10 Ide Bisnis Kreatif di Acara Wisuda Bagi Mahasiswa dan Umum

bisnis saat acara wisuda

Moment wisuda adalah moment yang paling dinantikan oleh para mahasiswa yang sudah menyelesaikan skripsinya. Oleh karena itu, moment wisuda tersebut akan dimanfaatkan sebaik mungkin dengan menggelar acara formal yang cukup meriah.

Di moment tersebut juga biasanya para wisudawan mengajak keluarga, sahabat, maupun sanak saudara untuk bisa menghadiri acara tersebut. Sehingga sangatlah wajar bila sedang berlangsung wisuda, kampus serta sejumlah tempat lainnya begitu ramai dan padat.

Selain dipadati oleh para pengantar wisudawan, disekitar tempat wisuda biasanya dipadati oleh penjual yang menggelar dagangannya. Barang yang dijual tersebut diantaranya adalah makanan, minuman, pakaian, aksesoris, dan lain sebagainya.

Para penjual pun mengaku selama kegiatan berlangsung omset yang didapat sangatlah menguntungakn dibandingkan hari biasa.

Moment berjualan saat wisuda tersebut sebenarnya bisa dilakukan oleh para mahasiswa yang ingin mencoba berbisnis. Anda bisa menjajakan barang yang unik serta kreatif untuk mendulang keuntungan di moment tersebut.

bisnis saat acara wisuda

Jika Anda masih bingung dengan barang yang harus dijual saat wisuda, berikut akan kami paparkan mengenai Ide Bisnis Kreatif di Acara Wisuda yang bisa dijual oleh mahasiswa. Dan berikut ulasannya!

Macam-macam Bisnis Kreatif di Acara Wisuda

1. Menjadi Fotografer saat Wisuda

Para juru foto atau lebih dikenal dengan fotografer pastinya selalu ada di tempat tersebut. Baik itu para fotografer yang ada di dalam atau pun di luar ruangan akan dengan sigap memotret para calon wisudawan.

Tentu saja hasil jepretan tersebut bisa Anda tebus beberapa jam kemudian dengan mengeluarkan sejumlah uang.

Selain mengusung konsep tersebut, ada pula yang membuat sebuah studio dadakan dengan background menarik yang biasanya dikhususkan untuk wisudawan yang ingin berfoto bersama keluarganya.

Selain mengikuti konsep di atas, tentunya Anda bisa menggunakan konsep lain yang lebih menarik. Moment wisuda adalah moment spesial bagi seseorang layaknya sebuah pernikahan.

Oleh karena itu, Anda bisa membuka jasa fotografi wisuda dengan mengabadikan sebelum keberangkatan wisuda, prosesi wisuda, sampai acara selesai.

Tentunya, konsep unik dan kreatif tersebut masih jarang untuk dilakukan seseorang. Karenanya, Anda perlu melakukan promo ekstra dan membuat contoh foto yang dapat menyakinkan klien.

Foto tersebut juga bisa dipadupadankan dengan membuat sebuah video laykanya orang yang mengabadikan pernikahan.

2. Jual Balon Unik di Tempat Wisuda

Entah darimana bermulanya, saat ini banyak orang yang menjual balon-balon unik bergambar alpabhet, boneka, dan lain sebagainya. Biasanya balon-balon tersebut akan menghiasi berbagai acara penting dalam hidup seperti baby shower, bridal shower anniversary, dan juga wisuda.

Baca juga : 13 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Mahasiswa

Karena bentuk balon yang tidak biasanya, banyak orang yang kerepotan atau takut rusak untuk dibawanya. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai bahan jualan di acara wisuda tersebut. Selain unik juga terlihat kreatif karena balon yang ada biasanya bisa dipesan dan ditulis nama calon wisudawan.

Bentuk balon yang biasanya menjadi favorit adalah bentuk alfabet, buket balon, dan juga balon campur dimana didalam balon terdapat balon-balon kecil dengan warna yang menarik.

3. Buket Boneka

Bisnis kreatif lainnya yang bisa Anda jual saat wisuda adalah buket boneka sebagai hadiah wisuda. Buket boneka saat wisuda rupanya tengah menjadi trend tersendiri karena bentuknya yang unik serta kreatif.

Boneka yang biasanya menghiasi wajah kebahagiaan wisudawan adalah boneka tedy bear yang menggunakan baju serta toga wisuda.

Ukuran boneka yang dijual pun beragam mulai dari ukuran kecil hingga besar. Biasanya untuk boneka berukuran kecil dibuat sebuah buket sehingga terlihat menarik.

Bila Anda ingin menjual boneka tersebut, bisa bekerjasama dengan para pengrajin boneka. Mintalah pada mereka cara menjual boneka dengan konsep yang Anda usung.

4. Buket Bunga

Rata-rata penjual bunga saat wisuda akan mengalami keuntungan yang signifikan. Anda bisa membayangkan jika dari 3.000 wisudawan yang hadir kemudian setengahnya membeli bunga, maka bisa dibayangkan bukan keuntungan para pedagang bunga di hari tersebut.

