5 Fungsi Website dalam Bisnis, Segera Bangun Website Bisnis Anda !

fungsi website dalam bisnis

Apa fungsi website dalam bisnis? Dunia sedang mengalami perubahan besar, terutama dalam hal teknologi informasi. Kita bisa melihat dengan jelas, orang-orang berbelanja hanya dengan smartphone tanpa perlu pergi ke pasar, orang-orang dapat mendapat informasi di seluruh dunia dengan gadget mereka.

Nah, pada postingan ini, saya akan mengulas 5 fungsi penting sebuah website dalam bisnis.

1. Website berfungsi membangun branding bisnis

Bisnis tanpa branding seperti membuat gunung dengan pasir pantai, akan tenggelam saat ombak menghampiri.

Branding akan menjamin keberlangsungan bisnis Anda dalam jangka panjang. Tentu dengan strategi branding yang benar.

Kita bisa belajar dari produk-produk yang sukses melakukan branding terhadap produk mereka, misalnya smartphone apple, Samsung atau makanan seperi Indomi dan lain sebaginya.

Mereka sukses melakukan Branding, siapa si yang tidak mengenal mereka. Itulah fungsi branding yang luar biasa.
Anda bisa melakukan branding bisnis salah satunya dengan membuat Website Company Profile. Bangun dengan strategi branding yang tepat sesuai bidang bisnis yang Anda jalankan.

2. Website dapat berfungsi sebagai Media Promosi

fungsi website dalam bisnis
fungsi website dalam bisnis

Selain sebagai Branding, website memiliki fungsi sebagai tempat promosi yang sangat efektif. Karena kebiasaan masyarakat kini lebih aktif di Internet.

Baca juga : Cara menulis artikel di blog wordpress pertama kali

Promosi di Internet harus dilakukan oleh pembisnis jaman sekarang. Jika ini tidak dilakukan, maka akan sulit berkembang dan sulit bersaing dengan kompetitor.

Anda bisa membuat website promosi, misalnya dengan membuat artikel, landing page, atau langsung membuat toko online yang bisa di akses oleh orang di seluruh dunia.

3. Website berfungsi sebagai alat melayani konsumen

Keuntungan selanjutnya menggunakan website adalah Anda bisa melayani konsumen Anda tanpa Anda bertemu dan bertatap langsung dengan mereka.

Anda bisa membalas pertanyaan-pertanyaan yang konsumen tanyakan seputar bisnis Anda. Misalnya Anda menjual produk, Anda bisa menyediakan menu chating atau halaman kontak di website.

Konsumen bisa melakukan chat, atau menghubungi Anda melalui kontak untuk bertanya tentang produk yang Anda jual, bagaimana cara membeli, dan lain sebagainya.

4. Media website berfungsi untuk menampung kritik dan saran

Selain sebagai media melayani konsumen, website juga dapat berfungi sebagai media untuk menampung kritik dan saran dari para konsumen.

Anda bisa menyediakan halaman khusus untuk menampung kritik dan saran. Sehingga memudahkan Anda dalam menggali informasi dan ide-ide baru untuk mengembangkan bisnis Anda.

5. Berfungsi mempermudah penjualan produk

Fungsi website untuk mempermudah penjualan produk Anda. Ini sudah pasti !, misalnya Anda memiliki website toko online atau landing page dalam bentuk penawaran produk. Dalam halaman ini Anda bisa mengulas kelebihan dan kekurangan produk yang sedang Anda jual secara online.

Baca juga : 8 Langkah pemula memulai jualan online sampai mendapatkan pembeli

Anda bisa membuat copywriting yang cocok sehingga akan mempermudah penjualan produk Anda.

Jika website anda dalam bentuk toko online, tentu akan sangat mempermudah konsumen memilih daftar produk yang Anda jual, mempermudah mereka melihat harga dan deskripsi produk.

Itulah 5 fungsi website dalam bisnis. Nah, dalam membuat website bisnis, Anda harus mempersiapkan beberapa hal penting.

Diantaranya ;

  • Sediakan nama domain, misalnya grosirmasker.com atau nama domain brand bisnis Anda. Anda bisa membeli nama domain di niagahoster atau penyedia lainnya.
  • Sediakan hosting berkualitas, Anda bisa menggunakan hosting murah Indonesia berkualitas dari niagahoster. Di Indonesia, saya merekomendasikan menggunakan penyedia hosting dari niagahoster. Dari pengalaman pribadi, saya puas denga layanan dan suport dari mereka.
  • Buat website yang sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya Anda ingin website dalam bentuk toko online atau landing page seperti blog. Jika Anda bingung, Anda bisa mencari tutorialnya di google atau bertanya kepada CS penyedia hosting yang Anda sewa.
  • Optimasi dengan melakukan promosi website, Anda bisa menggunakan facebook sebagai media promosi. Anda juga bisa menggunakan periklanan google, facebook ads atau promosi menggunakan instagram. Anda bisa memilih menggunakan promosi gratis atau yang berbayar.

Penutup

Fungsi website dalam dunia bisnis kini sudah tidak bisa di pisahkan. Bagi Anda yang ingin sukses bersaing wajib memiliki website. Demikian artikel singkat dari saya tentang “5 Fungsi Website Dalam Dunia Bisnis, Segera Bangun Website Bisnis Anda !”, semoga membantu Anda.

Scroll to Top