Contoh Kalimat Promosi Makanan di Sosmed Bisa Kamu Coba

Masih bingung menyusun kalimat promosi untuk jualan makan di sosmed? Itu normal. Karena kita memang tidak bisa asal-asalan dalam membuat kalimat promosi, dan langsung berharap kalau jualan kita bisa langsung laris manis di sosmed.

Tapi kok banyak sekali orang bisa sukses bisnis kuliner di sosmed dengan hanya sekedar mempromosikan kalimat dengan kata-kata sedehana bahkan pendek sekali?

Sebenarnya itu bukan karena sederhana atau tidaknya kalimat ataupun panjang pendeknya kalimat yang di gunakan. Tetapi seberapa besar daya tarik kalimat tersebut untuk membuat pelanggan penasaran dengan produk kita.

Kita perlu meriset terlebih dahulu kata-kata yang berpotensi untuk menarik perhatian calon pelanggan dan mendatangkan konversi (pembelian), atau biasa di sebut dengan copywriting.

Sebelum menyusun kalimat promosinya, kita tentu perlu tepat dalam menentukan hal apa yang menarik untuk di promosikan dari produk makanan yang kita tawarkan. Karena produk yang kita tawarkan adalah makanan yang mana termasuk kebutuhan primer, maka sebenarnya kita bisa memanfaatkan asumsi dasar ini.

Itu artinya, tindakan pembelian akan lebih mudah di lakukan di banding produk-produk sekunder atau tersier. Apalagi, orang-orang punya kecenderungan untuk melibatkan emosi dalam memilih makanan lebih baik itu tertarik karena mencicipi makanan yang unik dan enak ataupun yang lainnya.

Sedang mencari produk yang lagi hits, anda bisa membaca, 10 Jenis Produk Paling Laku di Pasaran Saat Ini

Bagaimana sih contoh kalimat promosi makanan yang menarik di sosmed? Berikut adalah beberapa contoh promosi yang mungkin bisa Anda coba!

Contoh Kalimat Promosi Makanan di Sosmed

Contoh Kalimat Promosi Makanan di Sosmed
Contoh Kalimat Promosi Makanan di Sosmed

Sosmed kini menjadi salah satu tempat berkumpulnya calon pelanggan dari berbagai daerah. Seiring dengan berkembangnya trend online shop, banyak orang akhirnya mencari info-info produk di sana termasuk makanan. Bukan hanya soal bagaimana kalimat yang menggugah selera, tapi ada beberapa cara yang di sukai oleh para pelanggan dan menjadi booster pembelian.

Ada yang suka diskonan, jaminan (kualitas rasa atau lainnya), metode maupun gratis ongkir ataupun tawaran bonus. Hal-hal tersebut adalah faktor-faktor yang sangat bisa mempengharuhi keputusan pembelian. Untuk itu kali ini kita akan menampilkan beberapa contoh kalimat promosi makanan di sosmed untuk menawarkan diskon, garansi, dll.

Kalimat Promosi Untuk Diskon

Siapa yang tidak suka diskon? Potongan harga menjadi salah satu cara yang efektif untuk menarik perhatian calon pelanggan. Tapi untuk menawarkan diskon, kita perlu memikirkan kalimat yang bukan hanya sekedar menyampaikan informasi diskon namun juga mengena dengan kebutuhan target pelanggan Anda di sosmed.

Kalau Anda masih bingung, coba pakai kalimat promosi untuk diskon di bawah ini!

  • Yuk melipir ke Baso Ojol, Diskon 25% Buat Makan Siang Ojol
  • Bonus akhir bulan khusus Mahasiswa, Diskon 50% Makan di Warung Pak Muh
  • Jum’at Berkah! BAYAR SETENGAHNYA, cuma di Chick Geprek
  • Ambil voucher diskon valentine50% kamu sekarang di Zia Dessert! (Voucher terbatas!)
  • Now Open Brownies Mama. Diskon 20% untuk pembelian pertama

Kalimat Promosi Untuk Garansi

Jaminan juga menjadi salah satu preferensi orang dalam memilih sebuah produk. Para konsumen pastinya ingin makanan yang di terima sesuai deskripsi, tiba di tangan dengan keadaan bagus/ fresh (tidak rusak), di olah dengan bersih atau halal dll.

Maka dari itu, Anda juga bisa melakukan promosi makanan di sosme dengan menggunakan kalimat promosi garansi. Untuk menawarkan garansi Anda juga bisa menggunakan sedikit humor.

