Cara Transfer Saldo DANA ke ShopeePay, Gratis!

Anda pengguna setia DANA dan ShoppePay? Masih bingung tentang bagaimana cara transfer saldo DANA ke ShopeePay? Kali ini kita akan membahas langkah-langkahnya dengan mudah, cepat dan tentunya gratis.

ShopeePay dan DANA adalah dua e-wallet menarik yang mungkin akan membuat kita sulit memilih jika di minta meng-uninstal salah satunya. Karena DANA punya fitur jempolan yakni gratis transfer antar bank sebanyak 10 kali disaat e-wallet lain sudah memberlakukan biaya admin transfer.

Sedangkan ShopeePay juga tidak membebankan biaya admin top up. Padahal e-wallet lain biasanya memiliki ketentuan biaya admin setiap kali top up.

Selain itu e-wallet yang berasal dari marketplace favorit banyak orang ini biasanya memberikan voucher gratis ongkir, dan voucher menarik lainnya untuk pengguna aplikasi Shopee.

Baik untuk berbelanja di Shopee ataupun melakukan transaksi di merchant menggunakan metode pembayaran ShopeePay.

Shopee juga sering mengadakan promo tanggal cantik, seperti 10.10, 11.11 apalagi saat moment 12.12 kemarin, berbagai promo menarik bisa Anda manfaatkan.

Saat ini, siapa sih yang tidak suka berbelanja online di Shopee atau suka dengan berbagai promo yang menguntungkan? Jadi wajar saja jika kita perlu mentransfer saldo DANA, salah satunya ke akun ShopeePay kita setiap bulannya.

Tapi sebelum melakukan transfer saldo DANA ke ShopeePay, ada baiknya Anda menyimak beberapa hal penting yang perlu di siapkan berikut ini!

Hal Penting yang Perlu di Perhatikan Sebelum Transfer Saldo DANA

Upgrade ke Akun DANA Premium

Transfer saldo ke ShopeePay adalah termasuk jenis transfer antar bank. Namun agar bisa menggunakan layanan gratis transfer antar bank, Anda harus upgrade akun ke DANA Premium terlebih dahulu.

Jika masih menggunakan akun DANA biasa, maka tentu saja Anda tidak bisa memanfaatkan fitur yang satu ini. Bagaimana caranya mengupgrade status ke akun DANA premium, apakah sulit?

Tenang saja, caranya sangat mudah dan juga tidak memerlukan waktu lama. Jika aplikasi DANA sudah terpasang di smartphone Anda dan sudah pernah melakukan registrasi akun DANA biasa Anda tinggal log ini terlebih dahulu ke akun DANA Anda.

Tap profile akun DANA Anda dan pilih menu “Verifikasi Akun Anda”. Lalu siapkan KTP karena nanti sistem akan meminta Anda memverifikasi data dengan memfoto KTP dan foto selfie.

Biaya Admin, Minimal Transfer

Aplikasi DANA tidak membebankan biaya admin transfer antar bank seperti e-wallet lainnya. Jadi Anda tidak perlu khawatir soal biaya admin.

Mengenai jumlah transfer minimalnya adalah sebesar Rp. 10.000 dengan biaya admin sebenar Rp. 4500/ transaksi. Namun agar bisa menikmati transfer saldo DANA bebas admin minimalnya adalah Rp. 50.000.

Jadi sebelum mentransfer, Anda mungkin bisa mengkalkulasikan terlebih dahulu berapa kiranya biaya yang Anda butuhkan untuk bertransaksi lewat aplikasi Shopee ataupun menggunakan metode ShopeePay dalam melakukan pembayaran di merchant.

Maksimal Limit Akun DANA Premium

Selain itu jika akun DANA Anda sudah terverifikasi sebagai akun DANA premium maka Anda bisa menyimpan dan mentransfer saldo hingga Rp. 10.000.000 dari yang awalnya Rp. 2.000.000 saja (menggunakan akun DANA biasa).

Jadi tidak ada salahnya untuk mengupgrade ke DANA Premium supaya Anda bisa mendapatkan manfaat yang lebih maksimal dari aplikasi e-wallet yang satu ini.

Tutorial Transfer Saldo DANA ke ShopeePay

Cara mentransfer saldo DANA ke ShopeePay sangat mudah. Anda tidak perlu menggunakan aplikasi ketiga seperti aplikasi perantara transfer karena memang DANA telah menyediakan fitur gratis transfer ke berbagai bank.

Jadi Anda bisa mengirimkannya langsung dari aplikasi DANA, dengan cukup mengikuti beberapa langkah di bawah ini!

