Stay at Home Diperpanjang, 10 Hobi Ini Bisa Dijadikan Penghasilan

Kebijakan pemerintah untuk meminimalisir penyebaran virus corona di Indonesia dengan melakukan aktivitas di rumah atau stay at home yang sudah di lakukan selama 2 minggu akhirnya diperpanjang. Hal ini karena pasien yang terjangkit pandemi covid 19 di Indonesia terus bertambah dan resiko penyebaran covid-19 dinilai masih sangat tinggi.

Sampai hari kamis (2/4) pukul 12.00 tercatat adanya penambahan 113 kasus baru di 5 provinsi. Sehingga total kasus covid-19 di Indonesia menjadi 1.790 kasus dengan jumlah 170 orang meninggal dan 112 dinyatakan sembuh.

Dampak sosial akibat dari covid-19 ini sangat terasa bagi masyarakat. Bukan hanya dari sisi ekonomi tapi juga secara psikologis. Ketakutan terhadap wabah, kesepian dimasa karantina dan physical distancing, ditambah lagi kesimpangsiuran informasi dapat menyebabkan tingkat stress dan cemas semakin tinggi. Jika ini dibiarkan berlarut-larut tentu sangat bisa memicu adanya masalah kesehatan mental.

Padahal menurut WHO, orang dengan gangguan kesehatan mental meninggal 10 hingga 20 tahun lebih cepat daripada orang normal. Oleh karena itu, ditengah pandemi ini selain merawat kesehatan tubuh penting bagi kita untuk tetap merawat kesehatan psikologis. Melakukan hobi adalah salah satu upaya untuk memelihara kesehatan psikis. Banyak dari kita yang melakukan hobi di tengah masa karantina agar tidak merasa bosan dan menjaga mood supaya bisa tetap produktif.

Disisi lain kita juga tidak bisa menutup mata akan adanya ancaman ekonomi yang harus di hadapi. Banyak perusahaan harus melakukan PHK kepada karyawannya karena angka permintaan produk menurun drastis dan lain hal.

Banyak pula para pekerja nonformal yang sehari-hari mendapatkan penghasilan diluar rumah. Untuk itu, tidak ada salahnya jika lebih berhati-hati dalam menggunakan uang dan juga menambah penghasilan agar kita siap menghadapi pandemi baik secara psikis dan juga ekonomi.

Tapi masalahnya, apakah masih mungkin untuk menambah penghasilkan di tengah kondisi karantina? Nah, ternyata ada beberapa hobi selama karantina di rumah yang bisa menghasilkan penghasilan tambahan loh! Berikut daftar bisnis yang berasal dari hobi selama stay at home/karantina dari pandemi covid 19.

1. Membuat Video Tutorial Masak, Menjahit, Olah raga Dll

Jika Anda memiliki kemampuan untuk mengedit video dan hobi tertentu seperti memasak, menjahit pakaian, atau olah raga yoga misalnya Anda bisa membuat video tutorial dan menguploadnya ke youtube.

Kemampuan editing tidak perlu seperti seorang profesional yang penting Anda enjoy dalam membuat tutorial. Video tutorial sangat di minati oleh banyak orang. Anda bisa mengupload video tutorial di siitus populer yang bisa menghasilkan uang dari video seperti youtube.

Walaupun trafik audiens tidak selalu cepat naik tetapi biasanya selalu ada yang menonton video tutorial. Apalagi saat karantina banyak orang melakukan aktifitas dirumah seperti memasak, olah raga dan juga mempelajari hal-hal baru biasanya lewat video dari youtube.

Selain menyalurkan hobi dan bisa mbermanfaat bagi orang lain hal ini juga bisa menjadi peluang yang bagus untuk mendapatkan penghasilkan tambahan.

2. Penulis Freelance

Jika Anda memiliki hobi menulis, Anda bisa mencoba menjadi penulis freelance. Tidak perlu menjadi ahli di bidang tertentu, sekarang banyak media online yang menerima tulisan seperti artikel, puisi dan lain-lain dengan berbagai niche.

Mulai dari tulisan formal hingga sekedar curhat bisa di muat dan di bayar. Jadi jika selama ini Anda terbiasa hanya hobi menulis di dalam diari, walaupun hanya berada di dalam rumah Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan sebagai kontributor penulis freelance.

Selagi karantina, Anda bisa mencari situs media dan syarat pengiriman naskah. Jika sudah, selanjutnya Anda bisa menentukan karya tulisan yang menurut Anda cocok dan ingin di terbitkan lalu mengirimkannya. Biasanya jika tulisan diterima oleh redaktur, Anda akan di berikan pemberitahuan mengenai hal tersebut.

3. Membuat Masker dan Menjualnya Secara Online

Kebutuhan akan masker di tengah pandemi corona semakin tinggi. Kelangkaan masker medis sempat terjadi karena beberapa waktu lalu ramai terjadi kasus penimbunan masker yang akhirnya berhasil di amankan polisi. Selain masker medis, ada juga masker yang terbuat dari kain. Masker kain memang tidak sepenuhnya bisa mencegah covid-19, tetapi kemampuan menahan partikelnya bisa sampai 70%. Oleh karena itu masker ini banyak di minati daripada tidak memakai masker sama sekali.

Jika Anda memiliki hobi membuat/merancang sesuatu, saat ini Anda bisa menggunakan hobi tersebut untuk membuat masker kain sendiri. Karena sebenarnya membuat masker kain itu cukup sederhana. Bukan hanya untuk Anda pribadi, tapi masker buatan Anda bisa di pasarkan lewat marketplace dan juga socmed.

4. Membuka Jasa Desain Grafis Freelance

Apakah Anda suka merancang desain gambar dengan menggunakan software/aplikasi seperti adobe illustrator, adobe premier dan sebagainya? Kalau biasanya Anda hanya mengulik software/aplikasi tersebut untuk kepuasan pribadi saja, di masa pandemi ini hobi mendsain bisa dijadikan cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Anda bisa menjadi Desainer grafis freelance lewat aplikasi freelance atau menawarkan pada rekan-rekan yang memiliki usaha dan membutuhkan content gambar untuk di upload di medsosnya, desain logo, desain company profile dll.

Dengan pembatasan kegiatan di luar rumah, dan kesadaran para pengusaha Indonesia mengenai pentingnya desain grafis bagi pemasaran bisnis maka jasa desain grafis freelance akan sangat dibutuhkan. Jika Anda bisa menawarkannya pada audiens yang tepat, hobi desain Anda bisa di salurkan dan menghasilkan penghasilan tambahan.

5. Menjual Kerajinan Tangan Online

Dibanding kesal karena tidak bisa keluar rumah, membuat kerajinan tangan seperti craft book, tas daur ulang, vas bunga dari tanah liat dan ide-ide kerajinan tangan lainnya bisa menjadi solusi pengusir kebosanan. Jika kerajinan tangan sudah jadi, Anda bisa menjualnya di marketplace atau melalui social media Anda.

Mungkin salah satu kekhawatiran Anda adalah soal pengiriman barang yang akan terhambat atau malah tidak bisa sama sekali mengingat adanya himbawan stay at home. Jangan khawatir untuk pengiriman. Saat ini ojek online, dan perusahaan pengiriman barang masih beroperasi. Jadi jika ada yang memesan hasil karya Anda, Anda tetap bisa mengirimkannya.

6. Membuat Podcast

Jika Anda sangat suka berbicara, atau suka membagikan ide-ide dengan bicara di bandingkan menulis Anda bisa memulai podcast Anda sendiri. Podcast akhir-akhir ini menjadi populer. Banyak hal yang bisa Anda bagikan pada para pendengar. Bahkan hanya bermodal smartphone saja Anda bisa merekam podcast dengan suara yang jernih dan jelas menggunakan aplikasi seperti anchor dan di distribusikan ke berbagai platform podcast sehingga Anda bisa mendapatkan penghasilan dari sana.

7. Menjual Camilan Secara Online

Camilan menjadi barang incaran banyak orang saat masa karantina dari covid-19. Dari yang kekinian hingga yang tradisional, cemilan dibutuhkan untuk menemani work from home atau belajar di rumah bagi anak sekolahan. Jika Anda hobi bereksperimen membuat cemilan rumahan, Anda bisa menggunakan hobi tersebut untuk menambah penghasilan.

