11 Cara Transfer BRI ke BNI Lewat ATM Terbaru

Melakukan berbagai transaksi perbankan semakin mudah dengan hadirnya BRI mobile banking. Kita bisa melakukan transfer antar bank dengan mudah. Misalnya, transfer uang dari BRI ke BNI, kita bisa melakukannya dengan sekejap.

Namun jika kita belum mengaktifkan fitur mobile banking, atau mobile banking Anda sedang tidak bisa digunakan maka kita perlu pergi ke ATM. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena fasilitas ATM BRI telah ada di berbagai sudut daerah di Indonesia, jadi kita bisa dengan mudah menemukannya.

Kita jadi semakin mudah melakukan transaksi perbankan tanpa capek dan berlama-lama antri di bank. Cukup lewat mesin ATM BRI, kita bisa mengambil uang, membayar berbagai tagihan dan juga transfer uang ke sesama bank BRI ataupun bank lain, termasuk ke BNI.

Untuk Anda yang masih bingung step by step-nya, kali ini kita akan membahas mengenai cara transfer BRI ke BNI lewat ATM. Ini dia langkah-langkahnya!

1. Mencari Gerai ATM BRI Terdekat

cari atm bri terdekat

Untuk menemukan gerai ATM BRI terdekat bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Pertama, Anda bisa langsung mengetik kata kunci “lokasi ATM BRI” di google/ google maps. Maka akan muncul beebra opsi ATM BRI yang sudah di pilihkan mesin pencari dengan lokasi paling dekat dengan posisi Anda berada saat ini.

Kedua, sebenarnya Anda juga bisa menggunakan fitur aplikasi BRIMo, jika Anda masih bisa masuk ke aplikasi namun tidak bisa melakukan transaksi. Jika Anda sudah menemukannya, Anda bisa langsung pergi ke gerai ATM BRI terdekat.

2. Masukan Kartu ATM BRI dengan Benar

Pastikan Anda memasukan kartu ATM BRI dengan posisi yang benar. Karena jika posisi kartu salah, maka mesin tidak akan bisa membaca kartu ATM dan transaksi sudah pasti tidak bisa dilakukan. Perhatikan kartu ATM BRI Anda.

Untuk memasukannya ke slot kartu ATM pada mesin, pastikan nama pemilik kartu dan chip berwarna gold menghadap ke atas. Kemudian posisikan chip pada ujung/depan slot mesin ATM. Mesin akan menarik kartu ATM dan melakukan proses pembacaan. Tunggulah beberapa saat.

3. Pilih Bahasa yang Hendak Digunakan Untuk Mengoperasikan Mesin ATM

transfer dari bri ke bni lewat atm Pilih Bahasa

Jika letak kartu ATM BRI sudah benar dan bisa di baca, selanjutnya mesin akan menyediakan pilihan bahasa yang nantinya di gunakan untuk bertransaksi.

Ada pilihan ” Bahasa Indonesia” atau “Bahasa Inggris”. Jika Anda lebih nyaman menggunakan bahasa Indonesia maka tekan menu “Bahasa Indonesia”, begitupun sebaliknya.

Pada mesin ATM BRI yang baru, sistem layarnya sudah menggunakan touchscreean, sehingga Anda bisa langsung menekannya pada layar, bukan pada tombol pada sisi-sisi layar lagi.

4. Tekan Kode PIN ATM BRI dengan Benar

Setelah memilih bahasa, mesin akan meminta Anda memasukan kode PIN ATM BRI. Kode PIN terdiri dari 6 digit angka.

Hati-hati saat menekan PIN, jika Anda salah memasukannya sebanyak 3 kali, maka kartu ATM akan terblokir secara otomatis dan Anda harus pergi ke kantor cabang untuk membukanya kembali. Jika sudah yakin, lalu tekan “Benar”.

Kode ini bersifat rahasia, jadi sebisa mungkin perlu Anda jaga agar tidak di ketahui orang lain (selain pemegang kartu ATM).

Jika Anda berada pada mesin ATM tanpa sekat, maka tekanlah PIN sambil menutupi jari Anda dengan tangan Anda yang lain. Anda juga di sarankan untuk mengganti kode PIN ATM BRI secara berkala agar kerahasiaan PIN tetap terjaga dari hal-hal yang tidak di inginkan.

