10 Cryptocurrency Terbaik Untuk Investasi Masa Depan

Cryptocurrency menjadi salah satu trend investasi yang banyak di minati saat ini. Hal ini karena cryptocurrency juga menawarkan potensi keuntungan yang cukup menjanjikan bagi sebagian orang sehingga bisa mendapatkan keuntungan maksimal hanya dengan memiliki uang kripto.

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang sama berharganya dengan mata uang di dunia nyata. Jadi cryptocurrency juga bisa digunakan sebagai alat tukar dalam transaksi digital.

Nah tahukah Anda bahwa ada banyak jenis aset kripto yang semuanya memiliki karakteristik serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bahkan saat jumlahnya ada ribuan di luar sana.

Apa saja jenis cryptocurrency yang patut kita pertimbangkan untuk investasi? Sebab dalam berinvestasi tentunya kita harus memperhatikan betul instrumen investasi yang kita pilih kaitannya dengan potensi di masa depan.

Jika Anda tertarik berinvestasi kripto atau cryptocurrency, berikut adalah daftar 10 aset cryptocurrency terbaik yang bisa Anda pilih!

1. Berinvestasi Pada Bitcoin (BTC)

Berinvestasi Cryptocurrency Pada Bitcoin (BTC)

Mata uang digital pertama yang bisa Anda pilih sebagai aset investasi tentu saja masih Bitcoin. Siapa sih yang tidak pernah mendengar tentang Bitcoin (BTC) dalam dunia mata uang digital?

Bitcoin adalah salah satu mata uang digital yang dikenal telah mendominasi dan memiliki daya tahan yang yang lebih kuat di bandingkan aset lainnya.

Bahkan mata uang digital yang di temukan oleh Satoshi Nakamoto ini di sebut-sebut sebagai raja aset kripto (king of cryptocurrency). Selain itu bitcoin menjadi salah satu aset yang punya potensi tinggi di masa depan karena harganya yang terus meningkat.

Hal ini juga tidak mengherankan, karena banyak perusahaan besar pun ikut menginvestasikan asetnya kedalam pasar Bitcoin. Ketika di cek, per-tanggal 8 Maret 2021 harga Bitcoin mencapai Rp. 750.712/ bitcoin.

Walaupun pada tahun 2018 dan 2020 sempat turun, namun nyatanya Bitcoin meroket lagi di tahun ini. Aset ini hanya bernilai Rp 150 ribuan pada tahun 2020 dan di masa awal tahun 2016 Bitcoin harganya Rp 5000-an saja.

Bagaimana, tertarik mulai berinvestasi pada Bitcoin? Jika Anda Anda ingin membeli mata uang yang satu ini, di Indonesia sudah ada beberapa tempat yang di sebut Exchange (pertukaran / jual beli) untuk jual beli Bitcoin secara online. Misalnya saja Indodax, Luno, Tokocrypto, UpBit Indonesia dll.

2. Binance Coin (BNB)

binance coin
Sumber gambar : www.cryptocoinspy.com

Selain Bitcoin, Anda juga bisa memilih Binance Coin (BNB) untuk investasi. Mengapa?

Walaupun Binance coin memang termasuk aset kripto baru, namun BNB termasuk aset kripto yang memiliki fundamental yang kuat. BNB merupakan aset kripto yang di luncurkan pada tahun 2017 oleh Binance Exchange.

Binance Exchange sendiri adalah salah satu broker crypto terbesar di dunia. CEO nya adalah Changpeng Zhao (pengusaha asal cina-kanada).

Jadi jika Anda memiliki coin BNB, Anda juga bisa menggunakannya sebagai alat transaksi trading di Binance Exchange ataupun alat pembayaran untuk hal lainnya.

Berdasarkan data dari coinmarketcap.com harga Binance coin saat ini (11 Maret 2021) adalah Rp4,041,801/ coin, jauh dari harga awalnya yang hanya Rp 1.508/ coin. Bagaimana, tertarik membeli Binance coin?

3. Eutereum (ETH)

investasi kripto ethereum

Ethereum adalah salah satu uang kripto yang juga banyak di sebut pada banyak kesempatan. Hal ini tidak heran karena Etehereum (ATH) merupakan salah satu mata uang digital yang memiliki liquiditas tinggi setelah Bitcoin.

Artinya perdagangan jenis mata uang digital yang satu ini cukup tersebar dan banyak di piih oleh pasar. Sehingga Anda bisa menperjual belikannya dengan mudah.

Nah sama halnya seperi Bitcoin, ternyata Ethereum (ETH) juga ikut turun pada tahun 2018 yang lalu. Tapi pada tahun 2020 kemarin, ETH mampu melesat kembali, bahkan menduduki posisi kedua di CoinMarketCap.

Pada tahun 2020 Ethereum juga telah melakkan upgrade dari Ethereum 1.0 menjadi Ethereum 2.0. Ethereum juga di kenal sebagai aset kripto yang menggunakan konsep smart contract, sehingga memungkinkan para developer jika ingin merilis aplikasinya baik yang bisa di instal di komputer atau smartphone yang sudah didesentralisasi (dApps).

Mengenai harganya sendiri, jika Anda ingin membelinya saat ini (per-11 Maret 2021) nilai ETH berada pada Rp. 25.886/ coin (berdasarkan data dari www.investing.com).

4. XRP dari Ripple

cryptocurrency terbaik XRP dari Ripple

Aset mata uang digital lainnya yang menarik di tahun ini adalah XRP. XRP adalah cryptocurrency (mata uang digital) di luncurkan oleh Ripple.

Ripple sendiri merupakan aplikasi dalam bidang keuangan yang berfungsi sebagai sistem pembayaran.Ripple tidak menggunakan Blockchain. Ini lah yang salah satu hal yang membedakannya dengan Bitcoin dan juga Ethereum.

Selain itu, aspek kerjasama dalam perkembangan sebuah mata uang digital juga sangat penting. Nah, Ripple ini ternyata sudah menjalin banyak kerjasama dengan perusahaa-perusahaan keuangan besar yang ada di dunia.

Misalnya seperti Mastercard, Western Union, MoneyGram, BMO dll. Kabarnya, daftar perusahaan besar yang menggunakan Ripplepun terus bertambah.

Diketahui bahwa harga XRP akhir-akhir ini sedang turun (per 10 Maret 2021) yakni di angka Rp 6.603/ coin. Mungkin menjadi kesempatan Anda untuk membeli aset berharga yang satu ini?

5. Basic Attention Token (BAT)

mata uang digital BAT

Basic Attention Token (BAT) juga masuk dalam daftar mata uang digital terbaik saat ini. BAT di kembangkan oleh perusahaan Browser bernama Brave. Namun sebelum membeli cryptocurrency, tentunya kita perlu tahu cara kerjanya bukan?

BAT sendiri adalah sebuah platform pertukaran iklan yang berbasis Ethereum dan terhubung dengan penerbit, pengiklan, dan juga para pengguna blockchain.

Sebagai pengguna BAT, Anda juga bisa memberikan tip kepada para pembuat konten (content creator) karena cryptocurrency yang satu ini terintegrasi dalam browsernya yang bernama Brave.

Jadi cara kerja dari mata uang digital BAT secara umum adalah dengan memanfaatkan bisnis iklan, yang mana kita ketahui bahwa bidang bisnis yang satu ini sangat menjanjikan.

Bahkan perusahaan-perusahaan teknologi ternama di dunia seperti Google dan Facebook mendapatkan 90% penghasilannya dari iklan.

Karena token BAT erat kaitannya dengan para content creator, jadi bisa di bilang bahwa informasi yang diberikan oleh mereka yang akan menentukan seberapa besar atau kecilnya token atau tip yang mereka dapatkan. Karena untuk mendapatkan banyak token BAT, tentunya para content creator perlu membuat banyak informasi yang bermanfaat untuk pengguna browser Brave.

Nah, sedikit informasi Brave sendiri adalah browser seperti halnya Chrome atau Firefox. Namun kelebihannya Brave memiliki tingkat kecepatan yang tinggi, fitur blok iklan internal dll.

Browser Brave juga memungkinkan para penggunanya untuk menonton iklan sesuai kemauan dan menghasilkan uang BAT dari situ. Ini akan memberikan efek feedback yang lebih murni dari para target konsumen bukan?

Selain itu, tentu saja BAT juga bisa digunakan untuk membeli iklan lewat platform-platform seperti Google, Youtube atau media sosial lainnya. Nah saat di cek per-tanggal 11 Maret 2021, nilai BAT berada pada Rp 11.673/ coin.

6. Cardano (ADA)

cryptocurrency terbaik cardano

Mata uang digital terbaik selanjutnya adalah Cardano (ADA). Cardano (ADA) di luncurkan pertama kali pada tahun 2015. Aset keuangan digital yang satu ini di kembangkan oleh perusahaan yang bernama Input Output Hong Kong (IOHK). Perusahaan ini dikelola oleh co-founder dari BitShares dan Ethereum, yakni Charles Hoskinson.

Sama seperti Ripple, ADA berfungsi menjadi aplikasi transaksi lintas batas seperti mengirim dan juga menerima uang secara digital yang mana ADA coin merupakan mata uangnya.

Cardano (ADA) adalah blockchain yang terdesentralisasi. ADA sendiri hendak menciptakan teknologi blockchain yang lebih baru dari pendahulunya, Ethereum. Sehingga Cardano (ADA) dapat memproses transaksi yang lebih banyak, lebih murah, dan juga tentunya lebih cepat lagi.

Berbeda dengan blockchain lainnya yang hanya memiliki 1 lapisan, ADA memiliki 2 lapisan yang terpisah. Tentunya hal ini bisa memberi manfaat bagi para pengguna uang digital ADA, seperti misalnya lapisan komputasi lebih mudah beradaptasi.

Berapa harga coin ADA saat ini? Per tanggal 11 Maret 2021, harga coin ADA berada di Rp 11.135/ coin. Apakah Anda berminat membelinya?

7. TRON (TRX)

aset cryptocurrency TRON (TRX)

Sebagai salah satu aset kripto yang termasuk baru dalam dunia mata uang digital, ternyata TRON (TRX) sudah mampu menunjukan kebolehannya dengan memperlihatkan perkembangan yang cukup pesat. TRON (TRX) di luncurkan pertama kali pada tahun 2017 oleh TRON Foundation dengan kapitalisasi pasar sebesar US$3.607.510.387.

Pemiliknya yaitu Justin Sun, yang merupakan pengusaha muda sukses asal Cina. Ia masuk dalam Forbes 30 under 30. Ternyata Justin Sun juga merupakan anak didik dari Jack Ma.

TRON sendiri adalah sebuah platform yang berbentuk sistem hiburan digital secara global. Selain gratis, kelebihan TRON yang bisa membuat para penggunanya berbagi konten digital secara mudah dan juga hemat biaya. Ini mungkin menjawab pesaingnya, yakni Netflix yang memberlakukan biaya yang tinggi untuk hosting konten.

Mata uang digital yang satu ini sudah memiliki 24 juta akun dan di ramalkan menjadi aset kripto yang akan terus berkembang di masa mendatang. Tingginya potensi perkembangan ini di sebabkan kebutuhan pasar yang juga tinggi akan hiburan.

Saat ini siapa sih yang tidak suka dengna hiburan? Kita rela membayar untuk mendapatkan akses ke konten premium bukan? Nah, TRX ini adalah mata uang digital untuk alat bayarnya.

Nah jika Anda tertarik berinvestasi pada mata uang digital TRON (TRX), harga per-coinnya adalah Rp 726,36/ coin (13 Maret 2021).

8. Stellar Lumen (XLM)

cryptocurrency stellar

Stellar (XLM) adalah platform open-source terdesentralisasi untuk transaksi lintas batas yang sudah di luncurkan sejak tahun 2014. Jadi fokus utamanya adalah sebagai alat pembayaran lintas batas dari mata uang digital apapun.

Kabarnya Stellar (XLM) cukup mirip dengan XRP. Bedanya, jika XRP fokus ke perusahaan besar maka XLM menyasar perseorangan (individu).

XLM hendak mengganti sistem SWIFT yang di anggap telah mengganggu pasar global. Stellar (XLM) di prediksi akan menjadi mata uang digital yang banyak di pilih di masa depan.

Jika Anda ingin membeli XLM, tentunya Anda perlu mengecek berapa harganya saat ini. Diketahui, ternyata harga mata uang digital yang satu ini adalah sekitar Rp 5.561/ coin pada 13 Maret 2021. Berminat berinvestasi pada XLM?

9. NEO

mata uang digital NEO

NEO adalah salah satu mata uang digital yang berhasil dilirik oleh para investor di banding aset crypto lainnya. Da Hongei adalah CEO di balik melesatnya aset crypto yang satu ini.

Bisa di bilang bahwa NEO sendiri merupakan platform open-source berbasis komunitas yang memanfaatkan teknologi blockchain asal Cina.

NEO banyak digunakan orang sebagai pondasi dalam membangun aset keuangan digital, smart contract, sampai dengan blockchain. Aset uang digital ini juga di sebut-sebut memiliki kemiripan dengan ETH (Ethereum) dan di prediksi adakan mengalami perkembangan di masa depan.

Ketika bulan Januari 2019, token NEO naik hingga hampir dua kali lipat loh! Dari yang awalnya sebesar $ 7,5 menjadi $ 11. Tertarik berinvestasi pada mata uang digital NEO? Per-tanggal 13 Maret 2021, harga koin NEO mencapai Rp571,857.81/ coin.

10. Litecoin (LTC)

Litecoin (LTC)

Sebenarnya ada lagi aset crypto terbaik yang rasanya tidak boleh ketinggalan untuk di ulas kali ini, yaitu Litecoin. Cryptocurrency yang satu ini di luncurkan pertama kali pada tahun 2011.

Mengapa Litecoin termausk dalam list aset kripto terbaik? Sebab Litecoin memiliki 2 ciri penting dari aset finansial yang baik yakni kapitalisasi pasar yang besar dan juga likuiditas yang tinggi. Saat ini sudah ada puluhan juta Litecoin yang beredar di pasaran.

Litecoin menjadi salah satu aset kripto yang banyak di minati adalah karena durasi penambangannya yang sangat cepat yakni hanya cukup 2 menit saja.

Apalagi dengan peningkatan sebesar 12% beberapa waktu lalu Litecoin berhasil menggeser XRP dalam hal kapitalisasi pasar, walaupun kini peringkat tersebut sudah di rebut kembali. Nah untuk Anda yyagPada tanggal 12 Maret 2021, harga Litecoin berkisar Rp 3.136.045/ coin.

Tips Memilih Cryptocurrency Terbaik Untuk Pemula

10 jenis mata uang crypto di atas memang menarik untuk di jadikan aset investasi. Namun tentu saja, kita tidak bisa langsung membeli semuanya begitu saja apalagi jika kita masih pemula.

Jadi sebelum mengakhiri ulasan kali ini, tidak ada salahnya untuk mempelajari bagaimana cara memilih cryptocurrency supaya Anda mendapatkan imbal hasil terbaik untuk investasi masa depan. Mungkin beberapa tips ini bisa membantu Anda!

Edukasi Diri Mengenai Aset Cryptocurrency

Hal paling penting yang di lakukan sebelum berinvestasi adalah mempelajari seluk beluk tentang aset tersebut. Sebab tidak semua aset investasi cocok di gunakan untuk masing-masing investor. Termasuk cryptocurrency.

Meskipun menggiurkan, namun alangkah lebih baik jika Anda memastikan untuk mengetahui apa dan bagaimana cara kerja dari mata uang digital. Terlebih lagi

Riset dan Buat List Target Aset Crypto

Ada ribuan jenis aset crypto yang tersebar saat ini. Dari banyaknya cryptocurrency yang ada, tentunya Anda tidak bisa memilih semuanya bukan? Sehingga Anda perlu merisetnya terlebih dahulu.

Jika Anda memang tertarik membeli mata uang digital untuk aset investasi Anda bisa membuat daftar target aset-aset crypto. Kemudian cari tahu lebih dalam cara kerjanya, kapitalisasi dan likuiditasnya serta reputasi mata uang digital tersebut. Anda bisa terlebih dahulu melihat website resminya.

Dalam proses riset ini, Anda harus hati-hati karena bisa jadi mata uang digital yang di pilih merupakan penipuan.Cek pula lewat Explorer Blockchain.

Cari tahu tentang bagaimana token crypto mereka didistribusikan diseluruh akun dan bagaimana reputasi tim pengembangnya. Dengan begini nantinya Anda bisa mempermudah memilih cryptocurrency berdasarkan pertimbangan yang lebih rasional.

Lakukan Manajemen Resiko

Untuk meminimalisir kerugian akibat investasi pada aset crypto, sebaiknya Anda bersiap melakukan manajemen resiko sejak awal. Bagilah dana investasi Anda pada beberapa jenis cryptocurrency yang sudah Anda riset dan teruji. Misalnya Anda memiliki ang Rp 10 juta, jangan membelikan semuanya langsung pada Bitcoin misalnya.

Tapi coba beli beberapa aset uang digital lainnya yang potensial, dengan begitu jika salah satu aset uang digital Anda turun masih tercover oleh aset lainnya.

Penutup

Bagaimana, dari daftar 10 jenis cryptocurrency diatas apakah ada yang menarik bagi Anda? Melalui pembahasan beberapa aset crypto terbaik, mungkin bisa menjadi alternatif investasi yang bisa Anda pertimbangkan. Demikian ulasan mengenai 10 cryptocurrency terbaik saat ini. Menurut Anda apakah ada aset kripto lainnya yang juga bagus di jadikan instrumen investasi namun belum di sebutkan? Mungkin bisa kita ulas di lain waktu.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar