Cara Transfer Saldo DANA ke OVO dan Gopay

Mulai dari promo-promo menarik, pembayaran hingga transfer saldo DANA membuat e-wallet yang satu ini masih memiliki pengguna setia ditengah persaingan e-wallet yang cukup ketat di Indonesia.

Selain itu di saat e-wallet besar lain sudah memberlakukan biaya admin, DANA menjadi e-wallet lokal yang masih mempertahankan layanan transfer antar bank gratis hingga saat ini.

Hal ini tentu saja menjadi salah satu daya tarik untuk para pengguna dompet digital untuk bertransaksi secara instant. Jadi tak heran, jika aplikasi DANA di instal banyak orang.

Jika transfer antar bank sudah biasa, lalu bagaimana jika transfer saldo antar e-wallet seperti ke OVO dan Gopay, apakah bisa?

Tentu saja bisa.

Baik DANA, OVO dan Gopay punya kelebihannya tersendiri, sehingga terkadang membuat banyak tidak bisa hanya menginstal salah satunya saja. Saat ini punya beberapa e-wallet dalam satu smartphone tidak lagi aneh.

Sehingga wajar saja jika seringkali kita punya kebutuhan untuk transfer antar e-wallet seperti halnya transfer saldo DANA ke OVO maupun Gopay. Transfer saldo DANA ke OVO maupun Gopay terkadang juga harus kita lakukan ketika rekan atau merchant hanya bisa menerima salah satunya saja.

Nah, untuk Anda yang masih bingung bagaimana cara mentransfer saldo DANA ke OVO ataupun Gopay jangan khawatir karena kali ini kita akan membahasnya.

Sebenarnya caranya mudah sekali. Namun sebelum itu, ada hal-hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan transfer saldo DANA. Coba perhatikan beberapa hal di bawah ini!

Ketentuan Gratis Transfer DANA

DANA memiliki ketentuan tersendiri dalam layanan gratis transfernya. Anda akan diberikan jatah gratis transfer sebanyak 10 kali perbulannya.

Jadi Anda tidak bisa seenaknya mengirimkan saldo DANA secara gratis. Namun jumlah gratis 10 kalipun sudah lumayan mengingat e-wallet lain kini sudah jarang mengratisnya layanan transfernya.

Selain itu, untuk mendapatkan layanan 10x gratis transfer ini, minimal saldo yang di transfer adalah Rp. 50. 000.

Pastikan Menggunakan Akun DANA Premium

Jika Anda sudah menginstal aplikasi DANA dan melakukan registrasi, coba cek bagaimana status Anda sebagai pengguna DANA.

Biasanya pada saat registrasi awal, akun pengguna belum berstatus premium. Jika masih menjadi pengguna akun DANA biasa, maka layanan yang bisa di akses juga tergolong standart.

Anda hanya bisa menyimpan saldo DANA maksimal sebesar Rp. 2 juta saja. Padahal pengguna DANA premium bisa menyimpuan saldo DANA hingga Rp. 10 juta. Selain itu Anda hanya bisa melakukan transaksi pembayaran online saja. Anda bahkan tidak bisa mendapatkan layanan gratis transfer 10X/ bulan dari DANA.

Oleh karena itu untuk bisa mendapatkan berbagai layanan menarik dari DANA, pastikan Anda sudah upgrade ke DANA premium. Caranya, dengan melakukan verifikasi akun, siapkan KTP. Sistem akan mengarahkan Anda untuk memfoto KTP dan juga foto selfie.

Nantinya Anda juga akan diminta memasukan nomor identitas, pastikan nomor dan nama yang Anda ketik sama dengan KTP. Itu, tidak perlu menunggu lama akun DANA Premium sudah siap digunakan.

Nominal Pengiriman Saldo DANA

Seperti e-wallet lainnya, DANA juga memiliki ketentuan minimal dalam pengiriman saldo DANA. Anda bisa mengirim saldo DANA mulai dari Rp. 10.000, namun supaya Anda bebas dari biaya admin seperti yang telah di sebutkan sebelumnya Anda harus melakukan transfer minimal Rp. 50.000.

Transfer Saldo DANA ke OVO

Salah satu kelebihan aplikasi DANA adalah layanan transfer sesama pengguna DANA dan antar bank yang gratis sebanyak 10x dalam sebulan.

