Cara Transfer Saldo Gopay ke DANA

Sedang mencari cara untuk transfer saldo Gopay ke DANA terbaru karena cara lama gagal? Nah, Anda sudah berada di tempat yang tepat karena kali ini kita akan membahas langkah-langkah mentransfer dari Gopay ke DANA dengan jelas.

Kehadiran dompet digital DANA pada awalnya memang tidak seheboh e-wallet raksasa Gopay. Namun seiring berjalannya waktu, DANA juga memperlihatkan daya tariknya untuk para pengguna e-wallet di Indonesia.

DANA hadir dengan berbagai promo menarik dan terutama layanan yang sangat keren yakni transfer gratis antar bank yang kini sudah jarang di berikan oleh e-wallet yang ada di Indonesia termasuk Gopay.

Fitur ini bisa di acungi jempol, karena memberikan benefit yang menarik untuk para pengguna e-wallet yang mana DANA berhasil menjawab kebutuhan yang cukup penting di kalangan pengguna e-wallet.

Di era digital seperti saat ini, transfer mentransfer saldo antar bank bahkan antar e-wallet menjadi kebutuhan hampir semua orang. Namun jika transfer menggunakan rekening bank, biasanya kita akan dikenakan biaya admin kurang lebih Rp. 6500/ transaksi.

Nah, adanya fitur gratis transfer dari DANA ini tentu saja membawa angin segar untu menghemat biaya admin transfer setidaknya sampai 10 kali dalam sebulan atau hemat Rp. 65.000/ bulan.

Jadi jika Anda adalah pengguna Gopay, wajar jika saat ini terkadang kita ingin mengalihkan saldo Gopay kita ke DANA.

Karena mungkin di rasa lebih leluasa untuk melakukan transfer kemana saja, termasuk transfer balik ke Gopay secukupnya saat di perlukan. Bagaimana caranya transfer saldo Gopay ke DANA? Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan!

Hal-Hal Penting yang Wajib Anda Tahu

Hal-Hal Penting yang Wajib Anda Tahu untuk transfer gopay

Pastikan Anda Menggunakan Akun Gopay Premium

Sebelum mentransfer saldo Gopay Anda ke DANA, pastikan kalau akun Gopay Anda berstatus premium. Caranya untuk upgrade ke Gopay premium sangat mudah yakni dengan verifikasi KTP (Kartu Identitas Penduduk) dan foto selfie.

Anda bisa menekan menu “lainnya/ more”, lalu pilih “upgrade akun gopay” dan klik “upgrade sekarang”. Nantinya sistem akan meminta Anda memotret KTP dan foto selfie.

Ikuti petunjuk upgrade yang ada. Jika data yang Anda kirim sudah sudah di verifikasi oleh pihak Gojek, maka tidak butuh waktu lama Anda sudah menjadi pengguna akun Gopay Premium.

Jika dulu jumlah saldo Gopay hanya terbatas Rp. 2.000.000 saja, dengan akun Gopay Premium kini Anda sudah bisa menyimpan dan mentransfer saldo gopay hingga Rp. 10.000.000.

Lebih Baik Jika Akun DANA di Upgrade ke DANA Premium

Sebenarnya Anda tidak perlu mengupgrade akun DANA ke premium untuk bisa mentransfer saldo Gopay ke DANA. Tanpa menjadi pengguna akun DANA premium Anda sudah bisa mentransfer saldo Gopay ke DANA.

Namun jika Anda mengupgrade akun DANA Anda menjadi premium, nantinya Anda bisa menikmati fitur gratis transfer 10x / bulan yang di sediakan oleh aplikasi DANA. Jadi selain mengupgrade ke Gopay premium tidak ada ruginya untuk mengupgrade juga ke akun DANA premium.

Minimal Transfer Gopay dan Biayanya

Seperti e-wallet dan kebanyak aplikasi keuangan lainnya, Gopay juga memberlakukan minimal nominal transfer. Anda baru bisa melakukan transfer Gopay ke DANA minimal Rp. 10.000.

Anda akan di kenakan biaya admin transfer sebesar Rp. 2500/ transaksi. Biaya ini masih jauh lebih murah di bandingkan transfer menggunakan rekening bank bukan?

Anda harus Menggunakan Aplikasi Perantara Transfer

Nah ini yang penting sekali. Saat ini kita sudah tidak bisa menggunakan menu “To bank Account” untuk melakukan transfer saldo Gopay secara langsung karena nampaknya Gopay sudah memperketat ketentuan transfer saldonya ke e-wallet lain.

Tapi tenang saja, masih ada cara lain untuk mengatasinya. Cara ini adalah trik saja, jadi tetap legal dan mudah. Anda bibsa menggunakan aplikasi perantara untuk mentransfer uang seperti OY! Indonesia.

Secara umum alur transfernya seperti ini : OY! Indonesia-Gopay-DANA. Karena aplikasi ini pastikan Anda sudah menginstal aplikasi OY! Indonesia dan sudah membuat akun yang terverifikasi.

Anda tidak perlu khawatir membuat akun OY! Indonesia caranya mudah dancepat. Anda hanya perlu menyiapkan KTP dan foto selfie lalu ikuti petunjuk pendaftarannya.

Oh ya, transfer di OY! Indonesia ini gratis, jadi Anda perlu menyiapkan biaya admin transfer di Gopay saja. Minimal transfer melalui OY! Indonesia juga sama dengan Gopay yakni minimal Rp. 10.000.

Tutorial Transfer Gopay ke DANA Terbaru

1. Log in ke Akun OY! Indonesia dan Pilih Menu “Transfer Lokal”

1. Log in ke Akun OY! Indonesia dan Pilih Menu Transfer Lokal

Jika Anda ingin mentransfer saldo Gopay ke DANA, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat rekening DANA terlebih dahulu memalui aplikasi OY! Indonesia.

Caranya dengan log ke akun OY! Indonesia yang sudah Anda buat, lalu pilih menu “Transfer Lokal” yang ada di halaman home bagian atas.

2. Masukan Informasi Penerima Transfer

Masukan Informasi Penerima Transfer di aplikasi OY

Kini Anda masuk ke halaman infromasi penerima, dalam hal ini adalah akun DANA Anda. Pada bagian Bank tujuan tap “Pilih bank tujuan”. Lalu pilih Bank Permata dan tuliskan 8528 + (nomor telepon yang Anda daftarkan di akun DANA pada kolom “Nomor Rekening”.

Misalnya nomor telepon Anda 089644333223 maka tulislah 8528089644333223, lalu tekan “Selesai”. Jika nomor rekening DANA sudah benar maka akan muncul centang hijau di pinggir nomor rekening atas nama DNID 089644333223. Lalu tekan “Lanjutkan”.

3. Masukan Nominal Transfer

Selanjutnya Anda perlu menentukan jumlah transfer. Misalnya Anda ingin mentranfer saldo Gopay sebesar Rp. 25.000 maka tulislah Rp. 25.000 lalu tekan “Konfirmasi”.

Di halaman tersebut juga tertera sumber dana, yakni dari bank mana Anda akan mentransfer saldo tersebut. Pilihlah bank yang Anda gunakan di Gopay.

Anda juga wajib mengisi kategori transaksi. Pilihlah salah satu kategori dari ilihan yang tersedia. Ada juga kolom catatan yang bisa Anda isi ataupun di biarkan kosong saja. Jika sudah mengisi semua rincian transfer, tekan “Lanjut”.

4. Pilih Metode Transfer

Pilih Metode Transfer DI APLIKASI oy

Anda akan diminta untuk menentukan metode transfer. Umumnya ada 3 metode transfer yang di sediakan oleh OY! Indonesia, namun untuk mentransfer saldo Gopay ke DANA ini hanya ada 2 pilihan transfer yakni Kartu debit dan juga Bank transfer (Auto verifikasi).

Pilihlah metode Bank transfer dnegna biaya transfer Rp. 0 rupiah alias gratis, namun Anda akan di beri 3 digit kode unik.

5. Salinlah Nomor Rekening

Salinlah Nomor Rekening

Setelah itu akan muncul detail transfer yang harus Anda lakukan dan berlaku selama 3 jam saja. Salin lah nomor rekening atas nama PT Dompet Harapan Bangsa dengan menekan tombol salin pada bagian “Transfer ke Nomor Rekening”.

Nomor Rekening ini adalah rekening tujuan yang harus di masukan saat hendak mengirimkan saldo Gopay Anda nanti.

Baca juga : Cara Transfer Saldo GoPay ke OVO

6. Masuk ke Akun Gojek dan Pilih Menu “Pay”

Masuk ke Akun Gojek dan Pilih Menu "Pay"

Jika nomor rekening DANA sudah di buat di aplikasi OY! Indonesia,kini saatnya Anda masuk ke akun Gopay Anda. Buka aplikasi Gojek dan log in. Setelah itu pilih menu “Pay” yang ada di home. Pilihlah menu “To Bank Account”

7. Tap “Instant transfer to a new account”

Selanjutnya sistem akan membawa Anda untuk mengisi nomor rekening tujuan. Tekan “Instan transfer to a new account”. Lalu pilih Bank yang sama dengan yang Anda pilih untuk membuat nomor rekening di OY! Indonesia, misalnya Bank BCA.

8. Salin Nomor Rekening dari Aplikasi OY ke Gopay

Salin nomor rekening dari aplikasi OY ke gopay

Copy-kan nomor rekening dari OY! Indonesia lalu tekan tombol “verify”. Jika nomor rekening sudah benar maka akan muncul rekening atas nama PT Dompet Harapan Bangsa. Setelah itu tekan “Continue”.

9. Masukan Nominal Transfer Dengan Kode Unik dari OY!

Masukan Nominal Transfer Dengan Kode Unik dari OY!

Karena kita mengguna metode transfer Bank Transfer, maka OY! memberikan kode unik transfer. Salin nominal transfer yang ada di rincian transfer di aplikasi OY! Indonesia. Jumlahnya harus persis sama dengan kode uniknya. Jika sudah, tekan “Continue”.

10. Konfirmasi Transfer

konfirmasi transaksi

Selanjutnya, Anda perlu mengkonfirmasi transaksi yang hendak Anda lakukan. Anda akan masuk ke ahalamn transfer confirmation.

Baca juga : Cara Transfer Saldo DANA ke OVO dan Gopay

Di situ akan di cantumkan berbagai detail transaksi seperti jumlah transfer di sertai biaya adminnya dan juga nama serta nomor rekening tujuan. Jika sudah yakin benar, tap “Confirm”.

11. Masukan Kode PIN atau Fingerprint

Anda perlu memasukan kode PIN ataupun fingerprint untuk melanjutkan transaksi. Jika sudah maka Anda perlu perlu masuk ke halaman detail transfer OY! Indonesia dan menekan konfirmasi transfer yang menyatakan bahwa Anda sudah melakukan transfer. Transfer saldo Gopay ke akun DANA Anda akan segera di proses oleh OY! Indonesia.

Pertanyaan Terkait Transfer Gopay ke DANA

Selain ketentuan dan langkah-langkah transfer saldo Gopay ke DANA di atas, beberapa dari kita mungkin masih memiliki pertanyaan terkait hal tersebut.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang biasanya di tanyakan. Anda bisa menyimkanya, barangkali Anda juga memiliki pertanyaan yang sama.

Apakah Bisa Melakukan Transfer Gopay ke DANA Menggunakan Aplikasi Serupa yang Lain?

Selain OY! Indonesia, ada beberapa aplikasi serupa (perantara transfer) yang kemungkinan bisa Anda gunakan seperti misalnya aplikasi neu dan flip. Kedua aplikasi juga sama-sama merupakan aplikasi transfer gratis yang sudah terdaftar dan di awasi oleh Bank Indonesia

Apakah Akun Dana (Penerima) Akan di kenai Biaya?

Sejauh ini tanggungan biaya transfer hanya di bebankan pada pengirim saldo yang dalam hal ini adalah akun Gopay Anda. Jadi saldo Gopay Anda yang di kirimkan ke akun DANA tidak akan berkurang setelah berhasil di transfer.

Apakah Ada Batasan Limit Transfer Menggunakan Aplikasi OY! Indonesia?

Sampai saat ini tidak ada pembatasan berapa kali kita bisa melakukan transfer melalui OY! Indonesia perharinya. Selain itu tidak ada batasan waktu, jadi kita bisa melakukan transfer kapanpun.

Baca juga : Cara Top Up OVO di BCA Mobile dan ATM BCA

Untuk mentransfer ke DANA, kita bisa menggunakan limit transfer berupa maksimal daya tampung saldo di DANA dan GOPAY yakni maksimal Rp. 10 juta.

Penutup

Nah itulah cara terbaru untuk mentransfer saldo Gopay Anda ke DANA. Jika Anda gagal melakukan transfer dengan cara langsung dari Gopay Anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas. Beberapa pertanyaan terkait metode tips transfer di atas sudah kami jelaskan. Semoga membantu And alebih mudah melakukan transfer saldo Gopay ke DANA.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar

XM Trading Forex dan Saham, Bonus 15 sampai 500$
Daftar sekarang