30 Contoh Usaha Makanan yang Menjanjikan di Lingkungan Sekitar

Makanan merupakan kebutuhan pokok setiap orang yang akan terus diperlukan oleh mereka. Tanpa makan, Kesehatan setiap orang bisa menurun karena merupakan sumber energi utama untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

Oleh karena itulah, selain manusia harus bisa memiliki skill memasak, ada pula yang memanfaatkan hal tersebut untuk membuka usaha makanan.

Maka tidak heran, bila usaha makanan ini tidak akan pernah pudar bahkan terus menjamur dan berkembang dengan pesat.

Jika Anda tengah menyiapkan untuk membuka usaha makanan, berikut akan kami paparkan tentang 30 contoh usaha makanan yang menjanjikan di lingkungan sekitar Anda. Dan berikut ulasannya!

1. Usaha Makanan Warteg

Usaha makanan warteg ini hampir ada di setiap daerah terutama di pulau Jawa. Warteg ini termasuk salah satu tempat makanan favorit setiap orang dari berbagai kalangan.

Harganya yang terjangkau dan menu makanan yang bervariasi serta rasa yang enak, membuat mereka tidak berhenti untuk datang warteg.

Jika Anda memiliki skill memasak yang cukup baik, tidak ada salahnya untuk membuka usaha makanan warteg di sekitar tempat tinggal Anda.

2. Usaha Ayam Goreng Crispy

Usaha Ayam Goreng Crispy

Usaha berikutnya yang menjanjikan adalah usaha ayam goreng crispy. Hampir 80 persen penduduk di Indonesia menyukai makanan dengan bahan dasar ayam.

selain enak dikonsumsi dengan cara digoreng atau dibakar, banyak pelaku usaha yang membuat ayam goreng crispy mirip dengan ayam goreng franchaise ternama di negeri ini.

Walaupun dijual dengan harga terjangkau, rasa ayam gireng crispy tersebut tidak kalah enaknya, bahkan ada beberapa yang sudah dibuat franchaise dengan harga terjangkau.

Karena itulah, Anda bisa mencari bisnis franchaise dengan modal terjangkau untuk membuka usaha ini.

3. Usaha makanan Mie Baso dan Mie Ayam

Mie baso merupakan salah satu makanan favorit setiap orang terutama orang-orang yang tinggal di Pulau Jawa.

Banyaknya penjual mie baso ini membuktikkan bahwa makanan ini sangat diterima oleh setiap orang dari berbagai kalangan.

Harganya pun cukup terjangkau dengan rasa yang enak dan tentu saja menyehatkan.

Jika Anda tertarik untuk membuka usaha ini, pastikan memiliki baso yang enak dan kenyal karena tekstru dan citra rasa itulah yang dicari banyak orang.

4. Usaha Makanan Catering

Usaha makanan beriktunya yang cukup menjanjikan adalah catering. Usaha makanan ini bisa membidik berbagai event seperti pernikahan, seminar, acara keluarga, dan acara lainnya yang bersifat banyak orang.

Bahkan usaha catering ini sudah merambah perusahaan, instansi pemerintahan, dan sekolah. Untuk Anda yang memiliki skill memasak yang cukup baik, tidak ada salahnya untuk membuka usaha catering ini.

Karena perlu memasak dengan jumlah yang banyak, maka diperlukan tim untuk membantu kelancaran usaha ini.

5. Usaha Makanan Gorengan

Adakah diantara Anda yang membaca artikel ini belum pernah makan gorengan? Sepertinya, Sudah hampir 80 persen penduduk di Indonesia ini pernah mencicipi makanan gorengan.

Gorengan merupakan salah makanan cemilan yang sangat disukai banyak orang baik itu anak-anak hingga orang dewasa.

Beragam jenisnya, enak rasanya, dan harganya murah membuat orang-orang bisa mencicip makanan ini.

Untuk menemukan makanan gorengan ini pun sangat gampang, bisa ditemukan di tempat kaki lima, di pinggir jalan, ataupun di dekat pusat perbelanjaan,

6. Usaha Makanan Sosis Bakar

Jika Anda sering berkunjung ke pasar kaget, bazar, atau tempat pusat perbelanjaan, selalu ada para penjual sosis bakar.

Walaupun banyak yang jual sosis di tempat itu, tetap saja di setiap stand atau gerainya, makanan tersebut banyak diminati oleh orang-orang, hingga mengisyaratkan bahwa sosis bakar tengah menjadi makanan yang laris manis.

Jika Anda ingin membuka usaha ini, sebaiknya memilih sosis yang enak dan layaknya untuk dijual.

7. Usaha Makanan Seblak

Seblak adalah makanan cemilan yang berasal dari Jawa barat. Seblak tersebut cukup fenomenal karena dari makanan berbahan dasar kerupuk itulah, orang-orang bisa berkreasi dan berinovasi.

Dimana banya orang yang menjual seblak basah maupun kering dengan berbagai macam toping yang tadinya membuat seblak makanan biasa menjadi cukup istimewa dan digemari berbagai kalangan.

8. Usaha Makanan Pecel Lele

Usaha berikutnya yang cukup menjanjikan adalah usaha makanan pecel lele. Mendengar kata pecel lele, pasti langsung terlintas dengan tenda makanan yang selalu terlihat dipinggir jalan.

Selain lele, menu lain yang diminati adalah nasi uduk, bebek goreng, soto ayam, dan soto babat. Siapapun yang makan diwarung tenda tersebut akan terasa nikmat dengan rasa pecel lele yang khas.

9. Usaha Makanan Ayam Geprek

Selain ayam crispy, ayam geprek pun menjadi menu favorit dari setiap orang. Pada dasarnya, ayam geprek ini adalah ayam crispy yang dibumbui dengan cabe berbagi level sesuai dengan keinginan.

Karena populernya ayam geprek ini, membuat salah satu artis di ibu kota membuka usaha ayam geprek dnegan varian menu dan olahan.

10. Usaha Makanan Martabak

Usaha berikutnya yang menjanjikan adalah martabak. Baik martabak telor atau manis, semua orang menyukai menu makanan ini.

Apalagi martabak kerap kali dijadikan sebagai buah tangan untuk pedekate dengan mertua atau menghangatkan suasan dengan teman-teman lainnya.

Usaha martabak di zaman ini pun cukup menarik karena banyak tawaran topping kekinian yang digunakan sehingga rasanya menjadi lebih enak.

11. Usaha Makanan Sate Taichan

Berikutnya adalah sate taichan, sate yang sedang hits ini berbeda dengan sate pada umumnya yang selalu menggunakan bumbu kacang.

Sedangkan, sate taichan sendiri pengolahannya hanya dibakar dan menggunakan sambal serta perasaan jeruk agar semakin lezat.

Selain menggunakan fillet dada ayam, Anda pun bisa menggunakan olahan lainnya, seperti kulit ayam, usus, atau daging sapi.

12. Usaha Makanan Kue Tradisional

Selain kebudayaan yang harus dilestarikan, hal lain yang perlu dilestarikan keberadaannya adalah kue-kue tradisional.

Jangan sampai kue-kue ini harus tergantikan dengan kue kekinian, karena itulah perlu dilestarikan.

Untungnya, sudah semua penduduk Indonesia menyadari hal ini, sehingga sebagian penduduk di Indonesia masih ada yang membuka peluang usaha kue tradisional.

Kue-kue tersebut sering ditemukan di pasar tradisional, beberapa orang ada yang menjualnya di tempat kue ternama namun dengan sedikit modifikasi agar lebih kekinian.

13. Usaha Makanan Aneka Keripik

Orang Indonesia, selain menyukai makanan yang berat juga menyukai makanan ringan, seperti keripik.

Oleh karena itu, di beberapa daerah Indonesia tersedia berbagai jenis keripik yang berasal dari singkong, ubi, rebung, jagung, bahkan buah-buahan.

Nah, kabar baiknya aneka keripik tersebut masih disukai dan diminati banyak orang termasuk anak-anak muda.

Bahkan aneka keripik tersebut dijadikan oleh-oleh khas dari daerah setempat. Dengan begitu, selain melestarikan kuliner lokal, Anda pun turut membantu perekonomian masyarakat setempat.

Pada artikel kami sebelumnya, kami sudah mengulas kisah sukses penjual kripik pedas, anda bisa membacanya.

14. Usaha Makanan Olahan Ikan

Indonesia yang dikeliling dengan lautan, berpotensi untuk menghasilkan berbagai macam ikan. Tak heran, negara-negara tetangga memesan langsung jenis-jenis ikan dari negeri ini karena memang berlimpah adanya.

Dari berlimpahnya ikannya yang ada, bisa dijadikan peluang usaha untuk menghasilkan makanan yang sehat.

Karena itu, jika Anda tinggal dekat pantai, bisa mengolah ikan menjadi berbagai macam jenis makanan seperti pempek, kerupuk ikan, otak-otak, abon ikan, fillet ikan, dan lain sebagainya.

15. Usaha Makanan dari Luar Negeri

Selain bisa menjual makanan lokal, Anda pun bisa menjual makanan dari luar negeri yang saat ini banyak dicari.

Seperti menjual kebab dari turki, kue beras dari korea, sushi dari jepang, bakpau dari cina, dimsum dari Hongkong, burger, ramen, dan lain sebagainya.

Karena berasal dari luar negeri, ketika Anda menjual makanan ini harus tetap disesuaikan dengan lidah masyarakat setempat agar masih tetap diterima.

16. Usaha Makanan Roti Bakar

Usaha makanan berikutnya yang bisa Anda jalankan adalah usaha roti bakar. Di pulau jawa, roti bakar ini selalu ada di pinggir jalan atau di pusat perbelanjaan.

Memakan roti bakar ini paling enak disantap ketika malam hari sambil minum susu murni hangat dengan beraneka macam rasa yang bisa dipilih sesuai selera.

Jika Anda ingin menjual makanan ini jangan lupa tambahkan toping-toping special agar disukai banyak orang terutama anak-anak muda.

17. Usaha Makanan Sarapan Pagi

Kebiasaan orang Indonesia yang selalu makan berat di pagi hari, bisa dijadikan peluang usaha yang menjanjikan untuk Anda geluti.

Karena itu, pilihlah menu sarapan yang tergolong disukai oleh masyakarat sekitar, seperti nasi uduk, nasi kuning, lontong kari, bubur ayam, ketoprak, kupat tahu, dan lain sebagainya.

18. Usaha Makanan Khas Daerah

Usaha makanan berikutnya yang cukup menjanjikan adalah membuka usaha makanan khas daerah.

Terutama untuk Anda yang merantau ke daerah lain maupun ke luar negeri, makanan ini pasti banyak dicari dan dirindukan .

Makanan khas daerah tersebut meliputi masakan padang, gudeg jogja, makanan khas Betawi, dan lain sebagainya.

Selain bisa mengobati rindu para perantau, tidak ada salahnya untuk mengenalkan makanan khas daerah lain kepada orang lain.

19. Usaha Makanan Nasi Goreng

Usaha berikutnya yang menjanjikan adalah makanan nasi goreng. Makanan ini pasti banyak ditemukan di sudut-sudut daerah Indonesia terutam di Pulau Jawa.

Uniknya, walaupun memiliki nama yang sama, yaitu nasi goreng, rasa yang dihasilkan selalu berbeda dan memiliki toping-toping yang berbeda pula.

20. Usaha Makanan Frozen Food

Usahana makanan berikutnya yang begitu menjanjikan adalah membuka usaha frozen food atau makanan beku.

Makanan tersebut sangat diminati karena memang praktis dan cepat untuk disajikan. Makanan tersebut juga tidak cepat basi karena bisa tahan lama selama 3 bulan lamanya.

Makanan frozen food tersebut diantaranya adalah sosis, nugget, olahan ikan, sayap ayam, dan lain sebagainya.

Selain bisa dipasarkan offline, makanan ini bisa dipasarkan secara online lewat market place.

21. Usaha Makanan Kue Ulang Tahun

Usaha Makanan Kue Ulang Tahun

Usaha berikutnya yang menjanjikan adalah usaha kue ulang tahun. Permintaan akan kue ulang tahun ini masih cukup tinggi, apalagi jika Anda memiliki kemampuan untuk menghias kue-kue ulang tahun tersebut.

Maka dari itu, jika Anda senang membuat kue tidak ada salahnya untuk mengembangkan skill yang dimiliki dengan membuat kue ulang tahun serta memasarkannya.

22. Usaha Makanan Bahan Dasar Jagung

Makanan Bahan Dasar Jagung

Jagung sebagai salah satu bahan makanan yang berlimpah di Indonesia, bisa dijadikan berbagai olahan makan yang cukup lezat.

Dari olahan makanan tersebut, Anda bisa membuat kreasi lain seperti pop corn, jagung rebus, sus jagung, cereal, dan lain sebagainya.

23. Usaha Makanan Tahu Bulat

Tahu bulat, adalah salah satu makanan yang cukup hits di Indonesia karena pemasarannya yang menarik.

Lewat mobil bak terbuka dan dengan lagu yang khas, membuat tahu bulat cukup populer di Indonesia terutama di Pulau Jawa.

Sampai saat ini keberadaan tahu bulat masih terus eksis dan banyak dicari oleh banyak orang. Bahkan di tahun 2019, Tahu bulat adalah salah satu bisnis paling populer.

24. Usaha Jajanan Anak Sekolah

Walaupun sudah ada sebagian sekolah yang menggunakan catering untuk memenuhi kebutuhan makanan anak-anak, tetap saja masih ada sekolah yang masih membolehkan orang-orang untuk membuka lapak di depan sekolah untuk berjualan.

Usaha makanan anak sekolah ini cukup menjanjikan, karena itu Anda bisa memilih jajanan anak sekolah mana yang memang sangat disukai kemudian buat keunikan dari makanan tersebut. Jangan lupa harus terjaga kebersihannya.

25. Usaha Makanan untuk Diet

Peluang usaha berikutnya yang cukup menjanjikan adalah makan-makanan diet. Makanan diet ini bisa berupa diet catering yang telah disapprove dokter gizi, atau menjual makanan diet lainnya seperti salad, spring roll, dan lain sebagainya.

Kesadaran masyarakat untuk hidup sehat saat ini sangatlah tinggi, maka tidak ada salahnya untuk mencoba membuka usaha makanan diet.

26. Usaha Makanan Olahan Durian

Durian, merupakan salah satu buah-buah yang cukup favorit di Indonesia. Rasa yang manis, buah yang tebal, serta wangi yang khas membuat durian ini disukai banyak orang.

Selain bisa dikonsumsi langsung, saat ini banyak orang yang mengolah durian menjadi berbagai macam makanan seperti pancake durian, dodol durian, es krim durian, sup durian, dan lain sebagainya.

27. Usaha Makanan Cireng dan Cilok

Cireng dan cilok merupakan makanan yang berasal dari jawa barat. Makanan yang terbuat dari tepung tapioca dengan bahan-bahan rempah yang khas ini membuat cireng dan cilok digemari semua orang terutama anak-anak.

Bahkan cireng dan cilok saat ini mengalami berbagai varian yang tambah dicari dan disukai para penggemarnya.

28. Usaha Makanan Batagor

Batagor atau baso tahu goreng merupakan salah satu makanan khas dari Jawa barat tepatnya di Bandung. Makanan ini cukup terkenal dan berbagai merk batagor tersebar di kota kembang.

Batagor yang dibanderol mulai dari harga yang murah sampai mahal pun tersedia di kota ini. Tentunya jika Anda memilih membuka usaha ini sangatlah tepat karena cukup menjanjikan.

29. Usaha Makanan Asinan Sayuran dan Buah-Buahan

Usaha berikutnya yang cukup menjanjikan adalah asinan dari Bogor. Asinan tersebut terdapat dua jenis, yaitu asinan sayuran dan buah-buahan.

Rasa manis, asem, pedas yang ada dalam asinan, membuat makanan ini banyak dicari oleh semua orang.

30. Usaha Makanan Kue Kering

Usaha berikutnya yang cukup menjanjika adalah makanan kue kering. Kue kering ini seperti yang diketahui bersama sangat diminati terutam untuk hari-hari besar.

Dari usaha kue kering ini telah banyak melahirkan orang-orang sukses yang bisa mengubah perekonomiannya lebih baik lagi.

Penutup

Nah, itulah dia 30 contoh usaha makanan yang menjanjikan yang ada di lingkungan sekitar. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk berwirausaha. Selamat mencoba.

Bagikan ;

SEKURITAS

INFO

  • 15% Instant Bonus

  • Min Deposit: $5

  • Regulasi Terjamin

5/5
  • Bonus 100% per deposit

  • $1 Deposit Awal

  • Trading Saham dan Forex

5/5
  • 50% Bonus deposit

  • $ 50 Deposit Awal

  • Trading Forex, CFD

  • Komoditas dan indeks Saham

5/5