Fitur-Fitur iBank BCA KlikBCA Internet Banking yang Cocok untuk #DiRumahAja

Berdiri sejak 21 Februari 1957, BCA (Bank Central Asia) adalah bank swasta terbesar di Indonesia. Bank yang dibentuk oleh Sudono Salim (Liem Sioe Liong) ini memiliki kekuatan finansial yang sangat kokoh, hingga sempat mencatatkan level saham tertinggi sepanjang sejarah BEI (Bursa Efek Indonesia) pada pertengahan 2019 silam.

Sudah berusia 63 tahun, BCA yang kini sepenuhnya dimiliki oleh dua orang terkaya di Indonesia yakni Budi dan Bambang Hartono ini memang selalu melakukan inovasi sehingga nasabah tak pindah ke lain hati. Di saat banyak bank swasta gulung tikar karena krisis ekonomi 1998, BCA justru tetap bertahan dan makin besar hingga saat ini.

Bahkan di tengah pandemi Covid-19 saat ini, RUPST (Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan) BCA pada 9 April 2020 lalu, setuju membagikan dividen tunai sebesar Rp13,69 triliun! Kuatnya kemampuan finansial BCA ini memang tidak lepas dari tingginya jumlah nasabah mereka. Hingga September 2019, ada 21 juta rekening nasabah yang dilayani BCA.

Baca juga: Promosikan Kost dan Apartemen Anda dengan 6 Aplikasi Terbaik Ini!

Dengan zaman yang makin berkembang dan serba internet, BCA pun melengkapi fasilitas layanan perbankan mereka lewat iBank dalam bentuk KlikBCA. KlikBCA adalah fasilitas internet banking yang memberikan kemudahan kepada nasabah untuk mengakses kebutuhan perbankan secara online.

KlikBCA, Solusi Perkembangan Teknologi dari BCA

tampilan awal KlikBCA
tampilan awal KlikBCA

Gaya hidup modern memang membuat segala hal kini dilakukan dengan smartphone dan secara online. Rupanya kebiasaan ini juga ikut membuat perilaku nasabah bank berubah. Kalau dulu kantor cabang BCA ramai dikunjungi, saat ini menurut Jahja Setiaatmadja, tinggal 1,8% nasabah BCA yang tetap rutin transaksi offline di kantor cabang (data per 2019).

Pria yang menjabat sebagai Presiden Direktur (CEO) BCA ini menyebutkan kalau jumlah itu jauh menurun dibandingkan 12 tahun silam. Pada tahun 2007, masih ada 17% nasabah BCA yang aktif datang ke kantor cabang. Meskipun nilai transaksi offline masih mendominasi, BCA tetap menawarkan layanan internet banking lewat KlikBCA yang pastinya memiliki banyak manfaat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh nasabah jika menggunakan KlikBCA:

  1. Anda bisa langsung melakukan transaksi perbankan secara praktis lewat internet. Sehingga tak perlu repot-repot keluar rumah untuk datang ke kantor cabang maupun ATM (kecuali penarikan uang tunai)
  2. Pengguna KlikBCA memperoleh jaminan sistem keamanan dan kerahasiaan data transaksi. Bahkan seluruh transaksi harus memperoleh persetujuan token KeyBCA. Untuk memakai KeyBCA, pengguna harus memberikan PIN dengan kode tokennya berubah setiap kali transaksi finansial

Dengan dua manfaat istimewa itu, tak heran kalau nilai transaksi KlikBCA semakin tinggi setiap tahunnya. Bahkan demi memenuhi seluruh kebutuhan nasabah akan layanan internet banking yang lengkap, KlikBCA terus memperbarui fitur mereka.

Inilah Fitur-Fitur Istimewa yang Ditawarkan KlikBCA

Menurut Armand W Hartono kepada Warta Ekonomi pada awal Januari 2017, ada 6-7 juta nasabah BCA menggunakan layanan mobile dan internet banking. Pria yang kini menjadi Direktur Utama BCA itu menambahkan bahwa ada sekitar 15-17 juta transaksi mobile dan internet banking per harinya.

Apalagi saat ini dengan pandemi Covid-19, bisa dipastikan kalau KlikBCA menjadi layanan perbankan unggulan bagi nasabah yang memilih #DiRumahAja. Berikut ini adalah 10 fitur unggulan KlikBCA yang wajib dicoba:

1. Pembelian

informasi pembelian KlikBCA
informasi pembelian KlikBCA

Kalau biasanya untuk membeli pulsa atau token listrik haruslah keluar rumah, BCA sudah memiliki layanan itu. Anda bahkan tak perlu pergi ke ATM karena sudah dapat diakses melalui KlikBCA. Ada empat jenis pembelian yang dilayani oleh KlikBCA yakni:

  1. Voucher pulsa isi ulang: Telkomsel, Telkomsel paket, XL/Axis, Indosat, Indosat paket, Smartfren, Three prabayar
  2. Token PLN prabayar dan PLN prabayar manual advice
  3. Tiket pesawat maskapai Garuda Indonesia

Untuk bisa melakukan transaksi pembelian ini, Anda harus memastikan kalau terdapat saldo cukup pada rekening. Jangan lupa untuk senantiasa membawa alat KeyBCA karena dalam setiap persetujuan transaksi, akan diminta kode token dari KeyBCA.

2. Pembayaran

Fitur transaksi yang memiliki porsi cukup besar dalam layanan KlikBCA adalah perihal pembayaran. Ada dua jenis pembayaran yang dapat diakses lewat KlikBCA yakni pembayaran konvensional dan pembayaran khusus e-commerce. Dua jenis pembayaran ini memang merupakan inovasi KlikBCA karena gaya hidup online begitu melekat pada masyarakat Indonesia dalam waktu beberapa tahun terakhir.

Melalui KlikBCA, Anda tak perlu khawatir pembayaran tagihan bakal terlambat karena harus keluar rumah atau izin dari kantor. Hanya membutuhkan akses internet, seluruh pembayaran bisa dilakukan. Berikut ini jenis-jenis pembayaran yang dilayani KlikBCA:

Pembayaran Reguler

informasi pembayaran KlikBCA
informasi pembayaran KlikBCA
  • Kartu Kredit: BCA, HSBC, DBS (eks-ANZ), Citibank Visa/Master, Standard Chartered, BNI, Permata Bank, Bank MEGA, BII, CIMB Niaga, DANAMON, UOB, ICBC
  • Telepon khusus pengguna Telkom
  • Internet: CBN, Centrin-Internet, Indonet
  • Asuransi: BCAinsurance, Prudential Life Assurance, Manulife Polis Unit Link dan non Unit Link, A.J.Sequis Life, Allianz, Commonwealth Life, Indolife DPLK dan Pensiontama, Avrist Assurance
  • Pinjaman: ACC, Standard Chartered PL, BCA Finance, FIF (Federal International Finance), Citibank Ready Cash dan Personal Loan, Adira Finance, WOM Finance, Kreditplus/Finansia, DBS PL, HSBC PL, Dipo Star Finance, Eazypay Loan, Oto Kredit kendaraan bermotor
  • Pajak: PBB, Penerimaan Negara
  • Tagihan PLN bulanan
  • PDAM (wilayah Jakarta, Banten, Jabar, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan), PDAM Kota Semarang, PDAM Kota Surabaya, PDAM Bandarmasih, Aetra Jakarta, Aetra Tangerang, Palyja, PDAM Kota Depok
  • Biaya pendidikan khusus BINUS (Bina Nusantara University)
  • Tagihan BPJS Kesehatan
  • Pembelian Surat Berharga Negara (SBN)
  • Pembayaran lainnya: MNC Vision, First Media, Nikko Kas Manajemen, Nikko Indah Nusantara Dua, Nikko Gebyar Indonesia Dua dan Transvision

Baca juga: Panduan Lengkap Daftar dan Aktivasi Akun Jenius Secara Mudah (Disertai Gambar)!

