7 Ide Bisnis Menggiurkan di Masa Liburan Panjang yang Bisa Anda Coba!

Hari Raya Idul Fitri memang sudah lewat hampir empat minggu lalu. Saat ini semua pekerja yang telah menikmati masa cuti dan liburan Lebaran, telah kembali melakukan rutinitas sehari-hari. Sendi-sendi perekonomian pun kembali bergerak dan membuat siapapun harus mulai berencana mencari pemasukan lagi.

Baca juga: 5 Peluang Usaha Baru yang Masih Belum Banyak Pesaing dan Punya Hasil Jutaan!

Namun bagi sebagian masyarakat terutama anak-anak sekolah, saat ini justru masih memasuki momen liburan panjang. Yap, hari libur para pelajar rupanya tidak berhenti saat momen Lebaran berakhir. Beberapa sekolah yang tengah disibukkan dengan penerimaan siswa baru, memilih meliburan anak didiknya yang lain. Untuk itulah pelajar yang tidak bingung mencari sekolah seperti masuk SD, SMP, SMA atau kuliah, kini tengah menikmati masa liburan panjang yang mengasyikkan.

Bagi seorang pengusaha, tentu momen liburan ini seharusnya menjadi sebuah peluang menggiurkan untuk berbisnis. Banyaknya anak-anak sekolah yang libur bukan berarti pemasukan harus terhenti. Ada kok ide-ide bisnis lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mengeruk pangsa pasar di liburan panjang kenaikan kelas ini. Seperti apa saja sih? Berikut beberapa ulasannya yang bisa Anda coba:

Inilah 7 Ide Bisnis di Momen Liburan Panjang yang Sangat Menggiurkan

1. Rental Mobil

ide bisnis saat liburan panjang - rental mobil
ide bisnis saat liburan panjang – rental mobil

Memiliki kendaraan roda empat yang menganggur di rumah? Maka di momen liburan sekolah ini justru bisa jadi lahan bisnis yang menggiurkan. Sama seperti saat momen Idul Fitri, ada banyak orang yang mudik dan butuh mobil, begitu pula saat masa liburan panjang. Kendati saat ini sudah banyak penyedia transportasi online, tetap saja banyak orang membutuhkan rental mobil liburan.

Satu hal yang harus Anda perhatikan untuk persewaan mobil adalah pastikan calon konsumen benar-benar bisa dipercaya. Kalau memang dirasa rental alias persewaan mobil tidak meyakinkan, Anda bisa menyediakan jasa antar-jemput di tempat wisata. Bisa menawarkan jasa di tetangga terdekat atau melalui media sosial hingga menunggu di tempat wisata langsung. Pasang tarif yang sesuai dan berikan pelayanan maksimal supaya banyak wisatawan tertarik.

2. Jualan Kuliner Ringan

ide bisnis saat liburan panjang - kuliner anak
ide bisnis saat liburan panjang – kuliner anak

Ketahuilah, meskipun liburan sekolah, anak-anak biasanya masih tetap meminta uang jajan dari orangtuanya. Fakta inilah yang harus jeli Anda baca karena bisa menciptakan peluang bisnis berjualan makanan/minuman ringan. Dengan modal yang relatif kecil, Anda bisa berjualan aneka tempura, cilok atau minuman-minuman viral seperti es kepal milo atau kudapan ringan lain dengan harga terjangkau.

Bahkan bisnis jualan kuliner ringan saat liburan ini pun sudah dikenal lama di luar negeri. Ketika liburan musim panas tiba, anak-anak di luar negeri banyak yang melakukan tradisi berjualan es limun. Dengan modal sebotol sirup dan beberapa balok es batu, Anda bisa berjualan es limun bergelas-gelas. Buka saja lapak dadakan di depan rumah saat siang atau sore hari, di mana banyak anak-anak mulai bermain.

3. Penyedia Hiburan di Rumah

Meskipun saat ini sudah serba internet sehingga membuat gaya hidup membaca online digandrungi masyarakat, tetap saja membaca menggunakan buku adalah pilihan terbaik. Karena itu jika Anda memiliki cukup banyak buku bacaan entah novel atau komik yang bisa disukai anak-anak sekolah, sediakan saja jasa persewaan.

Baca juga: Inilah 10 Bisnis Franchise dengan Modal Kurang dari 10 Juta Rupiah

Tak perlu mematok tarif besar untuk buku atau komik yang disewa, karena dengan begitu peminatnya bakal semakin banyak. Tidak punya buka bacaan? Tenang saja, Anda bisa menyediakan hiburan rumahan lain seperti persewaan konsol game (PlayStation, XBox One, Nintendo) yang dipasang dengan tarif perjam. Atau kalau tidak ingin membuat anak kecanduan game, Anda juga bisa menyewakan kaset-kaset DVD film dan serial hiburan anak yang edukatif.

4. Jadi Content Creator

ide bisnis saat liburan panjang - content creator
ide bisnis saat liburan panjang – content creator

Dengan era serba terknologi internet, bisnis content creator justru memiliki peluang yang begitu menjanjikan di momen liburan. Anda bisa mengajak buah hati atau anak-anak di sekitar membuat video kreatif. Hal ini pula yang pernah dilakukan animator Indonesia yang sudah dikenal dunia internasional bernama Wahyu Ichwandardi alias Pinot. Saat liburan sekolah, Pinot mengajak istri dan ketiga anaknya membuat video sketsa animasi yang diunggah di Vine.

Berkat imajinasi buah hatinya, Pinot justru mendapatkan banyak orderan video animasi dari beberapa brand internasional dengan tarif mencapai USD 2.000 (sekitar Rp 28,2 juta per video. Tak hanya video, Anda yang suka menulis pun bisa memanfatakan hobi menjadi penghasilan yang menggiurkan sebagai traveller blogger.

Untuk menjadi traveller blogger yang terkenal, Anda jelas harus punya ketajaman dalam penulisan dan mengulas sebuah tempat wisata. Ulasan yang menarik dan persuasif tentu bakal menguntungkan si pemilik wisata, sehingga bisa saja Anda memperoleh bayaran besar hanya untuk satu artikel yang dirilis. Saat ini ada banyak sekali blog-blog dan website khusus wisata yang memang membutuhkan para penulis travelling.

5. Jadi Agen Wisata

ide bisnis saat liburan panjang - jadi agen wisata
ide bisnis saat liburan panjang – jadi agen wisata

Hobi jalan-jalan dan sudah berpengalaman? Manfaatkan kemampuan ini untuk menjadi agen wisata. Dibandingkan bisnis lain, usaha ini memang jauh lebih berisiko. Anda harus bertanggung jawab atas orderan konsumen yang memang ingin bersenang-senang tanpa ribet di tempat wisata. Mulai dari urusan transportasi, penginapan, keperluan makan hingga tiket masuk wisata harus Anda kontrol.

Ada baiknya Anda memiliki jaringan luas untuk memulai bisnis agen wisata ini. Namun percayalah, agen wisata yang benar-benar bertanggung jawab bakal laris-manis diburu konsumen saat momen liburan sekolah tiba. Bahkan bukan hanya di Indonesia, agen wisata yang sudah berkembang bisa menawarkan berbagai paket liburan hingga ke luar negeri. Anda pun bisa jadi guide sekaligus berlibur gratis!

6. Jualan Mainan Anak

Baca juga: Masih Ada THR Tersisa? Lakukan 5 Investasi ini Supaya Untung Berlipat Ganda!

Berjualan mainan anak akan memiliki pangsa pasar tersendiri saat liburan. Jika modal terbatas, Anda bisa berjualan mainan tradisional seperti contohnya layangan yang tentu bakal diburu ketika liburan sekolah dan musim panas.

Kalau modal Anda cukup besar dan serius, Anda bisa menjajakan grosir mainan anak baik secara online atau menggelar lapak dadakan di rumah. Bagaimana? Sama-sama menguntungkan, bukan?

Tertarik dengan bisnis mainan anak, anda bisa membaca artikel tentang 10 usaha mainan anak dengan modal kecil yang bisa anda coba.

7. Buka Lapak di Tempat Wisata

ide bisnis saat liburan panjang - lapak di tempat wisata
ide bisnis saat liburan panjang – lapak di tempat wisata

Berbisnis di tempat wisata masih jadi peluang usaha paling menguntungkan saat lebaran. Bukan hanya berjualan makanan atau minuman, Anda bisa menawarkan buah tangan alias merchandise khas daerah untuk wisatawan. Bahkan kalau Anda memiliki kemampuan fotografi, jarilah juru foto dadakan untuk turis yang tak memiliki peralatan dokumentasi mumpuni. Ketika momen liburan dan tempat wisata dipenuhi turis, harga produk barang/jasa Anda bisa meroket dan mendatangkan keuntungan.

Wah, ternyata ada banyak sekali kan ide-ide bisnis yang bisa Anda coba ketika momen liburan sekolah tiba? Dengan kemampuan membaca peluang dan memanfaatkan kondisi, bukan tak mungkin kalau ide bisnis di masa liburan ini bakal mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit. Bahkan tak mustahil pula kalau ke depannya bisa menjadi bidang usaha menjanjikan.

Asalkan Anda mengelola dengan sebaik mungkin sesuai kemampuan dan kemauan, bisnis di masa liburan ini bisa menjadi sebuah bentuk usaha jangka panjang. Karena memang kesuksesan sebuah bisnis, diawali dari kondisi yang terjadi di sekitar kita. Jadi, sudah menentukan mau berbisnis apa di saat liburan ini?

Loading...