Cara Transfer Saldo GoPay ke OVO

OVO biasanya menjadi salah satu alternatif e-money andalan selain Gopay saat kita hendak bertransaksi. Menggunakan Gopay ataupun OVO sangat memudahkan kita dalam bertransaksi sehari-hari. Kita tidak lagi perlu membawa uang cash dalam jumlah banyak, hanya tinggal scan lewat smartphone saja maka semuanya beres.

Selain itu baik OVO maupun Gopay seringkali memberikan berbagai promo menarik jadi wajar terkadang kita merasa perlu melakukan transfer saldo Gopay ke OVO untuk berbagai keperluan.

Gopay juga bukan hanya bisa digunakan untuk pembayaran tapi juga bisa melakukan transaksi transfer baik ke sesama pengguna Gopay ataupun antar bank. Ini semakin mempermudah kita karena tidak perlu mencari-cari mesin ATM untuk mentransfer uang.

Tapi, mengingat Gopay dan OVO merupakan 2 platform e-wallet yang berbeda, apakah bisa melakukan transfer saldo Gopay ke OVO?

Sama halnya dengan transfer saldo Gopay ke Shopeepay yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya, mentransfer saldo Gopay ke OVO juga tentu saja bisa di lakukan.

Kalau dulu mungkin kita bisa menggunakan fitur “To bank account” dan langsung mengirimkannya lewat nomor VA OVO, namun sekarang selalu gagal. Pada layar selalu muncul keterangan “This account not supported”. Apakah Anda mengalaminya juga?

Jika ya, terus baca artikel ini sampai akhir karena kali ini kita akan membahasnya. Cara ini terbukti berhaisl dan cukup mudah di lakukan kok.

Tapi sebelum melakukan transfer saldo Gopay ke OVO, Anda perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini supaya proses transfer nanti bisa berjalan lancar.

Verifikasi Akun Gopay dan OVO

Gopay merupakan e-wallet yang tergabung di dalam aplikasi Gojek. Jadi jika Anda sudah menginstal aplikasi Gojek sebaiknya Anda memverifikasi akun Gopay sebelum melakukan transfer.

Begitu juga dengan akun OVO Anda. Hal ini agar semua transaksi yang Anda lakukan melalui Gopay maupun OVO bisa terekam dengan baik.

Cara verifikasi Gopay maupun OVO secara prinsip sama, yakni membutuhkan data KTP dan foto selfie. Jadi pastikan Anda menyiapkannya terlebih dahulu.

Kualitas foto KTP maupun selfie Anda juga penting untuk di perhatikan. Jadi pastikan foto KTP dan selfie cukup jelas terlihat sehingga nantinya tidak perlu mengulangi proses verifikasi karena foto tidak terbaca oleh sistem.

Selain itu jangan lupa bahwa jaringan internet cukup penting, mengingat verifikasi dan transfer saldo ini dilakukan secara online. Oleh karena itu, usahakan agar smartphone Anda terhubung dengan jaringan internet yang stabil.

Instal Aplikasi OY! Indonesia

Instal Aplikasi OY! Indonesia untuk transfer goya ke ovo

Sepertinya Gopay kini mulai agak membatasi transfer saldonya ke e-wallet lain. Karena hal serupa juga terjadi ketika ingin mentransfer Gopay ke Shopeepay.

Dulu selalu berhasil, namun sekarang selalu gagal. Tapi tenang saja, seperti slogan Gojek, “Selal ada jalan”, kita pun sebenarnya masih bisa mentransfer saldo Gopay ke OVO dengan menggunakan aplikasi perantara transfer uang.

Cara ini legal dan aman kok. Hanya saja perlu sedikit effort untuk menggunakan aplikasi perantara lain, selain Gopay dan OVO itu sendiri. Salah satu aplikasi yang di rekomendasikan untuk bisa melakukan transfer saldo Gopay adalah OY! Indonesia.

Sebenarnya, ada beberapa aplikasi serupa yang juga sama-sama gratis dan bisa di gunakan sebagai perantara seperi neu ataupun flip.

Sama seperti OY! Indonesia kedua aplikasi tersebut juga sudah memiliki izin dan di awasi oleh Bank Indonesia. Hanya saja ada detail ketentuan yang mungkin akan berbeda antar aplikasi.

Nah kali ini kita akan membahas cara transfer saldo gopay menggunakan aplikasi OY! Indonesia dulu. Jadi, sebelum mentransfer pastikan Anda menyiapkan akun OY! Indonesia. Aplikasi ini sudah bisa di download di google playstore maupun appstore dengan mudah.

