Daftar Terbaru Limit Tarik Tunai ATM Mandiri, BCA, BRI dan BNI

daftar limit tarik tunai ATM
daftar limit tarik tunai ATM

Saat ini rekening bank tampaknya menjadi sebuah kebutuhan wajib semua orang. Terlebih lagi bagi mereka yang telah bekerja, rekening bank merupakan sebuah tempat untuk menyimpan penghasilan dengan aman. Bahkan rekening bank juga menjadi tempat Anda mengumpulkan tabungan yang mungkin bakal digunakan di masa pensiun kelak.

Karena kebutuhan rekening bank yang begitu tinggi, semakin banyak saja bank-bank bermunculan. Pemerintah melalui BUMN mendirikan beberapa bank negeri seperti Mandiri, BNI, BRI dan BTN. Tak mau kalah, sektor swasta pun menawarkan bank demi kebutuhan keuangan masyarakat Indonesia. Beberapa bank swasta yang sangat populer di Tanah Air adalah BCA, CIMB Niaga, Danamon, Maybank dan lainnya.

Baca juga: 8 Ide Bisnis untuk Pria saat Bulan Puasa yang Bikin Cepat Jadi Jutawan

Dibandingkan menyimpan uang di rumah masing-masing, simpan uang di rekening bank jauh lebih aman dan bisa memperoleh bunga. Bahkan untuk mengambil uangnya pun bisa dilakukan sewaktu-waktu menggunakan kartu ATM. Hanya saja rupanya untuk tarik tunai tidak bisa seenaknya saja karena ada aturan tertentu yang wajib Anda sebagai nasabah, ketahui.

Limit Tarik Tunai ATM Diatur Pemerintah

Seperti yang Anda tahu, kartu ATM yang dikeluarkan oleh bank memang menggunakan teknologi khusus dan punya dua macam jenisnya. Jenis pertama telah dilengkapi dengan chip kecil pada kartu sehingga lebih modern, sementara jenis kedua memakai teknologi magnetic stripe. Karena lebih modern dan canggih, kartu ATM bank dengan teknologi chip bisa tarik uang tunai mencapai total Rp 15 juta.

Baca juga : Inilah 5 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Paling Gampang dan Cepat!

Sementara itu kartu ATM dengan teknologi magnetic stripe yang lebih dulu muncul dan sudah digunakan banyak orang, punya limit lebih kecil. Di mana kartu ATM dengan teknologi magnetic stripe maksimal bisa tarik tunai Rp 10 juta. Aturan ini sendiri memang ditetapkan dalam Surat Edaran Bank Indonesia (SEBI), sehingga wajib dipenuhi setiap bank. Namun seperti yang disebutkan sebelumnya, tiap-tiap bank punya produk tabungan sendiri sehingga besaran limit tarik tunai ATM pun berbeda.

Berikut Daftar Limit Tarik Tunai ATM Bank-Bank Populer di Indonesia

1. Daftar Terbaru Limit Tarik Tunai ATM Mandiri

daftar limit tarik tunai ATM Mandiri
daftar limit tarik tunai ATM Mandiri

Dari beberapa bank negara yang terdaftar sebagai BUMN, bisa dibilang kalau Mandiri termasuk salah satu yang terbesar. Memiliki kantor cabang yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia, tak heran kalau menemukan ATM Mandiri bukanlah hal sulit. Untuk nasabah bank Mandiri, ada tiga jenis kartu yang bisa digunakan dan dipilih. Ketiga kartu itu adalah kartu Silver, Gold dan Platinum.

Baik kartu berjenis Silver, Gold dan Platinum rupanya memiliki batas tarik tunai di ATM yang sama besar yakni maksimal Rp 10 juta. Kendati ketiga jenis kartu itu seluruhnya sudah berteknologi chip alih-alih magnetic stripe, pihak bank Mandiri sepertinya menetapkan batas maksimal penarikan tunai di ATM lebih rendah daripada aturan dalam SEBI.

Baca juga: 8 Peluang Usaha untuk Anda Lulusan SMA/ SMK, Anda Bisa Sukses!

Dengan besaran penarikan uang tunai maksimal Rp 10 juta di ATM, Anda selaku nasabah bank Mandiri juga harus bijak dalam ambil uang. Tidak semua uang dalam rekening bisa Anda tarik, karena Mandiri mengatur bahwa saldo tersisa di Tabungan Rupiah setidaknya Rp 100 ribu. Untuk nasabah TabunganKu Mandiri, saldo rekening lebih rendah yakni Rp 20 ribu. Namun untuk pengguna Tabungan Bisnis Mandiri, harus menyisakan saldo minimal Rp 10 juta di rekening.

2. Daftar Terbaru Limit Tarik Tunai ATM BCA

daftar limit tarik tunai ATM BCA
daftar limit tarik tunai ATM BCA

Mampu bertahan di sela banyaknya bank negara, bisa dibilang kalau BCA adalah salah satu bank swasta paling populer di Indonesia. Terlepas dari apapun Anda, mempunyai rekening bank BCA sangatlah menguntungkan karena berbagai fitur transaksi canggih telah dirilis paling awal. Untuk kartu ATM, bank BCA rupanya membedakan jadi empat jenis yakni kartu Blue, Gold, Platinum dan Tapres.

Dari keempat jenis kartu ATM yang dikeluarkan, hanya kartu Blue yang punya limit tarik tunai ATM terkecil yakni maksimal Rp 7 juta. Sementara untuk tiga kartu lainnya yakni kartu Gold, Platinum dan Tapres, bisa ditarik tunai ATM maksimal sebesar Rp 10 juta. Sama seperti rekening bank Mandiri, Anda tak bisa menguras habis uang di rekening karena BCA menetapkan saldo minimal.

Bagi nasabah produk Tahapan BCA, Tahapan Berjangka dan Tahapan Gold harus menyisakan saldo minimal Rp 50 ribu. Sementara saldo terkecil dipegang oleh produk tabungan Simpanan Pelajar yakni saldonya hanya Rp 5 ribu. Di atas itu ada nasabah TabunganKu BCA yang cuma butuh saldo tersisa Rp 10 ribu. Terakhir, saldo minimal tertinggi alias terbesar dipegang nasabah Tapres BCA yang wajib punya uang tersisa Rp 5 juta di rekeningnya.

3. Daftar Terbaru Limit Tarik Tunai ATM BRI

daftar limit tarik tunai ATM BRI
daftar limit tarik tunai ATM BRI

Dibandingkan dua bank sebelumnya, ini adalah bank milik pemerintah yang amat sangat populer. Nasabah bank BRI hingga sejauh ini adalah yang terbesar dan terbanyak di Indonesia. Apapun profesi Anda, biasanya memilih rekening bank di bank BRI. Bahkan untuk kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI/Polri, wajib membuka rekening bank BRI sebagai kemudahan dalam proses gajian bulanan.

Identik disebut sebagai bank rakyat Indonesia, sejauh ini BRI rupanya hanya menggeluarkan dua jenis kartu ATM yaitu kartu Classic can Gold. Untuk pemegang kartu ATM Classic, hanya boleh tarik tunai di ATM maksimal Rp 5 juta. Sementara untuk pengguna Gold bisa ambil uang di mesin ATM BRI lebih besar mencapai Rp 10 juta.

Namun tetap, Anda harus menyisakan saldo tersisa di bank. Ketahui pula besaran saldo yang ditetapkan oleh bank BRI. Misalkan untuk nasabah tabungan BritAma, BritAma Bisnis, Simpedes, Junio dan Tabungan Haji harus minimal tersisa Rp 50 ribu. Untuk tabungan BritAma TKI wajib saldo minimalnya adalah Rp 20 ribu, sementara yang terkecil adalah nasabah produk Simpedes TKI hanya butuh saldo minimal Rp 10 ribu.

4. Daftar Terbaru Limit Tarik Tunai ATM BNI

daftar limit tarik tunai ATM BNI
daftar limit tarik tunai ATM BNI

Tidak berbeda jauh dengan bank BCA, rupanya bank BNI menyediakan tiga jenis kartu ATM. Ketiga jenis itu adalah kartu Silver, Gold dan Platinum. Hanya pemilik kartu ATM jenis Silver yang cuma bisa tarik tunai ATM maksimal Rp 5 juta. Sementara untuk pemegang jenis kartu ATM Gold dan Platinum berhak tarik tunai mencapai Rp 10 juta. Ketahui pula bahwa untuk tabungan BNI Taplus, harus menyisakan saldo Rp 150 ribu.

Baca juga : Mudah Banget! Ini 6 Cara Melakukan Top Up GO-PAY

Untuk pemilik tabungan BNI Taplus Muda, saldo terkecil haruslah Rp 50 ribu. Yang terendah adalah pemilik produk tabungan BNI Simpanan Pelajar yakni hanya Rp 5 ribu. Namun dari semua produk tabungan dari BNI, pengguna rekening BNI Pandai justru yang paling menguntungkan karena tidak memiliki saldo minimal yang tersisa di rekening. Sehingga jika Anda adalah nasabah BNI Pandai, bisa ambil seluruh uang tanpa peduli terkena batas saldo minimal rekening BNI.

Nah, bagaimana? Sudah cukup paham mengenai daftar terbaru limit tarik tunai di beberapa bank populer tersebut, bukan? Maka Anda tak perlu bingung lagi untuk mengambil uang di ATM. Setelah uang diambil, pergunakanlah pendapatan itu secara bijak supaya Anda tidak sampai kehabisan uang di rekening bank. Ingat, terus menabung ya!

Loading...