9 Hobi Kreatif ini Menjadi Bisnis yang Menghasilkan Jutaan Rupiah

Memiliki sebuah hobi yang bersifat kreatif merupakan hal positif yang bisa mengurangi penatnya rutinitas sehari-hari. Menurut banyak penelitian, memiliki hobi kreatif dapat meningkatkan kesehatan mental dan juga performa kerja seseorang.

Tapi ternyata, selain merupakan cara mengurangi rasa penat, hobi tersebut juga bisa dijadikan peluang bisnis untuk menambah income loh!

Ini dia hobi-hobi kreatif yang bisa dijadikan peluang bisnis!

1. Hand Lettering

Hand Lettering

Apakah Anda memiliki hobi hand lettering atau menulis indah? Jika selama ini Anda hanya menulis untuk melepas penat saja, nah sekarang hobi ini bisa juga menambah penghasilan Anda jika di tekuni dan melakukan sosialisasi/pemasaran.

Sebenarnya saat ini hand lettering sudah popular dan memiliki nilai jual yang cukup baik. Hand lettering baik itu berupa nama, quotes, atau kalimat bermakna lainnya biasanya bisa menjadi hiasan/dekorasi yang di pajang di ruangan rumah, di kantor bahkan dijadikan hadiah untuk seseorang.

2. Bernyanyi

Jika Anda punya hobi bernyanyi dan banyak rekan yang menilai bahwa suara Anda memang bagus atau unik, maka Anda bisa mempertimbangkan hobi ini untuk menghasilkan income tambahan.

Dari pada ada hanya nyanyi di kamar mandi atau secara random saja, lebih baik jika hobi ini di salurkan di ruang yang bisa di akses publik dan Anda di bayar! Seperti menjadi penyanyi freelance di cafe yang menyediakan live musik, membuat channel youtube, membuat rekaman Anda sendiri di soundcloud dan lain-lain.

Anda bisa membeli peralatan rekaman yang sederhana atau bahkan bisa langsung merekamnya dari gadget dan kamera yang Anda miliki. Jadi, sambil Anda melepas stres dengan bernyanyi, di sisi lain Anda juga bisa menambah penghasilan juga ya kan?

3. Bermusik

Mirip-mirip dengan bernyanyi, jika Anda memiliki hobi bermusik entah itu bermain piano, gitar, seruling, ukulele ataupun alat musik lainnya, Anda juga bisa go publik dan menghasilkan income tambahan.

Apalagi jika Anda juga bisa bernyanyi atau berduet dengan teman Anda yang bisa bernyanyi! Itu akan menjadi tontonan yangmenghibur dan menarik. Karena saat ini banyak orang lebih memilih platform online untuk mencari hiburan secara cepat di banding televisi.

Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk menyalurkan hobi sekaligus mengambil peluang untuk berbisnis. Akan lbih baik jika Anda mengkonsep terlebih dahulu apa yang ingin di tunjukan dari hobi bermusik Anda yang khas.

4. Mencoba dan Meramu Resep Masakan

Mencoba dan Meramu Resep Masakan

Jika dulu memasak hanya identik di lakukan oleh kaum hawa, sekarang bahkan para juri kontes memasak di sebuah channel televisi adalah laki-laki. Jadi, hobi memasak ini bisa di kembangkan oleh semua orang, tidak peduli apakah dia perempuan atau laki-laki.

Nah, untuk Anda yang memiliki hobi memasak dan selama ini hanya diri Anda sendiri atau orang terdekat Anda yang bisa menikmati hasil masakan Anda, kini Anda bisa mengembangkan hobi inu untuk menambah income Anda!

Baca : 30 Jenis Bisnis Kuliner Rumahan dengan Modal Kurang dari 5 Juta

Anda bisa berbagi resep di media online seperti youtube, website, aplikasi memasak ataupun menjual masakan itu dengan resep-resep yang Anda ramu sendiri. Ide lainnya, anda bisa mengikuti kontes memasak yang di adakan oleh berbagai penyelenggaran di bidang masak memasak.

5. Merajut

Tahukah Anda jika pakaian rajut punya nilai jual yang cukup tinggi di pasaran? Jika Anda hobi untuk merajut sweater, syal, kaos kaki ataupun hal lainnya hasil rajutan tersebut bisa saja dijual. Apalagi jika rajutan tersebut dibuat berdasarkan hobi yang di tekuni, biasanya tidak asal-asalan dan alhasil memiliki kualitas yang layak pakai.

Anda bisa menawarkan hasil rajutan Anda pada teman-teman ataupun melakukan pemesanan secara pre-order dengan syarat dan ketentuan waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikan orderan.

6. Hobi Photography

Kamera, kopi, dan culinary/traveling adalah hal-hal yang identik dengan kaum milenial ya?

Daripada hobi tersebut hanya jadi kenangan yang tidak bisa di’cairkan’ suatu saat nanti, lebih baik jika hobi mengambil foto ini di jadikan sumber untuk menghasilkan income tambahan.

Anda bisa menjual hasil foto pada perusahaan atau sebuah bisnis yang membutuhkan karya Anda. Misalnya pengambilan foto di lapangan sepak bola saat pertandingan, ataupun foto-foto lainnya yang memiliki potensi untuk dipublikasikan.

Selain menjualnya, Anda juga bisa mulai membangun akun instagram dan menghiasi feed atau instastory dengan hasil karya Anda. Jika Anda hobi fotografi kuliner, mungkin Anda bisa mereview makanan, minuman atau restoran yang Anda kunjungi. Begitu pula saat Anda traveling, atau berkunjung ke suatu tempat. Para pengguna instagram saat ini sangat tertarik dengan hal-hal semacam itu.

Dengan membangun akun tersebut, Anda bisa membuka peluang untuk mendapatkan endorse ataupun jasa dari hobi fotografi Anda.

7. Mengedit Foto/Video

Mengedit Foto/Video

Masih ada kaitannya dengan hobi perfotoan, kali ini ada juga yang hobinya mengedit foto atau video.

Dengan berkembangnya era digital, hobi ini bisa sangat di hargai oleh masyarakat. Karena, menedit foto dan video bukan hanya berbicara masalah teknis menggunakan berbagai tools pengeditan, tapi juga masalah kreativitas.

DIbutuhkan ketahanan untuk mengedit dan memunculkan berbagai ide kreatif supaya foto dan video yang di hasilkan tidak membosankan untuk di tonton dan memiliki daya tarik untuk kembali menontonnya.

Anda bisa menawarkan jasa edit foto atau video di berbagai media online, baik itu medsos, aplikasi freelance atau mungkin Anda bisa mencobanya di lingkaran pertemanan Anda terlebih dahulu. Selain mendapat income tambahan, project dari client bisa mengasah kemampuan editing Anda.

8. Hobi Mix and Match Fashion atau Make up

Siapa yang hobinya membeli lipsitik, cushion, eyebrow dan peralatan make up lainnya? Atau Anda gemar membeli baju, jaket, sepatu karena Anda suka menata gaya berbusana Anda?

Hobi tersebut biasanya selain membuat hati senang, tapi juga membuat kantong bolong bukan? Nah, supaya bisa menutupi biaya hobi Anda tersebut, kenapa tidak membuat hobi tersebut menjadi peluang yang menghasilkan income?

Anda bisa memanfaatkan media seperti instagram atau youtube misalnya menjadi reviewer produk-produk fashion dan make up. Ide lainnya, Anda juga bisa memperlihatkan keterampilan ber-make up dan memadu padankan fashion sehingga followers bertambah dan memungkinkan Anda menjadi selebgram yang di endorse berbagai brand.

9. Membuat Kerajinan Tangan Daur Ulang

Membuat Kerajinan Tangan Daur Ulang

Hobi kreatif lainnya yang tidak kalah berpotensi menjadi peluang bisnis adalah kerajinan tangan. Kerajinan tangan saat ini sangat luas sekali. Kalau dulu, kerajinan tangan yang kita kenal biasanya adalah membuat vas bunga dari tanah liat, menjahit, atau merajut. Tapi sekarang, dengan berkembannya arus informasi, kreativitaspun semakin tinggi.

Bahan-bahan yang sudah tidak dipakai bisa di sulap menjadi benda yang bernilai. Anda pernah mendengar tentang daur ulang bungkus plastik kopi, mie dan produk lainnya menjadi tas yang memiliki nilai jual dan sukses enarik perhatian pasar?

