Emas Digital Online vs Fisik, Review Kelebihan dan Kekurangan

Menjelang tahun 2021 ini, investasi emas nampaknya menempati posisi favorit. Bahkan harganya sempat mencapat Rp. 1 jutaan membuat minat masyarakat untuk investasi pada instrumen yang satu ini semakin tinggi. Investasi emas memang bukan hal yang baru, terutama untuk emas fisik.

Namun bagaimana dengan emas digital? Karena seiring kemajuan teknologi digital, kini kita juga bisa berinvestasi emas digital secara online loh!

Tapi apakah investasi emas digital secara online itu aman?

Mungkin hal ini juga menjadi pertanyaan sebagian orang yang ingin mencoba membeli emas digital, terutama bagi pemula. Nah, kali ini kita akan menjawabnya. Kira-kira manakah yang lebih aman untuk dijadikan instrumen investasi bagi pemula. Emas digital ataukah emas fisik?

Tingginya kenaikan harga emas beberapa waktu yang lalu membuat orang-orang ingin tahu bagaimana caranya berinvestasi emas dengan aman dan juga terjangkau.

Saat ini sudah banyak sekali fintech (financial technology) maupun lembaga keuangan yang menawarkan transaksi emas digital secara online. Jadi akses untuk mendapatkan emas digital sangat mudah sekali.

Tapi Anda tetap harus berhati-hati, karena resiko penipuan maupun kerugian tetap menyertai setiap bentuk investasi termasuk emas. Untuk itu, yuk kenalan dulu sebenarnya apa itu tabungan emas digital, apa bedanya dengan emas fisik dan bagaimanakah layanan emas digital yang ada saat ini.

Setelah itu baru kita bisa membahas bagaimana prospek manfaat yang di berikan emas digital dibandingkan emas fisik dan tentunya tips investasi emas digital secara online untuk pemula.

Apa itu Tabungan Emas Digital?

Tabungan emas digital adalah sebuah layanan penitipan saldo emas secara digital yang nilai saldonya tentu mengikuti harga emas dunia. Saldo emas ini sewaktu-waktu bisa di cetak (dalam bentuk fisik) dengan ketentuan tertentu sesuai penyedia layanan.

Kalaupun tidak ingin mencetaknya, karena bentuknya digital maka hal ini mempermudah kita untuk membeli ataupun menjual tabungan emas secara online. Selain itu Anda memiliki emas dengan cara menyicilnya sehingga lebih terjangkau.

Bagaimana, sudah jelas tentang apa yang di maksud dengan emas digital? Nah, untuk bisa menabung emas kita pertama-tama yang harus kita lakukan adalah melakukan registrasi.

Syarat pembukaan “ID tabungan emas” bisa berbeda setiap platformnya. Namun pada umumnya kita di minta mengisi data pribadi dan verifikasi KTP (Kartu Identitas). Selengkapnya, Anda bisa menyimak penjelasan berikut!

Baca juga : 10 Cara Investasi Emas Tanpa Beli Fisiknya

Cara Registrasi Untuk Menabung Emas Digital

1. Download aplikasi penyedia layanan tabungan emas

Ada banyak sekali platform online seperti fintech, lembaga keuangan bahkan marketplace yang telah menyediakan layanan tabungan emas.

Karena tabungan emas ini sifatnya online, maka Anda harus mendownload salah satu penyedia layanan investasi emas digital. Masing-masing memiliki kekhasannya tersendiri.

Anda bisa mencari tahu info dan memilihnya setelah ini. Kita akan membahas beberapa layanan penyedia investasi emas digital secara online yang sudah cukup terpercaya. Sehingga akan memudahkan Anda memilih platform investasi emas yang tepat.

2. Siapkan Kartu Identitas (KTP/SIM)

Ingat bahwa pendaftaran yang akan Anda lakukan ini berhubungan dengan hal yang sensitif yakni uang. Prosedurnya pasti perlu verifikasi kartu identitas untuk nanti bisa lebih menjamin keamanan akun Anda.

Jadi siapkan kartu identitas asli Anda sebelum mendaftar. Biasanya jika tidak di minta foto selfi dengan KTP paling tidak Anda perlu memasukan nomor ID yang tertera pada kartu identitas Anda.

3. Ikuti Prosedur Pendaftaran

Biasanya Anda akan diminta mengisi informasi nomor hp dan email. Isilah nomor hp dan email yang aktif saja serta pastikan bahwa keduanya 100% dikendalikan oleh Anda pribadi.

Nantinya akan ada kode OTP (One-Time Password) yang akan di kirimkan oleh aplikasi tabungan emas yang Anda pilih lewat email/nomor hp yang Anda daftarkan. Kode ini bersifat rahasia dan hanya berlaku sekali saja untuk verifikasi pendaftaran.

Selanjutnya Anda perlu mengisi beberapa data pribadi yang di minta. Biasanya pendaftarannya tidak memerlukan wkatu lama. Bahkan ada yang bisa registrasi akun tabungan emas hanya dalam beberapa menit saja.

Mengenal Penyedia Layanan Investasi Emas Digital Online

aplikasi investasi emas online

Selain bisa membeli dan menjual emas, biasanya kita juga bisa melihat berapa saldo emas kita, pergerakan harga emas tiap waktunya dan masih banyak fitur lain pada aplikasi tabungan emas.

Nah, berbicara tentang layanan penyedia investasi emas digital kita juga tidak bisa memilih secara sembarangan. Pastikan platform online yang Anda pilih sudah memiliki izin usaha yang jelas. Berikut adalah beberapa diantaranya :

1. Tamasia

Platform online pertama yang meneyediakan layanan investasi emas digital adalah Tamasia. Aplikasi ini sudah bisa di download lewat android ataupun iOS. Soal keamanan, tenang saja karena emas fisik Anda di simpan di Antam. Berapa sih start awla untuk mulai menabung emas di Tamasia?

Tamasia menawarkan tabungan emas yang bisa di mulai dari Rp. 10.000 saja! Wah, mungkin lebih murah ya dari harga sarapan kita.

Aplikasi ini sudah terdaftar di Kemkominfo dan kadar emas yang Anda beli tentunya sudah terjamin. Salah satu fitur favorit para nasabah dari aplikasi Tamasia adalah fitur Tarik Fisik. Anda bisa mencetak emas hanya lewat aplikasi. Cukup menentukan berapa kadar emas yang ingin di cetak dan toko terdekat dari lokasi Anda.

2. IndoGold

Selanjutnya ada Indogold. Indogold ini termasuk platform jual beli emas yang cukup lama berdiri. Aplikasi Indogold tentunya sudah terdaftar di OJK dan Kominfo. Menariknya, aplikasi Indogold juga punya 3 cara menabung emas yang berbeda dalam layanannya yakni :

  • Rencana Emas (menabung emas secara perlahan dan mencetaknya)
  • Cicilan Emas (bisa mengunci harga emas dan mencicilnya dengan tenor 36 bulan), dan
  • Gadai Emas (untuk mendapatkan dana darurat tanpa menghilangkan kepemilikan emas)

Selain itu Anda juga bisa mulai menabung emas dengan nominal lebih rendah lagi, yakni Rp. 500 saja. Jadi tidak ada alasan lagi untuk mulai menabung bukan?

Mengenai jam operasional, Anda bisa bertransaksi emas dari hari Senin sampai Jum’at. Sementara hari Sabtu-Minggu layanan Indogold tutup. Anda bisa melakukan pendafatran lewat aplikasi maupun website resmi Indogold.

3. Lakuemas

Fintech lainnya yang menyediakan layanan investasi emas adalah Lakuemas. Sebagai informasi, PT Laku Emas Indonesia merupakan anak perusahaan PT. Central Mega Kencana (CMK) yang merupakan perusahaan multinasional di bidang retail perhiasan di Indonesia. Jadi secara kredibitas sudah tidak perlu di ragukan lagi.

Aplikasinya memiliki rating yang cukup bagus di google playstore. Hanya saja untuk bisa mulai menabung meas di Lakuemas, start awalnya lebih tinggi dari kedua aplikasi yang sudah di bahas sebelumnya yakni Rp. 50.000. Tidak apa, nilai yang lebih tinggi juga bisa memperlihatkan seberapa kuat niat kita untuk menabung emas bukan?

4. Tokopedia Emas

Selain fintech, ternyata kita juga bisa menabung emas lewat marketplace. Salah satu marketplace yang menyediakan layanan menabung emas. Anda bisa menabung emas di Tokopedia Emas mulai dari Rp 5000.

