Cara Transfer Saldo Gopay ke LinkAja

Dulu saat ingin transfer saldo Gopay ke LinkAja cukup pilih LinkAja atau TCASH sebagai bank tujuan dan memasukan kode 513+nomor hp yang terdaftar di LinkAja. Namun sekarang cara tersebut tidak bisa lagi di lakukan. Lalu apakah ada cara lain untuk melakukan transfer saldo Gopay ke akun LinkAja?

LinkAja sebagai aplikasi dompet digital plat merah juga tak kalah menariknya. Bisa dibilang bahwa LinkAja merupakan salah satu e-wallet pioneer yang menyediakan fitur dompet digital yang terhubung dengan kartu debit maupun kredit pengguna (terutama ke Bank-bank BUMN).

Sehingga para pengguna tidak perlu top up menggunakan nomor virtual account lagi. Dengan menggunakan LinkAja, kita juga bisa membayar pajak dengan mudah dan cepat, juga terdapat promo kuota gratis dan promo-promo menarik lainnya.

Oleh karena itu, jika saldo Gopay hendak di pakai di LinkAja maka kita perlu mentransfernya bukan? Tapi sekarang cara lama mentransfer saldo Gopay ke Link Aja sudah tidak bisa di lakukan.

Nah, karena kali ini kita akan membahas tutorial untuk transfer saldo Gopay ke LinkAja yang terbaru dengan mudah dan dijamin berhasil. Sebelum itu, ada beberapa hal penting yang wajib Anda ketahui.

Hal Penting yang Wajib Diketahui Sebelum Melakukan Transfer

hal penting sebelum transfer saldo gopay

Instal dan Mendaftar Akun di Aplikasi OY! Indonesia

Kini, untuk menstransfer saldo Gopay membutuhkan akun perantara transfer. Ada beberapa aplikasi transfer gratis yang ada di Indonesia.

Tapi dalam tutorial kali ini berdasarkan pengalaman, aplikasi transfer gratis yang bisa di gunakan untuk transfer saldo Gopay ke LinkAja adalah aplikasi OY! Indonesia.

Tapi bagi Anda yang sudah memiliki akun OY! Indonesia, maka tidak perlu lagi mendaftar. Anda bisa menggunakan akun yang sudah ada.

Nah jika Anda belum punya akun OY! Indonesia maka segera buat dulu. Proses mendaftar akun OY! Indonesia sangat mudah dan cukup cepat, Anda hanya perlu menyiapkan KTP untuk verifikasi data dan lakukan instruksi registrasinya. Verifikasi maksimal akan selesai 1×24 jam.

Biaya Admin Transfer

Fee transfer adalah hal yang cukup banyak ditanyakan ketika hendak mentransfer. Apalagi kita menggunakan aplikasi perantara. Tapi tenang saja, transfer menggunakan OY! Indonesia ini free biaya admin kok.

Jadi Anda hanya perlu menyiapkan admin fee dari Gopay saja sebesar Rp. 2500/ transaksi saja. Ini tentunya lebih murah di bandingkan transfer lewat rekening bank biasa bukan? Karena transfer dari rekening bank biasa admin feenya mencapai Rp. 6500/ transaksi. Anda tetap bisa berhemat biaya admin jika transfer dari Gopay.

Minimal Transfer Menggunakan Gopay Premium

Untuk minimal transfernya Anda bisa mengirim saldo Gopay ke LinkAja mulai dari Rp. 10.000 dan maksimal Rp. 10.000.000 jika akun Gopay Anda sudah berstatus premium.

Oleh karena itu pastikan kalau akun Gopay Anda sudah di upgrade menjadi premium. Jika belum, maka Anda tidak bisa mengirim saldo Gopay dan hanya bisa menyimpan saldo Gopay sebesar Rp. 2.000.000 saja. Cara mengupgrade ke Gopay premium sangat mudah kok, Anda hanya perlu menyiapkan KTP dan melakukan verifikasi lewat aplikasi.

Tutorial Transfer Saldo Gopay LinkAja Terbaru

Sebagai gambaran umum, proses transfer yang akan kita lakukan ialah sebagai berikut : OY! Indonesia-Gopay-LinkAja. Jadi kita akan menggunakan aplikasi perantara OY! Indonesia untuk mengawali tahap transfer saldo Gopay yang kita lakukan.

Walaupun pada dasarnya nanti Gopay tetap mengirimkan ke kode rekening Link Aja yang melalui OY! Indonesia. Selengkapnya Anda bisa menyimak langkah-langkah di bawah ini!

