Mengenal Digital Marketing, Hal-Hal Mendasar Sampai Tren di 2019

hal-hal mendasar dan tren digital marketing

Tak berlebihan kiranya jika disebutkan bahwa saat ini, seluruh hal tampaknya sudah serba internet. Mau berkomunikasi lewat internet, mau mencari orang bisa lewat internet, bahkan mau meminjam uang pun, semua bisa dilakukan lewat internet. Tak heran kalau akhirnya internet dianggap sebagai pasar yang cukup seksi untuk mengenalkan sebuah produk. Bahkan bisnis saat ini sudah mulai beramai-ramai memanfaatkan dunia digital termasuk internet untuk meningkatkan omzet.

Hal inilah yang akhirnya memicu keberadaan pemasaran digital atau digital marketing yang juga berkembang ke ranah online. Padahal jika pada dasarnya, digital marketing adalah sebuah kegiatan promosi produk memakai media elektronik alias digital. Namun jika di beberapa tahun lalu media digital untuk promosi hanyalah sebatas TV dan radio, saat ini internet justru menjadi pondasi paling kuat untuk digital marketing.

Baca juga: Inilah 5 Cara Mendapatkan Uang dari Youtube, Lengkap dan Ampuh!

Tingginya jumlah pengguna internet dan smartphone yang bisa berakses online memang menjadi salah satu bukti kalau perkembangan dunia digital sangatlah pesat. Melalui internet, pengenalan sebuah produk bahkan bisa menembus batas ruang dan jarak lantaran bisa diakses secara global. Sebagai bidang yang sangat dinamis, digital marketing kini banyak dipilih pelaku bisnis untuk memasarkan usaha mereka.

Ada banyak sekali contoh teknik pemasaran yang dipakai dalam digital marketing dewasa ini. Mulai dari pemahaman atas SEO (Search Engine Optimization), pemasangan iklan online (Facebook/Google ads), pasang iklan di media cetak-TV-radio, menggunakan billboard elektronik (videotron), email marketing hingga mobile marketing. Nah supaya makin memahami seperti apa sih seluk beluk digital marketing, berikut ini adalah ulasan lengkapnya hanya untuk Anda.

Hal-Hal Dasar dalam Dunia Digital Marketing

Digital marketing - 1

1. User Centered Website

Internet kini menjadi media utama dalam penerapan digital marketing di masa kini. Untuk bisa mengenalkan produk bisnis dalam dunia seluas internet, Anda harus punya yang namanya website. Rasa-rasanya saat ini sebuah bisnis yang memang dikelola profesional, sudah harus memiliki website. Namun tentu saja website yang dimaksud bukalan sekadar ‘rumah’ berisi artikel produk, melainkan jelas harus memenuhi syarat tampilan yang dibutuhkan calon konsumen,

Mulai dari informasi perusahaan, narahubung terpercaya hingga akhirnya produk-produk yang dimiliki entah barang atau jasa sesuai bisnis Anda. Website bisa dibilang sebagai muara dari seluruh aktivitas promosi yang Anda lakukan di media sosial. Sebuah website yang dikelola secara profesional jelas akan membuat konsumen puas dan begitu yakin atas informasi produk yang Anda tawarkan, sehingga bakal tertarik untuk melakukan deal dan akhirnya membeli produk tersebut. Untuk itulah jika memang ingin berhasil dalam digital marketing, pastikan memiliki website yang meyakinkan dan bisa dipercaya serta tentunya memiliki UX (user experience) Design yang memuaskan.

2. SEO

Kalau bicara soal internet, tentu bakal bicara soal SEO. SEO memang menjadi sebuah teknik yang sepertinya harus dikuasai para pebisnis online. Karena SEO ialah sebuah teknik yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di mesin pencarian internet (Google, Bing, Yahoo, Yandex, dll). Dengan menerapkan teknik SEO, website yang Anda kelola memiliki peluang muncul di halaman teratas mesin pencarian sehingga akhirnya mampu meningkatkan trafik dan pastinya menambah penghasilan.

Supaya website Anda bisa memenuhi teknik SEO yang dibutuhkan, tentu harus memiliki konten dengan kualitas terbaik entah dalam bentuk artikel atau video, keyword yang populer, judul halaman yang membuat pengguna internet tertarik dan mengundang klik, tautan URL yang deskriptif hingga gambar berkualitas. Kendati beberapa pelaku digital markerting sering berseloroh kalau SEO itu sudah mati, SEO tetap akan menjadi sebuah teknik andalan dalam menerapkan digital marketing saat ini dan di masa depan. Hanya saja, jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan unsur-unsur SEO karena biasanya akan membuat terasa kaku untuk dipahami user dan mesin pencari internet.

Baca juga: Inilah 7 Kesalahan Menulis Deskripsi Produk Saat Jualan Online

3. SEM (Search Engine Marketing)

SEO memang menjadi salah satu cara supaya website bisnis yang Anda kelola populer di internet, tapi bukanlah satu-satunya hal mendasar dalam digital marketing. Beberapa pelaku bisnis juga menggunakan cara lain yang dirasa jauh lebih efektif yakni SEM. Seperti namanya, SEM adalah salah satu teknik dalam digital marketing dengan membayar jasa iklan di internet. Ada banyak sekali contoh SEM yang populer seperti Facebook Ads, Google Adwords sampai Yahoo Search Marketing.

Bisa dibilang kalau SEM ini merupakan SEO yang lebih kompleks karena selain melibatkan SEO, ada juga perkara analisa kata kunci, laporan kata kunci hingga besaran tarif yang diperlukan. Dengan memakai jasa SEM, sudah pasti proses digital marketing jauh lebih maksimal karena SEM akan mampu membuat produk bisnis Anda bisa dilihat langsung oleh pengguna internet yang memang membutuhkan. Tentu saja tarif untuk SEM berbeda-beda tergantung dari kuantitas dan kualitas yang dihasilkan.

4. Social Media Marketing

Social media marketing

Tak ada yang bisa menolak betapa kuatnya kemampuan media sosial dalam hal pemasaran. Apalagi saat ini rasa-rasanya hampir setiap orang pastinya menggunakan media sosial entah Facebook, Instagram atau Twitter. Melalui media sosial itu, orang-orang bisa melakukan dan mencari apapun, sehingga menjadi tempat yang tepat dalam berbisnis. Namun satu yang harus Anda ingat, media sosial memang bisa mengenalkan produk Anda dari mulut ke mulut dan membuat pasar makin luas, tapi bisa juga dengan mudah menghancurkannya.

Bahkan saat ini, keberadaan social media marketing pun semakin berkembang dengan adanya influencer dan buzzer. Kedua sosok berpengaruh ini kerap dimanfaatkan agen-agen digital marketing untuk melakukan promosi di media sosial yang lebih berpengaruh ke target konsumen. Namun tetap, sebagus apapun social media marketing yang dipakai, jika konten dan kualitas produk masih mengecewakan juga tak akan memberi hasil memuaskan.

5. Email Marketing

Inilah hal terakhir yang justru sangat penting pula dalam kesuksesan digital marketing. Yap, pemasaran melalui email memegang kunci yang cukup ampuh untuk brand awareness. Melalui komunikasi lewat email, konsumen justru akan merasa lebih eksklusif. Bagi pemilik bisnis, mereka bisa memperoleh testimoni sekaligus saran dan kritik di saat bersamaan melalui email marketing ini.

Dengan menjalin hubungan yang positif dan hangat kepada pelanggan setia, hal ini justru akan memiliki dampak yang baik pada imej bisnis. Kendati mungkin kemampuan email marketing tidaklah seampuh satu dekade lalu, saat ini masih tetap relevan dan efektif dalam menjaga loyalitas pelanggan.

Melihat lima hal mendasar dalam digital marketing di atas, bisa disimpulkan bahwa strategi konten untuk marketing memang memegang peranan yang sangat penting. Tak heran kalau akhirnya dalam strategi digital marketing, kualitas konten menjadi keutamaan demi menarik perhatian calon konsumen potensial. Dengan adanya internet, semua orang memang kini bisa bebas melakukan pemasaran. Namun hanya yang terlihat unik, berkualitas dan bermanfaat bakal meraih sukses.

Tren-Tren Digital Marketing di Tahun 2019

Tren digital marketing

Kembali lagi kepada fakta bahwa pengguna internet di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya, tak heran kalau akhirnya perkembangan dunia digital marketing pun semakin pesat saja. Bagi Anda para pelaku bisnis, tentu memahami tren digital marketing menjadi hal wajib. Seperti apa? Setidaknya berikut ini adalah beberapa tren digital marketing di tahun 2019 yang harus Anda kenali:

1. Chatbot

Saat ini sudah semakin banyak saja pelaku bisnis yang menggunakan aplikasi smartphone dan membenamkan fitur chatbot. Keunggulan utama chatbot adalah bisa menjawab pertanyaan dasar konsumen secara cepat dan responsif. Hal ini jelas membuat konsumen akan lebih puas dan merasa nyaman karena keluhan mereka langsung ditanggapi secara singkat.

Baca : Cara Menggunakan WhatsApp Web di Laptop/ PC Untuk Komunikasi Bisnis

Dibandingkan layanan konsumen yang harus mempekerjakan seseorang, chatbox dianggap jauh lebih efektif dan tentunya hemat biaya. Karena chatbox bakal bisa melayani tanpa hari libur. Bukan tak mungkin beberapa tahun lagi, chatbox bahkan bisa mengajukan pertanyaan dan saran yang lebih responsif.

2. Omni Channel

Digital marketing

Salah satu tren digital marketing zaman now adalah Omni Channel. Secara mudahnya, Omni Channel adalah sebuah model bisnis lintas channel yang saat ini kerap dipakai pelaku bisnis untuk meningkatkan kenyamanan dan kemudahan konsumen dalam berbelanja produk. Tak cuma terbatas secara online saja, Omni Channel juga bisa dimanfaatkan secara offline.

Salah satu contoh aktivitas Omni Channel adalah Anda melihat iklan smartphone saat membuka media sosial, lalu diarahkan ke sebuah marketplace dan mesin pencari sampai akhirnya Anda benar-benar tertarik dan datang ke toko HP untuk membeli smartphone tersebut.

Tidak asing dengan aktivitas tersebut? Yap, menjamurnya e-commerce di era serba online saat ini memang menjadi bukti bahwa strategi Omni Channel adalah salah satu tren digital marketing yang paling menjanjikan di tahun 2019. Dengan gaya hidup masyarakat yang doyan belanja online, tentu menerapkan Omni Channel dengan tepat adalah sebuah keharusan.

3. Accelerated Mobile Pages (AMP)

Jika dulu ponsel hanyalah sebuah alat komunikasi, saat ini tidak lagi dengan kehadiran smartphone. Kebiasaan browsing melalui PC atau laptop pun seolah tergantikan dengan browsing di ponsel. Hal inilah yang akhirnya membuat AMP menjadi tren digital marketing yang sangat sesuai di tahun 2019.

Melalui AMP, tampilan website Anda bakal bisa dinikmati optimal di layar HP. Karena memang AMP adalah sebuah perangkat open source yang memformat tampilan web statis menjadi tampilan perangkat mobile. Dengan memakai AMP, Anda bisa meningkatkan engagement konsumen supaya kinerja website jadi maksimal.

Baca juga: 5 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online Menggunakan Media Sosial

4. Marketing Automation

Digital marketing - 3

Memanfaatkan sebuah perangkat lunak (software) marketing, Anda bisa melakukan pemasaran secara lebih otomatis. Dengan bantuan software tersebut, Anda bisa tetap menjalin komunikasi email marketing kepada pelanggan secara lebih mudah. Biasanya keberadaan Marketing Automation ini digunakan untuk keperluan digital marketing yang menghabiskan waktu dan tenaga, sehingga jadi makin efektif.

5. Stories Media Sosial

Tak ada yang bisa menampik kekuatan gambar dan video sebagai amunisi digital marketing yang sangat ampuh. Saat ini, pemasaran melalui dua bentuk ini makin diuntungkan lewat fitur stories di media-media sosial seperti Facebook, Instagram hingga WhatsApp.

Bisa menampilkan foto dan video dalam waktu 24 jam, tentu materi promosi bakal lebih dipahami oleh masyarakat lantaran gaya hidup media sosial semakin merajalela. Lewat fitur stories, Anda bisa mengenalkan produk sekaligus membangun hubungan dengan calon konsumen langsung, hingga polling layanan bisnis.

Baca juga: 5 Fungsi Website dalam Bisnis, Segera Bangun Website Bisnis Anda !

Melalui tren-tren yang diulas di atas, bisa dipastikan bahwa digital marketing semakin jauh lebih unggul daripada teknik pemasaran konvensional. Dengan menerapkan digital marketing secara tepat, Anda bakal bisa memperoleh hasil pemasaran yang jauh lebih cepat dan pastinya real time. Bisa langsung melihat kaitan pengeluaran pemasaran dengan omzet yang diperoleh, digital marketing adalah cara pemasaran masa kini yang sangat menguntungkan.

Apa Hal Dasar dalam Dunia Digital Marketing ?

1. User Centered Website
2. SEO
3. SEM (Search Engine Marketing)
4. Social Media Marketing
5. Email Marketing

Tren Digital Marketing di Tahun 2019?

1. Chatbot
2. Omni Channel
3. Accelerated Mobile Pages (AMP)
4. Marketing Automation
5. Stories Media Sosial

Scroll to Top