Jika dihitung-hitung, jika kita tipe orang yang suka top up OVO berkali-kali, penggunaan fasilitas transfer DANA ke OVO ini bisa menghemat biaya admin top up OVO yang biasanya berkisar Rp. 1000- Rp. 2000/ transaksi. Nah, bagaimana cara mentransfer saldo DANA ke OVO selengkapnya?

1. Buka Aplikasi DANA dan Log in

Buka Aplikasi DANA dan Log in

Masuklah ke akun DANA Anda melalui nomor hp dan password yang telah terdaftar sebelumnya.

2. Pilih Menu ” Send” lalu pilih “Send to Bank Account”

Pilih Menu  Send lalu pilih Send to Bank Account

Karena Anda hendak mentransfer saldo ke OVO, maka pilih menu ” Send” yang ada di bagian atas. Lalu Anda akan masuk ke halaman baru yang memiliki beberapa opsi menu pengiriman.

Pilihlah “Send to Bank Account” Di situ tertera berapa kali lagi jatah Anda untuk mendapatkan layanan gratis transfer.

3. Masukan Nomor Account Tujuan

Masukan Nomor Account Tujuan

Pada kolom “Bank Name” Anda bisa memilih Bank CIMB Niaga. Kemudian masukan nomor 8099 di ikuti nomor hp tujuan yang terdaftar di OVO pada kolom “Account number”.

Misalnya nomor hp akun OVO tujuan Anda adalah 08562224446, maka ketikan 809908562224446. Setelah itu klik “Add New Bank”.

4. Masukan Nominal Transfer

Masukan Nominal Transfer

Tentukan jumlah uang yang ingin Anda transfer ke akun OVO.Ingat, untuk mendapatkan gratis biaya admin, minimal Anda harus mentransfer Rp. 50.000. Jika sudah yakin dengan nominalnya, selanjutnya klik tombol “Set Amount”

5. Pilih Metode Pembayaran

Pilih Metode Pembayaran

DANA memiliki 3 metode pembayaran. Pertama berasal dari DANA Balance yakni saldo dana yang kita simpan di akun DANA, lalu ada New Debit Card dan juga New BCA Card. Pilihlah DANA Balance.

Selain itu, ada juga menu Additional information. Anda bisa menuliskan notes yang berhubungan dengan transaksi yang Anda lakukan atu mengosongkannya. Setelah itu tekan “Confirm”.

6. Masuk ke Halaman Konfirmasi

Masuk ke Halaman Konfirmasi

Selanjutnya Anda akan masuk ke halaman konfirmasi. Dalam halaman konfirmasi akan tertera nama insial dari penerima saldo DANA yang hendak Anda kirim.

Ada baiknya Anda memastikan mengenali nama inisialnya juga supaya tidak salah kirim. Selain itu tertera juga nominal transfer dan transfer fee Rp. 0 (gratis) serta payment method yang telah Anda pilih sebelumnya yakni menggunakan DANA balance. Jika sudah yakin Anda bisa menekan tombol “Confirm”.

7. Masukan Kode OTP atau PIN

Sistem akan mengarahkan Anda untuk memasukan kode OTP atau PIN. Kode OTP akan di kirimkan melalui SMS ke nomor hp yang Anda daftarkan di akun DANA.

Masukan beberapa digit kode OTP yang di kirimkan, tunggu beberapa saat dan transaksi selesai. Coba cek saldo OVO penerima yang sudah bertambah dari transfer saldo DANA yang Anda lakukan.

Transfer Saldo DANA ke Gopay

Jika Anda juga tipe orang yang suka bolak balik top up Gopay, mentransfer saldo DANA ke Gopay juga bisa menjadi cara menghemat biaya admin loh!

Untuk Anda yang sudah upgrade ke akun DANA premium, kini Anda bisa mentransfer saldo DANA Anda. Sebenarnya cara untuk mentransfer saldo DANA ke Gopay tidak jauh berbeda dengan transfer saldo DANA ke OVO. Anda bisa mencoba langkah berikut!

1. Log in ke Aplikasi DANA

Coba log in ke akun DANA Premium Anda menggunakan nomor hp yang sudah terdaftar dan masukan passwordnya.

2. Pilih Menu “Send” dan Klik “Send to Bank Account”

Pilih Menu Send dan Klik Send to Bank Account

Jika nomor telepon dan password sudah cocok maka Anda akan masuk ke menu home aplikasi DANA. Di situ ada beberapa menu yang bisa Anda pilih. Tekan menu “Send”. Lalu aplikasi akan menunjukan bebera metode pengiriman yakni :

  • Send to Phone Number
  • Send to Bank Account
  • Send to Chat
  • Send & Withdraw Cash

Namun untuk mentransfer saldo DANA ke OVO pilihlah menu “Send to Bank Account”.

3. Masukan Nomor Account Gopay yang di Tuju

Sistem akan meminta Anda untuk mengisi informasi bank tujuan. Pilihlah Bank CIMB Niaga pada bagian kolom “Bank Name”. Kemudian ketikan 2849 disertai nomor Gopay tujuan yang sudah terdaftar. Lalu tulislah nama kontak account Bank (Gopay) dengan menekan tombol “Add New Bank”.

Baca : Bagaimana Cara Transfer Saldo OVO ke DANA dan ke GoPay

Dengan begitu jika Anda ingin mengulangi pengiriman saldo ke nomor akun Gopay yang sama maka Anda tidak perlu menuliskan nomornya lagi. Cukup isi kolom “Search Bank Account” dengan kata CIMB maka kontak akun Gopay ini akan muncul.

4. Tentukan Nominal Transfer

masukan nominal transfer saldo dana

Selanjutnya, Anda harus mengisi nominal saldo DANA yang ingin Anda transfer ke Gopay pada kolom “Enter Amount”. Ingat, walaupun bisa mengirimkan saldo mulai dari Rp. 10 ribu, tapi minimal pengiriman untuk bisa mendapatkan layanan gratis transfer adalah Rp. 50.000. Jadi misalnya kita tulis saja Rp. 50.000 pada kolom trsebut lalu klik tombo “Set amount”.

5. Pilih Metode Pembayaran

pilih sumber dana transfer

Metode pembayaran yang di maksud disini adalah dari mana sumber dana yang akan digunakan untuk mentransfer saldo ke Gopay.

Sebenarnya ada 3 pilihan metode pembayaran yang di sediankan DANA, yakni DANA Balance, New Debit Card dan juga New BCA Card. Untuk mengirimkan saldo ke Gopay, pilihlah DANA Balance lalu tekan tombol “Confirm”.

6. Konfirmasikan Transaksi yang Anda Lakukan

Konfirmasikan Transaksi yang Anda Lakukan

Selanjutnya sistem akan mengarahkan Anda ke halaman konfirmasi. Tidak seperti transfer ke OVO yang menampilkan inisial nama penerima, pada halaman tersebut aplikasi akan menampilkan nama lengkap pemilik akun OVO. Inilah saatnya Anda memeriksa kembali identitas penerima untuk memastikan bahwa Anda tidak salah kirim. Selain itu, di halaman konfirmasi tertera jumlah transfer bersertar transfer fee (Rp. 0) dan juga sumber dana yang akan di transfer. Jika sudah yakin klik “Confirm”.

7. Masukan Kode OTP yang di terima Lewat SMS

asukan Kode OTP atau PIN

Terakhir, coba cek kotak masuk SMS Anda. Aplikasi DANA akan mengirimkan kode OTP ke nomor telepon yang Anda daftarkan di DANA Melalui SMS.

Baca artikel kami lainya ; Cara Transfer Saldo GoPay ke OVO

Masukan kode OTP yang dikirimkan ke kolom yang tersedia. Untuk keamanan, jangan pernah memberikan kode OTP ini kepada siapapun. Jika kode OTP yang diminta sudah benar benar, maka saldo DANA akan otomatis terkirim ke Gopay.

Penutup

Kini aplikasi DANA sudah di download oleh 10 juta pengguna smartphone android. Belum lagi di tambah dengan penggunanya di iOS. Hal ini menunjukan bahwa aplikasi yang satu ini memang menarik banyak minat para pengguna e-wallet di Indonesia. Apalagi dengan layanan gratis transfer 10x/ bulan yang di sediakan untuk pengguna akun DANA Premium.

Cek artikel ; Cara Transfer Saldo GoPay ke ShopeePay Mudah dan Pasti Sampai

Itu dulu tutorial transfer saldo DANA ke OVO dan Gopay. Mudah dan cepat bukan? Nantikan tutorial lainnya. Semoga bisa membantu Anda agar lebih mudah dalam melakukan transfer.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar