Hal-Hal Penting Dari Cicilan Kartu Kredit 0% yang Wajib Dipahami

Dalam gaya hidup masyarakat modern, ada satu produk finansial yang jadi idola yakni kartu kredit alias Credit Card (CC). Kalangan perkotaan tentu sangat terbantu dengan kehadiran CC terutama saat harus membeli barang sebelum hari gajian. Apalagi dengan adanya program cicilan kartu kredit 0% yang sudah pasti makin menguntungkan.

Tunggu, memang apa sih maksud dari cicilan kartu kredit 0% itu?

Apakah artinya kita tak perlu bayar tagihan dari CC? Tentu saja tidak! Karena bagaimanapun juga ketika Anda menggunakan CC, artinya wajib membayar tagihan yang dibebankan atas pembelian produk barang atau jasa tiap bulan sesuai ketentuan bank penerbit CC tersebut. Lantas apa dong maksud dari cicilan kartu kredit 0%?

Untuk bisa menjawabnya, Anda harus tahu bahwa setiap transaksi dengan CC, si pemilik CC akan membayar tagihan bulanan sesuai jumlah transaksi dan ditambahi bunga. Bunga cicilan ini yang kadang membuat pengguna CC mengalami masalah keuangan. Nah, supaya tidak salah kaprah, berikut akan kami bahas secara jelas mengenai cicilan 0 persen ini.

Baca juga: Cara Pengajuan KTA Bank Mandiri, Tabel, Angsuran Terbaru 2021

Pengertian Cicilan Kartu Kredit 0%

Salah satu keunggulan pembelian dengan CC adalah Anda bisa membayar transaksi dengan cara mencicil, seperti membeli sepeda motor di leasing secara kredit. Namun transaksi CC jauh lebih mudah karena Anda tinggal menyodorkan CC dan produk sudah bisa dibawa pulang tanpa perlu menanti proses survei atau pengisian aplikasi pengajuan kredit.

Dan sama seperti produk kredit pada umumnya, besaran cicilan per bulan yang wajib dibayarkan atas transaksi CC juga dikenai bunga. Namun biasanya pihak bank penerbit CC menawarkan program cicilan kartu kredit 0% yang membuat Anda tak perlu membayar tambahan bunga dalam setiap cicilan per bulan, selama periode angsuran.

Tidak dikenai bunga cicilan tiap bulan? Sudah pasti menguntungkan, dong? Tentu saja. Hanya ternyata dalam prakteknya penawaran cicilan 0 persen ini justru harus dipelajari dengan teliti oleh setiap pengguna CC. Ingat pepatah ’Ada udang di balik batu?’ Kondisi itu jelas tergambarkan dari penawaran cicilan nol persen yang tentu memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

Cara Kerja Cicilan 0 Persen

Agar semakin paham dengan penawaran cicilan kartu kredit 0% yang kini banyak ditemukan di berbagai transaksi terutama online, Anda harus tahu bagaimana cara kerja program ini. Lantaran cicilan nol persen membuat jumlah transaksi yang ditagihkan tidak berubah dari harga beli asli barang tersebut, maka Anda tentu bisa mudah memahaminya.

Misalkan saja Anda beli iPhone baru seharga Rp12 juta dan memilih pelunasan selama satu tahun. Maka jika memanfaatkan fasilitas cicilan CC bunga nol persen, Anda cuma membayar tagihan Rp1 juta per bulan. Namun seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada aturan cukup ketat yang mengatur penawaran ini.

Dimana setiap pengguna CC haruslah tunduk pada ketentuan bank seperti tenggat waktu pembayaran tagihan. Katakan saja program cicilan kartu kredit 0% menetapkan maksimal pembayaran cicilan CC pada tanggal 10, maka Anda harus menepatinya. Telat satu hari saja, Anda bakal langsung dikenai bunga sesuai dengan ketentuan CC.

Lantas bagaimana untuk bisa menikmati penawaran angsuran tagihan CC tanpa bunga ini? Anda tentu harus mencari merchant yang memang bekerjasama dengan bank penerbit CC dan memiliki program tersebut. Bisa dicek melalui internet mengenai merchant yang bekerjasama serta jangan lupa perhatikan betul syarat dari pihak bank penerbit CC.

7 Hal yang Wajib Diperhatikan dari Cicilan Kartu Kredit 0%

Ada alasan tersendiri kenapa setiap pengguna CC harus cukup berhati-hati dengan program cicilan kartu kredit 0%. Karena banyak dari mereka yang sudah terlanjur tergiur dengan tagihan bulanan tanpa bunga, tanpa memperhatikan syarat terlebih dulu. Supaya tidak malah bermasalah finansial ke depannya, beberapa hal berikut wajib diperhatikan:

1. Besaran Limit CC yang Berkurang

ilustrasi transaksi online dengan CC
© freepik/yugeafrianto

Jika Anda memiliki CC, tentu akan memiliki limit tertentu. Limit ini sendiri adalah batasan transaksi yang bisa Anda lakukan. Misalkan saja Anda pengguna kartu kredit baru dengan limit Rp5 juta, maka Anda cuma bisa melakukan transaksi dengan CC dengan jumlah nominal maksimal sebesar limit.

Baca juga: 20 Tabungan Berjangka Terbaik Demi Masa Depan Anda

Sehingga artinya jika ada ingin beli laptop sebesar Rp8 juta dengan cicilan 0%, maka tak akan bisa karena cuma punya limit Rp5 juta. Namun ketika Anda punya limit Rp10 juta, Anda bisa membeli laptop tersebut dan besaran limit pada CC bakal langsung berkurang, serta cuma menyisakan Rp2 juta. Seiring dengan waktu pembayaran cicilan, limit akan bertambah otomatis.

2. Tak Ada Bonus Lagi

Keuntungan lain dari transaksi menggunakan CC adalah banjir cashback dan point rewards dari merchant dan pihak bank. Namun ketika Anda menggunakan program cicilan kartu kredit 0%, tampaknya harus rela tak menikmati kedua bonus itu. Karena pihak bank menilai bahwa penawaran cicilan 0% sudahlah sebagai bonus tersendiri.

3. Ada Biaya Tambahan

ilustrasi penggunaan CC
© Vector Stock/SergeyVasutin

Nah, inilah hal paling penting yang wajib diperhatikan dari program cicilan tanpa bunga. Karena seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pemilik CC terlanjut tergiur dengan bunga 0% sehingga tak peduli dengan sejumlah biaya tambahan yang ditetapkan oleh bank penerbit CC. Lantaran bagaimanapun juga, pihak bank jelas tak mau merugi.

Salah satu biaya tambahan yang umum ditetapkan adalah biaya administrasi sebesar 3% dari total transaksi. Sehingga kalau Anda membeli kamera seharga Rp10 juta, bakal dikenai biaya administrasi Rp300 ribu. Tentu masing-masing bank dan jenis CC bakal punya besaran biaya administrasi berbeda yang harus jadi perhatian pengguna CC.

Selain biaya administrasi, ada juga pajak pembelian yang wajib ditanggung. Supaya konsumen tidak merasa ’tertipu’, ada baiknya bertanya kepada pihak merchant mengenai biaya administrasi hingga pajak, siapa yang bakal menanggung apakah merchant atau pemilik CC. Dengan begitu Anda bisa betransaksi dengan lebih bijaksana.

Baca juga: 5 Tips Jadi PNS Kaya Raya dengan Gaji Bulanan, Wajib Dicoba!

4. Tak Bisa Dilunasi Lebih Cepat atau Ditutup

Mendadak kehilangan pekerjaan atau terkena musibah tiba-tiba sehingga tak mampu bayar cicilan? Biasanya beberapa orang akan berpikir untuk menutup kartu kredit itu. Namun saat Anda terlibat dalam program cicilan nol persen, Anda tak akan bisa menutup CC begitu saja. Bahkan kalau Anda memperoleh rezeki dan ingin melunasi transaksi lebih awal, itu juga akan dapat dilakukan.

5. Jangka Waktu Cicilan

belanja online dengan CC
© Vector Stock/makc76

Hal berikutnya yang wajib diperhatikan dari cicilan kartu kredit 0% adalah mengenai jangka waktu. Seperti yang sudah disebutkan, bank jelas tak mau merugi dari penawarannya. Berbeda dengan transaksi umum, cicilan nol persen biasanya cuma memiliki tiga pilihan jangka waktu cicilan yakni 3, 6 dan 12 bulan.

Contohnya program cicilan nol persen untuk pembelian smartphone seharga Rp20 juta selama enam bulan, maka artinya tiap bulan Anda harus membayar sekitar Rp3,4 juta. Apakah Anda memiliki kemampuan finansial sebesar itu selama jangka waktu cicilan? Jika iya, maka Anda bisa mengambil penawaran cicilan tanpa bunga tanpa perlu cemas.

6. Wajib Tepat Waktu

Masih berkaitan dengan jangka waktu, inti dari cicilan kartu kredit 0% adalah bagaimana pemilik CC bisa bertanggung jawab dan disiplin bayar tepat waktu. Karena ketika telat sehari saja dari tanggal angsuran, bank langsung akan memberikan bunga cicilan normal. Tentu saja kalau kondisi ini terjadi, sia-sia saja Anda menggunakan cicilan CC tanpa bunga.

Bahkan tak hanya bunga cicilan saja, bank juga akan menetapkan denda yang tentu akan sangat membebani finansial. Sungguh tidak menarik kalau keinginan awal ikut cicilan nol persen adalah biar hemat dan untung, tapi justru buntung karena salah mengelola finansial.

7. Informasi Penjual yang Bekerjasama

varian CC
© Freepik

Dan inilah hal terakhir yang wajib diperhatikan saat hendak memakai fasilitas cicilan transaksi bunga nol persen. Pastikan Anda mencari tahu terlebih dulu merchant mana yang bekerjasama dan apakah cicilan nol persen itu masih berlaku atau tidak. Banyak pemilik CC yang enggan bertanya kepada merchant dan cuma memanfaatkan materi promo di internet.

Padahal ternyata materi promo itu sudah tidak berlaku dan Anda bakal tetap dikenai bunga untuk transaksi yang sudah dilakukan. Merugikan? Sudah pasti.

Baca juga: 8 Cara Isi Saldo Gopay yang Anti Ribet, Sangat Mudah Lho

Kesimpulan

Bisa disimpulkan bahwa fasilitas cicilan kartu kredit 0% sebetulnya sangatlah menguntungkan. Hanya saja banyak pengguna CC yang tidak memahami aturan dasar dan menuding program ini merugikan mereka. Padahal kunci dari penggunaan CC yang menguntungkan adalah disiplin menjalankan kewajiban pembayaran supaya keuangan makin efisien.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar