Cari Uang Online dengan Blogging Pentingnya Riset Keyword untuk SEO

Suka menulis blog? Kini Anda bisa mencari uang secara online lewat blogging dengan memonetisasi blog Anda. Seperti sambutan pembuka google adsense saat Anda mengunjungi situsnya, “Membuat konten membutuhkan waktu, namun meraih penghasilan darinya seharusnya tidak demikian”.

Ya, kini saatnya Anda menghasilkan lewat tulisan, namun sebelum hal itu bisa terjadi tentunya ada hal-hal yang perlu Anda lakukan, salah satunya adalah riset keyword.

Blog yang menghasilkan adalah tentang traffic, dan traffic sangat berhubungan erat dengan kata kunci yang tepat pada blog ataupun artikel yang Anda tulis. Coba bayangkan, suatu perusahaan media yang sepi pembaca. Jika sudah tidak ada lagi yang ingin membaca tulisan mereka bukankah lama-lama perusahan tersebut akan tutup?

Begitu juga dengan blog kita. Jika tidak ada yang membaca lalu dari mana kita bisa menghasilkan? Karena justru banyaknya orang yang tertarik dan membaca tulisan akan meningkatkan performa di mata search engine.

Jika blog semakin mudah di temukan dan populer maka kran-kran penghasilan online dari blog bisa berdatangan, mulai dari adsense, menawarkan jasa/layanan, menawarkan produk barang, afiliasi dll. Semakin tinggi traffic blog semakin tinggi pula income yang bisa Anda dapatkan dari blog. Itulah mengapa riset keyword menjadi sangat penting jika Anda memang ingin menghasilkan lewat blogging.

Sebelum masuk ke pembahasan riset kata kunci, jika Anda masih pemula dalam mengembangkan blog ada baiknya menyimak beberapa penjelasan penting di bawah ini!

Apa itu SEO?

SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah cara untuk mengoptimasi sebuah situs agar bisa menjadi ranking pertama atau berada di halaman pertama mesin pencari seperti google. Anda pasti pernah melakukan googling untuk mencari informasi tertentu bukan? Ketika membuka google dan mengetikan kata kunci, situs mana yang cenderung Anda klik?

Tentunya situs-situs yang ada di halaman pertama bukan? Contoh, Anda menuliskan “Baju gamis murah”. Lalu beberapa situs yang menggunakan keyword tersebut akan muncul di halaman pertama. Nah, inilah tujuan dari SEO. Bukan hanya untuk traffic yang tinggi tapi juga tepat dalam membidik pasar.

Ada ribuan situs yang bersaing dengan kata kunci yang sama, namun hanya beberapa saja yang bisa menembus halaman pertama google dan mendapatkan perhatian pengunjung lebih banyak. Agar bisa meraih traffic yang tinggi dan tepat dalam membidik pengunjung, ada aturan-aturan search engine seperti Google yang perlu di ikuti.

Sebenarnya ada banyak search engine selain Google. Tapi karena Google termasuk search engine terbesar dan kebanyakan di pilih orang untuk browsing, sehingga dalam hal ini SEO akan membantu Anda untuk membuat blog sesuai dengan aturan Google.

Cara Kerja Search Engine

Ketika Anda menulis “Baju gamis murah” di halaman pencarian Google dan muncul beberapa situs di halaman pertama, maka situs-situs tersebut merupakan situs yang menggunakan kata kunci “Baju gamis murah”. Kira-kira kenapa ya situs-situs tersebut bisa muncul ke halaman awal Google dengan keyword tersebut sedangkan ribuan situs lainnya dengan kata kunci yang sama tidak?

Untuk menjawabnya mari kita cari tahu dulu bagaimana sih cara kerja search engine Google.

  • Proses Crawling
    Crawling atau juga di sebut perayap web adalah proses search engine dalam mencari dan memindai konten-konten yang ada di World Wide Web. Biasanya hal ini di lakukan oleh Google Bot. Jadi ketika Anda membuat sebuah konten, URL dari konten Anda belum langsung bisa terindex oleh Google, namun proses awalnya harus bisa terpindai dulu oleh Google Bot. Dengan melalui proses crawling, konten dan situs Anda baru bisa di temukan oleh orang-orang di mesin pencari dengan kata kunci tertentu.
  • Proses Indexing
    Jika sudah melalui proses crawling, hasilnya berupa URL akan tersimpan dalam index. Proses inilah yang di sebut dengan indexing. Tujuannya agar halaman situs Anda bisa benar-benar terindex google dan di temukan pengunjung. Anda bisa melihat apakah halaman situs Anda sudah terindeks Google ataukah belum melalui salah satu tools yang ada di Google Console (inspeksi URL).
  • Query
    Nah, di sebrang sana pengguna akan mencari situs dengan mengetikan kata kunci di Google. Kata kunci inilah yang menjadi modal dasar mesin pencari untuk mempertemukan situs Anda dengan user Google. Oleh karena itu, kecocokan keyword sangatlah penting.
  • Algoritma Search
    Dari keyword tersebut, tugas mesin pencari selanjutnya adalah mencari situs di index berdasarkan algoritma supaya bisa mendapatkan situs-situs terbaik dari keyword tersebut. Variabel-variabel dari algoritma inilah yang juga harus di pelajari oleh para blogger agar situsnya bisa mendapatkan perhatian ekstra dari Google. Selanjutnya barulah situs muncul di halaman Google, dan biasanya orang-orang hanya akan membuka situs-situs yang ada di halaman pertama saja.

Pentingnya Kata Kunci

Setelah memahami cara kerja mesin pencari Google diatas, terlihat kan seberapa pentingnya kata kunci bagi traffic dan ketepatan membidik pengunjung situs? Melalui Google, penggunalah yang menentukan ingin membaca topik apa.

Disisi lain ada banyak juga situs-situs lain yang menggunakan kata kunci yang sama, jadi dengan kata lain meskipun kata kunci kita tepat tapi kita harus bersaing dengan situs-situs lain. Maka dari itu tujuan dari riset keyword yang akan di lakukan adalah untuk :

  • Menulis topik yang di minati atau ada pembacanya
  • Mengukur tingkat kompetisi kata kunci (keyword)
  • Menemukan kata kunci yang bisa menghasilkan konversi (jika Anda ingin membuat blog untuk menghasilkan penjualan produk/jasa tertentu)

Tips Riset Keyword (Kata Kunci) Untuk SEO

Ada beberapa hal yang penting untuk di perhatikan saat melakukan riset keyword SEO, dianataranya :

1. Perhatikan Jumlah Pencarian

Perhatikan Jumlah Pencarian
Perhatikan Jumlah Pencarian

Jumlah pencarian adalah variable yang harus Anda pertimbangkan saat mencari kata kunci SEO. Walaupun intinya sama, tapi kita harus memperhatikan dari sisi pengguna, dalam hal ini adalah kata kunci apa yang lebih sering di gunakna oleh pengguna google untuk topik tersebut.

Karena ternyata banyak kasus, walaupun kualitas artikel yang telah di tulis sudah lebih baik dari pada blog pesaing, jika Anda menggunakan kata kunci yang kurang populer maka traffic Anda akan cenderung lebih sedikit pula.

Pelajari juga Cara Membangun Backlink Berkualitas Website Bisnis.

Misalnya jika kata kunci “Mengatur keuangan” lebih populer ketimbang “Mengelola keuangan”. Maka pilihlah “Mengatur keuangan” sebagai kata kunci blog Anda. Dengan begitu perlahan pengunjung situs Anda akan lebih banyak, apalagi jika kualitas konten Anda lebih lengkap dan menarik.

2. Pahami Search Intent

Kata kunci memang sudah di ketikan pada mesin pencari namun ada yang tak kalah penting untuk Anda pahami dari pengguna yakni tujuan utama pengguna. Dengan kata lain, “apa sih yang sebenarnya di cari oleh pengguna dengan kata kunci tersebut?” Apakah definisi mengatur uang, cara mengatur uang, tools mengatur uang, dan sebagainya.

Banyak sekali kemungkinan topik yang ingin di cari tahu oleh pengguna melalui seacrh engine. Tapi untuk mendapatkan kata kunci yang bisa menghasilkan traffic yang tinggi Anda perlu mencari tahu tentang hal ini. Caranya?