Jika Anda memiliki hobi kreatif untuk membuat sesuatu yang berasal dari bahan daur ulang, Anda pun bisa membuat kerajinan tangan sejenis yang bisa dipasarkan.

Dari 9 jenis hobi kreatif yang disebutkan diatas, sebenarnya masih banyak lagi hobi-hobi kreatif lainnya yang bisa kita manfaatkan menjadi peluang bisnis. Bagaimana dengan Anda, apakah Anda memiliki salah satu hobi kreatif diatas?

Baca : 10 Bidang Usaha UKM yang Memiliki Prospek Menjanjikan

Sayangnya terkadang walaupun secara umum kita memiliki hobi kreatif yang berpotensi bisa menambah penghasilan tetapi kita masih bingung bagaimana cara memulainya. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang bisa Anda coba supaya hobi kreatif bisa menghasilkan income, yakni mulai dari :

1. Cari Tahu Tentang Hobi Anda

Cari tahu apakah itu sekedar ikut-ikutan trend atau Anda benar-benar menyukainya dan memiliki keinginan untuk mengembangkannya.

Jika hanya ikut-ikutan trend saja, kemungkinan Anda akan cepat bosan dan menyerah saat menemui tantangan di depan. Berbeda dengan kegiatan yang di hasilkan dari sesuatu yang benar-benar menjadi hobi, kita bisa lebih tahan untuk mencari jalan keluar karena itu hal yang menyenangkan!

Tentu saja untuk mengujinya dibutuhkan kejujuran diri dalam memperhatikan apakah Anda benar-benar menyukai hal tersebut dan apakah maknanya melakukan hal tersebut bagi Anda. Selain itu, Anda juga bisa membaca literasi tentang hobi atau berdiskusi dengan seseorang jika diperlukan. Karena terkadang kita memerlukan orang lain untuk merefleksikan diri kita sendi.

Jadi, sudah siap menguji hobi Anda sendiri?

2. Hitung Peluang yang Realistis

Nah, seandainya Anda memiliki banyak hobi, coba pilih manakah hobi yang memang berpeluang besar untuk dikembangkan sekaligus lebih Anda sukai di banding yang lainnya. Karena kenyataannya, kita tidak mungkin mengakomodasi semua hobi yang fokus bidangnya berjauhan.

Selain itu, hal lain yang harus Anda pertimbangkan untuk menentukan kerealistisan adalah respon dari audiens. Maksudnya adalah, apakah hobi yang Anda miliki memiliki tingkat peneriaan yang tinggi dari masyarakat ataukah tidak, atau apakah masyarakat sebenarnya membutuhkannya atau tidak.

Jadi, Anda bisa mulai me-list apa saja hobi yang Anda miliki dan mencoba memahami hobi mana yang realistis dipilih untuk Anda kembangkan menjadi peluang bisnis.

3. Ikuti Komunitas dan Pelatihan yang Berkaitan dengan Hobi

Setelah memilih hobi yang ingin Anda kembangkan, lebih baik lagi jika Anda terlibat aktif dalam komunitas-komunitas ataupun pelatihan yang berkaitan dengan bisnis dan hobi tersebut.

Misalnya Anda yang hobinya bermusik, bisa bergabung dengan komunitas bermusik di kota Anda baik online maupun secara offline.

Selain menambah wawasan, hal itu juga bisa menjadi sarana membangun networking yang tentunya Anda butuhkan dalam proses mengembangkan hobi Anda menjadi peluang bisnis.

4. Atur Rencana Supaya Mendapat Income Tambahan

Sambil mengembangkan wawasan dan networking, Anda bisa sedikit demi sedikit mengatur rencana tentang bagaimana Anda bisa menekuni hobi tersebut dan media mana yang cocok untuk mempublikasikannya.

Karena tidak semua media cocok untuk bisa menghasilkan income tambahan dari hobi Anda. Anda harus cermat memperhitungkannya, termasuk berapa lama kira-kira hobi tersebut bisa benar-benar menambah income Anda.

Nah seperti itulah 9 ide hobi kreatif dan tips tentang bagaimana membuatnya menjadi peluang bisnis. Selamat bereksplorasi!

Bagikan ;