CGS-CIMB, Sekuritas Asing dengan Aplikasi Trading Multi-Platform

Sejak zaman dulu kala, manusia memang selalu berusaha untuk menambah pundi-pundi keuangannya dengan berbagai cara. Cara yang paling populer jelas adalah menabung di bank, membeli emas dan membeli rumah atau tanah. Namun itu dulu, perkembangan zaman membuat pola investasi pun ikut berubah.

Investasi pun berkembang ke arah modern dengan menawarkan sekuritas alias efek. Bahkan dalam sekuritas ini sendiri, ada banyak sekali instrumen investasi yang dipilih seperti surat berharga komersial, obligasi, kontrak berjangka, surat pengakuan hutang dan tentunya reksadana serta saham.

Dalam perjalanannya, dibandingkan investasi konvensinal, saham menjadi sebuah primadona baru karena mampu menawarkan cuan yang sangat besar. Bahkan salah satu orang terkaya di dunia ini yakni Warren Buffett, meraup pundi-pundi dolarnya yang mencapai ratusan triliun Rupiah itu berkat saham. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk terjun ke dunia investasi saham.

Baca juga: Tetap Cuan, Inilah 10 Saham Terbaik di Era New Normal

Hanya saja berbeda dengan investasi emas, properti atau deposito yang bisa dilakukan langsung secara individu, investasi saham mengharuskan Anda menggunakan bantuan perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas ini akan bertugas sebagai perantara antara investor dan pasar modal dalam transaksi jual-beli efek. Tingginya minat akan instrumen efek inilah yang membuat jumlah perusahaan sekuritas di Indonesia terus bertambah. Salah satu yang paling populer adalah CIMB Sekuritas yang dimiliki oleh CIMB Niaga.

Mengenal CIMB Sekuritas

tampilan website CGS-CIMB Sekuritas (1)

CIMB Niaga adalah salah satu bank swasta yang cukup banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Sebagai bagian dari CIMB Group, perusahaan jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia, CIMB Niaga membuktikan kalau dirinya adalah salah satu sektor finansial berkualitas yang memang layak dipilih.

Mampu mencapai status sebagai bank terbesar keempat di Indonesia dari sisi aset, CIMB Niaga pun terus melakukan pengembangan bisnisnya dan terjun ke pasar modal lewat CIMB Sekuritas. Mendukung penuh visi induk perusahaan sebagai grup jasa keuangan terkemuka dan percaya di tingkat Asia, PT CIMB Sekuritas Indonesia bertransformasi menjadi PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia.

Sekadar informasi, CGS-CIMB adalah sebuah perusahaan joint venture antara CIMB Group Holding Berhard (CIMB) dan China Galaxy Securities (CGS) pada Januari 2018 silam. Demi memberikan pelayanan yang maksimal, CGS-CIMB sudah memperoleh izin atas nama CIMB Sekuritas Indonesia dalam melakukan kegiatan penjaminan emisi, perantara dan pedagang efek dari BAPEPAM-LK (Badan Pengurus Pasar Modal).

Perizinan pialang saham alias broker itu melalui Surat Keputusan No. KEP-92/PM/1992 dan No. KEP-93/PM/1992, keduanya tanggal 29 Februari 1992. Dengan demikian, CGS-CIMB resmi melakukan seluruh kegiatan bisnis dengan aman dan profesional karena sudah terdaftar sekaligus diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Anda sebagai investor pun tidak akan merasa khawatir lagi.

Cara Daftar di CGS-CIMB Sekuritas

tampilan website CGS-CIMB Sekuritas (2)

Meskipun merupakan sekuritas asing, sepak terjang CGS-CIMB di Indonesia tidaklah bisa diremehkan. Bahkan pada tahun 2019 lalu, mereka berhasil masuk dalam 10 besar perusahaan sekuritas terbaik di Tanah Air dengan frekuensi perdagangan tertinggi. Tak main-main, ada lebih dari 499 ribu transaksi yang terjadi baik di pasar reguler dan non reguler.

Total volume transaksi yang dilakukan oleh CGS-CIMB Sekuritas ini bahkan menembus Rp13,37 triliun dengan 9.211 lot saham! Dibantu oleh jaringan CIMB yang ada di Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietna, China, Bahrain, Amerika Serikat hingga Britania Raya, CGS-CIMB Sekuritas memang tak diragukan lagi kalau sangat layak dipilih.

