Hobi Milenial yang Ternyata Bisa Jadi Ladang Bisnis

Milenial yang merupakan orang-orang kelahiran tahun 1981-1996 memang saat ini begitu mendominasi dunia, sehingga bisa dibilang kalau masa depan peradaban manusia saat ini ada di tangan mereka.

Hanya saja banyak yang bilang kaum milenial hanyalah generasi gila teknologi dan serba digital, tapi tak bisa menghasilkan uang banyak.

Apakah itu benar?

Faktanya tidak!

Karena justru generasi milenial saat ini banyak yang sudah memperoleh penghasilan belasan hingga puluhan juta Rupiah per bulan.

Milenial yang mendapat pendidikan lebih baik daripada generasi X (kelahiran 1965-1980) memang mempunyai kemampuan lebih baik terutama dalam hal teknologi.

Baca juga: 9 Inspirasi Bisnis Sampingan Untuk Bapak-Bapak

Hanya saja gaya hidup milenial yang cenderung boros dan begitu online serta senang menghambur-hamburkan uang untuk hobi inilah, menjadi penyebab kenapa milenial kesulitan dalam mengelola keuangan masa depan.

Kondisi seperti ini yang membuat banyak orang (terutama generasi X) kerap meremehkan kemampuan para milenial.

Padahal tahukah Anda, ada banyak sekali hobi milenial yang tak bisa dianggap remeh karena mampu menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Seperti apa? Simak ulasannya berikut ini!

8 Hobi Milenial yang Mampu Memberikan Hasil Menjanjikan

1. Menulis

Menulis
© collegeinfogeek

Legenda sastra Indonesia, Pramoedya Ananta Toer pernah berujar, ‘Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis maka ia akan hilang dalam masyarakat dan dari sejarah’. Pernyataan ini membuktikan bahwa menulis bukanlah sekadar hobi belaka, karena bisa menjadi bukti eksistensi yang tak akan lekang dimakan zaman.

Hal inilah yang secara turun-temurun dipahami setiap generasi, sehingga hobi menulis tak akan pernah punah. Bahkan di tangan generasi milenial, hobi menulis bisa menjadi sebuah ladang bisnis yang sangat menjanjikan. Memanfaatkan teknologi yang ada, Anda dapat meraup pundi-pundi Rupiah lewat tulisan.

Mulai dari jadi blogger, Anda dapat menulis secara online di website pribadi yang mampu menarik pembaca dari seluruh dunia dan tentunya pemasang iklan.

Begitu pula menjadi seorang copywriter yang dapat bekerja di perusahaan besar, dan bertanggung jawab dalam urusan branding. Bahkan Anda juga bisa menikmati pekerjaan sebagai freelance writer yang dapat dikerjaan di mana pun termasuk di rumah, tanpa perlu repot ke kantor.

Media sosial juga sangat membutuhkan penulis-penulis handal yang mampu menciptakan caption istimewa untuk sebuah foto agar menarik.

Selain jenis pekerjaan literasi modern, Anda juga dapat menjadi penulis novel seperti J.K.Rowling sang pencipta Harry Potter, yang adalah salah satu novelis terkaya di dunia, dengan aset kekayaan menembus GBP795 juta (sekitar Rp15,1 triliun).

2. Main Game

Bermain game
© redbull

Tumbuh besar di era teknologi yang berkembang pesat, game online jelas menjadi salah satu hobi generasi milenial. Mau bermain game di PC alias perangkat komputer, laptop, smartphone atau aneka gawai lainnya, menemukan milenial asyik main game berjam-jam bukanlah sesuatu yang asing.

Merasa hobi main game itu adalah sebuah tindakan sia-sia dan cuma buang-buang uang?

Jangan salah!

Baca juga: 30 Contoh Usaha Makanan yang Menjanjikan di Lingkungan Sekitar

Faktanya ada banyak sekali milenial yang mampu meraup penghasilan luar biasa fantastis berkat main game.

Bahkan menurut data Forbes, sepuluh gamer dengan total kekayaan terbesar di dunia seluruhnya merupakan generasi milenial. Sebut saja seperti Ninja (Tyler Blevins) yang adalah kelahiran Juni 1991 memiliki total aset US$17 juta (sekitar Rp252 miliar).

Ada juga PewDiePie (Felix Kjellberg) yang sangat populer di Youtube, mempunyai kekayaan US$15 juta (sekitar Rp222 miliar) adalah kelahiran Oktober 1989.

Di Indonesia sendiri, gamer-gamer terkaya juga lahir sebagai generasi milenial seperti BnTeT (Hansel Ferdinand), Xccurate (Kevin Susanto) dan Inyourdream (Muhammad Rizky Anugrah).

3. Bikin Video

Hobi membuat video
© AlphaGamma

Masih berkaitan dengan kurun waktu pertumbuhan milenial di zaman teknologi berkembang cepat, membuat mereka jadi pribadi yang begitu inovatif.

Apalagi dengan adanya media sosial, membuat milenial begitu hobi menghasilkan konten-konten video yang menarik.

Anda yang hobi membuat video pendek bercerita, bisa membuat konten film pendek dan menjualnya pada layanan-layanan video streaming online lokal.

Atau juga manfaatkan kemampuan menghasilkan konten video berkualitas yang kemudian diunggah di Instagram maupun TikTok, sehingga mampu melirik brand-brand untuk kerjasama iklan.

Namun jika ingin lebih profesional, profesi sebagai Youtuber tentu sangatlah menjanjikan. Yap, dengan mengunggah video rutin di channel Youtube, Anda mampu meraup penghasilan luar biasa fantastis.

Bahkan dua channel Youtube dengan pendapatan tertinggi di Indonesia yakni Baim Paula serta Rans Entertainment, dibangun oleh pasangan milenial dan mampu meraup ratusan juta hingga miliaran Rupiah per bulan.

4. Kuliner

Kuliner online
© meredithcorp

Sekalipun zaman sudah berkembang semakin canggih, manusia jelas butuh yang namanya makan dan minum.

Tak heran kalau kuliner tetaplah menjadi bisnis menjanjikan kapanpun. Jika dulu kuliner mungkin identik bagi kaum perempuan, generasi milenial justru sangat memiliki banyak laki-laki yang hobi di bidang kuliner.

Memanfaatkan perkembangan teknologi, kuliner menjadi hobi yang menjanjikan secara finansial bagi milenial.

Mulai dari membagikan resep di platform kuliner online, membuat video resep dan tips-tips memasak di channel Youtube atau diunggah di media sosial, hingga mendirikan cafe atau restoran aneka kuliner viral.

Apalagi dengan adanya layanan pesan-antar makanan online, kini siapapun yang hobi kuliner bisa menghasilkan pundi-pundi Rupiah dari rumah, tanpa harus membangun warung di pinggir jalan.

Baca juga: Suasana Lebaran, Ini 8 Ide Bisnis Hampers Anti-Mainstream yang Menguntungkan

5. Menciptakan Musik

Menciptakan musik
© GameGrooves

Hobi bermain gitar, piano atau bahkan menciptakan lagu hingga karya musik lainnya? Anda bisa memaksimalkan hobi di bidang kesenian itu sebagai lahan penghasilan.

Caranya bagaimana? Manfaatkan betul aneka platform online yang memberikan peluang untuk para musisi-musisi digital ini.

Contohnya saja Anda dapat melakukan cover lagu yang tengah populer di channel Youtube, mengunggah lagu ciptaan di platform Spotify, Soundcloud hingga iTunes.

Jangan diremehkan, saat ini bahkan banyak musisi yang awalnya mengunggah karya di platform online, justru mampu menarik perhatikan pemilik label musik mayor dan akhirnya debut sebagai artis profesional.

6. Menggambar

Membuat gambar
© spreadshirtmedia

Jangan remehkan hobi menggambar, karena justru mampu menjadi sebuah profesi menjanjikan dengan peluang penghasilan besar.

Yap, lagi-lagi dengan memanfaatkan teknologi yang makin canggih bernama internet, Anda dapat menyalurkan hobi melukis atau menggambar sebagai lahan bisnis.

Suka menggambar ilustrasi? Anda bisa mencoba menggeluti profesi sebagai desain ilustrator. Ada kemampuan menggambar di perangkat gawai?

Maka desain grafis dan desain animasi bisa jadi pilihan yang layak dipertimbangkan. Bahkan bukan tak mungkin dengan rutin mengunggah portofolio desain berkualitas di media sosial, Anda bisa menjadi seorang freelance design yang bertarif fantastis.

7. Fotografi

Fotografi
© talkingcity

Hobi lain yang mungkin dulu hanya diminati segelintir orang tapi kini justru digandrungi banyak milenial adalah fotografi.

Apalagi dengan perangkat kamera yang kini makin beragam dan lebih terjangkau, fotografi bukanlah sesuatu yang eksklusif lagi.

Bahkan saat ini banyak ponsel dilengkapi kemampuan lensa kamera istimewa, membuat siapapun bisa menyalurkan hobi fotografi kapanpun.

Hanya saja kalau Anda ingin meraup penghasilan layaknya fotografer profesional, Anda tentu harus jadi pribadi yang kreatif, inovatif dan visioner. Manfaatkan gawai untuk menghasilan foto-foto yang menarik dan bisa Anda jual.

Baca juga: Menganggur Karena Corona? 9 Ide Usaha Modal Kecil ini Bisa Dicoba!

Mulai dari platform berbagi foto online, hingga menawarkan jasa foto untuk kebutuhan konten media sosial.

Misalkan saja jadi fotografer kuliner, fotografer wisata bahkan sampai fotografer event yang memiliki tarif istimewa untuk kebutuhan pernikahan, kelahiran, sampai kematian.

Tak perlu repot menyewa ruko untuk membuka studio, semua dapat dilakukan secara online mulai dari rumah dengan perangkat sederhana.

8. Otak-Atik Program Komputer

Coding komputer
© gizmodo

Lagi-lagi sebagai generasi yang tumbuh besar di era teknologi internet dan komputer berkembang pesat, milenial memang menjadi pengguna kedua teknologi itu secara aktif.

Bahkan ada banyak di antara mereka yang begitu hobi dalam pemrograman komputer atau yang kerap dikenal dengan istilah coding.

Bagi mereka yang hobi di bidang coding, mengotak-atik program komputer bukanlah sesuatu yang sulit tapi justru sangat menarik. Jangan diremehkan, ada banyak sekali milenial yang hobi coding justru mampu mendirikan startup raksasa.

Contoh pertama adalah William Tanuwijaya (kelahiran 1981). Pendiri raksasa e-commerce Tokopedia ini sempat menjadi seorang programmer lepas sebagai pilihan kerja sampingannya, saat menjadi engineer di perusahaan teknologi.

Lalu ada juga Achmad Zacky (kelahiran 1986) yang merupakan pendiri marketplace Bukalapak.

Terakhir ada Ferry Unardi, pengusaha kelahiran 1988 ini adalah pendiri Traveloka, startup yang bergerak di bidang reservasi tiket pesawat, hotel dan wisata.

Nama-nama mereka tentu menjadi bukti bahwa milenial bukanlah generasi yang cuma doyan menghabiskan hobi menghamburkan uang. Karena pada dasarnya, milenial adalah generasi kreatif yang mempu melihat celah bisnis dari hobi yang mereka kuasai. Jadi, apa hobi Anda?

Bagikan ;