Di bawah ini adalah contoh kalimat promosi yang menawarkan garansi untuk pelanggan.

  • Ramen Moshi-moshi 99,99% ramen jepang!
  • Bebek panggang Koki. Harga kaki 5 kualitas bintang 5
  • All you can eat Shibuya 1000000000% di jamin halal
  • Anyeong! Udah pada nyobain jajanan korea yang asli koreanya? Cuma di Anyeong Street Food!

Kata-kata Untuk Ongkir Gratis

Gratis ongkir juga menjadi penawaran yang tidak kalah powerfull untuk menarik atensi calon pelanggan di sosmed. Karena terkadang masalah ongkir menjadi kendala dan memberatkan calon pelanggan.

Tapi dengan mencantumkan “Free Ongkir” dalam promosi Anda, hal ini akan membuat calon pelanggan agak lega karena tidak perlu terbebani dengan ongkir. Ini juga terbukti oleh kesuksesan marketplace yang mencantumkan “gratis ongkir” walaupun dengan syarat tertentu.

Biasanya pelanggan lebih tertarik dan mau membeli ketika biaya ongkir tidak perlu mereka tanggung apapun syaratnya selama masih logis. Jadi kenapa tidak coba promosikan makanan Anda di sosmed dengan penawaran free ongkir?

Anda bisa menggunakan beberapa contoh kalimat promosi “Free ongkir” di bawah ini sebagai inspirasi!

  • Lapar? Melipir aja ke Warung Pak Muh di Gofood, GRATIS ONGKIR!
  • Traktir ongkir akhir bulan dari Baso tahu Bu Ita, 100% gratis ongkir!
  • Free ongkir untuk pembelian pertama Dim Sum Kaka
  • Desember Ceria! Free ongkir pelanggan setia Mie ayam Mang Haji (minimal sudah 5x kali membeli)
  • Udah tau kalau sekarang beli Ayam geprek di Koko Ayam Geprek Gratis Ongkir setiap pembelian 3 paket ayam apa saja? Yuk rame-rame makan ayam geprek, tambah rame tambah asik!

Promosi COD atau Bayar Ditempat

Selain diskon, bonus, garansi dan ongkir, pilihan metode transaksi juga di jadikan peluang promosi. Karena pada kasus penjualan makanan tertentu, biasanya orang merasa keberatan jika harus membayar melakukan transfer rekening.

Biasanya ini bisa di sebabkan karena takut di tipu, karena merasa masih satu daerah jadi keberatan membayar ongkir lebih mahal, takut makanannya basi atau ingin segera di santap dll. Oleh karena itu orang-orang memilih opsi COD (Cash On Delivery) atau bayar di tempat.

Dengan metode COD, penjual dan pembeli bertemu langsung di suatu tempat yang telah di sepakati sebelumnya. Biasanya transaksi di lakukan dengan uang cash, atau bisa juga transfer mobile banking/ e-wallet di tempat.

Nah jika Anda merasa mampu untuk memfasilitasi metode transaksi COD ini, bisa mempromosikan makanan Anda di sosmed dengan contoh kalimat promosi COD berikut!

  • Takut makananmu basi di ekspedisi? Tenang pesan di Warung Frozen bisa COD
  • Lagi pengen baso aci kuah instan? Beli di sini aja, kita COD-an yuk!
  • Yuk cicip Dessert Mama, COD aja gak pake ribet!
  • Mau ngerasain premiumnya rasa Dessert Mama? Yuk COD, supaya tidak ada dusta di antara kita.
  • Istri ngidam Dessert duren? Yuk pesen Duren di Doerian Dulu, bisa COD
  • Ingin cepet menikmati Cimocil pedas? Gampang, pesen lewat COD aja!

Promosi Bonus Spesial

Cara lainnya untuk mendapatkan atensi dari pada pelanggan adalah dengan memberikan promo bonus spesial. Dengan bonus, pelanggan merasa beruntung dan puas. Sehingga brand makanan Anda bisa lebih mengena bagi pelanggan.

Anda bisa memberikan bonus dengan syarat tertentu. Bentuk bonusnya bisa dengan barang, produk lain, voucher dll. Jika Anda perlu ide untuk membuat kalimat promosi bonus spesial, kenapa tidak coba yang satu ini?

  • Buy one get one Brownies kukus Raksasa. Khusus buat kamu. Iya, kamu!
  • Beli 10 Cireng Seuhah apa saja, Bonus 2 Cireng Keju/Baso
  • Beli Baso Aci Juragan minimal Rp. 50 ribu gratis 3 minuman segar*!
  • Gratis 1 Slice Oreo Cheesecake, Min Pembelian Rp. 150 ribu
  • Udah nyoba Donat Madu Kakak? Beli 2 box, gratis 1 box Donat baby!

Hal-hal yang Harus di Perhatikan dalam Membuat Kalimat Promosi

Hal-hal penting dalam komunikasi pemasaran
Hal-hal yang Harus di Perhatikan dalam Membuat Kalimat Promosi

Sudah dapat inspirasi dari kalimat-kalimat promosi di atas? Supaya skill komunikasi pemasaran Anda lebih meningkat, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini ketika membuat kalimat promosi.

1. Tentukan Target Audiensnya Terlebih Dahulu

Apapun produk makanan Anda, Anda wajib tahu untuk siapa produk ini di tujukan. Terlebih lagi, jika promosi yang di lakukan punya target pasar yang lebih spesifik, misalnya mahasiswa.

Anda perlu memahami pola kebiasaan dan kebutuhan para mahasiswa terhadap produk Anda. Dengan begitu kalimat promosi yang Anda buat nantinya akan lebih terarah dan juga mengena.

2. Gunakan Kalimat yang Solutif

Dalam membuat kalimat promosi, pertimbangkan juga menggunakan kalimat yang solutif. Artinya, kalimat ini bertujuan menjawab kebutuhan para pelanggan.

Oleh karena itu, pastinya Anda harus tahu kebutuhan apa yang sedang di rasakan pelanggan. Bisa saja misalnya ada kebutuhan potongan harga akhir bulan bagi para mahasiswa, kebutuhan makanana sehat, instant service dll.

  • Catering Sehat Bu Nur, siap antar tanpa ribet tanpa ongkir. Solusi ditengah sibuknya super moms setiap hari.
  • Ingin makanan hemat tapi dompet sudah tipis? Makan di Warung Kampus aja! Diskon 20% all menu setiap akhir bulan (tanggal 25-30)

3. Manfaatkan Momentum Viral

Anda juga bisa memanfaat monetum viral atau yang sedang menjadi hot topik masyarakat di sosmed. Ini membuat produk makanan Anda banyak di lirik karena algoritma sosmed salah satunya menampilkan konten-konten yang berhubungan dengan hal yang sedang ramai di bicarakan.

Contohnya saja saat pandemik, dimana orang-orang sebisa mungkin butuh menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan. Anda bisa menawarkan makanan yang di jamin sehat proses pengolahannya, delivery service, gratis ongkir dll.

Contoh lainnya, pada liburan akhir tahun, banyak orang yang tidak bisa mudik dikarenakan pandemi covid 19. Anda bisa memanfaatkan hal ini sebagai momentum itu untuk mengajak audiens membeli hampers/ hadiah kepada orang-orang terkasih melalui makanan yang Anda tawarkan.

4. Pakai Kalimat Pembatasan Waktu

Orang-orang akan lebih terdorong untuk melakukan pembelian ketika ada batasan waktu dalam promosi. Coba bayangkan jika promosi 50% Anda berlakung sepanjang tahun. Tidak ada tekanan untuk para pelanggan agar segera membeli makanan Anda. Jadi cobalah menggunakan kalimat pembatasan waktu yang spesifik.

Misalnya seperti :

  • Cuma hari ini! Buy 2 get 1 Toppokki Cingu
  • Hari terakhir! Diskon 50% di all you can eat Seoul
  • 12.12 Sale! Diskon 12% all menu di Najwa Dessert shop

Penutup

Nah itulah beberapa kalimat dan tips membuat kalimat promosi yang bisa Anda coba. Sebagai penjual, kita memang harus kreatif dalam memberikan penawaran-penawaran menarik. Jadi tentunya kalimat-kalimat promosi di atas hanya contoh dan harus Anda kembangkan sesuai dengan konteks bisnis kuliner Anda masing-masing agar lebih sempurna.

Baca artikel seputar promosi di, 15 Cara Promosi Produk yang Ampuh Online Maupun Offline

Semakin jago Anda membuat kalimat promosi yang menarik, semakin besar juga peluang konversi yang bisa Anda dapatkan. Jadi jangan lupa terus belajar. Semoga bisnis kuliner Anda bisa laris di sosmed.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar