10 Ciri-Ciri Investor Sukses yang Bisa Anda Contoh Dalam Berinvestasi

Ciri investor sukses - bijak kelola hasil

Kalau bicara investor dalam dunia bisnis, maka berkaitan dengan seseorang atau lembaga yang melakukan penanaman modal atas investasi tertentu. Namun dalam perkembangannya, investor juga merujuk pada pihak yang membeli properti, mata uang hingga saham perusahaan demi memperoleh keuntungan. Dengan peran yang sangat penting, keberadaan para penyandang dana ini jelas begitu dibutuhkan dalam dunia ekonomi.

Bahkan secara global, nama-nama orang terkaya di dunia banyak dijejali oleh para investor. Sebut saja seperti Peter Lynch, Philip Fisher, Jack Bogle hingga Warren Buffett. Tentu untuk bisa ada di posisi saat ini, para investor tersohor itu memiliki banyak sekali kisah yang tidak selamanya indah. Kehilangan uang dalam jumlah besar, berhutang hingga kegagalan total begitu mewarnai cerita kesuksesan mereka.

Baca juga: 3 Langkah Mengelompokkan Tujuan Keuangan Agar Lebih Terukur dan Mudah Dicapai

Anda yang saat ini mungkin tengah memulai profesi sebagai investor, ada baiknya untuk mempelajari kehidupan bisnis para investor sukses tersebut. Melihat tips-tips dan trik berbisnis hingga mempelajari ciri-ciri investor yang berhasil. Seperti apa? Berikut ini ulasan lengkapnya untuk Anda!

10 Ciri-Ciri Investor Sukses yang Bisa Dicontoh dan Diterapkan Saat Berbisnis

1. Rajin Membaca

Ciri investor sukses - rajin membaca

Investasi adalah bisnis jangka panjang sehingga seorang investor yang ingin sukses sudah harus punya hobi membaca. Anda bisa rajin membaca informasi aktual soal perekonomian dunia hingga aneka trik berinvestasi. Tidak hanya dari media, membaca juga bisa dilakukan lewat buku-buku khusus dunia penanaman modal supaya pikiran semakin terasah. Seperti layaknya kata pepatah bahwa membaca membawa Anda melintasi jendela-jendela ilmu pengetahuan, maka itulah yang bisa diperoleh seorang investor yang rajin membaca.

2. Punya Strategi Investasi

Salah satu ciri investor sukses adalah mereka punya pikiran jangka panjang. Tidak hanya fokus pada apa yang terjadi esok hari, Anda juga harus punya pertimbangan apakah produk investasi yang dipilih bisa bikin untung 10 tahun mendatang. Supaya bisa melakukan hal ini, Anda wajib memiliki strategi investasi yang dahsyat. Tentu setiap investor punya strategi investasi berbeda-beda meskipun tujuannya sama yakni memperoleh keuntungan finansial.

Ciri investor sukses - memiliki strategi

Dengan strategi investasi khusus, Anda bisa memiliki pedoman tersendiri saat melakukan investasi. Ada beberapa strategi investasi yang bisa Anda terapkan seperti strategi diversifikasi portofolio, income investing, growth investing hingga value investing. Anda bisa memilih salah satu strategi sesuai dengan kemampuan dan kemauan tentunya, asalkan sudah memahami secara seksama.

3. Disiplin dan Bertanggung Jawab

Kunci sukses dalam mengatur finansial yang harus dimiliki adalah wajib bertanggung jawab dan disiplin. Buffett pernah berkata, ‘Dua aturanku dalam berinvestasi adalah pertama tidak pernah kehilangan uang dan kedua tidak pernah lupa aturan pertama’. Jelas hanya orang yang benar-benar disiplin mampu menerapkan aturan itu setelah melewati berbagai tantangan.

Baca juga: Jenis Investasi Masa Depan? Inilah 7 Fakta Soal Bitcoin yang Harus Dipahami!

Dari aturan Buffett itu bisa disimpulkan bahwa seorang investor sukses jelas mampu bertanggung jawab atas segala pengeluarannya. Tak jarang mereka bahkan bertindak ketat dalam pengelolaan keuangan. Di mana saat masih merintis bisnis investasi, tidak akan terlena meskipun memperoleh hasil yang cukup fantastis. Karena untuk meredam jiwa konsumtif diperlukan kedisiplinan dan tanggung jawab yang kuat.

4. Tidak Pelit Ilmu

Apa yang membuat investor bisa sukses? Jawabannya sangat mudah yakni tidak pernah pelit ilmu. Kendati sudah mencapai kemampuan finansial di atas rata-rata, para investor tajir ini masih bersedia berbagi wawasan atas bidang yang mereka geluti. Coba lihat, ada banyak investor dunia yang menggelar seminar-seminar untuk para calon investor baru. Dalam seminar itu, mereka tak segan membagi kisah jatuh-bangun dalam melakukan investasi termasuk rahasia kesuksesan kepada siapa saja.

