8 Ide Bisnis Camilan Rumahan Unik dengan Modal Kecil

Jenis camilan memang tidak akan ada habisnya. Sejak dulu hingga kini trend camilan terus bentambah dan berganti, namun ada juga yang sampai saat ini tetap di gemari.

Anak muda hingga orangtua suka menghabiskan waktu bersantai maupun aktifitas lainnya sambil memakan makanan ringan. Oleh karena itu, pada dasarnya bisnis makanan ringan adalah bisnis yang memiliki segmen pasar yang luas dan tahan lama.

Hanya saja kita perlu jeli dalam melihat peluang dan juga tetap berinovasi baik dalam hal produk maupun pemasarannya. Ada berbagai jenis camilan yang bisa di jual baik secara offline maupun online.

Dimasa pandemik seperti ini, pemerintah menganjurkan masyarakat menaati protokol kesehatan yang ketat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini sedikit banyak merubah cara masyarakat dalam membeli kebutuhan mereka.

Banyaknya jumlah pekerja yang kehilangan penghasilan bahkan pekerjaannya, membuat kita harus putar otak dan mengasah kreatifitas agar wabah ini tidak berakibat lebih buruk lagi.

Untuk Anda yang masih bingung karena modal kecil dan tidak tahu mau berbisnis apa, kita bisa memanfaatkan peluang bisnis camilan yang bisa kita lakukan dari rumah. Apa saja ide bisnis camilan rumahan yang menguntungkan saat ini?

1. Makaroni Pedas

Ide Bisnis Camilan Unik Modal Kecil makaroni pedas

Bisnis camilan pertama yakni makaroni pedas. Banyak orang menggemari cemilan pedas ini. Orang tidak ragu membelinya karena harganya yang juga terbilang murah.

Terutama bagi kalangan pelajar dan mahasiswa, biasanya suka sekali camilan ini untuk menemani kumpul-kumpul bersama teman atau mengerjakan tugas, begitupun dengan pekerja.

Bisnis ini termasuk bisnis yang tidak memerlukan modal banyak dan produknya bisa di buat dengan mudah. Bahan-bahan yang di perlukan juga tidak terlalu banyak. Hanya perlu makaroni, bumbu bubuk pedas, gas dan minyak untuk menggoreng.

Sementara untuk packagingnya Anda hanya membutuhkan plastik zipper/ standing pouch dan sticker logo (optional).

Modal yang di perlukan untuk memulai bisnis ini sekitar Rp. 20.000 saja. Anda bisa menghasilkan 30 bungkus makaroni pedas ukuran kurang lebih 100 gram berkisar Rp. 3000, artinya dari modal Rp. 20.000 kita bisa menghasilkan untung sekitar Rp. Rp. 80.000.

Baca juga : 9 Inspirasi Bisnis Sampingan Untuk Bapak-Bapak

Memang sangat murah, jadi tak heran kuantitas pembeliannya pun akan banyak.

2. Dessert Box

Dessert Box

Camilan selanjutnya yang banyak di cari adalah dessert box. Selain camilan pedas, dessert yang manis juga sangat di sukai.

Saat ini, sudah banyak penjual dessert box yang viral dengan memanfaatkan sosial media. Dessert box juga termasuk bsinis dengan modal awal yang kecil sekitar Rp. 150.000-Rp. 200.000, dan bisa Anda lakukan dari rumah dengan harga jual mulai dari Rp. 15.000.

Biasanya dessert box terbuat dari puding, cream, selai, sirup, yoghurt, roti, almond, cake, dried fruits dan bahan lainnya yang di padupadankan, menjadi camilan manis yang enak. Tergantung jenis dessert box yang ingin dijual.

Tidak resep yang benar-benar baku. Namun sebenarnya sudah banyak orang-orang mencoba membuat dessert box dan mempostingnya di internet ataupun youtube, mungkin Anda bisa mencari yang sesuai dengan Anda.

Namun jika Anda juga penggemar dessert manis, Anda juga bisa sekalian mengaktuskan minat dengan mencari resep-resep dessert original.

Hal ini akan menambah daya tarik dessert box buatan Anda di banding dessert box yang telah di jual saat ini. Mengenai media pemasarannya sendiri, Anda bisa menggunakan sistem PO (Pre-Order) mengingat dessert box ini akan cepat basi jika tidak di makan.

3. Cireng Isi Premium

cireng isi

Siapa yang tidak suka cireng? Camilan yang sudah sangat lama digemari masyarakat Indonesia ini kini bukan hanya terbuat dari adonan tepung tapioka, terigu dan juga isian pasta kacang tanah. Kini, orang-orang juga banyak menyukai cireng dengan berbagai macam isian seperti keju, daging ayam, sosis dll.

Sebenarnya sudah banyak orang berjualan cireng isi saat ini. Harganya cukup murah yakni Rp.2000/ cireng. Tapi kualitasnya kurang memuaskan, kulit cireng keras dan tidak berasa dan isian cireng yang sangat sedikit. Kali ini Anda jangan membuat cireng isi yang serupa.

Cobalah membuat cireng isi premium. Harga jualnya memang mungkin akan di atas cireng-cireng isi biasa. Tapi jenis cireng isi premium juga sangat menarik untuk mengundang banyak pelanggan karena kualitas cireng isi yang memuaskan. Orang akan tidak ragu membelinya apalagi jika sudah dikenal lebih banyak orang.

Selain itu bisnis camilan cireng isi premium, selain menguntungkan juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Anda setidaknya membutuhkan modal sekitar Rp. 200.000-Rp. 300.0000 untuk memulainya.

Bahan bahannya pun tersedia di pasaran, seperti tepung tapioka, terigu, keju, daging ayam, sosis dll. Untuk isiannya, coba Anda kreasikan agar isian cireng lebih enak dan banyak misalnya membuat isian daging ayam rica-rica, cabe hijau dll.

4. Puding Sedot Plain/With Topping

Ide Bisnis Camilan Unik Modal Kecil puding sedot

Serupa dengan dessert box, puding sedot juga merupakan camilan jenis dessert yang manis. Puding sedot sangat potensial di beli di lingkunga pelajar dan mahasiswa. Bisnis ini termasuk bisnis yang bermodal kecil, mudah dan juga memiliki potensi keuntungan yang lumayan.

Modal yang perlu di siapkan sekitar Rp. 100.000 saja. Anda hanya membutuhkan serbuk puding yang di jual di pasaran seharga Rp. 7.000-Rp. 10.000/bungkusnya, gula, dan air serta gas untuk memasak puding.

Sementara untuk kemasan, hanya perlu plastik zipper/ standing pouch, sticker merk (optional). Jika ANda memiliki kulkas showcase, Anda bisa menyimpannya disana agar pusing terasa lebih enak dan segar.

Anda bisa menghasilkan puding sedot sebanyak 5-7 pack yang bisa di jual mulai dari Rp. 5000. Agar tidak bosan, mungkin Anda bisa mengkreasikan puding dengan mencapurnya dengan beberapa rasa.

Misalnya bagian bawah rasa coklat dan bagian atasnya rasa mangga. Atau Anda bisa menambahkan topping seperti biji selasih, nata de coco atau buah buahan.

5. Kentang Keju

Kentang Keju

Ide bisnis cemilan rumahan yang lain adalah kentang keju. Kita mungkin sudah tidak asing dengan camilan hotang atau corndog yang diperkenalkan dari drama-drama korea.

Camilan itu sangat cepat popular karena banyak penggemar drama korea di Indonesia dan banyak orang akhirnya meniru dan ikut-ikutan menjualnya.

Dari pada menjual camilan corndog atau hotang yang mainstream, lebih baik berjualan kentang keju. Anda bisa membuatnya dengan mudah dan tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Hanya perlu mengkukus kentang dan menghaluskannya.

Kemudian tambahkan tepung maizena, garam, penyedap rasa, bawang daun dan keju. Bentuk sebesar jari memanjang lalu goreng pada minyak yang panas.

Baca juga : 8 Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa Agar Bisa Nabung dan Investasi

Untuk packagingnya, Anda cukup menggunakan stereoform. Anda bisa menjualnya seharga Rp. 7.000- Rp.10.000/ pack. Camilan ini juga lebih di sukai jika berada di lingkungan mahasiswa. Agar lebih cepat di kenal, Anda juga bisa mendaftarkan jualan kentang keju Anda di plaform ojek online.

6. Coklat Tempe

Coklat Tempe

Camilan yang satu ini sangat cocok untuk berbagai suasana baik saat sedang santai atau menjadi camilan saat hari raya. Pernah dengar coklat tempe? Ternyata saat ini tempe bukan hanya di buat dalam bentuk keripik tempe saja, tapi juga bisa di lumuri coklat, dan jadilah coklat tempe. Bagaimana dengan rasanya?

Rasanya gurih dan manis pahit khas coklat sangat enak sekali. Camilan ini banyak di sukai berbagai kalangan.

Cara membuatnya mudah dan hanya membutuhkan modal sekitar Rp. 50.000 untuk 10-15 bungkus coklat tempe ukuran 100 gram dengan harga jual Rp. 10.000/ pack. Anda hanya perlu memotong tempe tipis-tipis dan menggorengnya sampai kering.

Setelah itu damkan hingga dingin dan balut dengan coklat cair lalu masukan ke dalam kulkas. Agar lebih banyak variasi produk, Anda bisa memadukannya dengan topping seperti, dried fruit, atau mengganti dengan jenis balutan coklat.

Ada banyak jenis coklat di pasaran yang mudah di temuklan seperti dark chocolate, coklat susu, coklat putih. Untuk packagingnya, Anda bisa menggunakan plastik zipper.

7. Sosis Tusuk

Sosis Tusuk

Bukan hanya sate yang di tusuk, tapi sosis tusuk juga bisa di jadikan camilan rumahan yang unik dan diminati. Jika di luar sudah biasa orang berjualan sosis bakar, kali ini Anda menggunakan sosis juga namun dengan cara lain yakni di tusuk dan di baluri tepung panir.

Hanya perlu memotong sosis secara memanjang menjadi 4 bagian, lalu lumuri dengan terigu cair dan tepung panir lalu goreng hingga kecoklatan. Kemudian tiriskan dan tusuk menggunakan tusukan sate.

Camilan sosis tusuk ini akan sangat di minati apalagi jika sedang musim hujan. Dalam suhu yang dingin, sangat enak memakan cemilan hangat sperti sosis tusuk dengan saus cabai.

Untuk memulainya, Anda hanya perlu mengeluarkan modal sekitar Rp. 100.000 untuk bahan baku seperti sosis ayam/ sapi, terigu, tepung roti, minyak, bungkus plastik dll.

8. Sate Ubi Isi

Ide Bisnis Camilan Unik Modal Kecil sate ubi isi

Kembali lagi ke cemilan manis. Kalau dulu camilan ubi, hanya bisa di kukus atau di goreng menggunakan tepung cair kali ini kita bisa membuat ubi menjadi camilan menarik yang di sukai berbagai kalangan. Sate ubi isi, camilan dari ubi yang berisi toping yang lumer di mulut.

Anda hanya memerlukan ubi, tepung terigu, tepung panir, keju, coklat, selai untuk isian dan minyak untuk menggoreng.

Caranya juga mudah, hampir sama dengan kentang keju yakni dengan mengkukus ubi dan menghaluskannya.

Masukan isian dan bentuk menjadi bola-bola, masukan dalam terigu cair dan tepung panir. Tusuk setiap 3 bola ubi, dan goreng hingga kecoklatan.

Potensi bisnis sate ubi ini cukup besar. Karena bahan-bahannya murah dan juga mudah di temukan di pasaran.

Baca juga : Hobi Milenial yang Ternyata Bisa Jadi Ladang Bisnis

Anda mungkin hanya perlu modal awal sekitar Rp. 150.000 saja include dengan kemasan plastik dan hekter. Selain itu di lingkungan Anda mungkin masih jarang ada yang berjualan camilan sate ubi isi ini.

Anda bisa menjualnya dengan harga yang masih affordable untuk anak-anak dan mahasiswa misalnya Rp. 5000/ 3 tusuk.

Penutup

Itulah ide-ide bisnis camilan unik yang bisa Anda lakukan dari rumah dengan modal kecil namun menguntungkan. Untuk menyelamatkan ekonomi keluarga di masa pandemi ini, kita harus memaksimalkan kreatfiitas selagi memiliki kemampuan untuk berpikir dan bergerak. Apapun jalannya, yang penting halal dan berkah. Untuk Anda yang suka ngemil dan membuat camilan, mungkin Anda bisa mencoba salah satu ide di atas. Selamat mencoba.

Bagikan ;