Pembayaran khusus belanja e-commerce

informasi pembayaran e-commerce KlikBCA
informasi pembayaran e-commerce KlikBCA
  • Penerbangan: AirAsia, Citilink, Lion Air, Sriwijaya Air, Garuda Indonesia (via mobile website, website, GA mobile application dan corporate online system)
  • Buku/ATK: Mizan dan gramediaonline.com
  • Elektronik: Bhinneka, OkeShop, NOKIANDO, NEXIANDO, dealhp, INDO-BERRY, Bali Notebook dan es-store.com (Electronic Solution)
  • Baju/aksesoris: Berrybenka, PT.Cantik Karya Indonesia, Shop Justice, Mothercare
  • Belanja di FlowerAdvisor
  • Marketplace: Tokopedia, Lazada, blassmall, OGITU, Lojai.com, Nawartrus, BLIBLI, OLX, Sedapur, PT.Krazymarket, Klik-Eat, BELIBU, ORAMI, BLANJA, Elevenia, Tanah Abang Market, ebay.blanja.com, iLOTTE, BLICASH, JAKMALL
  • Lain-lain: Indomog, Top-Up Lion Air, GudangVoucher, KasPay, Biznet, Weddingku, iklanbaris detik.com, Raja Karcis, ENTBLUEXTV, MelOn Indonesia, KlikGaleri-KingFotoGroup, ORORI Wedding Rings, AXCENT, BIIND Media, Iklania, The Body Shop, Kaskus FJB, Erafone, Kaskus Ads, LOKET, Artaboga, ApotikCentury, AXA Direct, Summarecon SMILE, INDOGOLD, Rumahweb, produk RD Danamas, produk RD Simas, Bookmyshow, Garasi, Catapa, Railink, mykaha, BCALIFE, KOMPAS, BenihBaik
  • Tour/Travel/Hotel: Golden Rama, KIA Tours, WITA Tour, Jagoantravel, EZYTravel, Yuktravel, Raja Kamar, Bayu Buana, Tunehotels, Sriwijaya Air, ticktab, TIKET.com, GoIndonesia.com, hotelku.co.id, AIRPAZ, Pegipegi, Panorama JTB, Nusatrip, Pergi.com, Indonesia Flight, Weddingku Honeymoon
  • Voucher/games/hobi: Topgolf, UniPay, Lapar.com, VTC Online Indonesia, SPIN, Maiplay.com, LivingSocial, WAVEGame, Groupon Indonesia, Game-On, Datacell, Love Indonesia, Sukaoutdoor.com, FAVE, UniPin

Sama seperti transaksi pembelian, untuk pembayaran Anda juga membutuhkan token dari KeyBCA supaya proses transaksi berhasil. Beberapa merchant biasanya membebankan biaya administrasi atau kode khusus nominal pembayaran yang harus Anda perhatikan, supaya transaksi tidak gagal.

3. Informasi Rekening

informasi rekening KlikBCA
informasi rekening KlikBCA

Informasi rekening adalah salah satu fitur utama dalam KlikBCA. Karena melalui fitur ini, nasabah tak perlu lagi keluar rumah untuk pergi ke ATM atau kantor cabang (pengecualian untuk penarikan uang tunai). Anda bahkan bisa melakukan proses pembukaan rekening secara mudah dan cepat lewat KlikBCA.

Pembukaan Rekening

Fitur ini khusus ditujukan pada kebutuhan pembukaan rekening Tahapan Berjangka atau deposito. Tak perlu datang ke kantor cabang BCA dan mengantri di Customer Service (CS), Anda bisa melakukannya lewat smartphone/gawai berakses internet.

Dalam proses pembukaan rekening Tahapan Berjangka ini, Anda diharuskan mengisi nomor rekening sumber dana yang merupakan rekening terdaftar di KlikBCA. Lalu isi juga jumlah setoran rutin bulanan (minimal Rp500 ribu), jangka waktu (minimal 12 bulan), tanggal autodebet dan tujuan pembukaan Tahapan Berjangka. Supaya sukses, jangan lupa sertakan token dari KeyBCA.

Informasi Rekening

Dalam fitur informasi rekening, memuat segala hal keperluan rekening perbankan. Mulai dari informasi saldo, mutasi rekening baik harian dan bulanan, deposito, Tahapan Berjangka dan RDN (Rekening Dana Nasabah) yang berfungsi untuk keperluan transaksi di BEI.

Baca juga : Cara membuka Rekening BCA Online

Berkaitan dengan informasi rekening, KlikBCA juga memiliki fitur informasi pinjaman serta histori pembayaran pinjaman yang biasanya dikaitkan dengan rekening nasabah. Jika Anda butuh rekening koran, juga tak perlu lagi mencetak di kantor cabang karena bisa langsung mengunduh e-statement. e-statement ini memperlihatkan riwayat transaksi produk Tabungan, Giro dan Tahapan Berjangka sejak tahun 2016.

informasi kurs KlikBCA
informasi kurs KlikBCA

Terakhir, Anda juga bakal memperoleh informasi kurs harian. Di mana informasi kurs ini bisa digunakan untuk aneka jenis transaksi baik ke sesama rekening BCA, BCA Virtual Account, antar bank, Sakuku dan e-commerce.

4. Transaksi Dana

informasi transfer dana KlikBCA
informasi transfer dana KlikBCA

Hampir seluruh aktivitas perbankan berkaitan dengan transfer dana. Tak heran kalau fitur transfer dana merupakan layanan unggulan dari KlikBCA. Lewat transfer dana di KlikBCA, Anda tak perlu lagi repot-repot mencari ATM terdekat atau antri di teller kantor cabang BCA. Berikut beberapa layanan yang terdapat pada fitur transfer dana KlikBCA:

  1. Pendaftaran rekening tujuan transfer
  2. Transfer ke sesama rekening BCA
  3. Transfer ke Sakuku
  4. Transfer ke BCA Virtual Account
  5. Transfer ke rekening bank lain dalam negeri
  6. Transfer ke e-money (uang digital)

Jika dibandingkan dengan layanan internet banking bank lain, fitur transfer dana KlikBCA baru bisa dilakukan jika nasabah telah mendaftarkan rekening tujuan. Hal ini dilakukan BCA demi memastikan kalau rekening tujuan benar-benar valid. Bahkan saat ini untuk proses pendaftaran rekening tujuan, dibutuhkan SMS ID.

SMS ID sendiri merupakan lima digit angka yang dimasukkan pada layar transaksi KlikBCA. Di mana lima digit angka itu dikirimkan sistem ke nomor HP yang didaftarkan untuk akun KlikBCA. Hingga sejauh ini, transaksi dana lewat KlikBCA dibatasi dengan Rp25 juta per transaksi dan total Rp100 juta per hari.

5. Informasi Kartu Kredit

informasi kartu kredit KlikBCA
informasi kartu kredit KlikBCA

Bagi pengguna kartu kredit BCA, juga sangat diuntungkan oleh KlikBCA karena ada fitur khusus kartu kredit BCA. Berikut ini beberapa informasi yang bisa Anda akses:

  1. Informasi sisa saldo kartu kredit BCA
  2. Informasi riwayat transaksi kartu kredit BCA
  3. Informasi tagihan kartu kredit BCA dengan jangka waktu 12 bulan terakhir, termasuk bulan yang tengah berjalan

Untuk bisa mengakses informasi kartu kredit BCA ini, biasanya harus saling berhubungan lewat rekening yang sama. Dengan begitu Anda tak perlu menanti surat tagihan datang ke rumah atau mengalami pembatasan transaksi, lantaran sisa saldo tidak cukup. Dengan begitu nasabah bisa menggunakan kartu kredit secara lebih bijaksana.

Baca juga: 2 Solusi Tepat Atasi KlikBCA yang Terblokir, Berdasarkan Pengalaman Pribadi

6. Aneka Produk Investasi

informasi produk investasi KlikBCA
informasi produk investasi KlikBCA

Saat ini kegiatan investasi bukanlah dominasi mereka dengan tabungan melimpah atau orang dewasa saja. Generasi milenial dan generasi Z yang notabene masih muda serta melajang, diwajibkan untuk mulai melirik investasi sebagai cara terbaik mempersiapkan finansial masa depan. Untuk itulah KlikBCA juga menawarkan fitur produk investasi yakni:

  1. Informasi saldo reksadana (jika memiliki investasi di reksadana)
  2. AKSes-KSEI (untuk kebutuhan investasi saham): informasi saldo efek, informasi saldo efek konsolidasi, informasi saldo RDN konsolidasi, instruksi penarikan dana
  3. Surat Berharga Negara: registrasi, pemesanan, early redemption dan status transaksi

Khusus untuk SBN yang dibeli secara online lewat KlikBCA, biasanya tingkat bunga yang ditawarkan di atas deposito. Tak perlu cemas, BCA juga menjamin keamanan setara deposito, karena memang SBN baik SBR (Savings Bond Ritel) dan ORI (Obligasi nasional Ritel Indonesia) dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia.

7. Layanan PayPal

Gaya hidup belanja online saat ini sepertinya jadi kebiasaan banyak orang. Lewat belanja online, Anda bisa memperoleh produk baik dari dalam negeri hingga luar negeri. Untuk transaksi online luar negeri, biasanya dibutuhkan metode pembayaran kartu kredit dan PayPal.

Sekadar informasi, PayPal adalah rekening virtual yang menyediakan layanan jasa transfer dan pembayaran online skala internasional. Sebagai alat pembayaran virtual, PayPal pun memiliki tingkat keamanan memuaskan sehingga makin banyak digunakan. Hanya saja bagi masyarakat Indonesia, masalah mulai muncul ketika hendak menarik dana tunai dari rekening PayPal.

Lantaran melibatkan pembeli dan penjual di luar negeri, PayPal menggunakan mata uang asing terutama US$. Namun tenang saja, dengan KlikBCA, Anda bisa melakukan penarikan dana ke rekening pribadi. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka akun PayPal kemudian daftarkan rekening BCA sebagai rekening tujuan penarikan dana PayPal. Untuk kolom nama, jika cuma memiliki satu kata saja, tulis tanda titik pada bagian nama belakang
  2. Periksa lagi nomor rekening BCA tujuan, jika sudah tetap langsung klik SAVE/SIMPAN
  3. Pilih Withdraw Funds yang tepat ada di bawah informasi PayPal Balance
  4. Konfirmasikan dana tunai yang ingin ditarik dari PayPal. Jika Anda menarik dana di bawah Rp1,5 juta (setelah dikonversikan dari US$ ke Rupiah), akan dikenai beban biaya Rp16 ribu. Sementara kalau penarikan dana minimal Rp1,5 juta, bebas charge fee

Biasanya proses penarikan dana PayPal ini membutuhkan waktu 2-4 hari kerja. Nanti Anda bisa langsung mengecek apakah ada dana yang masuk ke rekening melalui KlikBCA pula. Jauh lebih praktis, bukan?

8. Isi Ulang Dompet Digital

informasi top-up e-wallet KlikBCA
informasi top-up e-wallet KlikBCA

Metode pembayaran cashless saat ini sangat diminati oleh banyak orang. Tak terkecuali nasabah BCA yang akhirnya membuat KlikBCA memiliki fitur transaksi BCA Virtual Account, yang bertujuan untuk isi ulang e-wallet alias dompet digital. Untuk bisa melakukan pengisian ulang, Anda tinggal memilih menu Transfer Dana setelah masuk akun KlikBCA.

Beberapa perusahaan penyedia e-wallet yang bekerjasama dengan BCA adalah OVO, GOPAY, DANA dan LinkAja. Anda bisa mengisi e-wallet sesuai dengan kehendak dan kemampuan dana yang ada dalam saldo rekening. Seperti fitur lainnya, transaksi baru akan berhasil jika kode token dari KeyBCA dimasukkan.

9. KlikBCA Bisnis

tampilan awal KlikBCA Bisnis

Memahami bahwa pemilik bisnis membutuhkan layanan finansial yang lebih kompleks daripada nasabah individu, BCA juga menawarkan fitur KlikBCA Bisnis khusus untuk para pengusaha. Keunggulan fitur ini adalah lebih efisien dalam mengatur batas transaksi total harian. Jika nasabah individu hanya boleh melakukan transaksi maksimal Rp100 juta per hari, pengguna KlikBCA Bisnis bisa menentukan sendiri batas transkasi harian.

Kemudian adanya peningkatan dalam hal keamanan, lantaran KlikBCA Bisnis memungkinkan Anda menggunakan metode single atau multi otorisasi. Anda pun bisa menentukan pihak-pihak yang berhak dapat akses otorisasi atas transaksi perusahaan lewat KlikBCA Bisnis.

Selain itu, KlikBCA Bisnis juga menggunakan VPN sehingga jalur internet lebih terlindungi lantaran adanya software khusus. Beberapa layanan yang ditawarkan KlikBCA Bisnis adalah informasi finansial seperti saldo, rekening koran sampai laporan MT940 dan transfer dana termasuk pengiriman valas ke rekening bank lain (outward remittance).

Baca juga: BNI Internet Banking Terblokir Karena Lupa Password? Ini Cara Mengatasinya!

Pengguna KlikBCA Bisnis juga akan memperoleh layanan pendaftaran data pajak sehingga bisa memperoleh kode billing langsung dari sistem DJP, serta pembayaran dan upload e-billing. Kemudian KlikBCA Bisnis juga menyuguhkan informasi keuangan perusahaan, pengelolaan saldo berbagai rekening sampai jadwal pembayaran gaji karyawan.

10. BCA KlikPay

tampilan arahan ke KlikPay
tampilan arahan ke KlikPay

Fitur terakhir yang ditawarkan KlikBCA adalah KlikPay yang lebih fokus ditujukan bagi para penggila belanja online. Merchant yang sudah bekerjasama dengan BCA seperti Tokopedia, akan menyediakan pilihan pembayaran lewat KlikPay.

Dibandingkan proses transfer dana, KlikPay pastinya jauh lebih mudah dan efisien karena dana pembayaran otomatis ditarik dari rekening KlikBCA yang sudah terhubung dengan KlikPay. Anda hanya akan diminta memasukkan kode OTP yang dikirim ke nomor HP terdaftar pada KlikBCA.

Untuk bisa menggunakan fitur KlikPay, Anda hanya harus melakukan registrasi di www.klikbca.com/klikpay. Agar aktivasi sukses, masukkan email dan nomor HP aktif lalu lakukan prosesnya di menu Administrasi – Aktivasi BCA KlikPay pada KlikBCA. Nanti Anda kaan diminta mengirimkan kode OTP token dari KeyBCA dan pendaftaran berhasil.

Bagaimana? Ada cukup banyak bukan fitur yang ditawarkan oleh KlikBCA? Untuk itulah bagi Anda pemilik rekening BCA, tampaknya harus mulai memanfaatkan layanan internet banking ini. Karena memang dengan KlikBCA, Anda bisa melakukan berbagai transaksi tanpa perlu keluar dari rumah.

Apa itu KlikBCA ?

KlikBCA adalah fasilitas internet banking yang memberikan kemudahan kepada nasabah untuk mengakses kebutuhan perbankan secara online.

Apa Fitur-Fitur Istimewa yang Ditawarkan KlikBCA?

1. Pembelian, 2. Pembayaran, 3. Informasi rekening, 4. Transaksi dana, 5. Informasi kartu kredit, 6. Anek produk investasi, 7. Layanan Paypal, 8. Isi ulang dompet digital, 9. Klik BCA Bisnis, 10. BCA klik Pay

SEKURITAS

INFO

5/5
  • 15% Instant Bonus

  • Min Deposit: $5

  • Regulasi Terjamin

4.5/5
  • Bonus 100% per deposit

  • $1 Deposit Awal

  • Trading Saham dan Forex