5. Pilih “Menu Lainnya” dan Pilih “Transfer” di Layar ATM

Selanjutnya Anda di layar mesin ATM akan terdapat banyak sekali menu. Ada menu penarikan cepat dengan deretan nominal uang tertentu, kemudian menu “Setor Tunai, “Jumlah Lain” dan “Menu Lainnya”.

Karena tujuannya adalah transfer ke rekening bank lain yakni BNI, maka tekanlah “Menu Lainnya” dan kemudian tekan menu “Transfer”.

6. Cari dan Tekan Kode Transfer Bank BNI

Berbeda dengan mesin ATM BRI yang lama, kini Anda tidak perlu menekan menu “Bank Lainnya”. Anda akan di bawa pada layar untuk memasukan nomor rekening penerima.

Nah, karena Anda akan melakukan transfer ke Bank BNI, maka Anda harus menyertakan kode transfer BNI.

Hal ini supaya sistem bisa mengidentifikasi rekening bank tujuan. Jika tidak menggunakan kode yang benar, maka transaski akan gagal.

Baca juga : 10 Cara Transfer Uang Dari ATM BRI ke BCA dan Biayanya

Kode transfer BNI adalah 009. Anda juga bisa menekan menu “Daftar Kode Bank” jika ingin mengetahui kode transfer bank lainnya.

7. Masukan Kode BNI Beserta Nomor Rekening BNI Tujuan

masukan kode dan nomor rekening bni

Jika sudah tahu bahwa kode transfer BNI adalah 009, kemudian masukan nomor rekening BNI tujuan Anda mentranfer setelah kode BNI tersebut.

Misalnya nomor rekening BNI tujuan Anda adalah 0278976567. Maka tekanlah pada layar : 0090278976567 lalu tekan menu “Benar”. Namun jika Anda salah menekan nomor rekening tujuan, Anda bisa menekan tombol “Clear” pada keypad mesin ATM atau tekan “Salah”.

8. Tentukan Jumlah Uang yang Akan di Transfer

Setelah memasukan kode beserta nomor rekening BNI, selanjutnya Anda harus menentukan jumlah uang yang ingin Anda transfer ke rekening tujuan. Hati-hati dalam menekan tombol angka pada mesin ATM.

Pastikan kembali nominalnya sebelum Anda menekan menu “Benar”. Jika Anda salah dalam menekan tombol, seperti cara sebelumnya Anda bisa menekan tombol “Clear” pada mesin atau menekan menu “Salah”, maka secara otomatis nominal akan kosong kembali.

9. Konfirmasi Nama dan No Rekening Penerima Serta Jumlah Uang

Ketika Anda menekan menu “Benar” setelah menentukan nominal uang akan di transfer, sebelum masuk pada menu konfirmasi, layar akan menampilkan nomor referensi. Tapi Anda bisa mengosongkannya dan menekan menu “Benar”. Lalu tunggulah beberapa saat.

Kemudian layar mesin ATM akan memunculkan identitas penerima seperti nama dan no rekeningnya, jumlah uang yang akan Anda transfer, biaya admin transfer dan totalnya.

Pastikan bahwa namanya dan nominal transfer sudah benar. Ini adalah kesempatan terakhir Anda sebelum uang benar-benar keluar dari rekening Anda menuju rekening penerima. Banyak kasus orang salah transfer, karena nama yang mirip.

Jadi pastikan ejaannya sudah benar dengan nama penerima yang Anda maksud. Karena jika salah, tidak ada jaminan bahwa penerima salah alamat akan mengembalikan uang Anda. Pada layar terdapat pertanyaan “Lanjut Transaksi?” dan terdapat pilihan menu “Ya dan “Tidak”. Apabila Anda ingin mengkoreksi kembali karena terdapat ketidak sesuaikan, maka Anda bsia menekan menu “Tidak”. Namun jika Anda sudah yakin, Anda bisa menekan menu “Ya”.

10. Pilih Jenis Rekening dan Cetak Struk Transaksi

Pada menu monitor akan ada terdapat pilihan jenis rekening. Maksudnya adalah rekening apa yang jendak kita pilih sebagai sumber dana dari transaksi yang kita lakukan.

Terdapat dua pilihan yakni “Rekening Tabungan” atau “Rekening Giro”, namun umumnya banyak yang menggunakan rekening tabungan.

Lalu tunggulah beberapa saat, karena proses transfer sedang berlangsung. Jika proses transfer sudah selesai, mesin akan secara otomatis mencetak struk transaksinya.

Dalam struk transaksi isinya persis dengan bagian konfirmasi. Tapi jika struk tidak keluar, kemungkinan kertas struk pada mesin habis.

Baca juga : 12 Persyaratan Buka Rekening BRI 2020, Lengkap dengan Caranya!

Jadi ada baiknya jika Anda mengecek kembali sisa jumlah saldo. Apakah transaksi sudah berhasil di lakukan dengan jumlah yang benar ataukah belum.

11. Keluarkan Kartu ATM BRI Anda dari Mesin

akhiri transaksi

Lalu pada monitor akan muncul pertanyaan “Transaksi telah selesai, perlu transaksi lain?” dan ada 2 pilihan menu untuk menjawabnya yakni “Ya” dan “Tidak”.

Jika Anda telah selesai bertransaksi dan ingin mengeluarkan kartu ATM BRI Anda maka tekanlah menu “Ya”, dan menu “Tidak” jika Anda masih hendak melakukan transaksi yang lain.

Baca juga : Cara Bayar Indihome Lewat ATM, Indomaret dan Alfamart

Namun jika Anda akan melanjutkan transaksi lain setelah ini, tetap penting bagi Anda untuk memastikan bahwa kartu ATM keluar dari mesin dengan sempurna hingga Anda simpan kembali pada dompet atau tas dengan aman. Karena beberapa hal yang tidak di inginkan bisa saja terjadi, misalnya kartu ATM BRI tertelan mesin.

Hal yang Harus di Lakukan Jika kartu ATM BRI Tertelan Mesin ATM

Nah, jika kartu ATM BRI Anda tertelan mesin jangan dulu panik dan langsung meminta tolong orang yang berada di sekitar Anda untuk mengeluarkannya. Hal ini terlalu berbahaya, mengingat modus kejahatan di sekitar kita terkadang tidak terduga. Lalu apa yang bisa kita lakukan jika kartu ATM BRI tertelan oleh mesin ATM saat bertransaksi?

Sebaiknya jangan langsung meninggalkan gerai ATM ketika kartu Anda tertelan. Anda bisa menelpon call center BRI untuk memblokir kartu ATM Anda sehingga saldo Anda tetap aman dan terhindar dari hal yang tidak di inginkan.

Call center BRI bisa Anda hubungi melalui beberapa cara, pertama dari nomor  14017 dan 1500017, dari call center sesuai kota tempat Anda berada atau melalui atau whatsapp call BRI 0812-1214-017. Lalu selanjutnya Anda bisa mendatangi kantor cabang BRI terdekat untuk mengurus kartu ATM Anda yang tertelan mesin tersebut.

Biaya Transfer dan Saldo Minimal Transfer dari BRI ke BNI

Pada bagian konfirmasi transfer, terdapat keterangan biaya admin transfer. Ya, hal ini lumrah jika Anda ingin melakukan tranfer antar bank. Biaya transfer BRI ke BNI lewat ATM saat ini yakni sebesar Rp. 6500/ transaksi. Jadi pastikan saldo Anda mencukupi agar bisa melakukan transfer ke rekening BNI.

Tak lupa, minimal saldo yang harus tersedia di rekening BRI Anda setelah transfer adalah Rp. 100.000 dengan minimum jumlah transfer Rp. 10.000 (tergantung jenis kartu dan rekening BRI yang Anda miliki)

Baca juga : 7 Cara Transfer SMS Banking BRI ke Sesama BRI dan Beda Bank

Jadi setidaknya Anda memiliki Rp. 100.000 + Rp. 6500 (biaya transfer) +Rp. 10.000 atau jumlah uang ingin Anda transfer ke rekening BNI. Di bawah Rp.116.500 maka Anda tidak akan bisa melakukan transfer antar rekening ke bank apapun.

Penutup

Kini kita bisa melakukan transfer uang antar Bank dengan sangat mudah dan cepat. Hanya perlu mengikuti langkah-langkah di atas, kemudian tunggu prosesnya beberapa detik maka uang yang kita kirimkan sudah berada di rekening penerima. Sebenarnya transfer melalui ATM BRI bisa di lakukan sekalipun Anda bukan pemegang kartu ATM BRI, asalkan kartu ATM Anda masih berlogo ATM Bersama. Sekian tutorial cara transfer dari BRI ke BNI lewat ATM, semoga bermanfaat.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar