23 Contoh Bisnis Kecil dengan Prospek Lumayan

Di Indonesia, saat ini trend untuk menjadi seorang pengusaha telah berkembang dengan baik. Rata-rata para pengusaha yang membuka usahanya dimulai dari usaha kecil yang memiliki prospek yang baik. Contoh bisnis kecil yang dibuka pun begitu beragam mulai dari bidang kuliner, teknologi, pendidikan, dan lain sebagainya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari BPS melalui website www.depkop.go.id, pada tahun 2017 wirausahawan di Indonesia meningkat menjadi 3,1 persen atau 7.8 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 1.6 persen.

Dengan pertumbuhan yang signifikan tersebut, membuktikan bahwa untuk menjadi seorang wirausahawan bukanlah perkara yang sulit dan bisa dilakukan oleh siapapun.

Bahkan seorang karyawan pun ditengah kesibukannya bisa membuka usaha yang tentunya sesuai dengan kemampuannya.

Usaha yang dibuka pun tak perlu memerlukan modal yang besar, bisa dengan menggunakan modal yang minim namun memiliki keuntungan yang lumayan.

Lalu, usaha apa saja yang bisa dilakukan oleh para karyawan tersebut? Berikut ulasannya yang terangkum dalam 23 Contoh Usaha Kecil yang Bisa Dilakukan Karyawan Kantor.

Daftar Usaha Kecil dengan Prospek Lumayan

1. Usaha Franchaise Minuman

Ilustrasi contoh menjual jus
Ilustrasi contoh menjual jus

Membuka usaha minuman ini tengah banyak ditemukan di beberapa daerah pusat belanja ibu kota. Beragam minuman pun disajikan mulai dari minuman teh, soda, susu, sirup, dan lain sebagainya.

Usaha minuman tersebut selain mudah diracik juga tak memerlukan modal yang begitu besar. Rata-rata modal yang dikeluarkan berkisar dari Rp 1 juta hingga Rp 3 juta. Harga cup yang dijual berkisar antara Rp 2.000-Rp 5.000.

Tentunya dengan harga tersebut bisa menjangkau semua kalangan dari usia anak-anak hingga dewasa untuk membeli produk minuman tersebut.

Untuk membuka usaha Anda Bisa juga dengan memperkerjakan orang lain untuk menunggu stand minuman yang Anda jual.

Jika tidak memungkinkan, pilih usaha minuman lain yang bisa dititip di setiap koperasi, kantin sekolah atau kantin perusahaan.

Salah satu contoh, pengusaha franchaise minuman yang sukses adalah Victor Giovan Raihan. Beliau adalah seorang owner Teh Kempot, dimana minuman yang dibuatnya berasal dari teh yang dicampur dengan susu fermentasi.

Minuman yang diraciknya sendiri akhirnya menjulang kesuksesan hingga saat ini tengah memiliki 17 outlet yang tersebar di Indonesia. (sumber: www.cermati.com)

Contoh usaha kecil yang dilakukan pengusaha muda tersebut, tentunya telah memberikan bukti bahwa segala sesuatu bisa menjadi usaha yang menjanjikan.

2. Usaha Pulsa dan Token Listrik

Saat ini hampir setiap orang memiliki gadget sebagai sarana untuk berkomunikasi. Dari tiap orang yang memiliki gadget tersebut, pastinya memerlukan pulsa untuk bisa mengaksesnya.

Keuntungan dari usaha pulsa dan token listrik ini memang sedikit. Namun bila ditekuni dengan serius dan banyak orang yang membeli pulsa pada Anda maka keuntungan pun akan berlimpah.

Selain itu banyak pula pelaku usaha MLM yang menggunakan produk pulsa sebagai ranah bisnisnya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih. Modal yang dikeluarkan pun beragam antara Rp 100,000 hingga Rp 1,000,000.

Salah satu contoh usaha kecil ini bisa dilakukan siapapun mulai dari usia remaja hingga dewasa asalkan memiliki gadget sebagai “senjata” untuk bertransaksi.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan ketika menjual pulsa kerja di kantor adalah setiap karyawan dari berbagai divisi akan mengingat Anda sebagai penjual pulsa di kantor.

Jika sudah begitu, Anda tinggal duduk manis menunggu pesanan pulsa dari rekan-rekan Anda.

3. Usaha Dropship atau Toko Online

Maraknya bisnis online menjadikan siapapun bisa berjualan tanpa harus keluar rumah atau pun menyewa tempat untuk berjualan.

Karena itu bisnis ini sangat cocok dilakukan oleh para karyawan. Mereka bisa menjadi reseller dimana para produsennya menyediakan sistem dropship.

Cara kerja yang dilakukan pun begitu mudah hanya berbekal gadget Anda bisa memposting produk-produk yang akan dijual melalui sosial media.

Keuntungan dari salah satu contoh usaha kecil ini bisa sangat menjanjikan apabila dilakukan dengan konsisten dan juga serius.

Dan sebaiknya jika ingin bertransaksi atau menjual produk bisa dilakukan saat istirahat atau selepas pulang kerja.

4. Usaha Makanan Ringan

Untuk Anda yang tinggal di wilayah Bandung pastinya pernah ingat dengan makanan ringan pedas yang sempat booming di tahun 2012-an.

Ya, makanan tersebut dibuat dari keripik singkong yang dberi bumbu pedas dngan tingkat level kepedasan yang berbeda-beda.

Sekilas dari bahan dan nila jual pun sangat minim. Namun, pelaku usaha tersebut berhasil membuat image singkong menjadi makanan yang “berkelas” sehingga banyak orang yang mencarinya.

Reza Nurhilman, owner dari Keripik Ma Icih ini menuturkan bahwasanya untuk menemukan produk makanan ringan yang menarik banyak orang ini harus melalui berbagai eksperimen yang sempat membuatnya gagal. Namun karena kegigihan dia pun berhasil menciptkan keripik singkong pedas yang begitu fenomenal (http://biografitokohinspiratif.blogspot.co.id)

Untuk Anda sebagai karyawan pun bisa menjual produk makanan ringan tersebut dengan cara menjadi reseller.

Tentunya rekan-rekan kerja Anda bisa dijadikan prospek untuk membeli produk yang Anda jual. Bila mereka menyukai produk, sudah bisa dipastikan akan menjadi pelanggan setia Anda. Dengan begitu contoh usaha kecil yang Anda lakukan akan mendulang keuntungan yang menggiurkan.

5. Usaha Menjual Kue Kering untuk Hari Raya

Peluang mendapatkan keuntungan besar dari jualan kue sebelum hari raya sangat menjanjikan. Contoh usaha kecil ini bisa dilakukan siapapun termasuk karyawan kantor.

Seperti yang diketahui bersama menjelang hari raya terutama hari raya idul fitri semua orang sibuk untuk membeli sesuatu bagi dirinya atau pun keluarga.

Sajian kue yang enak dan menarik pun tak luput dari ingatan mereka sebagai bekal atau oleh-oleh untuk keluarga tercinta.

Karena itu bisnis kue kering menjelang hari raya ini masih menajdi bisnis yang sangat menjanjikan. Walaupun dikatakan sebagai bisnis musiman keuntungannya pun tak kalah dengan bisnis yang selalau ada setiap saat.

6. Usaha Laundry

Contoh usaha kecil lainnya yang bisa dilakukan oleh seorang karyawan kantor adalah dengan membuka usaha laundry.

Modal yang diperlukan untuk membuat usaha ini berkisar antara Rp7,5- Rp 10 juta. Dengan modal tersebut Anda sudah bisa membeli mesin cuci dan kebutuhan lainnya untuk laundry.

Di zaman yang serba ingin praktis ini, tentunya membuka usaha laundry akan memberikan peluang atau keuntungan yang cukup besar untuk Anda.

Karena memang bisnis ini butuh orang yang fokus untuk menunggunya, maka Anda bisa memperkerjakan orang lain dengan gaji berkisar Rp 500 ribu  sampai 1 juta per bulan.

Anda bisa membaca Artikel lengkap tentang usaha laundry di 21 Tips sukses usaha laundry kiloan dengan modal kecil

7. Usaha Menjual Makanan untuk Sarapan

Rata-rata hampir setiap karaywan yang masuk di pagi hari belum sempat untuk sarapan. Terlebih jika mereka adalah seorang perantau yang tinggal di kostan maka tentu saja belum sempat untuk menyiapkan sarapan.

Nah, dari hal tersebut bisa dijadikan sebuah bisnis untuk menjual makanan pagi hari atau dikenal dengan menjual makanan untuk sarapan.

Menu sarapan yang disajikan bisa beragam mulai dari roti atau sandwich isi, nasi kuning, nasi goreng, nasi uduk, bubur ayam, gorengan, dan lain sebagainya.

Modal yang dikeluarkan dari salah satu contoh usaha kecil tersebut berkisar diantara Rp 3 sampai Rp 4 juta. Dari uang tersebut bisa Anda belikan berbagai kebutuhana pokok untuk membuat menu sarapan.

8. Usaha Jasa Foto

Membuka usah jasa foto dewasa ini cukup menjanjikan. Setiap orang atupun perusahaan memerlukan dokumentasi untuk kegiatan penting yang diselenggarakannya.

Karena itu, untuk Anda yang hobi berfotografi bisa menjadikannya sebagai usaha. Modal yang dikeluarkan pun tak memerlukan biaya yang cukup besar. Karena yang paling penting adalah Anda harus memiliki kamera.

Contoh usaha kecil yang berasal dari hobi ini bisa dimulai dengan menginformasikannya lewat kerabat atau rekan kerja Anda.

Bila Anda bekerja di hari biasa, tentunya bisnis ini bisa dijalankan saat weekend atau hari libur. Peluang untuk mendapatkan klien pun cukup besar bisa dari rekan kerja, sahabat, keluarga atau teman Anda yang merekomedasikannya pada teman lainnya.

Dewasa ini hasil foto yang telah Anda buat pun bisa dijual secara online melalui sebuah situs shuttershock.com atau istockphoto.com. dimana dari hasil penjualan photo tersebut bisa mendapatkan komisi 15 sampai 30 %.

9. Usaha Jasa Penulis Artikel

Untuk Anda yang hobi menulis hal tersebut bisa dijadikan sebagai bisnis untuk menjadi penulis artikel.

Membuka jasa penulisan ini pun tergolong mudah hanya bermodal memiliki komputer atau laptop.

Untuk mendapatkan klien pun bisa dengan menginformasikannya pada rekan atau sahabat Anda. Atau bisa pula mengikut agensi penulisan dengan mendaftar menjadi seorang penulis.

Honor yang diterima pun beragam mulai dari Rp 10,000 sampai Rp 50,000 untuk satu artikel yang disesuaikan dengan kata yang dibuat.

Contoh usaha kecil ini pun sedang digandrungi dari berbagai kalangan. Bila ditekuni dengan serius akan menghasilkan pendapatan yang lumayan.

10. Usaha Jasa Desain Grafis

Selain artikel dan fotografi, dewasa ini usaha yang sedang digandrungi adalah jasa desain grafis.

Usah tersebut lebih menitikberatkan pada pada pembuatan logo, kaos, poster, maskot, dan lain sebagainya.

Untuk membuka jasa ini Anda bisa menggunakan website sribulancer.com atau projects.co.id untuk menjual keahlian Aanda tau untuk menemukan klien yang memang sedang membutuhkan jasa seorang desain grafis.

Contoh usaha kecil ini tak memerlukan modal yang besar. Cukup modal untuk bisa terhubung dengan internet dimanapun dan kapanpun.

11. Usaha Jasa Penerjemah

Untuk Anda yang memiliki kemampuan bahasa asing baik inggris ataupun bahasa lainnya bisa membuka usaha jasa penerjemah.

Jasa yang ditawarkan bisa untuk membantu klien Anda bertemu seorang klien dari luar atau bisa juga menjadi penerjemah buku.

Contoh usaha kecil ini banyak dilirik kalangan pengusaha  travel ataupun penerbit buku. Anda pun bisa bekerjasama dengan pelaku travel tersebut untuk bisa menjadi tour leader atau tour guide untuk mendampingi para wisatawan.

Melakukan usaha ini pun tentunya sangat fleksibel bisa diatur sesuai dengan waktu kerja Anda di kantor.

12. Usaha Jasa Pengetikkan

Usaha ini memang terlihat sepele dan mudah namun memiliki prospek yang begitu besar bila ditekuni dengan serius.

Contoh usaha kecil ini bisa dilakukan ditempat yang strategis seperti di lingkungan kampus atau sekolah.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwasanya banyak mahasiswa yang malas atau tak ada waktu untuk mengerjakan tugas. Maka solusinya adalah memberikan pengerjaan mereka pada seseorang yang membuka jasa pengetikan.

Jasa pengetikan juga bukan hanya untuk itu, di Indonesia ini masih saja ada yang belum mahir untuk mengetik dan mengetahui seluk beluk dari program pengetikan.

Baca juga : 13 Ide bisnis modal kecil untuk mahasiswa

Modal yang diperlukan untuk membuka usaha ini adalah laptop atau komputer beserta dengan printer. Untuk satu halaman pengetikan biasanaya dibandrol dengan harga Rp 2,000 per lembar.

13. Usaha Jasa Les Privat

Untuk Anda yang mahir dalam hal berenang, musik, bahasa, dan kemampuan lainnya bisa dijadikan usaha untuk membuka jasa les privat.

Contoh usaha kecil ini bisa dilakukan dengan melakukan promosi kepada orang terdekat Anda. Selain bisa memainkan hobi setiap saat juga bisa bermanfaat untuk orang lain.

Dan yang terpenting tak memerlukan modal besar untuk membuka usaha les privat tersebut.

14. Usaha Rental Kendaraan

Jika Anda tinggal di daerah wisata yang cukup banyak peminatnya, membuka usaha rental mobil atau bus ini akan menjadi bisnis yang empuk untuk Anda.

Bagaimana tidak, setiap pelancong akan membutuhkan mobil atau bus untuk menjangkau tempat-tempat wisata. Karena itu bila Anda memiliki mobil atau motor bisa disewakan untuk para wisatawan.

Bisnis kendaraan ini bukan saja mobil atau motor, bisa pula menyewakan bus dimana Anda bisa bekerjasama dengan PO Bus yang ada di daerah Anda.

Contoh usaha kecil ini bisa memberikan keuntungan sekitar Rp 50,000 sampai Rp 300,000 untuk satu kendaraan.

15. Usaha Jasa Mencuci Motor

Pengguna motor saat ini tengah meningkat hingga mencapai 81,5 persen menurut data badan pusat statistik melalui website https://databoks.katadata.co.id.

Banyaknya pengguna maotor yang tersebar di wilayah Indonesia menjadi peluang penting untuk Anda ketika membuka usaha.

Tentunya usaha yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka jasa mencuci motor. Untuk membuka usaha ini pun sederhana hanya memerlukan pompa air, kompresor, semir ban, shampo motor, dan kain lap.

Modal tersebut adalah ukuran standar untuk membuka jasa mencuci motor dimana Anda hanya memerlukan biaya sebesar Rp 2,000,000.

Salah satu contoh usaha kecil ini pun bisa menjadi sumber rezeki orang lain dengan memperkerjakan tetangga atau kerabat Anda yang memang membutuhkan.

16. Nge-Blog

Trend membuat blog dan mengisnya dengan tulisan yang lebih spesifik tengah digandrungi pelaku bisnis online.

Pasalnya, dari membuat blog inilah bisa menghasilkan keuntungan dari iklan PPC yang tersedia di blog.

Tentunya agar bisa dipasang iklan, Anda harus menulis sebanyak 30 sampai 60 artikel dengan total pengunjung minimal 50 orang dalam satu hari.

Bila Anda bekerja di tempat pembuatan sepatu atau tas bisa menuliskan tentang hal tersebut dan menuliskannya di blog Anda.

Contoh usaha kecil online ini memang terkesan mudah namun bisa menghasilakn keuntungan yang tak terduga bila konten yang dibuat begitu menarik.

Jika ingin membuat blog atau website bisnis jangan pernah lupakan cara membangun link building, karena itu sangat penting pada kemajuan website/ blog anda nantinya.

17. Makelar Property

Untuk menjadi seorang makelar ini memang tak membutuhkan modal yang banyak. Namun dari sinilah Anda bisa mendapatkan keuntungan puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Contoh usaha kecil ini bisa berjalan dengan baik apabila saling percaya satu sama lain. Selain itu Anda harus terlihat meyakinkan dan mengetahu seluk beluk property yang akan Anda jual.

18. Usaha Jasa Travel dan Tour Guide

Untuk Anda yang hobi jalan-jalan, tentunya akan senang untuk membuka usaha di bidang travel dan tour.

Ada banyak peluang yang bisa Anda lakukan untuk membuka usaha ini, entah menjadi jasa pembuat itenary, tour guide, ataupun marketing untuk menghubungkan calon wisatawan dengan travel agent.

Contoh usaha kecil ini tak memerlukan biaya yang besar karena yang diperlukan adalah kepercayaan dan pelayanan yang terbaik.

19. Usaha Bikin Parcel

Usaha ini bisa dikategorikan sebagai usaha musiman yang dapat mendulang keuntungan begitu besar. Pasalnya, pembuatan parcel ini akan laku menjelang hari raya.

Baik dari perusahaan, instansi, ataupun perorangan memerlukan parcel untuk kerabat atau rekan kerjanya.

Contoh usaha kecil parcel ini tak perlu mengeluarkan modal yang besar. Cukup dengan Rp 1 sampai 2 juta Anda sudah bisa membeli keranjang parcel dan peralatan pendukung lainnya.

20. Usaha Jasa Mencetak undangan Pernikahan

Usaha undagan pernikahan pun tak akan ada habisnya. Karena dalam setahun ini akan ada puluhan pengantin yang menikah.

Keahlian yang diperlukan untuk membuka usaha ini adalah kempauan bisa untuk mendesign dan juga marketing. Jika Anda belum memiliki salah satu keahliannya bisa mengajak orang lain untuk bekerja sama.

Bila ingin dilirik buatlah design yang berbeda dari yang pernah ada. Dijamin salah satu contoh usaha kecil yang Anda lakukan ini akan laku dipasaran.

21. Usaha Warnet

Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan utama para pengguna gadget. Sayangnya koneksi internet ini belum sepenuhnya tersebar ke seluruh pelosok Indonesia.

Nah, jika Anda tinggal di sebuah tempat yang masih jarang internet maka peluang besar menanti Anda untuk membuka usaha warnet tersebut.

Contoh usaha kecil ini bisa dimulai dari membeli satu sampai dua perangkat komputer ditambah modem untuk bisa mengakses internet.

22. Usaha Makanan Beku

Usaha makanan beku saat ini tengah disukai karena memang orang ingin makan dengan penyajian yang praktis. Keuntungan membuka usaha ini adalah makanan tak akan cepat basi karena memang dikemas tahan lama.

Modal untuk membuka salah satu contoh usaha kecil  ini hanya memerlukan freezer dengan ukuran yang cukup besar.

23. Usaha Ternak

Untuk Anda yang memiliki lahan di pedesaan bisa digunakan untuk berternak mulai dari ternak ikan sampai ternak kambing atau sapi.

Tentunya usaha kecil ini memerlukan orang lain yang ahali untuk mengurusnya. Dan yang terpenting harus bersabar karena merupakan investasi jangka panjang.

Bila semuanya telah siap Anda bisa memiliki nilai jual lebih yang siap mendatangkan keuntungan berlimpah.

Penutup

Itulah informasi mengenai 23 contoh usaha kecil yang Bisa Dilakukan Karyawan Kantor. Modal yang didapatkan bisa dengan menyisihkannya dari gaji yang Anda dapat setiap bulan.

Dengan begitu akan ada tambahan penghasilan yang Anda idam-idamkan. Jadi, tunggu apalagi segera buka usaha kecil Anda dengan modal yang terjangkau. Selamat mencoba!