5. Bijak Kelola Hasil Investasi

Ciri investor sukses - bijak kelola hasil

Berhasil memperoleh hasil yang fantastis tentu menjadi sebuah kebanggaan dan menunjukan kalau Anda sukses dalam berinvestasi. Namun jangan biarkan kebahagiaan dan kebanggaan itu menguasai emosi Anda sehingga bersikap terlalu royal. Ketahuilah, orang mapan finansial bukanlah mereka yang selalu hidup bergelimang harta, tapi adalah mereka yang selalu siap atas risiko keuangan terburuk.

Supaya bisa siap terhadap risiko buruk itu, Anda harus bijak mengelola hasil investasi. Misalkan saja berinvestasi properti dan sudah balik modal, mau diapakan keuntungannya? Bisa Anda jadikan lagi membeli properti baru. Dengan pengelolaan yang bijak, Anda mampu sukses berlipat ganda.

6. Harus Sabar

Selain disiplin dan tanggung jawab, kesabaran adalah sifat lain yang menjadi ciri-ciri investor sukses. Karena memang seorang investor yang sukses, tak akan bersikap gegabah dan mengikuti tren. Calon investor sukses bakal penuh pertimbangan saat hendak menanamkan modal karena mereka punya analisis mendalam. Di mana untuk membeli sebuah produk investasi, bakal bersabar sampai produk itu punya peluang valuasi meningkat tinggi. Bahkan saat menjual investasinya, tidak akan gegabah.

7. Berpikiran Realistis

Ciri investor sukses - berpikir realistis

Ketahuilah, investasi bukanlah cara untuk cepat kaya. Namun bisnis ini adalah salah satu cara untuk bisa memperoleh kekayaan. Dari hal ini Anda tentu tahu bahwa untuk menggapai kesuksesan dalam berinvestasi, tak bisa dilakukan secara instan. Diperlukan waktu dan pengumpulan profit sedikit demi sedikit dalam jumlah yang masuk akal. Jika Anda sudah mampu berpikir secara realistis, tentu tak akan kehilangan target.

8. Hidup Sederhana

Semua orang tahu bahwa uang adalah hal yang sangat penting dalam dunia ini. Bahkan tak perlu malu mengakui, kalau uang melimpah memang jadi tujuan seseorang berinvestasi. Hanya saja, jangan biarkan uang itu mengatur kehidupan Anda sehingga bisa menimbulkan kerugian finansial. Untuk itulah hidup sederhana wajib diterapkan kalau Anda memang ingin menjadi seorang investor sukses.

Ciri investor sukses - hidup sederhana

Tak perlulah membeli barang-barang keluaran brand mewah dengan harga selangit hanya untuk mengikuti gaya hidup yang tak kunjung usai. Contohlah Warren Buffett yang meskipun berstatus sebagai salah satu investor tersukses di Bumi, masih tetap tinggal di rumah yang sama, yang dia beli puluhan tahun silam usai menikah. Bahkan kendati memiliki perusahaan jet pribadi, Buffett tak pernah pamer bepergian dengan jet pribadi.

9. Belajar Dari Kesalahan

Kesuksesan tidaklah pernah mulus. Anda bakal menemui berbagai rintangan dan mungkin melakukan kesalahan. Kalau sudah begini, jangan khawatir karena investor yang sukses bukanlah mereka yang tak pernah jatuh, tetapi mereka yang selalu bangkit kembali setelah gagal. Jangan jadikan kesalahan itu sebagai penyebab trauma. Justru jadikan kesalahan sebagai motivasi sukses dan pembelajaran yang baru.

10. Fokus pada Bidang Investasi

Ciri investor sukses - fokus dalam bidang tertentu

Seorang investor yang sukses jelas akan fokus pada bidang tertentu sesuai kemampuan. Dengan passion yang kuat, mereka bakal mengambil langkah penuh perhitungan sepanjang waktu. Meskipun menghabiskan waktu belasan atau puluhan tahun, investor yang sukses akan fokus pada bidang yang dipilih. Seperti contohnya Buffett yang fokus pada investasi saham bukannya berpindah ke emas, komoditas hingga properti perumahan.

Wah, bagaimana? Ternyata ada cukup banyak bukan ciri-ciri investor sukses? Meskipun untuk diterapkan tidak semudah yang diucapkan, bukan berarti Anda tak bisa melakukannya. Asal memiliki tekad yang kuat, semangat dan tak pernah menyerah dalam belajar, Anda bisa menjadi seorang investor yang berhasil. Jangan pernah menyombongkan diri karena sesukses apapun produk investasi yang Anda miliki, masih banyak orang lain yang lebih sukses. So, always grateful and stay humble!

Scroll to Top