Cara Transfer Saldo GoPay ke ShopeePay Mudah dan Pasti Sampai

Sering transfer saldo Gopay ke Shopeepay via virtual account Bank Mandiri, tapi sekarang kenapa tidak bisa ya? Ketika memasukan nomor VA Bank Mandiri dari Shopeepay dan menekan tombol “Verify” maka selalu muncul tulisan “This account is not supported”.

Ini artinya, sistem Gopay tidak mengenali nomor Virtual Account Shopeepay. Mungkin Anda yang sedang membaca artikel ini pernah mengalami hal serupa dan bertanya-tanya, kemungkinan apa yang salah dan mengulangi mengetik nomor VA Shopeepay.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan nomor VA Bank Mandiri yang Anda tekan, namun saat ini memang kebijakan transfer Gopay semakin ketat sejak adanya fitur transfer “To Bank Account”. Lalu apakah sekarang kita sudah benar-benar tidak bisa melakukan top up Shopeepay leway Gopay?

Nah ternyata ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk tetap bisa melakukan transfer saldo Gopay ke Shopeepay. Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana langkahnya secara lengkap. Namun sebelum bisa mentransfer saldo Gopay ke Shopeepay ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu.

Siapkan Akun OY! Indonesia

transfer saldo gopay ke shopeepay pakai aplikasi oy

Untuk Anda yang ingin melakukan transfer saldo Gopay ke Shopeepay, kini perlu menyiapkan akun OY! Indonesia terlebih dahulu. OY! Indonesia merupakan aplikasi perantara untuk mentransfer uang/saldo kita.

Untuk masalah keamanan, OY! Indonesia sudah mengantongi izin dan di awasi oleh BI (Bank Indonesia). Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi soal legalitasnya.

Jika Anda belum memiliki akun OY! Indonesia, maka Anda bisa segera membuatnya dengan mudah. Anda tinggal mendownload aplikasi tersebut melalui google play store ataupun appstore.

Lalu instal dan ikuti langkah pendaftarannya. Tenang saja, registrasi akun OY! Indonesia sangat mudah, cepat dan tentunya gratis. Akun OY! Indonesia Anda akan segera siap digunakan dalam beberapa menit saja.

Setelah akun Anda trdaftar, selanjutnya daftarkan nomor rekening bank sumber dana, ini sebagai penanda bahwa Anda memiliki akun rekening bank yang sah. Anda bisa mendaftarkan nomor rekening dari bank apa saja. Nah, pertanyaannya mengapa kita perlu menginstal aplikasi OY! Indonesia?

Ini karena kita tidak bisa mentransfer saldo Gopay ke Shopeepay secara langsung, namun perlu menggunakan aplikasi OY! Indonesia terlebih dahulu.

Jadi secara umum alur transfernya begini : Shopeepay-Gopay-OY! Indonesia-Shopeepay. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai berapa hal penting lainnya yang perlu Anda tahu sebelum melakukan transfer Gopay ke Shopeepay.

Biaya Admin Transfer

Anda akan dikenakan biaya transfer Gopay ke OY! Indonesia sebesar Rp. 2500/ transaksi. Sementara saat mentransfer saldo dari OY! Indonesia ke Shopeepay Anda tidak akan di kenakan biaya apapun alias gratis.

Baik dari pihak OY! Indonesia maupun Shopeepay tidak memiliki ketentuan biaya untuk hal ini. Untuk bisa mentransfer saldo, setidaknya minimal saldo yang Anda transfer adalah Rp. 10.000.

Selain itu, Anda akan menerima saldo yang di transfer dengan cepat hanya dalam beberapa detik saja setelah transfer di lakukan. Jadi tidak perlu menunggu lama.

Walaupun terkadang sistem Shopeepay sedikit agak lambat mengupdate saldo. Namun hal ini biasanya tidak akan berlangsung lama hingga berjam-jam.

Cara Transfer Saldo Gopay ke Shopeepay

Jika semuanya sudah siap, sekarang Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini!

1. Buka Aplikasi Shopee, Tap Menu”Shopeepay”, “Isi Saldo” dan Pilih “Bank Transfer”

transfer saldo gopay Buka Aplikasi Shopee, Tap Menu Shopeepay

Pertama-tama, kita perlu mendapatkan nomor VA Shopeepay agar bisa mengirimkan saldo dari aplikasi OY! Indonesia.

Jadi Anda harus masuk ke aplikasi Shopee dan masuk ke menu “Shopeepay”. Selanjutnya tap menu “Isi Saldo” dan “Bank Transfer”. Pilihlah Bank Mandiri pada kolom “Bank Transfer” lalu klik “Konfirmasi”.

2. Salin Nomor Virtual Account Bank Mandiri

Salin Nomor Virtual Account Bank Mandiri

Selanjutnya Anda akan mendapatkan Nomor VA Bank Mandiri dari Shopeepay. Tekan tombol “Salin” yang di sisi nomor VA untuk menyalin nomor tersebut. Nomor inilah yang akan menjadi jalan untuk menyimpan saldo Shopeepay Anda nanti. Lalu ikuti langkah berikutnya.

3. Buka Aplikasi OY! Indonesia

buka Aplikasi OY! Indonesia

Selesai dengan nomor VA Shopee, kini kita coba buka terlebih dahulu aplikasi OY! Indonesia. Tap menu “Transfer” pada aplikasi. Lalu pada layar akan muncul 2 opsi transfer yakni “Local Transfer” dan “International Transfer”. Pilihlah menu “Local Transfer”.

4. Tap Menu “Add New Receipient”

Tap Menu Add New Receipient

Tap “Receipient Bank” untuk menentukan Bank apa yang akan menjadi penerima baru. Karena sebelumnya untuk menampung saldo Shopeepay kita menggunakan nomor VA Bank Mandiri, maka pilihlah Bank Mandiri.

Lalu “Paste” nomor VA yang telah di salin sebelumnya pada halaman nomor VA Shopeepay. Jika ada kendala dalam memasukan nomor VA, Anda juga bisa mengetiknya secara manual dengan mengetik nomor 893 (lalu di lanjutkan dengan nomor hp Anda yang terdaftar di Shopeepay.

Pilih “Done” dan tunggu sampai ada checklist notifikasi berwarna hijau yang menandakan bahwa nomor VA yang Anda masukan sudah benar. Lalu klik “Continue”.

5. Masuk ke Halaman Transfer Detail

Masuk ke Halaman Transfer Detail

Setelah menekan tombol “Continue” selanjutnya Anda akan masuk ke halaman “Transfer Detail”. Di situ, adalah kesempatan Anda untuk memastikan nomor VA Shopeepay tujuan sudah benar. Kemudian isilah kolom “Amount” atau jumlah saldo yang ingin Anda transfer. Misalnya saja Rp. 20.000.

Anda juga di arahkan untuk memilih “Source of Fund” atau hubungkan akun bank. Pilihlah rekening bank yang Anda miliki. Misalnya saja Bank BCA, maka pilihlah Bank BCA sebagai Source of Fund Anda, lalu klik “Continue”. Kemudian Anda perlu memilih kategori transaksi, pilihlah salah satu kategori yang tersedia. Selanjutnya, klik “Continue”.

6. Masuk ke Halaman “Select Transfer Method”

Masuk ke Halaman Select Transfer Method

Secara umum biasanya OY! Indonesia memiliki 3 metode transfer yakni : Virtual Account, Manual Transfer dan Debit Card.

Namun memang setiap bank bisa saja menyediakan metode transfer yang berbeda. Nah, supaya lebih cepat, mudah dan gratis Anda bisa memilih metode Virtual Account saja.

7. Konfirmasi “Transfer Detail”

Konfirmasi Transfer Detail

Selanjutnya Anda akan masuk pada halaman konfirmasi “Transfer Detail”. Coba tekan menu “Copy” pada bagian samping nomor VA yang muncul di lama “Transfer to Virtual Account”.

Inilah nomor VA yang Anda butuhkan untuk di masukan ke sistem transfer Gopay nantinya. Untuk ini Anda memiliki waktu selama 3 jam untuk menyelesaikan transaksi. Jika lewat dari 3 jam maka nomor VA tidak akan berlaku lagi dan Anda harus mengulangi langkah-langkah di atas.

8. Buka Aplikasi Gojek dan Masuk Ke Menu “Pay”

Kini saatnya Anda membuka aplikasi Gojek (Gopay) dan masuk ke menu Pay. Lalu pada bagian menu Pay and Send, pilihlah menu “To Bank Account”.

9. Klik “Instant Transfer to New Account”

Klik Instant Transfer to New Account

Lalu klik “Instant transfer to a new account” dan pilihlah bank tujuan (penerima). Bank yang dipilih merupakan bank yang Anda gunakan di aplikasi OY! Indonesia.

Misanya jika sebelumnya menggunakan bank BCA maka pilihlah bank BCA. Pada kolom “Account Number” masukan nomor VA yang sebelumnya sudah Anda sali di aplikasi OY! Indonesia.

klik “Verify”, jika nomor VA sudah benar maka klik “Continue”. Pastikan bahwa nama pemilik akun bank BCA yang di tuju adalah PT Dompet Harapan Bangsa.

