Bagaimana Cara Transfer Saldo OVO ke DANA dan ke GoPay

“Transfer saldo OVO atau Gopay aja ya!” Kita mungkin tidak asing mendengar permintaan transaksi seperti itu. Di era digital seperti saat ini, nampaknya e-wallet (dompet digital) sudah menjadi lifestyle masyarakat Indonesia.

Selain lebih mudah, banyak kelebihan yang di tawarkan e-wallet sehingga setidaknya kita pasti punya salah satu e-wallet yang terinstall di smartphone.

Misalnya saja keamanan transaksi lebih terjamin karena di sertai PIN, memiliki fitur riwayat transaksi yang bisa di lihat dengan mudah untuk melacak pengeluaran dan biasanya ada promo-promo menarik yang bisa di nikmati oleh pengguna.

Salah satu e-wallet yang paling banyak di install karena sempat memberikan cashback poin besar-besaran adalah OVO. Mau beli barang atau tiket nonton, tinggal scan barcode OVO. Atau bisa saja tinggal transfer saldo OVO ke teman untuk bayar makan siang. Semuanya serba praktis!

Sebenarnya, e-wallet besar dan terkenal di Indonesia bukan hanya OVO, tapi juga ada e-wallet lain seperti Gopay dan DANA.

Masalahnya, terkadang ketika menggunakan OVO, pembayaran justru menuntut untuk mentransfer saldo ke Gopay ataupun DANA. Apakah akhirnya transaksi kita harus di batalkan karena berbeda e-wallet? Tentu saja tidak!

Kita masih bisa bertransaksi sekalipun harus mentransfer saldo OVO kita ke e-wallet lain seperti Gopay atau DANA. Bagaimana caranya? Namun sebelum itu, Anda perlu memahami beberapa hal penting terkait aturan saldo maupun transfer di OVO.

Mengenal Ketentuan Saldo dan Transfer OVO

Seperti aplikasi e-wallet pada umumnya, OVO juga memiliki ketentuan mengenai saldo maupun layanan transaksinya. Sebelum mentransfer saldo OVO ke akun Gopay atau DANA tujuan, Anda wajib mengetahui beberapa hal penting berikut!

1. Minimal Transfer OVO

Perlu Anda ketahui, bahwa ada batas minimal saldo OVO agar bisa mentransfernya. Minimal saldo OVO yang Anda transfer yakni Rp. 10.000. Dari mana sumber dananya? Karena seperti yang kita ketahui, OVO memiliki beberapa media sumber dana seperti :

  • OVO cash (dana cash kita dari top up)
  • OVO point (nominal point yang di dapatkan saat bertransaksi di merchant OVO sesuai ketentuan) dan juga,
  • OVOpaylater (dana pinjaman dari OVO)

Saldo ini berasal dari OVO cash, jadi Anda tidak bisa mentransfer saldo OVO yang berasal dari OVO point ataupun OVOpaylater.

2. Ada Biaya Transfer yang di Bebankan Pada Pengirim

Untuk melakukan transfer saldo ke sesama pengguna OVO maka Anda tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis.

Namun jika Anda hendak mentransfer saldo ke luar pengguna OVO biasanya dikenakan biaya sebesar Rp. 2500/ transfer yang akan di potong dari saldo pengirim.

Biaya ini tentu lebih murah di banding transfer antar bank melalui rekening bank yang biasanya bisa kena biaya Rp. 6000/ transfer.

Jadi untuk Anda yang memiliki kebutuhan untuk transfer rutin ke berbagai bank, menggunakan OVO untuk transfer bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghemat biaya transfer antar bank.

3. Biaya Top Up Saldo OVO

Tentu saja, agar kita bisa mentransfer saldo OVO, kita harus melakukan top up terlebih dahulu. Untuk mengisi saldo OVO bisa melalui beberapa cara seperti :

  • Alfamart
  • Driver grab
  • Booth OVO
  • Transfer ATM ataupun mobile banking

Biaya top up setiap merchant berbeda-beda. Anda bisa terkena biaya Rp. 1.000 hingga Rp. 5.000/ top up. Namun rata-rata hanya Rp. 1.000 saja.

Begitupun dengan minimal top up per-merchant yang bisa berbeda-beda. Sehingga jika jumlah transfernya besar dan sudah di kalkulasikan, Anda bisa top-up saldo OVO satu kali saja, dengan begitu pengeluaran biaya admin top upnya pun tidak perlu kita bayar berulang kali.

Namun, ada aturan kapasitas penyimpanan saldo OVO sesuai jenis keanggotaan OVO Anda.

4. Ada Ketentuan Maksimal Limit Saldo dan Transfer OVO

Jika membership Anda masih OVO Club, Anda perlu meng-upgrade ke OVO Premier untuk mendapatkan kemudahan fasilitas transfer ke sesama OVO atau pun ke semua bank.

Dengan OVO Premier, Anda juga bisa menyimpan saldo dan transfer dengan limit hingga Rp. 10.000.000 dari yang awalnya maksimal hanya Rp. 2.000.000. Untuk meng-upgrade ke OVO premier, cukup siapkan KTP dan ikuti langkah yang upgrade di menu OVO ID.

Jadi sebelum transfer, pastikan bahwa membership Anda sudah upgrade ke OVO premium. Jika tidak, Anda tidak akan bisa mentransfer saldo OVO Anda.

Nah, sudah jelas kan ketentuan saldo dan transfer OVO? Selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara transfer saldo OVO ke Gopay dan DANA.

Transfer Saldo OVO ke Gopay

OVO dan Gopay memang jelas merupakan e-wallet yang berbeda, namun keduanya pasti masih terhubung dengan sistem keuangan umum seperti bank.

Sehingga masih sangat memungkinkan untuk melakukan transfer dari OVO ke Gopay. Anda bisa mentransfer saldo OVO ke Gopay dengan beberapa langkah berikut ini!

1. Buka Aplikasi OVO dan Pilih Menu Transfer

 Buka Aplikasi OVO dan Pilih Menu Transfer

Jika Anda sudah mengupgrade ke OVO Premier, bukalah aplikasi OVO Anda dan pilih menu “Transfer”. Setelah itu pilih menu “Ke Rekening Bank”.

2. Tap Kolom Bank Tujuan dan Isi Nomor Rekening Tujuan

Tap Kolom Bank Tujuan dan Isi Nomor Rekening Tujuan

Selanjutnya coba tap kolom “Bank Tujuan” dan pilihlah Bank Permata. Pada kolom “Nomor Rekening Tujuan”, masukan kode bank permata terlebih dahulu yakni 898 yang di ikuti oleh nomor hp yang di gunakan oleh akun Gopay tujuan yang Akan menerima transfer salo dari OVO, misalnya 898089667788990.

Atau, Anda juga bisa memilih Bank CIMB Niaga dan memasukan kode 2849 yang ikuti nomor akun Gopay tujuan, contohnya 2849089667788990. Biaya admin transfernya sama yakni Rp. 2500/transfer.

3. Tap Kolom Nominal Transfer

Tap Kolom Nominal Transfer saldo ovo ke gopay

Seperti prosedur transfer biasanya, kita perlu menentukan jumlah nominal yang akan di transfer. Untuk itu, tap kolom “Nominal Transfer” yang ada pada aplikasi OVO Anda dan masukan jumlah uang yang akan Anda transfer ke Gopay.

Di bawah kolom nominal transfer terdapat kolom pesan. Kolom pesan ini bisa di isi untuk keterangan transaksi yang di lakukan dan boleh juga di kosongkan. Setelah jumlah transfer di isi, lalu tekan tombol “Lanjutkan”

4. Konfirmasi Identitas Penerima dan Jumlah Transfer

Konfirmasi Identitas Penerima dan Jumlah Transfer ovo ke gopay

Setelah Anda menekan tombol “Lanjutkan”, maka Anda akan masuk pada halaman konfirmasi jika nomor rekening Gopay sudah benar.

Pada halaman tersebut, akan muncul nama penerima, sumber dana transfer (OVO cash), pesan (jika di isi) dan juga detail nominal transfer serta biayanya. Jika sudah yakin benar, maka Anda bisa menekan tombol “Transfer”

5. Verifikasi PIN

Untuk keamanan yang lebih baik dalam menggunakan e-wallet OVO, sebaiknya Anda mengaktifkan fitur PIN saat transaksi. Jika sudah, maka sistem akan meminta Anda untuk memasukan kode PIN setelah menekan tombol “Transfer”.

Lalu jumlah saldo OVO yang telah Anda tentukan sebelumnya akan segera berpindah ke akun Gopay tujuan Anda.