1. Log in ke Akun ShopeePay dan Pilih Menu “Isi Saldo ShopeePay”

Log in ke Akun ShopeePay dan Pilih Menu Isi Saldo ShopeePay

Sebelum melakukan transfer saldo DANA ke ShopeePay, Anda harus membuat nomor virtual account ShopeePay terlebih dahulu.

Oleh karena itu, pertama-tama Anda harus log in ke aplikasi Shopee terlebih dahulu. Agar transaksi Anda terekam dengan baik, maka pastikan kalau akun ShopeePay Anda sudah terverifikasi.

Jika sudah, coba log in dengan nomor hp atau e-mail yang terdaftar di ShopeePay. Anda akan masuk ke home aplikasi Shopee, pilihlah menu “Isi Saldo ShopeePay”.

2. Tap menu “Isi Saldo” dan Pilih Bank Transfer

Tap menu Isi Saldo dan Pilih Bank Transfer

Klik “Isi Saldo” dan pilih bank transfer (bank tujuan). Dalam hal ini adalah bank yang menjadi perantara transfer ke ShopeePay. Untuk itu Anda bisa memilih diantara dua bank di bawah ini yaitu :

  • BRI dengan memasukan kode 112 di ikuti nomor yang terdaftar di ShopeePay
  • Mandiri dengan memasukan kode 893 +di ikuti nomor yang terdaftar di ShopeePay

Misalnya, nomor telepon yang terdaftar di ShopeePay adalah 081222445566. Jika Anda menggunakan bank BRI sebagai bank transfer maka ketiklah 112081222445566.

Baca juga : Berapa Penghasilan Driver Gojek Saat Ini? Intip Ulasannya!

Namun jika Anda memilih bank Mandiri masukan nomor nomor virtual account dengan format 893081222445566. Inilah nomor virtual account yang akan Anda gunakan untuk mentransfer saldo DANA nantinya.

3. Salin Nomor Virtual Account dari Bank yang Anda Pilih

Salin Nomor Virtual Account dari Bank yang Anda Pilih

Setelah itu, salin nomor virtual account tersebut dengan menekan tombol “salin” yang ada di sebelah kiri nomor rekening. Langkah Anda di aplikasi shopee sudah selesai. Sekarang, waktunya Anda beralih ke aplikasi DANA untuk mengirimkan saldo.

4. Log in ke Akun DANA dan Pilih Menu “Send”

Masuklah ke akun DANA premium Anda lewat nomor hp yang terdaftar dan passwordnya. Anda akan menemukan beberapa pilihan menu di halaman home. Lalu pilihlah menu “Send”.

5. Lalu Pilih “Send to Bank Account”

log in ke akun dana pilih menu sen dan "send to bank account"

Selanjutnya, Anda harus mengisi data rekening tujuan. Tekan “Send to Bank Account” untuk mengirimkan saldo DANA ke ShopeePay.

6. Tap “Send to Bank Account” dan Masukan Informasi Tentang Bank Tujuan

Tap Send to Bank Account dan Masukan Informasi Tentang Bank Tujuan

Tekan lagi “Send to Bank Account” lalu masukan nama bank yang Anda pilih sebelumnya di aplikasi Shopee. Apakah itu bank Mandiri ataukah BRI. Masukan nomor virtual account yang telah Anda salin dan berilah nama untuk nomor rekening ini. Setelah itu klik tombol “Add new bank”.

Baca juga : Cara Transfer Saldo Gopay ke LinkAja

Dengan mengklik “Add new bank”, Anda juga sekaligus menyimpan nomor rekening virtual ShopeePay di aplikasi DANA. Jadi nantinya Anda tidak perlu mengetik ulang nomor rekening untuk mengirimkan ke akun ShopeePay Anda. Cukup mengetik banknya saja nanti akan keluar nama panggilan yang Anda simpan untuk akun shopeePay ini.

7. Masukan Nominal Transfer yang Dikehendaki

Masukan Nominal Transfer yang Dikehendaki

Anda akan masuk ke halaman nominal transfer. Masukan berapa saldo DANA yang ingin Anda kirimkan. Ingat, untuk menggunakan fitur gratis transfer antar bank minimal transfernya adalah Rp. 50.000. Misalnya Anda ingin mengirimkan Rp. 100.000 ke akun ShopeePay. Tulislah Rp 100.000 di kolom “enter amount” lalu klik “set amount”.