10. Tentukan Nominal Transfer

Tentukan Nominal Transfer

Kemudian Anda harus menentukan nominal transfer yang akan di lakukan. Masukan nominal yang yang sama dengan saat Anda memasukan jumlah transfer pada aplikasi OY! Indonesia.

Jika sebelumnya Anda memasukan nominal di aplikasi OY! maka di Gopay pun Anda harus memasukan nominal Rp. 20.000. Setelah yakin, klik “Continue” dan “Comfirm”.

11. Masukan PIN atau Verifikasi Fingerprint

Anda akan di arahkan pada halaman PIN/verifikasi fingerprint. Di sini Anda perlu memaukan kode PIN ataupun fingerprint. Jika PIN sudah benar maka secara otomatis saldo Gopay akan berpindah ke Shopeepay sesuai nominal yang Anda tentukan.

Beberapa Alternatif Aplikasi Perantara Transfer yang Lain

Selain OY! Indonesia, sebenarnya Anda bisa menggunakan aplikasi lain yang sejenis. Berikut adalah beberapa alternatif aplikasi transfer yang bisa Anda gunakan seperti :

1. Flip

Selain OY! Indonesia, Anda bisa menggunakan flip untuk melakukan transfer Gopay ke Shopeepay. Flip merupakan aplikasi yang menjadi jembatan transfer antar bank tanpa biaya admin (gratis).

Anda tidak perlu khawatir soal legalitas, karena walaupun bukan bank Flip sudah memiliki lisensi dari Bank Indonesia.

Namun ada batas maksimal transfer, yakni Rp. 5 juta. Jika melebihi dari itu, maka akan terkena biaya admin sebesar Rp. 2500/ transaksi.

Selain itu, saat ini Flip baru melayani transfer antar bank gratis untuk 16 bank di Indonesia .Dalam proses nominal transfer, Anda akan di berikan 3 digit kode unik. Nah 3 digita angka ini di simpan sebagai deposit, jadi nantinya bisa di ambil jika sudah mencapai Rp. 10.000.

2. neu

Pernah dengar aplikasi neu? Aplikasi ini juga merupakan aplikasi transfer antar bank sejenis OY! Indonesia dan Flip. Lewat aplikasi neu Anda juga akan di berikan 3 digit angka dalam transaksi transfernya. Namun 3 digit kode unik saat transfer ini tidak di simpan sebagai deposit melainkan sebagai biaya layanannya.

Anda bisa melakukan transfer saldo Gopay ke Shopeepay melalui aplikasi neu dengan menggunakan menu neutransfer. Beberapa bank yang bisa di gunakan dalam layanan ini seperti  BCA, Mandiri, Digibank, BNI, BRI, Jenius, dll.

Baca juga : Langkah-Langkah dan Cara Daftar Grabfood Online, Pasti Diterima!

Selain transfer antar bank, neu juga punya fasilitas budgeting yang bisa membantu Anda mengelola keuangan. Aplikasi ini kini sudah bisa di download melalui googleplaystore maupun appstore.

3. DANA

Anda mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi DANA. Jika Anda tidak punya ketiga aplikasi diatas dan hanya memiliki aplikasi e-wallet DANA, maka Anda juga bisa mencoba memanfaatkannya sebagai perantara transfer Gopay ke Shopeepay. DANA juga melayani transfer antar bank gratis hingga 10x/ bulan.

Penutup

Gopay ini kini tidak hanya digunakan untuk bertransaksi lewat aplikasi gojek, namun Gopay juga sering digunakan untuk transaksi di berbagai merchant lainnya yang bekerjasama dengan Gopay. Sekarang, restoran manapun sepertinya menyediakan metode pembayaran menggunakan Gopay, tinggal scan barcode maka secara otomatis transfer saldo Gopay akan terjadi. Walaupun begitu, saat ini e-wallet lain juga tidak kalah menariknya. Misalnya saja Shopeepay, Terkadang kita perlu melakukan top-up dari saldo Gopay kita.

Seiring berkembangnya e-wallet di Indonesia nampaknya masing-masing e-wallet mulai memikirkan bagaimana cara mempertahankan saldo pada ekosistem platformnya. Sehingga pembaharuan ketentuan transfer mulai di lakukan seperti halnya Gopay saat ini. Kita mungkin tidak bisa langsung mentransfer saldo Gopay ke e-wallet lain seperti Shopeepay, tapi dengan beberapa langkah seperti di atas hal itu masih mungkin dilakukan.

Baca juga : Bagaimana Cara Transfer Saldo OVO ke DANA dan ke GoPay

Bagikan ;

Tinggalkan komentar

XM Trading Forex dan Saham, Bonus 15 sampai 500$
Daftar sekarang