Baca juga: IHSG Anjlok, Inilah 9 Rekomendasi Saham yang Bisa Dibeli Investor

Demi memudahkan calon investor, CGS-CIMB Sekuritas pun menawarkan tiga pilihan proses pendaftaran seperti berikut ini:

  1. Datang ke kantor cabang CGS-CIMB terdekat. Sejauh ini kantor cabang CGS-CIMB bisa ditemukan di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang dan Medan. Sementara untuk Investment Gallery, dibuka juga di Solo dan Yogyakarta. Kantor pusat CGS-CIMB di Indonesia terletak di IDX Tower, Jakarta
  2. Menghubungi nomor telepon resmi di 021-2996 1800 atau mengirim email ke jk.itrade@cimb.com, untuk pengajuan pembukaan rekening efek. Pihak CGS-CIMB akan mengirimkan berkas-berkas formulir ke alamat nasabah dengan jasa pos
  3. Buka rekening sekuritas online di https://register.cgs-cimb.co.id/

Agar proses pendaftaran itu bisa berlangsung lancar, pastikan Anda melengkapi diri dengan berbagai dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat registrasi. Apa saja? Berikut di antaranya:

  • Fotokopi kartu identitas diri (KTP, paspor, KITAS)
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi rekening bank yang memperlihatkan nomor rekening bank dan nama pemiliknya secara jelas
  • Informasi slip gaji tiga bulan terakhir atau rekening koran
  • Fotokopi bukti setoran dana atau efek
  • Pernyataan risiko investasi

Tentunya jika Anda melakukan pendaftaran online, pastikan seluruh dokumen itu sudah dalam bentuk digital, sehingga bisa langsung diunggah saat mendaftar. Kalau proses pendaftaran sudah diterima, maka Anda tinggal menanti User ID dan password yang digunakan untuk login di iTrade.

Hal-Hal yang Perlu Diketahui di CGS-CIMB Sekuritas

tampilan aplikasi iTrade

Melalui proses pendaftaran online, CGS-CIMB memang menawarkan keunggulan yakni waktu yang dibutuhkan sangat singkat. CGS-CIMB mengklaim kalau proses pendaftaran online bisa dilakukan dalam waktu satu hari saja. Supaya semakin mantap dan bisa langsung melakukan pendaftaran, berikut beberapa hal yang wajib Anda ketahui terlebih dulu soal CGS-CIMB Sekuritas:

  1. Ada tiga pilihan RDN (Rekening Dana Nasabah) yang ditawarkan oleh CGS-CIMB. Di mana kalau mendaftar online, secara otomatis RDN-nya adalah BCA. Namun kalau daftar di jalur konvensional, Anda bisa memperoleh tambahan RDN dari bank Mandiri dan CIMB Niaga sendiri
  2. Deposit awalnya mulai dari Rp1 juta
  3. Ada empat rekening investasi yang ditawarkan yakni rekening saham reguler, rekening margin, rekening REPO (Repurchasing Agreement) dan rekening obligasi
  4. Fee transaksi yang ditetapkan oleh CGS-CIMB Sekuritas sebesar 0,18% untuk transaksi pembelian dan 0,28% untuk transaksi penjualan
  5. Untuk keperluan transfer saham ke broker lain, CGS-CIMB mematok biaya transaksi sebesar Rp22 ribu per emiten
  6. Jika tidak ada portfolio atau cash di rekening efek selama tiga bulan berturut-turut, maka CGS-CIMB akan langsung menon-aktifkan (dormant account) akun milih nasabah
  7. Sementara untuk akun pasif yang masih mempunyai portfolio dan cash di dalam rekening, tidak akan dibebani biaya pemeliharaan
  8. Denda jatuh tempo ketika berutang ke CGS-CIMB Sekuritas ditetapkan dengan besaran 0,06% per hari, atau 21,9% p.a (per annum)

Baca juga: Pengertian Dividen: Jenis, Keuntungan, Syarat, dan BUMN Dividen Terbesar

Berkaitan dengan peningkatan proses pencatatan pemisahan dana nasabah yang lebih efisien, sejak 14 Mei 2012, CGS-CIMB Sekuritas menetapkan batas waktu pencatatan. Di mana jika setoran atau pembayaran dilakukan sebelum pukul 16.00 WIB, bakal langsung dibukukan dan berlaku valuta di hari yang sama. Namun kalau lebih dari pukul 16.00 WIB, akan dibukukan dan berlaku valuta di hari esoknya.