Tentunya bila Anda tertarik pula untuk menjual bunga pada saat wisuda, bisa mengusung konsep yang unik. Contohnya menjual buket bunga dengan menampilkan nama wisudawan di tengah-tengah buket.

Selain itu, bisa pula dengan membuat kemasan unik pada bunga. Seperti kemasan botol kecil atau bunga di dalam kotak kaca.

Bunga sendiri masih dianggap sebagai pemberian unik dan juga romantis. Terlebih bila yang memberikan bunga adalah orang yang spesial bagi calon wisudawan.

Agar bunga bisa terjual saat hari H, Anda pun bisa menerapkan sistem PO. Dimana para wisudawan atau keluarga wisudawan bisa memesan terlebih dahulu buket bunga tersebut. Saat hari H, bunga tersebut bisa dibawa dengan menunjukkan tanda bukti pembayaran.

5. Plakat Unik dan Kreatif

Selain bunga dan balon, Anda pun bsia menjual plakat untuk para wisudawan. Para wisudawan sendiri biasanya memang diberikan plakat oleh pihak kampus. Tetapi biasnaya, palakat tersbeut bersifat formal dan banyak tertera nama-nama wisudawan.

Tentu melihat hal ini adalah sebuah peluang bisnis yang bisa Anda ambil. Dengan kreativitas yang dimiliki, Anda bisa membuat konsep plakat yang unik dan kreatif.

Plakat yang dijualnya biasanya terbuat dari akrilik yang terpampang foto diri wisudawan. Ada pula yang terbuat dari kayu dimana bisa diukir khusus nama wisudawan.

Karena memerlukan ketelitian dalam membuat, untuk usaha ini bisa dengan sistem PO. Bila tidak memungkin lewat sosial media. Anda bisa membuat PO saat gladi resik berlangsung biasanya para wisudawan akan hadir dan mengikuti acara tersebut.

Bila Anda tetap ingin berjualan online, maka pembuatan plakat tersebut sudah bisa dilakukan pada H-1 sebelum prosesi wisuda dimulai.

6. Selempang Gelar

Wisuda dulu dan zaman sekarang sangatlah berbeda. Hal tersebut bisa dilihat dari aksesoris yang dikenakan para wisudawan. Tentunya aksesoris yang mencolok tersebut bisa dilihat dari selempang gelar yang dikenakan para wisudawan.

Selempang tersebut mirip dengan selempang yang dikenakan di ajang pencarian putri indonesia atau dunia. Bedanya, selempang yang dikenakan wisudawan tentu saja diberi nama dan juga gelar dari yang bersangkutan.

Nah, karena sedang maraknya aksesoris tersebut bisa Anda coba untuk menjualnya saat wisuda. Pihak kampus sendiri sangat jarang untuk menyematkan selempang tersebut karena paling banyak menggunakan aksesoris medali.

Selain dibuat formal, aksesoris tersebut bisa dberi nama non formal atau sekedar lucu-lucuan. Contonya “Wisudawan 4 tahun”, “akhirnya pakai toga juga”, “Yes, akhirnya wisuda”, dan lain sebagainya. Sama halnya plakat, untuk memesan selempang ini bisa diberlakukan sistem PO.

7. Souvenir Kampus

Ide bisnis kreatif saat wisuda

Seperti yang diketahui bersama, pada saat wisuda pastinya para wisudawan mengajak keluarga ataupun sanak saudaranya. Biasanya mereka datang dari berbagai daerah yang jauh dari kampus Anda.

Karena hari itu moment yang paling bahagia dan belum tentu bisa datang kembali ke kampus tersebut, maka mereka menginginkan oleh-oleh yang berhubungan atau menjadi ciri khas kampus.

Dengan melihat moment tersebut, Anda bisa menjual berbagai macam souvenir kampus yang biasanya dicari dan dijadikan oleh-oleh. Souvenir tersebut bisa dalam bentuk gantungan kunci, pulpen, stiker, topi, tumblr, kaos, dan lain sebagainya.

Dijamin, jualan souvenir kampus tersebut bisa terjual habis saat moment wisuda tersebut.

8. Make Up Wisuda

Sudah menjadi kebiasaan saat moment wisuda pastinya setiap orang ingin tampil cantik dan berbeda. Selain menyiapkan baju yang biasnaya menggunakan kebaya modern, para wisudawati ingin tampil berbeda dengan di make over atau make up.

Sayangnya, tak semua wisudawati bisa menggunakan make up. Sehingga harus meminat tolong pada orang lain yang mahir atau pergi ke salon untuk bisa di make over.

Tentunya hal tersebut menjadi lahan bisnis yang menjanjikan saat wisuda. Bila Anda ahli dalam bermake up, bisa menjadikan hal tersebut sebagai lahan bisnis yang menguntungkan.

Jasa make up tersebut bisa ditawarkan kepada teman-teman satu kostan terlebih dahulu. Jika promosi tersebut berhasil dan mereka menyukai make up Anda. Bersiaplah untuk menerima kembali panggilan make up di moment-moment selanjutnya.

9. Bucket Snack

Selain bunga, boneka, dan balon yang sedang ngetrend dan bisa dijadikan lahan bisnis adalah membuat bucket snack.

Bucket snack tersebut rupanya tengah menjadi hal yang baru dalam moment wisuda. Para wisudawan akan mendapatkan bucket snack yang terdiri dari beraneka macam coklat, permen, dan lain sebagainya.
Tentunya walaupun jajanan yang terkesan sederhana, bila dihias menggunakan bucket tersebut akan tampak elegan dan terkesan mahal.

Bucket snack tersebut bisa dijual saat hari H dengan menggelar lapak yang biasanya berada di sekitar gedung tempat wisuda.

Dijamin jualan bucket snack tersebut akan menyita perhatian orang-orang karena unik, menarik, dan kreatif.

10. Scrapeframe

Berikutnya adalah menjual scrapframe. Scrapeframe merupakan sebuah kerajinan tangan dimana foto diri Anda dengan menggunakan baju wisuda bisa terpampang dalam sebuah frame dengan pernak-pernik yang menarik dilengkapi kata-kata atau hanya gelar saja.

Menjual scrapframe tersebut memang masih tergolong jarang tetapi bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Untuk membuatnya diperlukan ketelitian dan juga ketekunan sehingga ketika menjualnya bisa menggunakan sistem PO.

Atau bisa pula membuka lapak saat hari H dan membuka kesempatan bagi orang-orang untuk memesannya. Setelah itu bisa diberikan pasca moment wisuda.

Bisnis yang Bisa Dijalankan Saat Kuliah

Selain saat moment wisuda, ada beberapa bisnis lain yang bisa Anda jalankan saat mengenyam bangku kuliah. Tentunya dengan berbisnis, Anda memiliki pengalaman dan juga pendapatan yang bisa meringankan beban orang tua.

Jika anda bingung akan melakukan apa setelah kuliah, Anda bisa membacanya di sini. Namun jika Anda masih kuliah dan ingin berbuat sesuatu, berikut bisnis yang bisa Anda lakukan:

1. Menjual Cemilan

Cemilan seperti yang diketahui bersama adalah makanan yang paling banyak digemari oleh orang-orang. Cemilan ini biasanya memimiliki harga yang murah namun bisa mendapatkan porsi yang lumayan banyak.

Karena itu bisa menjadi prospek yang bagus bagi Anda. Terlebih jika Anda menjual cemilan kekinian tentunya akan menjadi nilai plus sendiri untuk Anda.

2. Jasa Penerjemah

Bila Anda mahir dalam menguasai salah satu bahasa asing, tak ada salahnya untuk membuka sebuah bisnis jasa penerjemah.

Bisnis tersebut sangatlah potensial terlebih jika yang meminta adalah anak bahasa yang memang pasti tugas menerjemah tersebut selalu ada.

Tarif yang bisa Anda tentukan bisa ditentukan dari jumlah halaman yang ingin diterjemahkan

3. Penjual Buku

Dunia mahasiswa pastinya tak akan jauh dari buku, laptop, dan tugas. Karena ketiganya saling berhubungan untuk menyelesaikan sebuah mata kuliah.

Mencari sumber dari internet saja tentunya tidak cukup karena diperlukan referensi yang banyak. Selain internet tentu saja buku menjadi sumber referensi pertama yang bisa Anda jadikan sebagai lahan bisnis.

Karena itu, membuka bisnis jual buku sangatlah prospektif dikalangan mahasiswa yang haus akan ilmu.

4. Desain Grafis

Ketika menjadi mahasiswa tentunya akan ada banyak kegiatan yang harus diikuti. Untuk menyebarkan acara tersebut memerlukan media sebagai perantaranya.

Media yang dimaksud adalah pamflet atau brosur yang memang bisa disebarluaskan. Untuk membuatnya tentu saja diperlukan seseorang yang ahli atau yang memang memiliki bakat dalam hal tersebut.

Oleh karena itu, Anda bisa membuka bisnis dengan menjadi seorang desain grafis. Selain utnuk membuat pamflet atau brosur biasanya diperlukan untuk proposal atau baju angkatan.

Tentu jasa pembuatan desain tersebut tidak bisa dilakukan secara cuma-cuma. Besarnya tarif yang diberlakukan biasanya tergantung dari tingkat kesulitannya.

Baca juga : Usaha Rumahan : 42 jenis bisnis modal kecil dengan untung besar

Penutup

Yuk, jadilah mahasiswa kreatif dan inovatif yang bisa menjadi agen perubahan dalam kondisi apapun. Mahasiswa adalah “makhluk bebas” dan mandiri yang sudah bisa berpikir manak yang baik serta buruk.

Jadikan setiap moment adalah pelauang untuk Anda berpikir lebih kreatif lagi. Tak ada salahnya bukan bila mahasiswa pun merangkap sebagai pebisnis? Dengan begitu, selepas wisuda Anda tidak akan bingung lagi untuk menentukan masa depan. Semoga Sukses!

Scroll to Top