Transfer Saldo OVO ke DANA

Sebenarnya, mentransfer saldo OVO ke akun DANA tidak jauh berbeda dengan mentransfer saldo OVO ke Gopay. Hanya saja ada perbedaan pada nomor rekening transfer. Lalu bagaimana cara transfer saldo OVO ke DANA? Begini caranya!

1. Buka Aplikasi OVO di hp Anda

buka aplikasi OVO

Sama seperti transfer saldo OVO ke Gopay, Anda harus mengupgrade dulu ke OVO premier agar bisa mentransfer ke DANA. Jika sudah klik menu “Transfer” yang ada di dashboard aplikasi OVO Anda.

2. Tap Kolom Rekening Tujuan dan Isilah Nomor Rekening Tujuan

Tap Kolom Rekening Tujuan dan Isilah Nomor Rekening Tujuan

Selanjutnya, Anda akan menemukan kolom “Rekening Tujuan, “Nomor Rekening” dan juga “Pesan”. Untuk mengisinya, pertama-tama Anda harus memilih rekening Bank tujuan dengan cara tap “Rekening Tujuan”.

Disana ada berbagai jenis bank, lalu pilih Bank Permata. Masukan kode 8528 di kolom “Nomor Rekening Tujuan” di ikuti nomor akun DANA tujuan (penerima transfer). Contohnya 8528081245645678.

3. Isi Nominal Transfer

Isi Nominal Transfer OVO ke DANA

Tentukan jumlah saldo OVO yang ingin Anda kirimkan dengan mengisi kolom “Nominal Transfer”. Sama seperti ketentuan transfer saldo OVO pada umumnya, setidaknya saldo yang Anda transfer ke akun DANA tujuan adalah Rp. 10.000.

Namun Anda harus ingat bahwa ada biaya aadmin sebesar Rp. 2500 yang di potong dari saldo Anda. Jadi pastikan saldo Anda cukup untuk jumlah transfer dan juga biaya adminnya.

4. Konfirmasi Nomor Akun DANA (Penerima) dan Jumlah Transfer

Konfirmasi Nomor Akun DANA (Penerima) dan Jumlah Transfer

Untuk memastikan bahwa nomor akun DANA penerima maupun jumlah transfer sudah benar, selanjutnya sistem akan membawa Anda ke halaman konfirmasi.

Di halaman tersebut akan tertera nomor akun DANA tujuan, jumlah transfer dan biaya adminnya sebesar Rp. 2500 serta pesan (jika Anda menuliskannya).

Inilah kesempatan Anda untuk memerikasa kembali apakah transaksi sudah sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika masih ingin mengubahnya, Anda bisa menekan tombol “Batal”, namun jika sudah yakin maka tekan tombol “Transfer”

5. Masukan Kode PIN OVO

OVO kini sudah memiliki fitur kode PIN sebelum transfer. Sistem ini tentu akan meningkatkan rasa aman dalam menggunakan e-wallet.

Nah, sama dengan transaksi lainnya, sebelum saldo OVO benar-benar berpindah ke akun DANA, nantinya sistem akan meminta Anda memasukan beberapa digit kode PIN.

Anda tinggal mengetiknya dan jika kode PIN sudah benar secara otomatis saldo OVO akan terkirim ke akun DANA tujuan.

Cara Registrasi OVO

Terakhir, untuk Anda yang belum pernah menggunakan e-wallet OVO Anda bisa melakukan registrasi aplikasi OVO dengan beberapa langkah ini!

  • Download aplikasi OVO di playstore atau appstore (untuk mengguna iphone)
  • Isilah kolom data-data pribadi yang di perlukan, termasuk nomor hp atau email yang masih aktif
  • Masukan kode OTP yang di kirimkan melalui SMS ataupun email yang Anda daftarkan
  • Tunggulah beberapa saat, sistem memproses dan memverifikasi data yang Anda kirimkan
  • Buat kode PIN dan Akun OVO Anda sudah bisa digunakan

Registrasi OVO sangat mudah dan cepat. Anda bisa mencoba sekarang.

Baca juga : Fitur Terbaik di GoPay Gojek dan OVO

Penutup

Jadi, apakah bisa melakukan transfer saldo OVO ke Gopay ataupun DANA? Jawabannya, tentu bisa! Anda tinggal mengikuti langkah-langkah di atas, lalu saldo OVO Anda akan segera di terima oleh e-wallet Gopay atau DANA yang Anda tuju dengan cepat. Nah itulah cara transfer saldo OVO ke Gopay atau DANA. Mudah bukan?

Bagikan ;

Tinggalkan komentar