Baca juga : 8 Tips Supaya UKM Tetap Cuan dan Bertahan Ditengah Pandemi Corona

Tidak perlu terlalu heboh untuk promosi karena kemungkinan akan banyak yang menyambut tawaran camilan Anda. Selain itu, kemampuan produksi Andapun masih terbatas karena ini masih ide bisnis hobi di masa pandemi. Anda bisa menawarkannya di grup warga komplek, alumni atau teman-teman yang masih dalam satu wilayah. Dengan begitu cemilanpun bisa cepat sampai dan dinikmati pelanggan di rumah.

8. Buka Les Private Online

Berbeda lagi dengan Anda yang hobinya adalah mengajar, berbagi ilmu dan berinteraksi dengan orang lain. Masa karantina ini mungkin akan menjadi cobaan yang cukup berat jika tidak ada teknologi digital. Jika Anda berprofesi sebagai guru, dosen atau tutor dan profesi tersebut juga merupakan hobi Anda maka walaupun dalam kondisi karantina karena corona Anda tetap bisa mengajar loh!

Anda bisa menggunakan aplikasi yang mempertemukan guru les dengan calon murid seperti Superproof atau membuka jadwal les online melalui media lainnya. Di Superproof sudah tersedia beberapa golongan jenjang les dan bidang ajarnya.

Mulai dari pelajaran formal di sekolah dan perkuliahan hingga nonformal seperti les memasak, menjahit, dll. Anda bisa juga mengatur tarif dan jadwal sesuai kesepakatan. Dengan begitu, hobi mengajar Anda bisa tersalurkan dan tetap aman di rumah.

9. Jual Catering Sehat Online

Selain camilan, makanan berat yang sehat juga sangat dibutuhkan oleh banyak orang di masa pandemi seperti ini. Banyak orang yang harus tetap bekerja dari rumah dan tidak sempat memasak, tetapi mereka juga tidak bisa sembarangan dalam asupan gizi. Kini, orang lebih memperhatikan apa yang di makan dan di minum untuk menjaga kesehatan dan sistem imun agar lebih kuat. Oleh karenanya kebutuhan akan catering sehat cukup besar.

Baca juga : 10 Tips Sukses Investasi Emas di Tengah Krisis Global

Nah, jika Anda memiliki hobi memasak makanan sehat Anda bisa menjadikan ini peluang usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sama seperti camilan, promosi catering sehat ini tidak perlu heboh hingga luar kota supaya permintaan dan kemampuan produksi tetap seimbang. Anda bisa menawarkannya di kawasan terdekat terlebih dahulu terutama orang-orang yang menurut Anda paling pasti membutuhkan catering sehat.

10. Edit Foto dan Menjualnya Melalui Web Photography

10 Hobi Ini Bisa Dijadikan Penghasilan

Apakah Anda memiliki hobi photography?

Sebelum karantina mungkin Anda sering memotret berbagai hal di luar rumah. Tetapi karena sedang karantina, tentu Anda belum bisa melakukannya lagi. Supaya hobi Anda bisa menghasilkan income tambahan, Anda bisa memotret hal unik di dalam rumah yang terkadang bisa menjadi objek yang bagus untuk fotografi atau, coba Anda buka kembali galeri foto dan lakukan editing.

Setelah itu, Anda bisa mencoba menjualnya melalui website photography seperti shutter stock, istock, smugmug pro yang termasuk dalam situs photography dengan pembayaran yang tinggi.

Situs-situs tersebut berani membayar foto dengan harga 100 dollar per-foto. Nah, jika ada 10 foto yang berhasil terjual, maka Anda bisa memperoleh kurang lebih 10 juta Rupiah. Cukup menggiurkan bukan?

Lalu siapa yang membeli foto Anda di situs tersebut? Biasanya yang tertarik membeli foto di situs bisa berasal dari perusahaan, internet marketer ataupun blogger. Jadi mulai cari objek menarik dalam rumah atau buka galeri foto Anda. Manfaatkan hobi untuk mendapat penghasilan tambahan.

Baca juga : 8 Tips Tetap Produktif Saat Work From Home Karena Corona

Itulah 10 inspirasi bisnis yang berasal dari hobi rumahan di masa karantina dari covid19. Hobi yang dipandang hanya sekedar penghibur diri ternyata bisa juga dijadikan penghasilan tambahan di tengah pandemi covid-19. Selamat mencoba!

Bagikan ;