Kelebihan dan Kekurangan CGS-CIMB Sekuritas

Di tengah persaingan perusahaan-perusahaan sekuritas di Indonesia, CGS-CIMB selalu konsisten untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh nasabah mereka. Bukan hanya itu saja, CGS-CIMB juga mampu menarik perhatian calon investor yang benar-benar pemula di pasar modal, lewat serangkaian keunggulan yang dimiliki. Namun CGS-CIMB juga memiliki beberapa kekurangan yang mungkin bisa jadi sebuah catatan kalau Anda hendak mendaftar di perusahaan sekuritas ini.

Kelebihan CGS-CIMB Sekuritas

tampilan fitur aplikasi iTrade (1)
tampilan fitur aplikasi iTrade (1)

Keunggulan pertama yang sangat ditonjolkan oleh CGS-CIMB Sekuritas adalah proses pendaftaran akun yang bisa dilakukan dalam satu hari. Namun klaim daftar satu hari ini hanya bisa dilakukan jika Anda bergabung secara online. Dan seperti yang diketahui, untuk pendaftaran online maka tidak bisa menentukan RDN karena otomatis langsung memperoleh RDN BCA.

Kemudian untuk keunggulan kedua, seluruh nasabah CGS-CIMB akan mendapatkan fasilitas Smart Order. Apakah itu? Seperti namanya, Smart Order akan sangat berguna dalam kegiatan investasi dan trading di pasar modal. Di mana melalui Smart Order, nasabah akan mendapat perlindungan Smart Loss dan Take Profit.

Sementara untuk keunggulan terakhir, CGS-CIMB Sekuritas menawarkan aplikasi trading iTrade yang dapat diakses dari berbagai platform baik mobile, desktop atau web browser. Bahkan untuk pengguna mobile, iTrade bisa dipasang di Sistem Operasi Android, iOS dan Windows. Khusus untuk iTrade, ada tiga fitur utama yang ditonjolkan yakni:

  • Advanced Chart: Memungkinkan nasabah melihat beberapa grafik saham yang lebih detail seperti Bars, Lin, Candles, Area, Hollow Candles, Baseline dan Haikin Ashi. Anda pun bisa mengakses Chart Intraday dan Historical Chart dengan berbagai indikator seperti Ichimoku Cloud, Stochastic RSI, EMA Cross dan lain-lain.
  • Stock Screener: Mempermudah nasabah untuk memilih saham-saham di pasar berdasarkan indikator analisis teknikal
  • Heat Map: Membuat nasabah bisa melihat kondisi pasar secara utuh berdasarkan sektor. Biasanya area saham yang bakal berubah menandakan kalau ada perubahan harga. Yang menyenangkan, luas area saham ini dibandingkan berdasarkan Frequenxy, Volume, Market Cap atau Value.

Kekurangan CGS-CIMB Sekuritas

tampilan fitur aplikasi iTrade (2)
tampilan fitur aplikasi iTrade (2)

Meskipun mempunyai segudang kelebihan, CGS-CIMB Sekuritas juga tak luput dari beberapa kekurangan. Yang pertama adalah perusahaan sekuritas ini tidak memberikan fasilitas akun syariah. Seperti yang diketahui, akun saham syariah saat ini cukup tren di Indonesia, mengingat negeri ini adalah negara dengan mayoritas penduduk Muslim terbesar di dunia. Dengan akun syariah, Muslim masih bisa berinvestasi saham di pasar modal tanpa melanggar syariat agama.

Baca juga: Investasi Saham, Inilah Rahasia 8 Cara Kaya Ala Warren Buffett

Kemudian kekurangan kedua yang banyak membuat nasabah CGS-CIMB kecewa adalah dihapuskannya fasilitas Cross Border. Sekadar informasi, Cross Border adalah fasilitas transaksi unggulan dari CGS-CIMB Sekuritas yang memungkinkan nasabah membeli saham perusahaan-perusahaan luar negeri di bursa saham luar negeri. Dengan Cross Border, Anda bisa membeli saham Apple, Twitter, Microsoft bahkan Petronas, 7-Eleven, SingTel hingga Tencent.

Kenapa fasilitas itu dihapus? Karena adanya peraturan yang ditetapkan OJK mengenai transaksi saham lintas negara. Namun tenang saja, sekalipun sudah tidak ada lagi fasilitas Cross Border, CGS-CIMB Sekuritas tetap membuktikan kalau mereka adalah salah satu perusahaan sekuritas terbaik yang amat sangat layak untuk dipilih.

Bagikan ;