Sebelum masuk ke halaman konfirmasi, di situ akan tertera payment method, pilihlah DANA Balance (saldo dana yang Anda simpan di akun DANA). Jika ada pesan tertentu ayang ingin ANda sampaikan berkenaan transfer bisa juga di tuliskan di kolom “Additional information”, tapi jika tidak Anda bisa mengosongkannya. Setelah itu klik tombol “Confirm”.

8. Masuk ke Halaman Konfirmasi Transfer

masuk ke Halaman Konfirmasi Transfer

Pada halaman konfirmasi, sistem akan menampilkan nama pemilik akun ShopeePay, jumlah transfer dan biayanya (Rp. 0) serta sumber dananya. Perhatikan nama pemilik akun ShopeePay yang Anda tuju, pastikan bahwa Anda tidak salah kirim saldo DANA dan jumlah transfer sudah sesuai dengan yang Anda inginkan.

Jika Anda ingin mengubah rincian, Anda bisa kembali kehalaman sebelumnya. Tapi jika semuanya sudah benar, tekan “Confirm”.

9. Masukan Kode PIN DANA

Langkah terakhir untuk menyelesaikan transaksi transfer saldo DANA adalah memasukan beberapa digit kode aplikasi DANA. Jika kode yang dimasukan sudah benar maka saldo DANA Anda akan terkirim ke ShopeePay. Sekarang, coba cek saldo ShopeePay, apakah saldo DANA yang di kirimkan sudah masuk.

Baca juga : Cara Tarik Tunai Saldo GoPay di ATM BCA, BNI, BRI

Pertanyaan Seputar Transfer Saldo DANA ke ShopeePay

Bagaimana, mudah bukan melakukan transfer saldo DANA ke ShopeePay? Selain tutorial mentransfer saldo DANA di atas, mungkin ada beberapa hal yang masih menjadi pertanyaan banyak orang.

Nah, mungkin saja pertanyaan-pertanyaan dibawah ini juga ingin tanyakan. Untuk itu, Anda bisa membacanya sebelum keluar dari halaman artikel.

Apakah Upgrade ke Akun DANA Premium Gratis?

Iya, 100% gratis. Anda tidak akan dikenakan biaya apapun untuk mengupgrade ke akun DANA premium.

Apakah Tidak Ada Limit Melakukan Transfer Saldo DANA ke ShopeePay?

DANA memberikan kesempatan transfer gratis antar bank sebanyak 10X per-bulan. memang tidak memberikan unlimited gratis transfer tapi 10 kali gratis transfer bisa menghemat biaya admin transfer yang lumayan jika di bandingkan dengan biaya admin transfer di bank biasa yakni Rp. 6500/transfer. Jadi setidaknya Anda bisa menghemat admin fee transfer sampai Rp. 65.000 perbulannya.

Berapa Lama Proses Transfer Saldo DANA ke ShopeePay?

Transfer saldo DANA ke akun ShopeePay bersifat instant jadi ketika And aberhasil mengetik kode PIN dengan benar di langkah terakhir maka pada saat itu juga saldo terkirim ke akun ShopeePay. Namun terkadang halaman ShopeePay perlu di refreh untuk mengupdate jumlah saldo yang masuk.

Bagaimana Jika Terjadi Kendala Saat Mentransfer?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang mungkin banyak ditanyakan. Jika terjadi kendala saat mentransfer saldo DANA ke ShopeePay, Anda bisa menghubungi call center/ customer service DANA di nomor WhatsApp Chat 08191 1500 445 atau nomor telepon 1500 445. Jangan lupa sediakan screenshot transaksi untuk mempermudah proses pengaduan.

Penutup

Di era digital seperti saat ini, kita bukan hanya perlu transfer ke rekening bank saja. Ternyata transfer antar e-walletpun sangat diperlukan. Untuk itu maka aplikasi DANA bisa menjadi salah satu solusi agar transfer antar e-wallet bisa berjalan lancar dan tentunya gratis. Termasuk juga transfer saldo ke ShopeePay.

Fitur gratis transfer ini sangat bermanfaat bagi kita terbiasa berbelanja online di Shopee, membayar berbagai keperluan seperti listrik, PDAM, internet ataupun menggunakan ShopeePay untuk bertransaksi di berbagai merchant. Kita bisa lebih menghemat biaya transfer bulanan. Nah itulah beberapa langkah mudah mentransfer saldo DANA ke akun ShopeePay. Semoga Anda tidak bingung lagi ketika ingin mentransfer saldo DANA ke ShopeePay dan selamat mencoba tutorialnya.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar

XM Trading Forex dan Saham, Bonus 15 sampai 500$
Daftar sekarang