1. Log in ke Akun OY! Indonesia dan Pilih Menu “Top Up”

Log in ke Akun OY! Indonesia dan Pilih Menu "Top Up"

Jika Anda sudah membuat akun OY! Indonesia yang terverifikasi, artinya kini Anda sudah bisa mentransfer saldo Gopay melalui perantara aplikasi OY!.

Log in menggunakan nomor telepon yang terdaftar dan masukan kode PIN ataupun fingerprint. Setelah itu pilihlah menu “Top up” yang di home.

2. Pilih “LinkAja” dan Masukan Nomor LinkAja

Pilih LinkAja dan Masukan Nomor LinkAja

Anda akan masuk ke berbagai pilihan layanan top up OY! Indonesia, salah satunya ada LinkAja. Tap menu dengan logo “LinkAja” lalu masukan nomor hp yang sudah terdaftar di LinkAja dan tekan tombol “Cek Nomor”.

Jika nomor yang Anda masukan sudah benar, maka di bawah akan muncul inisial nama pemilik akun LinkAja dengan tanda centang hijau. Coba kenali inisial tersebut, untuk memastikan bahwa Anda tidak salah kirim. Jika sudah yakin tekan “Lanjutkan”.

3. Tentukan Nominal Transfer

Kini Anda perlu memasukan nominal transfer. Ingat, minimal transfernya adalah Rp. 10.000 dan saldo gopay Anda harus cukup ditambah dengan biaya adminnya yakni Rp. 2500.

Isilah sesuai kebutuhan Anda, kita gunakan permisalan sebesar Rp. 25.000. Anda bisa mentransfer saldo Gopay ke Link Aja maksimal sebesar Rp. 10 juta dalam sehari.

Jika sebelumnya Anda sudah mengisi kolom “Sumber dana” maka secara otomatis bank yang Anda pilih sudah tercentang. Namun jika belum pilihlah bank yang Anda gunakan di aplikasi Gopay. Setelah itu tekan tombol “Konfirmasi” dan “Lanjut”.

4. Pilih Metode Transfer

Pilih Metode Transfer

Sebenarnya metode transfer OY! Indonesia ada 3 yakni dengan menggunakan kartu debit, bank transfer dan juga virtual account.

Tapi kali ini hanya tersedia 2 metode bahkan terakhir kali saat menggunakan aplikasi ini untuk transfer ke Link Aja, metode debit sedang dalam maintanace.

Sehingga pilihlah metode Bank transfer yang juga gratis dan akan di cek secara otomatis menggunakan kode unik. Untuk mengirimkan saldo Gopay ke LinkAja memang gratis.

Namun karena hanya Anda memilih metode Bank Transfer sehingga akan ada tambahan 3 kode unik yang ditambahkan ke dalam jumlah transfer nantinya.

5. Masuk ke Halaman Detail Top Up

Masuk ke Halaman Detail Top Up

Selanjutnya sistem akan menunjukan detail top up yang hendak akun lakukan. Pada halaman tersebut tertera batas waktu transfer, yakni 3 jam. Jika lebih dari itu, maka detail top up akan di batalkan oleh sistem secara otomatis dan Anda harus mengulangi langkah transfer dari awal.

Salinlah nomor rekening di bawah bagian “Transfer Ke Nomor Rekening”. Nomor rekening inilah yang akan Anda pakai untuk mentransfer saldo Gopay. Selain itu juga tertera nominal transfer disertai tiga digit kode unik dibelakangnya.

6. Log in ke Akun Gopay di Aplikasi Gojek

Masuk ke Akun Gojek dan Pilih Menu "Pay"

Kini saatnya Anda log in ke akun Gopay melalui aplikasi Gojek dan memulai proses transfer dari Gopay. Setelah itu pilihlah menu “Pay” dan tekan menu “To Bank Account” pada bagian Pay and Send. Setelah itu tap “Instant Transfer to a New Account”.

7. Pilih Bank dan Masukan Nomor Rekening

Salin nomor rekening dari aplikasi OY ke gopay

Pada kolom “Enter bank name here” ketikan nama bank yang sama dengan yang Anda pilih pada aplikasi OY! Indonesia. Lalu masukan nomor rekening yang telah Anda salin sebelumnya.

Tekan tombol “verify” yang ada di samping kolom “Account number”. Jika nomor rekening sudah benar maka nama pemilik akun bank akan muncul.

Pastikan bahkan akun tersebut atas nama PT Dompet Harapan Bangsa. Tekan tombol “Continue” untuk meneruskan transaksi.

Baca juga : Cara Transfer Saldo DANA ke OVO dan Gopay

8. Masukan Nominal Transfer di Aplikasi Gojek

Masukan Nominal Transfer di Aplikasi Gojek

Masukan nominal transfer yang telah di sertai dengan 3 digit kode unik di belakang jumlah transfer yang Anda inginkan. Jika lupa, ANda bisa melihatnya kembali di halaman rincian top up pada aplikasi OY! Indonesia.

Di situ juga akan tertera admin fee sebesar Rp. 2500. Jika sudah yakin dengan nominalnya, tekan “Continue”.

9. Klik Confirm pada Halaman Transfer Confirmation

Sitem akan membawa Anda ke halaman konfirmasi. Jika saldo Gopay Anda memang sudah mencukupi, maka akan tertera “Total deduction” atau jumlah keseluruhan yang akan terpotong dari saldo Gopay.

Baca juga : Cara Top Up OVO di BCA Mobile dan ATM BCA

Yaitu jumlah transfer di sertai kode unik ditambah dengan biaya admin transfer dari Gopay. Jika sudah benar, maka sekali lagi tekanlah tombol “Confirm”.

10. Masukan Kode PIN atau Fingerprint

cara transfer saldo gopay Masukan Kode PIN atau Fingerprint

Untuk menuntaskan transaksi, Anda perlu melewati sistem keamana Gopay. Masukan kode PIN yang diminta atau fingerprint jika sebelumnya Anda telah men-setting fingerprint sebagai sistem keamanan aplikasi Gojek Anda. Setelah itu permohonan transfer melalui aplikasi OY! akan diterima.

11. Klik “Konfirmasi Transfer” Pada Aplikasi OY! Indonesia

Langkah terakhir, agar transaksi Anda segera di proses oleh sistem aplikasi OY! Indoensia maka Anda perlu kembali ke aplikasi OY! dan meng-klik tombol “Konfirmasi Transfer” pada halaman detail top up.

Pertanyaan Seputar Transfer Saldo Gopay ke LinkAja via OY! Indonesia

Ada beberapa pertanyaan yang biasa ditanyakan ketika hendak mentransfer saldo Gopay ke akun LinkAja. Berikut beberapa pertanyaan yang mungkin juga ingin Anda tanyakan smeoga dapat membantu Anda dalam melakukan transfer dengan lancar!

Kenapa Sering Gagal Mentransfer Gopay Langsung Tanpa Aplikasi Perantara?

Gopay nampak sudah memperketat sistem transfer ke e-wallet lain untuk menjaga saldo tetap berada di Gopay sehingga nomor virtual account e-wallet lain sekarang sudah tidak terbaca oleh sistem Gopay. Sebenarnya tidak hanya Gopay yang kini sudah mulai lebih memperketat sistem transfer ke e-wallet lain.

Jika Ingin Mengubah Rincian Transfer Bagaimana Caranya?

Anda bisa menekan icon titik tiga pada bagian pojok kanan atas. Pilih “hapus transasksi”. Stelah itu And abaru bisa membuat rincian transfer yang baru.

Apakah LinkAja Menerapkan Biaya Tambahan Untuk Menerima Top Up dari Gopay?

Sampai saat ini LinkAja tidak membebankan biaya apapun untuk penerimaan top up baik dari Gopay ataupun metode lainnya. Biaya admin transfer sepenuhnya di bebankan pada pengirim transfer (jika ada).

Baca artikel lain; Cara Transfer Saldo Gopay ke DANA

Penutup

Jagat per e-wallet-an kian ramai. Selain dompet digital raksasa seperti Gopay, ternyata kali pihak BUMN teknologi di Indonesia juga tidak ingin kalah. LinkAja hadir sebagai e-wallet plat merah yang menawarkan berbagai kemudahan transaksi di era digital. Tidak sedikit juga yang tertarik untuk mentransfer saldo Gopaynya ke LinkAja.

Tapi sayangnya kini Gopay sudah tidak bisa mengirimkan saldo ke LinkAja lansgung menggunakan nomor virtual account LinkAja. Oleh karena itu membutuhkan aplikasi perantara transfer seperti OY! Indonesia. Anda bisa mempraktikan tutorial diatas ketika hendak mentransfer saldo Gopay ke akun LinkAja.

Beberapa pertanyaan dan hal penting yang perlu Anda tahu sebelum mentransfer juga sudah di jelaskan di atas. Semoga transaksi Anda lancar tanpa kendala. Selamat mencobanya!

Tinggalkan komentar