  • Menggunakan pemikiran rasional Anda sendiri
    Maksudnya, Anda bisa mencoba menganalisis bagaimana target pengunjung Anda. Apa yang ingin mereka cari tahu saat menuliskan kata kunci tersebut. Misalnya Anda jika Anda tahu bahwa dengan kata kunci “Mengatur uang” salah satu informasi yang paling ingin di cari oleh target pengguna adalah mengenai cara mengatur uang untuk gaji kecil. Maka Anda bisa menulis judul artikel “10 Cara Mengatur Uang yang Efektif Untuk Gaji Kecil”
  • Cek kata kunci di Google
    Selain itu, Anda juga bisa mengecek kata kunci di Google karena salah tujuan dari penggunaan kata kunci SEO adalah agar bisa masuk ke halaman pertama Google. Ketika Anda mengetikan kata kunci tersebut di google, Search intent apa yang banyak muncul di halaman pertama. Hasilnya bisa Anda jadikan sebagai salah satu inspirasi untuk mengembangkan judul.

3. Pahami Lebih Dalam Tentang Target Pengunjung Situs Anda

Riset keyword SEO Pahami Lebih Dalam Tentang Target Pengunjung
Pahami Lebih Dalam Tentang Target Pengunjung Situs Anda

Sejak awal perspektif pengunjung situs adalah hal yang sangat penting untuk meningkatkan traffic. Kebiasaan dan perilaku konsumen adalah salah satu pijakan dasar dalam membangun konten di situs.

Untuk memahami target pengunjung Anda secara mendalam Anda bisa melakukan dengan 2 cara yakni dengan melakukan brainstorming atas ide-ide yang Anda miliki dan juga menggunakan tools.

Kemampuan brainstorming ini sangatlah penting untuk Anda miliki. Karena ini adalah tools dasar Anda dalam menganalisis target pasar. Tools keyword nantinya berfungsi sebagai alat tambahan untuk memperdalam dan meningkatkan akurasi atas pemahaman Anda terhadap pasar.

Untuk mulai melakukan brainstorming, Anda bisa memulai dengan topik yang ingin Anda tulis. Lalu kembangkan topik tersebut dan buatlah daftar jadwal konten yang akan di buat. Misalnya, Anda ingin membuat konten dengan topik “Mengatur uang”, Anda bisa mengembangkan menjadi beberapa judul konten seperti :

  • Cara mengatur uang yang benar dan baik
  • Cara mengatur uang untuk karyawan yang bergaji kecil
  • Cara mengatur uang untuk pemula
  • Cara mengatur uang pasangan muda
  • dll

4. Perhatikan Kata Kunci Turunan

Selain kata kunci utama, kata kunci turunan yang tepat juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan traffic. Kata kunci turunan adalah pengembangan dari kata kunci utama. Bahkan mungkin lebih bisa mendatangkan traffic karena lebih banyak di cari.

Misalnya, kata kunci utama Anda adalah “Mengelola uang” maka ada beberapa kata kunci turunan yang bisa dikembangkan. Contoh :

  • Cara mengelola uang di masa pandemi
  • Tips mengelola uang saat resesi ekonomi
  • Strategi mengelola uang supaya cepat kaya
  • dll

Anda bisa meriset kata kunci turunan menggunakan SEO Tools. Salah satu tools SEO yang terkenal yakni SEMRush Keyword Magic dari SEMRush. Tools lainnya, bisa juga menggunakan situs neilpatel.com

5. Riset Tingkat Persaingan

Cara Riset Keyword SEO Untuk Cari Uang Online dengan Blogging
Riset Tingkat Persaingan

Sudah membuat artikel yang berkualitas dan menggunakan kata kunci yang banyak di cari orang, tapi kok halaman situs tetap tidak naik kelas ya?

Mungkin salah satu sebabnya adalah pada tingkat persaingan keyword yang Anda gunakan sangat ketat. Fokus untuk memperhatikan jumlah pencarian kata kunci memang bagus, tapi jangan lupakan mengenai tingkat persaingannya.

Karena tentunya pengguna keyword utama dan keyword turunan bukan hanya Anda. Tapi ada rubuan bahkan mungkin ratusan ribu situs dengan keyword yang sama.

Jika Anda baru mulai menulis blog, disarankan untuk memakai keyword dengan tingkat persaingan medium saja. Untuk menemukan keyword utama dan turunan di tingkat medium, Anda bisa menggunakan SEO tools yang sama dengan tools yang telah di sebutkan pada poin sebelumnya.

Penutup

Itu dulu tips seputar riset keyword (kata kunci) untuk SEO. Nanti kita lanjutkan pembahasan seputar keyword dan SEO di lain kesempatan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menghasilkan uang secara online dari blogging.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar