9 Daftar Deposito Terbaik dan Bunga Tertinggi Tahun 2020

Deposito adalah salah satu jenis investasi yang sudah sejak lama dikenal masyarakat Indonesia. Hingga saat ini deposito masih diminati meskipun investasi lain seperti reksadana, dan saham sedang ramai di bicarakan.

Hal ini dikarenakan investasi melalui deposito merupakan pilihan investasi yang relatif stabil, minim resiko, dan juga tenor yang lebih fleksibel sehingga bisa di cairkan dalam jangka waktu yang pendek.

Tetapi deposito juga dipandang memiliki kelemahan karena dulu deposito di kenal dengan bunga yang kecil dan ketentuan penalti tenor yang akan dikenakan jika dana diambil sebelum tenor berakhir.

Tahukah Anda, bahwa saat ini banyak pilihan deposito yang bunganya bisa dikatakan cukup bersaing dengan investasi lain? Dalam hal pencairan dana deposito juga terdapat bank-bank yang memberikan aturan yang menarik.

Bukan hanya itu, pembukaan deposito kini sudah bertransformasi menjadi lebih mudah lagi di era digital. Anda bisa membuka deposito digital lewat aplikasi saja, kapanpun dan dimanapun tanpa harus ke bank. Dengan begitu, Anda bisa menghemat waktu untuk pergi dan mengantri di bank. Mudah bukan?

Syarat dan ketentuan deposito bisa di perbaharui oleh pihak bank. Jika dulu Anda tidak tertarik membuka deposito, mungkin wajar karena syarat dan ketentuannya masih dipandang memiliki kelemahan seperti yang telah di jelaskan di atas.

Tapi kini Anda bisa mempertimbangkan 8 deposito terbaik dengan bunga tertinggi di tahun 2020. Apa saja itu? Mari kita bahas satu-persatu!

1. Deposito Merdeka Bukopin

Seperti namanya, deposito merdeka yang di keluarkan oleh Bank Bukopin adalah deposito yang memiliki fitur spesial yakni bebas penarikan dana kapan saja. Selain itu, nasabah juga di bebaskan dari biaya penalti jika hendak mencairkan dana deposito sebelum tenor. Sementara bunganya bisa di cairkan ketika tenor berakhir.

Jumlah awal setoran depositonya mulai dari Rp. 10.000.000 dengan suku bunga 5,25% di setiap tenor, yakni 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Deposito Merdeka Bukopin bisa menjadi alternatif pilihan investasi Anda yang di tujukan untuk kondisi mendesak, karena cukup menguntungkan dari berbagai sisi. Tidak ada biaya penalti jika mengambil dana deposito lebih awal dari tenor dan juga bunga yang cukup bersaing dengan bank lain.

2. Bank BRI Deposito Rupiah & Internet Banking

Bank BRI Deposito Rupiah & Internet Banking

BRI deposito internet banking merupakan salah satu produk deposito bermata uang rupiah yang di keluarkan oleh bank BRI. Selain Deposito internet banking, BRI juga memiliki jenis deposito lain seperti deposito rupiah.

Deposito rupiah mengharuskan nasabah untuk membuka deposito secara offline. Bunga yang di tawarkan cukup beragam, tergantung jangka waktu dan jumlah depositonya. Jangka waktu yang bisa Anda pilih lebih bervariasi. Ada 7 macam, yaitu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, dan 36 bulan. Setoran awal untuk membuka deposito adalah sebesar Rp. 10.000.000.

Dengan kemajuan teknologi, kini Anda bisa membuka deposito BRI lewat internet banking yang juga menawarkan berbagai kelebihan menarik lainnya. Anda juga tidak akan dikenakan biaya admin seperti halnya deposito rupiah.

Untuk membuka BRI deposito internet banking Anda hanya perlu menyiapkan setoran awal minimal sebesar Rp. 5.000.000 dan tentunya telah terdaftar sebagai pengguna/user BRI internet banking. Jangka waktu yang di tawarkan pun cukup pendek yakni 1 bulan dan 3 bulan saja.

Jika anda nasabah BRI, anda bisa membuka deposito, dan jika anda tertarik mengajukan KUR Bank BRI bisa membaca uraian lengkapnya disini.

3. Bank Mayora

Jika Anda ingin membuka deposito dengan mata uang selain Rupiah, deposito Bank Mayora bisa Anda pertimbangkan. Terdapat 2 mata uang yang bisa Anda pilih jika Anda memutuskan membuka deposito di Bank Mayora yakni Rupiah dan USD.

Bunga deposito yang di tawarkan untuk nasabah yang membuka deposito di Bank Mayora cukup tinggi untuk mata uang Rupiah yakni 5,5% sementara untuk USD sebesar 0,5%. Suku bunga tersebut berlaku untuk semua tenor (1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan atau 1 tahun).

Anda bisa membuka deposito di Bank Mayora dengan nominal setoran awal sebesar Rp. 8.000.000. Kelebihan lainnya adalah dana deposito ini bisa di gunakan sebagai jaminan pinjaman/kredit jika Anda membutuhkannya. Jadi, apakah Anda tertarik membuka deposito di Bank Mayora?

4. Digibank by DBS

Digibank by DBS

Bank selanjutnya yang memiliki fitur mernarik dan bunga deposito yang cukup tinggi adalah Digibank dari Bank DBS. Digibank di luncurkan oleh Bank DBS untuk memenuhi tuntutan masyarakat digital. Oleh karena itu, fitur yang di tawarkan adalah soal kemudahan membuka rekening bisa dilakukan hanya lewat sentuhan jari.

Selain pembukaan rekening yang terbilang mudah, pembukaan deposito Digibank juga bisa dilakukan melalui aplikasi. Anda hanya perlu memiliki rekening digital Digibank, dan Anda bisa langsung membuka deposito dalam beberapa detik saja. Tidak perlu pergi ke bank, tidak mengisi formulir dan yang tak kalah pentingnya adalah, dengan setoran awal mulai dari Rp. 1.000.000 Anda sudah bisa membuka deposito!

Jadi untuk Anda generasi milenial, tidak ada alasan untuk tidak mulai belajar berinvestasi dari sekarang. Digibank juga menawarkan bunga yang cukup tinggi yakni 6%, bahkan berdasarkan pengalaman, Digibank beberapa kali mengadakan promo bunga depositonya hingga 6,25%. Pilihan tenor depositonya lebih banyak dari pada deposito Bukopin merdeka yakni 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan atau 1 tahun.

5. Deposito BTN Ritel Rupiah

Deposito BTN Ritel Rupiah

Sama seperti Digibank, setoran awal pembukaan deposito BTN Ritel Rupiah juga rendah yakni Rp. 1.000.000. saja. Anda sudah bisa mulai berinvestasi deposito tanpa harus mengumpulkan dana besar. Ini suatu kelebihan yang harus di manfaatkan supaya niat berinvestasi tidak di tunda-tunda lagi.

Dana deposito juga bisa di pakai untuk jaminan kredit, bahkan bunga depositonya pun dapat di pindah bukukan untuk berbagai keperluan seperti pembayaran angsuran rumah, tagihan listrik dan telepon. Praktis bukan?

Mengenai suku bunga, deposito BTN Ritel Rupiah juga bisa di katakan bisa bersaing dari mulai 5% hingga 5,5% tergantung jumlah besarnya deposto. Tetapi tidak seperti deposito Merdeka Bukopin yang tidak di kenai penalti, deposito BTN Ritel Rupiah memiliki ketentuan denda jika Anda hendak mencairkan deposito sebelum jatuh tempo. Sebesar 0,5% dari nilai deposito dari bunga berjalan akan hangus apabila hal tersebut terjadi. Selain itu terdapat biaya admin pembukaan deposito.

6. Deposito Panin

Deposito Panin

Panin Bank adalah bank yang memiliki ratusan cabang di kota-kota di seluruh Indonesia. Sehingga Anda bisa dengan mudah membuka deposito melalui cabang Bank Panin terdekat di kota Anda. Deposito Panin Bank juga menyediakan pilihan jangka waktu yang unik yakni mulai dari 7 hari, 14 hari atau 1, 3, 6 hingga 12 bulan.

Selain deposito dalam mata uang Rupiah, lewat deposito panin Anda juga bisa menginvestasikan deposito dengan mata uang lain. Seperti mata uang Rupiah dan asing : US Dollar, Pound Sterling, Australia Dollar, EURO, Singapore Dollar, New Zealand Dollar.

Mengenai bunga, Anda tidak perlu khawatir. Deposito panin menawarkan bunga deposito yang kompetitif di setiap jangka waktu hingga 6%. Jika Anda menyimpan deposito dengan jangka waktu mulai dari 1 bulan, suku bunga yang akan Anda dapatkan adalah sebesar 5,5%. Tetapi apabila Anda mengambil jangka waktu 3 bulan, 9 bulan hingga 1 tahun bunganya menjadi 5,75% hingga 6%.

Lalu bagaimana dengan jangka waktu penyimpanan 7 hari dan 2 minggu?

Keduanya bisa jadi tidak di berikan bunga atau akan di berikan bunga maksimum yakni sebesar 4% (7 hari) dan 4,5% (2 minggu).

7. Deposito Rupiah Danamon

Salah satu deposito terbaik lainnya yang bisa Anda pertimbangkan untuk membuka deposito dengan mata uang rupiah adalah Deposito Rupiah Danamon. Selain dapat di pakai sebagai jaminan kredit, deposito ini juga menawarkan jangka waktu pencairan yang lebih flexibel terdiri dari deposito berjangka 1, 3, 6 dan bulan serta deposito on call 7 sampai 27 hari.

Suku bunga deposito Rupiah Danamon berjangka sebesar 5% sedangkan suku bunga Rupiah on call yakni 3% Danamon. Anda juga bisa membuka deposito melalui aplikasi D-bank dalam beberapa langkah mudah dan cepat tanpa harus repot ke bank. D-bank adalah bank digital yang dimiliki Bank Danamon yang kini sudah mulai berkembang bersamaan dengan bank digital lainnya.

8. Jenius Maxi Server

Jenius Maxi Server

Jenius merupakan tabungan digital dari BTPN yang memiliki fitur kekinian. Mulai dari cara pembuatan rekening, digital card, hingga pembuatan deposito digital atau di kenal dengan Maxi Server. Serupa dengan Digibank, jika Anda hendak membuka deposito di Jenius maka Anda tidak perlu repot-repot datang ke Bank.

Hanya dengan sebuah aplikasi Anda sudah bisa membuka deposito dalam 60 detik saja. Sangat mudah! Untuk membuka deposito Maxi Server Jenius, tentunya Anda harus memiliki rekening Jenius sebagai sumber dana deposito dengan minimal setoran Rp. 10.000.000. Anda bisa mengatur jangka waktu deposito dengan lebih fleksibel yakni mulai dari 1 s/d 12 bulan.

Jenius juga menawarkan suku bunga deposito yang terbilang tinggi yakni hingga 6% p.a. Jika nilai pokok deposito Anda mulai dari Rp. 10.000.000 s/d rp. 99.000.000 suku bunga yang di tetapkan adalah 5,5% sedangkan jika nilai pokok deposito Anda di atas nilai tersebut maka suku bunganya naik menjadi 6%.

9. Maybank

Pembukaan deposito di Maybank sangat beragam. Ada beberapa cara untuk membuka deposito di Maybank. Cara pertama yakni dengan langsung mendatangi counter di Bank, kedua Anda bisa membuka deposito secara online baik menggunakan aplikasi Maybank2u ID maupun internet banking Maybank2u dalam beberapa detik saja.

Suku bunga yang di tawarkan pun berbeda, tergantung cara Anda membuka deposito. Apabila Anda membuka deposito langsung melalui counter maka Anda akan mendapatkan suku bunga 4,75% p.a. untuk jangka waktu 1, 3, 6 dan 12 bulan.

Sedangkan jika Anda membuka deposito melalui aplikasi Maybank2u ID maupun internet banking Maybanku, Anda akan mendapatkan suku bunga yang lebih tinggi yakni 6% di semua tenor dengan minimal setoran Rp. 10.000.000.

Perlu Anda ketahui bahwa suku bunga deposito bisa saja berubah sesuai ketentuan bank. Jadi sebaiknya Anda juga harus melakukan update secara continue ke situs maupun bank offline sebelum memutuskan membuka deposito. Selain itu, suku bunga deposito juga di kenakan pajak sesuai ketentuan yang berlaku.

Baca juga : 7 Deposito Syariah Terbaik di Indonesia

Walaupun demikian tetap saja, deposito bisa menjadi pilihan yang aman jika Anda meniatkan untuk menyimpan dana yang kemungkinan pencairannya butuh fleksibilitas. Dari 9 pilihan deposito di atas, apakah Anda tertarik membuka deposito di salah satu bank? Yuk tentukan pilihan deposito yang cocok dan mulai berinvestasi sekarang!

Tinggalkan komentar