Tidak ada biaya membeli emas digital di Tokopedia emas alias gratis. Tapi perihal jumlah tabungan dan transaksi emas, di atur sesuai kapasitas membership Anda. Ada 3 jenis membership yang di tawarkan Tokopedia Emas yakni :

  • Gold Club (Anda tidak butuh dokumen apapun jika Anda sudah memiliki akun tokopedia maka bisa langsung membeli emas, namun maksimal tabungan emas hanya 1 gram)
  • Gold Prime (Anda perlu mengisi identitas dengan maksimal tabungan emas 10 gram)
  • Gold Prestige (Unlimited jumlah kepemilikan emas, syaratnya Anda harus registrasi di Pegadaian)

Perbandingan Investasi Emas Digital vs Emas Fisik

perbandingan investasi emas digital online dan emas fisik

Selain memiliki kelebihan, investasi emas digital secara online juga memiliki kelemahan. Yuk kenali dua hal tersebut supaya kita lebih bisa memanajemen resiko yang ada saat menabung emas digital!

Kelebihan Investasi Emas Digital

1. Mudah dan Praktis

Sudah jelas bahwa berinvestasi emas digital secara online itu sangat mudah dan praktis. Kita tidak perlu mengantri atau datang kesuatu tempat untuk membeli suatu produk investasi. Anda bisa langsung bertransaski emas dimanapun dan kapanpun selagi memegang smartphone dan juga terhubung dengan internet.

2. Tidak Ada Biaya Penyimpanan

Menabung emas digital berbeda dengan emas fisik yang memerlukan biaya ketika kita menyimpannya di brankas (safe deposit bank) yang biayanya tidak murah.

Emas digital bahkan tidak perlu biaya penyimpanan. Anda juga tidak perlu was-was karena harus membawa emas fisik.

3. Mengurangi Resiko Emas Palsu

Saat ini pemalsuan emas marak terjadi. Nah salah satu cara untuk mengurangi resiko membeli emas palsu adalah dengan membeli emas digital.

Emas digital memiliki jaminan keamanan yang tinggi selama Anda memastikan platformnya legal dna kredibel.

Kekurangan Investasi Emas Digital

1. Ada Resiko Keamanan Tetap Ada

Anda tetap harus berhati-hati saat berinvestasi emas digital. Karena nyatanya OJK sudah beberapa kali berhasil menutup investasi emas bodong. Jadi pastikan bahwa platform yang Anda pilih memang sudah memiliki izin usaha yang jelas.

Baca juga : 10 Alasan Emas Adalah Bentuk Investasi Terbaik

Apalagi karena ini sifatnya online (tidak langsung bertemu dengan pihak penjual seperti halnya biasa membeli emas fisik). Anda bisa mengecek lewat situs resmi OJK atau jika perlu mengunjungi store offlinenya sesekali.

2. Ada Biaya Cetak

Kekurangan lainnya dalam berinvestasi emas digital adalah adanya biaya cetak emas. Jika Anda ingin mencetak emasnya, Anda harus membayar biaya cetaknya juga. Berbeda dengan emas fisik yang tidak memiliki biaya cetak seperti ini.

Tips Investasi Emas Digital Untuk Pemula

Ada beberapa tips yang bisa Anda perhatikan sebelum mulai berinvestasi emas digital yakni :

  • Pastikan platform digital yang Anda pilih memiliki izin yang jelas
  • Anda bisa memeriksa perusahaan investasi emas bodong lewat situs OJK
  • Belilah emas digital lewat platform yang sudah teruji seperti Indogold, Pegadaian dll

Kesimpulan

Kini untuk memiliki emas, caranya kian mudah. Tidak perlu datang langsung ke pasar emas, tapi hanya perlu kuota dan smartphone saja. Selain itu, menabung emas ini cocok untuk Anda yang ingin berinvestasi emas dengan cara di cicil sedikit demi sedikit mengingat minimal pembelian emas yang sangat terjangkau. Semoga ulasan tentang investasi emas digital diatas bermanfaat untuk Anda.

Bagikan ;

Tinggalkan komentar

XM Trading Forex dan Saham, Bonus 15 sampai 500$
Daftar sekarang