Selanjutnya Anda perlu melakukan registrasi dan verifikasi data untuk mula menggunakan layanan transfernya. Langkah mendaftar akun OY! Indonesia sangat mudah dan cepat.

Anda hanya perlu mengisi beberapa data pribadi dan mengupload foto ktp dan selfie bersama ktp. Dalam beberapa jam atau paling lama satu hari, lalu akun OY! Anda sudah terdaftar dan siap digunakan.

Biaya Transfer Saldo Gopay ke OVO

Transfer ke sesama pengguna Gopay memang tidak di kenakan biaya admin, namun jika kita hendak mentransfer saldo antar bank maka ada biaya admin yang harus di tanggung oleh pengirim.

Nah, transfer saldo Gopay ke OVO ini termasuk dalam transfer antar bank. Meskipun transfer dari aplikasi OY! gratis namun dari Gopay ke OY! Indonesia akan di kenakan biaya.

Biaya transfer yang perlu Anda siapkan adalah sebesar Rp. 2500. Meskipun ada biaya adminnya, jumlah tersebut tentu lebih murah di bandingkan admin transfer melalui rekening bank yang rata-rata sekitar Rp. 6000/ transaksi.

Selain itu, Gopay juga menerapkan minimal jumlah transfer, yakni Rp. 10.000 dan maksimum Rp 10 juta. Jadi sebelum mentransfer, Anda perlu memperhitungkan nominal transfer yang Anda inginkan di tambah dengan biaya adminnya.

Tutorial Transfer Gopay ke OVO Terbaru

Untuk melakukan transfer saldo Gopay ke OVO sebenarnya cukup mudah. Seperti yang telah di sebutkan, kita perlu menggunakan aplikasi perantara seperti OY! Indonesia.

Nah untuk itu maka alur transfernya kurang lebih seperti ini : OY!-Gopay-OVO. Coba ikuti langkah-langkah di bawah ini!

1. Buka Aplikasi OY! Indonesia

Buka Aplikasi OY! Indonesia untuk transfer gopay ke ovo

Jika akun OY! Anda sudah terdaftar, pilihlah menu “Transfer”. Anda tidak perlu memilih metode transfer lokal atau internasional karena secara otomatis Anda akan masuk ke metode transfer lokal.

2. Klik Menu “Add New Recipient”

Klik Menu Add New Recipient

Setelah itu sistem akan meminta Anda memasukan informasi penerima saldo. Ketuk kolom “Bank Tujuan” dan pilih Bank Nationalnobu.

Masukan nomor aku 9 di ikuti nomor hp yang terdaftar pada akun OVO tujuan pada kolom “Nomor Rekening” atau Account Number. Misalnya 9089675556766. Jika nomor rekening sudah benar maka akan muncul tanda centang berwarna hijau. Jika sudah klik “Continue”.

3. Masuk ke Halaman Transfer Detail

Masukan jumlah transfer yang Anda inginkan pada kolom “Amount” (minimal transfer adalah Rp. 10.000). Lalu pada bagian Source of fund, Anda bisa memilih berbagai bank yang di sediakan oleh OY! Indonesia namun yang pasti Anda harus memilih bank yang Anda daftarkan pada Gopay.

Baca juga : Tata Cara Daftar Grabbike Online yang Termudah!

Misalnya jika Anda menggunakan Bank BCA di Gopay, maka klik Bank BCA sebagai Source of fund. Lalu pilihlah salah satu kategori transaksi dan klik “Continue”.

4. Pilih Metode Transfer

Masuk ke Halaman Transfer Detail

Umumnya OY! Indonesia menyediakan 3 pilihan metode transfer, yakni Debit card, Virtual account dan Bank transfer. Pilihlah Virtual account dengan biaya Rp. 0 (gratis) karena kita akan mengirim saldo dari Gopay.

Karena menggunakan Virtual Account, maka jumlah transfernya tetap sama, tidak ada tambahan 3 kode unik seperti metode bank transfer. Selain itu dengan Virtual Account nantinya transaksi akan di cek secara otomatis.

5. Salin Nomor Virtual Account

Salin Nomor Virtual Account

Selanjutnya sistem akan membawa Anda ke halaman “Transaction detail”. Di situ akan di cantumkan data penerima, jumlah yang harus di transfer, dan nomor virtual account yang harus Anda salin kembali di Gopay nantinya.

Nomor virtual account ini berlaku selama 3 jam saja, jadi setelah 3 jam berlalu dan Anda belum mentransfer Gopay, maka Anda harus mengulangi langkah transfernya lagi.

6. Buka Gopay di Aplikasi Gojek

Buka Gopay di Aplikasi Gojek

Sekarang kita tinggalkan aplikasi OY! Indonesia dan beralih ke Gopay. Jika Anda sudah memiliki akun Gojek, Anda cukup log in saja menggunakan nomor hp yang sudah terdaftar sebelumnya.

Lalu verifikasi Gopay Anda dengan menyiapkan KTP dan foto selfie. Jika sudah, pilih menu “Pay” pada aplikasi.

7. Pilih Menu “Pay”

Setelah memilih menu “Pay” pada aplikasi Gojek, selanjutnya Anda masuk ke halaman “Pay and send”. Pilihlah menu “To bank account” dan pilih “Instant transfer to a new account”.

Karena untuk melakukan transfer saldo Gopay ke OVO dibutuhkan rekening bank, jadi selanjutnya Anda akan di arahkan untuk memilih bank tujuan transfer. Karena sebelumnya menggunakan Bank BCA sebagai Source of fund (Sumber dana), maka pilihlah Bank BCA.

Baca juga : Langkah-Langkah dan Cara Daftar Grabfood Online, Pasti Diterima!

Agar mempemudah pencarian naba bank, ketiklah “BCA” pada kolom “enter bank name here”. Secara otomatis sistem akan menemukannya sendiri. Jika sudah ketemu, tap “Bank BCA” yang tertera di layar smartphone. Klik “Continue”.

8. Masukan Nomor Rekening Virtual dari OY!

klik instant transfer to new account

Pada halaman Add a new bank, masukan nomor VA OY! yang sebelumnya telah di salin kedalam kolom “Account number”.

Lalu klik “verify” untuk memastikan nomor VA tujuan sudah benar. Jika sudah coba klik “Continue”. Pastikan nama akun bank BCA yang di tuju adalah PT Dompet Harapan Bangsa.

9. Tentukan Nominal Transfer dan Lakukan Konfirmasi

Tentukan Nominal Transfer dan Lakukan Konfirmasi

Masukan nominal transfer pada kolom enter amount sesuai dengan jumlah transfer yang Anda masukan di aplikasi OY! sebelumnya. Kemudian klik “Continue”.

Anda akan masuk ke halaman konfirmasi (tranfer confirmation”. Di sana akan tertera total keseluruhan dana yang Anda transfer ditambah dengan biaya admin sebesar Rp. 2500.

Pastikan saldo Gopay Anda mencukupi jika tidak transaksi akan gagal. Di halaman tersebut juga tertera mengenai informasi penerima. Inilah kesempatan Anda untuk memeriksa rekening tujuan. Jika sudah, klik “confirm”.

10. Masukan kode PIN, lalu Transaksi Selesai

Setelah Anda menekan “confirm” bukan berarti saldo sudah terkirim. Namun Anda perlu melewati sistem keamanan Gopay terlebih dahulu untuk benar-benar mengirimkannya.

Anda akan di arahkan untuk memasukan beberapa digitt kode PIN yang telah Anda buat sebelumnyaa di Gopay. Nah jika kode PIN yang di masukan sudah benar, coba cek akun OVO Anda, apakah sudah bertambah dan apakah saldo Gopay berkurang sesuai jumlah transfer.

Baca juga : Cara Transfer Saldo GoPay ke ShopeePay Mudah dan Pasti Sampai

Jika jumlah saldo sudah berkurang, kemungkinan saldo Gopay And asudah masuk ke akun OVO tujuan. Karena proses transfer ini tidak memakan waktu lama, sama halnya seperti transfer di ATM.

Penutup

Bagaimana, melakukan transfer Gopay ke OVO sangat mudah bukan? Kini jika Anda ingin mentransfer saldo Gopay Anda ke OVO, cukup melakukan beberapa langkah sederhana di atas. Dengan aplikasi pperantara transfer uang seperti OY! Indonesia, kini kita kembali bisa mentransfer saldo Gopay ke OVO dengan biaya yang cukup murah.

Demikian tutorial transfer Gopay ke akun OVO. Nantikan tutorial lainnya yang mempermudah Anda dalam bertransaki di era digital. Selamat mencoba tutorialnya.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar

XM Trading Forex dan Saham, Bonus 15 sampai 500$
Daftar sekarang