5 Hal yang Akan Anda Perjuangkan Setelah Anda Wisuda

Momen wisuda merupakan sebuah akhir pencapaian dari kuliah yang banyak ditunggu oleh mahasiswa. Dengan melakaukan wisuda tersebut, Anda telah resmi menyelesaikan studi selama 4 tahun di universitas tempat menimba ilmu.

Tentunya wisuda ini menjadi moment kebanggan tersendiri karena tidak mudah untuk dilaluinya. Sebelum menyandang gelar sarjana, Anda harus melewati perjalanan menimba ilmu dari semester ke semester, ditambah mengerjakan skripsi, sidang dan berakhir dengan wisuda.

Bagi Anda yang telah melewati tahap tersebut tentunya patut berbangga hati karena ada pula orang-orang yang tidak bisa menyelesaikannya dikarenakan berbagai macam hal yang dihadapi.

Meski begitu, euforia Anda terhadap kelulusan setelah wisuda jangan berlebihan. Karena setelah toga dimiliki Anda, ada banyak tantangan lain yang harus dihadapi.

Maka sangatlah wajar bila ada yang mengatakan “ Selamat datang di dunia nyata.” Artinya setelah wisuda, Anda harus memikirkan dan memperjuangkan kembali cita-cita yang belum terwujud. Permasalahan yang dihadapi pun semakin besar sehingga diperlukan mental dan fisik yang cukup kuat untuk menghadapinya.

Hal yang akan dilakukan setelah wisuda

Oleh karena itu, setelah Anda wisuda segeralah bergegas untuk memperjuangkan sesuatu yang Anda impikan. Lalu, seperti apakah perjuangan yang dapat Anda lakukan selepas wisuda tersebut? Yuk, simak bersama ulasannya di bawah ini!

Hal yang Harus Diperjuangkan Setelah Wisuda

1. Pekerjaan yang Anda Sukai

Setelah Anda lulus, otomatis kegiatan selanjutnya yang harus dilakukan adalah bekerja. Dengan bekerja merupakan bentuk tanggung jawab Anda untuk bisa menafkahi orang tua tau bisa pula untuk membantu pendidikan saudara-saudara kandung Anda.

Tips memilih pekerjaan yang cocok untuk Anda, anda bisa membacanya di sini

Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk bekerja. Sebaiknya, pilihlah pekerjaan yang Anda senangi dan berkompeten di bidang tersebut. Hal tersebut bertujuan agar ketika Anda bekerja memang dari hati dan bisa bertahan lama.

Sebaiknya jangan percaya mitos, bahwa seorang yang telah wisuda pasti akan sulit untuk mencari kerja. Anda harus berpikir Indonesia ini memiliki daerah yang cukup luas dan regenerasi pasti akan selalu ada. Jadi, peluang untuk mendapatkan pekerjaan pun terbuka lebar untuk Anda.

Kuncinya adalah jeli melihat peluang, kemudian kejar pekerjaan yang Anda inginkan, berdoa dan berusaha untuk mewujudkan impian tersebut.

Sebenarnya untuk bisa bekerja pasca wisuda ini bisa dilakukan saat Anda magang dulu. Di waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk menjalin relasi dan koneksi dengan para pekerja di tempat tersebut.

Bagi seseorang yang baru lulus, gaji atau sebuah pendapatan memang perlu untuk diperhitungkan. Namun, di Indonesia sendiri memiliki kriteria yang telah ditetapkan untuk pemberian gaji bagi para fresh graduate.

Oleh karena itu, carilah pengalaman sebanyak-banyak hingga suatu hari nanti Anda bisa menempati posisi terbaik dimana gaji yang didapatkan pun sesuai dengan keinginan.

2. Berbisnis

Para mahasiswa yang telah diwisuda pun banyak yang memilih untuk menjadi pengusaha. Mereka berlomba mencari dan memilih peluang bisnis yang cocok. Pilihan tersebut biasanya karena memang lebih menginginkan kemandirian dan juga kebebasan untuk mencari rezeki.

Bila Anda pun tertarik untuk berbisnis, maka lakukanlah sesuai dengan passion yang dimiliki. Hal ini akan berdampak kepada pengerjaan Anda ketika membangun bisnis.

Jika bisnis yang dibangun adalah sesuatu yang Anda tekuni, maka Anda akan sekuat tenaga untuk memperjuangkannya. Sebaliknya, apabila bisnis yang dibangun hanya sekedar ikut-ikutan dan tidak sesuai dengan keinginan. Maka, bisnis tersebut tidak akan tahan lama untuk berdiri.

Oleh karena itu, untuk memajukan bisnis yang Anda bangun sebaiknya konsultasikan dengan pakar bisnis yang telah sukses di bidangnya. Jangan pernah berhenti belajar dan mencari tahu tentang sebuah bisnis baik itu dari buku-buku, seminar, atau workshop.

3. Melanjutkan Kuliah Jenjang S2

Jika Anda berpikir bahwa belajar adalah segalanya dan masih ingin menimba ilmu kembali, maka bisa melanjutkan kuliah jenjang S2.

Untuk mengambil S2 ini bisa disamakan dengan jurusan yang Anda ambil di S1. Namun, bisa pula mengambil jurusan lain yang memang belum pernah Anda coba sebelumnya tetapi ada ketertarikan untuk mempelajarinya.

Pilihan untuk melanjutkan S2 ini bisa dilakukan di dalam maupun luar negeri. Tentunya Anda bisa mencari sponsor atau beasiswa untuk melanjutkan studi tersebut karena mengingat bayaran yang harus dikeluarkan lebih mahal lagi dari jenjang sebelumnya.

4. Menikah

Mengambil keputusan untuk menikah setelah wisuda memang masih tergolong jarang atau sedikit. Jika pun ada, yang banyak melakukan hal ini adalah kaum perempuan dimana calon suaminya sudah bekerja atau mapan.

Tetapi, tidak menutup kemungkinan pula bahwa menikah setelah wisuda bisa dilakukan oleh kaum laki-laki. Pastinya perlu perjuangan tersendiri untuk bisa menaklukan calon mertua dan juag calon istri Anda.

Namun, hal tersebut bisa disiasati sedari awal. Yaitu ketika di masa kuliah, Anda sudah menemukan pasangan hidup yang cocok maka bisa membuat sebuah rencana untuk menabung dan mewujudkan pernikahan setelah wisuda .

Mencari pekerjaan dengan status sebagai mahasiswa memanglah tak mudah. Tetapi bukan pula tak ada harapan karena bisa memanfaatkan pekerjaan paruh waktu yang memang dikhususkan untuk para mahasiswa.

Nah, dari penghasilan itulah bisa Anda tabung untuk mewujudkan pernikahan setelah wisuda. Bila Anda sudah memiliki penghasilan sebelum lulus, maka Anda bisa melangkah sempurna untuk bertemu dengan calon mertua dan meminta anaknya untuk menjadi pendamping Anda.

Jangan lupa, selain persiapan finansial Anda harus mempersiapkan mental dengan mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan rumah tangga.

5. Membahagiakan Orang Tua

Ketika Anda berhasil menyandang predikat sebagai sarjana pun, orang tua memang akan sangat bangga dan bahagia. Hal itu berarti, tugas mereka mengantarkan Anda mengenyam pendidikan telah selesai.

Anda pasti mengetahui bagaimana mereka harus membanting tulang mencari nafkah agar biaya pendidikan bisa terbayarkan. Mereka memang tidak meminta Anda untuk mengembalikan biaya pendidikan atau biaya hidup selama tinggal dengan mereka.

Namun ketika Anda sudah lulus dan diwisuda, maka Anda harus memperjuangkan kebahagiaan mereka. Artinya, sudah saatnya mereka menerima gaji atau pendapatan hasil keringat Anda sendiri.

Anda pun bisa menanyakan kepada mereka tentang harapan dan keinginannya selepas Anda lulus. Sekali lagi ditekankan, terkadang orang tua tidak akan pernah menuntut apapun selama Anda berada di jalur yang benar.

Mereka hanya ingin Anda bahagia dan memiliki rezeki yang cukup. Dan tentunya sudah saat Anda untuk memperjuangkan kebahagiaan orang tua.

Cara untuk Bisa Cepat Lulus Kuliah

Sebelum membahas mengenai hal-hal yang harus diperjuangkan setelah wisuda, akan lebih baik untuk membahas terlebih dahulu mengenai cara untuk bisa cepat lulus kuliah. Karena keduanya saling berkaitan dan penting sebelum Anda meninggalkan kampus tempat menimba ilmu.

Baca juga : 10 Boneka Paling Lucu untuk Kado Wisuda

Ketika Anda sudah memasuki bangku kuliah, tentunya segala sesuatu yang ada di tempat tersebut akan berbeda. Mulai dari pengajar, bahan yang dipelajari, teman kuliah, hingga sistem yang diterapkan di tempat tersebut.

Pastinya butuh penyesuaian sehingga Anda bisa terbiasa untuk mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pihak universitas. Dan yang pasti untuk bisa mengikuti segala kegiatan yanga ada di kampus, Anda harus bersikap mandiri serta aktif dalam segala hal.

Seperti yang telah dibahas di awal, akhir dari kuliah adalah wisuda sebagai penanda telah berakhirnya masa pendidikan di tempat tersebut. Sebelum di wisuda tentunya harus melewati terlebih dahulu pengerjaan skripsi dan juga sidang.

Tetapi mengerjakan skripsi tersebut kerap menjadi rintangan yang harus ditaklukan oleh para mahasiswa. Banyak mahasiswa yang gugur atau lulus dengan waktu yang lama untuk mengerjakannya.

Jika Anda salah satu orang yang berpikir demikian, berikut akan kami paparkan pula mengenai cara untuk bisa cepat lulus kuliah.

1. Pahami Tentang Aturan Kampus atau Jurusanmu

Sebelum Anda mengatur sebuah strategi untuk bisa lulus cepat dari kampus Anda, maka terlebih dahulu harus memahami aturan kampus atau jurusanmu.

Baca juga : 10 Perlengkapan yang Wajib Dipakai Saat Kamu Wisuda

Artinya, cari tahu apakah kampus Anda bisa mengambil semester pendek atau mengambil mata kuliah semester atas? Jika iya, maka kemungkinan besar untuk bisa lulus cepat bisa terwujud.

2. Rajin Kuliah dan Mengerjakan Tugas

Biasanya ada dosen yang memang menilai mahasiswa dari kehadiran. Oleh karena itu, jika ingin lulus cepat, Anda harus rajin kuliah dan sebisa mungkin tidak bolos.

Baca juga : 10 Tips Memilih Hadiah Wisuda Kekinian yang Unik

Selain rajin kuliah, jangan lupa pula untuk selalu mengerjakan tugas dari dosen. Sekalipun dosen tidak akan mengetahui nama mahasiswanya. Tetapi penilaian mereka terkadang jitu dan tepat sasaran.

3. Usahakan Semua Nilai Mata Kuliah Berada Pada Nilai yang Aman

Salah satu alasan mengapa lama untuk lulus dikarenakan ada nilai mata kuliah yang tidak aman atau tidak lulus. Selain harus mengulang di semester lain ada pula yang memang tidak bisa diambil mata kuliah lanjutan karena nilai sebelumnya belum baik.

Oleh karena itu, Anda harus tahu dan bisa mengatur strategi yang baik agar nilai mata kuliah Anda berada pada posisi yang aman dan tidak harus mengulang.

4. Mengambil SKS yang Banyak

Biasanya ada beberapa universitas yang mengizinkan mahasiswanya untuk mengambil SKS semester atas. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan karena bisa lulus dengan waktu yang singkat.

Namun, untuk mengambil SKS yang banyak tersebut memerlukan komitmen dan startegi yang khusus. Jangan sampai jadwal mata kuliah yang wajib Anda ambil berbenturan dengan jadwal mata kulaih yang memang belum wajib untuk Anda pelajari.

Selain itu, jadwal Anda akan semakin padat karena tugas-tugas yang harus diselesaikan dari mata kuliah tersebut. Maka dari itu, harus pintar-pintar mengatur jadwal agar semua mata kuliah bisa diselesaikan dengan baik.

5. Mengerjakan Skripsi Lebih Awal

Semua orang yang pernah mengenyam bangku kuliah dan menjadi mahasiswa pastinya sepakat akan mengerjakan skripsi itu butuh proses yang lama dan mood yang bagus.

Biasanya “galau” akan skripsi ini akan dirasakan oleh para mahasiswa tingkat akhir. Tak sedikit pula, banyak mahasiswa yang menyerah untuk meninggalkan skripsi dan otomatis tak melanjutkan kuliah.

Padahal, jika Anda mengetahui strategi untuk mengerjakan skripsi ini pasti tidak akan ada mahasiswa yang harus DO dari kampusnya.

Untuk mencegah hal itu terjadi, maka strategi yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengerjakan skripsi lebih awal. Amannya skripsi tersebut bisa dikerjakan saat Anda magang di sebuah tempat yang memang menjadi keharusan.

Anda bisa mengambil judul yang memang pantas atau layak dijadikan pembahasan untuk judul skripsi Anda. Keuntungan lain bila mengerjakan skripsi saat magang adalah data-data yang Anda perlukan bisa dengan mudah didapat tanpa harus mencari kembali sebuah pembahasan yang harus dibahas.

Jika tidak memungkinkan, Anda bisa terlebih dahulu mencari judul skripsi yang pas untuk Anda bahas.

6. Mengurangi Kegiatan yang Tidak Penting

Ketika Anda sudah masuk semester akhir, sebaiknya kurangi kegiatan yang emamng tidak perlu lagi untuk dikerjakan. Apabila Anda seorang aktivis kampus, biasanya jabatan tersebut akan berakhir seiring dengan adanya regenerasi yang meneruskan.

Oleh karena itu, jangan dijadikan sebuah alasan bahwa organisasi menghambat kelulusan. Semua hal tersebut bisa diatasi dan tergantung niat dari pribadi masing-masing.

Baca juga : 10 Hadiah Terbaik bagi Teman Anda Saat Mereka Wisuda

Maka, diperlukan sebuah komitmen yang besar untuk bisa lulus dengan tepat waktu dan memanage segala kegiatan yang ingin Anda lakukan.

Penutup

Nah, itulah dia pembahasan mengenai 5 hal yang Akan Anda perjuangkan setelah wisuda. Maka, jika hal tersebut sangat berarti untuk masa depan Anda janganlah berlama-lama mengenyam pendidikan di bangku kuliah.

Lawan kemalasan tersebut dengan terus memikirkan serta mewujudkan mpian yang ingin Anda perjuangkan. Semoga bermanfaat!