah membaca artikel ini Anda tidak bingung lagi dan bisa melakukan transaksi dengan lancar.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar